Cara Membuat Kartu Nama Dengan Corel Draw X7

3 min read

mock up kartu nama

Cara membuat kartu nama dengan corel draw – Pada pembahasan tutorial kali ini saya bakalan share tentang tutorial bagaimana cara membuat kartu nama dengan menggunakan salah satu software desain grafis Corel Draw.

Di sini yang saya gunakan untuk membuat tutorial adalah versi CorelDraw X7 atau 17. Buat kalian yang sudah menekuni jurusan dunia desain grafis pasti kalian sudah mengerti.

Maka di sini izinkanlah saya yang hanya butiran remah-remah jajanan rengginang ini untuk mencoba berbagi tutorial ini tanpa mengurangi rasa hormat ke pada para mastah-mastah yang sudah malang melintang di dunia desain grafis.

Oke deh langsung saja kita mulai tutorialnya.

Cara Membuat Kartu Nama Dengan Corel Draw

Step 1

cara membuat kartu nama dengan corel draw

Langkah Pertama buka aplikasi corel draw. Setelah itu akan muncul halaman seperti ini setelah setelah kalian tekan tombol (Ctrl + N), untuk membuat lembar kerja baru.

Pada tampilan ini kalian bisa men-setting mulai dari memberi nama, menentukan ukuran kertas, panjang & lebar, dan lain sebagainya.

Jika di rasa semua sudah di setting tekan tombol “OK”.

Step 2

Langkah berikutnya kalian akan masuk di lembar kerja coreldraw. Di sini kalian bisa mulai mensetting satuan ukuran mulai dari inci, milimeter, centimeter, pixel dan lain sebagainya.

Caranya adalah menekan tombol yan di lingkari warna merah. Jika sudah dialog interaktif akan tertutup sendiri.

Step 3

Pada langkah berikutnya adalah menentukan ukuran kartu nama yang akan kita buat. Disini saya menggunakan ukuran 9 x 6 cm. Namun di sini yang saya gunakan adalah ukuran milimeter. (mm).

Di sebelah size yang di kotakin merah itu ada juga yang namanya orientasi page tepat di sebelah kanan dari lebar dan tinggi.

Di situ kalian bisa memilih untuk menggunakan modee protret maupun landscape.

Step 4

Nah, setelah kalian sudah men-setting size undangan selanjutnya adalah membuat kotak sesuai dengan ukuran yang sudah di sepakati tadi. (9 x 6cm).

Caranya dengan cara menggunakan rectangle tool atau jika males tekan shortcutnya di tombol “F6”.

Step 5

Langkah selanjutnya adalah memberi warna pada kotak yang sudah kita buat tadi. Terserah ya mau di warna apa di opsional ya guys. Di sini saya gunakan warna biru dengan sedikit gradasi.

Cara kasih warnannya adalah dengan cara klik objeknya menggunakan pick tool jika sudah pilih warna di atas, misalnya klikk warna biru, merah, ijo dan lain sebagainya

Cara bikin gradasinya menggunakan gradient tool Interactive Fill tool di toolbox. Terus jangan lupa memberikan text buat profil kalian seperti, nama, alamat, handphone, website atau situs dan lain sebagainya.

Caranya dengan klik menu text tool di toolbox yang berada di sebelah lembar kerja. Atau jika kalian masih males pake shortcut corel dengan cara menekan tombol “F8”.

Jangan lupa juga buat mengatur size fontnya ya guys. Jangan terlalu besar dan jangan juga kekecilan. Nah kebetulan di situ bukan di setting fontnya masih 14 pt. Kita gunakan ukuran font 9 – 10 pt aja.

Step 6

Selanjutnya adalah langkah ke 6 adalah tambahkan ikon sosial media pack. Cara dapatkannya bisa kalian desain sendiri atau kalo kalian juga males kalian bisa download di situs penyedia template gratis seperti freepik dan lain sebagainya.

Karena saya lagi males desain sendiri dan ini juga tutorial jadi saya download aja untuk sosial medianya biar cepet ya guys.

Step 7

Langkah berikutnya adalah kalian mulai mendesain layout kartu nama yang akan kalian buat. Pokoknya atur aja dan buat imajinasi kalian seliar mungkin ketika mendesain.

Kalo bisa sambil browsing referensi di internet, jadi pas lagi ndesain kalian udah punya pandangan gitu tentang layout, desainnya keren enggaknya (menurut kalian) dan lain sebagainya.

Pokoknya ketika lagi ngedesain insting desainnya di gunakan ya guys.

Step 8

Langkah selanjutnya adalah memberikan logo perusahaan atau organisasi atau logo yang kalian punya sendiri. Lalu jangan lupa bagian belakannya juga di desain juga.

Penempatan logo juga sangat opsional sekali. Bisa di bagian depan kartu nama atau pada bagian belakangnya. Layoutnya textnya juga bebas penempatan di depan  maupun di belakang.

Step 9

Pada langkah berikutnya adalah membuat tepian desain kartu nama menjadi curve dengan menggunakan shape tools yang ada di toolbox di sebelah kiri lembar kerja.

Di sini saya desain berentuk curve pada tepiannya supaya terlihat lebih elegan dengan simple.

Lagi-lagi jika kamu males ngeklik kalian bisa menggunakan shortcut CorelDraw dengan menekan tombol “F10”.

Step 10

Pada langkah ke 10 kini desain kartu namanya sudah jadi dengan bentuk curve. Nah gimana, terlihat lebih elegan kan.

Di sini juga yang kita gunakan macam style desainnya adalah flat desain, karena di samping simple juga akan terkesan leih elegan. Warna yang di gunakan hanya 2 biru dan putih saja.

Step 11

Pada langkah selanjutnya adalah jika semua pekerjaannya kita Save pekerjaan desain yang sudah kita buat.

Caranya pergi ke menu file lalu akan muncul banyak menu di dalamnya di situ kalian klik Save atau shortcutnya (Ctrl+S).

Buat kalian yang pake laptop yang batrenya sudah drop atau harus plug charger terus ada baiknya setelah beberapa menit mendesain klik save (Ctrl+S). 

Hal ini di lakukan untuk jaga-jaga supaya jika ada hal yang terjadi secara mendadak dan di luar prediksi kita seperti mati lampu. (jika kondisi lapotop kita drop ya batrainya) pekerjaan kita bisa tetap tersimpan.

Step 12

CorelDraw X7

Langkah terakhir adalah meng-export pekerjaan yang sudah buat. Jangan lupa memoles sedikit pekerjaan desain kita, seperti menambahkan back ground pada desain kita supaya terlihat lebih bagus.

Formatnya juga banyak sekali tersedia seperti JPG, PNG, PDF, dan masih banyak lagi yang lainnya. Lalu kalo kalian sudah memilih buat di export lalu tekan ok.

Step 13

 

mock up kartu nama

cara membuat kartu nama dengan corel draw

Jika desain kalian pengen terlihat keren lagi buatin mock up realistik di photoshop supaya desain yang kalian buat lebih meyakinkanlagi.

Jika kalian masih bingung mungkin video tutorial dari youtube ini bisa membantu kalian

Penutup

Nah, itu tadi tutorial cara membuat kartu nama dengan menggunakan aplikasi desain Corel Draw menurut versi saya Di sini yang aku gunakan adalah versi Corel Draw X7, dengan gaya flat desain.

Namun terkadang ketika saya sedang mendesain dalam jangka waktu yang agak lama yang biasanya dari pagi sampai siang kadang-kadang aplikasi Corel Draw suka close sendiri.

Mungkin emang karena leptop yang saya gunakan adalah spek laptop untuk ngetik bukan buat ngedesain di samping itu juga batre yang sudah drop mungkin itu yang menjadi salah satu penyebab Corel Draw close sendiri.

Mungkin hanya sekian saja tutorial cara membuat kartu nama dengan corel draw yang bisa saya bagikan kali ini semoga buat kalian yang lagi cari tutorial mendesain kartu nama mungkin artkel ini bisa sedkit membantu.

Sekian, terimakasih dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.