Cara Membuat Logo Di CorelDraw X7

7 min read

coreldraw X7

Cara membuat logo di Corel Draw – Pengertian logo merupakan suatu lambang atau symbol yang memiliki kandungan makna yang di gunakan sebagai identitas sebuah perusahaan maupun individu.

Yang mana dalam pembuatannya biasanya di berikan filosofi di dalamnya

Dengan adanya logo pada perusahaan, akan lebih memudahkan orang lain khususnya calon pelanggan kita untuk mengenali suatu perusahaan atau lembaga.

Contoh umum yang bisa kita jumpai sehari-hari misalnya logo merek Apple yang sangat ikonik yang hanya dengan sekali lihat saja pasti kita bisa langsung mengidentifikasikan jika itu adalah logo dari brand Apple.

Namun sebelum kita ke tutorial cara membuat logo di corel draw ada beberapa hal yang penting yang harus di perhatikan seperti penjelasan di bawah ini.

Namun jika kalian bosan dengan prolog yang bertele-tele ini kalian bisa skip dan langsung ke tutorial cara membaut logo di corel draw di bawah.

Cara Membuat Logo Di Corel Draw

Baiklah guys-guys sekalian marilah kita pergi ke intinya sekarang bagaimana caranya membuat logo di software desain grafis pembuat logo di Corel Draw.

Karena kebetulan juga saya biasa mendesain logo menggunakan aplikasi CorelDraw. Simak baik-baik ya langkah dan videonya. Hehe.

Step 1

Pertama buka aplikasi coreldraw. Kalo sudah nant akan muncul tampilan seperti ini. Setelah itu setting aja di situ ada “Name, Size, Widht, Height” itu bisa kalian sesuaikan sendiri ya mau di atur berapa aja.

kalo saya biasanya langsung klik ok aja itu juga tergantung dari project yang mau di garap tentang apa. Jadi ukuran halama menyesuaikan saja.

cara membuat logo di corel draw

Step 2

Ini adalah tampilan jika sudah masuk di lembar kerja coreldraw tentunya dengan settingan yang tadi sudah kita buat yaitu pada ukuran kertas “A4”.

Untuk pemilihan size atau ukuran juga opsional sekali ya teman-teman kalian bisa setting sesuka kalian mulai dari ukuran A4,A3,A2,A1 dan masih banyak juga yang lainnya.

untuk cara mengganti sizenya juga masih bisa jika sudah masuk lembar kerja dengan cara klik di bagian kiri atas layar yang ada menu kertas “A4”. Di situ tinggal pilih saja.

cara membuat logo di corel draw

Step 3

pada tahap berikutnya kalian bisa membuat font terlebih dahulu dengan cara klik tool bar yang ada di sebelah kiri layar . letaknya berada di bawah menu “Kotak” – “Lingkaran” – “Ikon logo A”.

Setelah di klik dan tulis naman logo yang ingin kalian buat. Selajutnya pilih jenis fontnya seperti yang ada di gambar. Setelah itu tekan “Enter”. Maka jenis font yang biasanya arial akan terganti dengan jenis font yang sudah kalian pilih.

cara membuat logo di corel draw

Step 4

Langkah selanjutnya adalah pilih bentuk geometris di tool bar menu di sebelah kiri layar. di situ kalian bebas memilih bentuknya mau “Kotak” atau “Lingkaran”.

setelah itu jangan lupa juga di beri warna sesuka kalian.

desain logo flat

Step 5

Langkah selanjutnya adalah gabungkan dua object menjadi 1 (di tumpuk). Lalu potong persegi dengan huruf “L” menggunakan menu Intersect atau trim.

Jangan lupa juga untuk menghilangi Outline pada object supaya garis tepi atau outline tidak menganggu. Tapi menghapus outline atau tidak itu juga terserah kepada kalian ya teman-teman. Sesuai seleralah pokoknya.

flat design logo

Step 6

Berikutnya adalah mensejajarkan kedua object (antara logo dan font). agar terlihat sama tinggi.

caranya adalah dengan menyeleksi kedua object kemudian tekan,

  • Huruf “T” (Top) untuk tinggi sama rata atas.
  • Huruf “B” (Bottom) untuk membuat rata bawah.
  • Huruf “L” (left) untuk membuat object rata kiri.
  • Huruf “R” (Right) untuk membuat object rata kanan.
  • Huruf “C” (Center) untuk membuat object berada di tengah (namun misal posisi object di atas bawah mereka tidak akan berpindah jadi 1 di tengan. Namun hanya berada lurus di garis tengah ).
  • Huruf “E” maka semua object akan bertumpuk semua di tenga.

Di samping itu bisa juga kita kombinasikan ketika membuat rataan object kanan atas, maupun kiri bawah dengan cara, seleksi ke dua object terlebih dahulu lalu tekan,

  • Huruf “TL” (Top, Left), Object akan berada rata di bagian “Kiri, Atas.”
  • Huruf “TR” (Top, Right), Object akan berada rata di bagian “Kanan, Atas.”
  • Huruf “BL” (Bottom, Left), Object akan berada rata di bagian “Kiri, Bawah.”
  • Huruf “BR” (Bottom, Right), Object akan berada rata di bagian “Kanan, Bawah.”

cara membuat logo di corel draw

Step 6

Pada langkah berikutnya jika kalian mungkin ingin mengganti bentuk geometrisnya bisa di rubah dari kotak menjadi bulat dengan klik di toolbar menu yang berada di sebelah kiri layar.

Lalu jika logonya juga terkesan kaku kalian juga bisa bereksperimen dengan cara mengatur kemiringan logo menjadi 45 derajat.

Jangan lupa juga untuk memberikan “Shadow atau bayangan di belakan logo huruf “L”. Disini cara membuat shado ada beberapa cara.

Tapi saya lebih suka menggunakan shadow atau bayangan pada object desain dengan cara mengcopy object menjadi dua.

Lalu memberikan warna yang lebih gelap kepada object yang berada di bawahnya. Hal ini supaya menimbulkan kesan tiga dimensi namun juga terkesan elegan dan bergaya flat desain banget.

cara membuat logo di corel draw

Step 7

Jika kalian merasa sudah cukup bagus desainnya kalain bisa mengeksport logonya untuk melihat hasil karya kalian yang bisa di export dengan format file mulai dari JPG, PNG, PDF danlain sebagainya.

Caranya dengan klik menu bar yang ada di bagian kiri layar atas tepatnya di menu “File”cari “Export”. Jika sudah tinggal di klik.

cara membuat logo di corel draw

Step 8

Selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini. Di sini kalian bisa memilih lokasi dimana kalin akan menyimpan hasil pekerjaan kalian.

jangan lupa memberi nama file juga ya guys. Terkadang kita ketika menyimpan file lupa memberinya nama biasanya nama defaultnya jadi “Untitled” atau tanpa judul.

Jika sudah menentukan lokasi untuk export file lalu tekan export.

cara membuat logo di corel draw

Step 9

Setelah di tekan akan muncul tampilan seperti di bawah ini lalu pilih RGB pada dialog “Mode warna”. Untuk export di tampilan digital.

Jika untuk kepentingan cetak-mencetak biasanya di ganti menjadi CMYK pada bagian mode warna.

cara membuat logo di corel draw

Step 10

Ini adalah hasil final dari logo yang tadi sudah kita buat. Kebetulan saya sukanya membuat logo beraliran flat design maka saya membuat tutorialnya logo flat design.

cara membuat logo di corel draw

Step 11

Langkah yang terakhir adalah menyimpan pekerjaan kalian dengan cara klik “Ctrl + S”. Karena jika tidak di save akan percuma yang kalian kerjaiin seharian.

Terkadang juga aplikasi ini bisa close dengan sendirinya . Untuk mengantisipasinya setiap selesai mendesain cepat-cepat tekan “Ctrl + S”. Untuk jaga-jaga ya.

Atau jika di rasa teman-teman masih sulit untuk di pahami untuk step by step cara membuat desain logo di corel draw teman-teman mungkin bisa menyimak video yang satu ini.

Logo Yang Baik Giamana Sih?

Tentunya ketika kita akan mendesain sebuah logo kita juga harus memikirkan bagaima sih supaya kalo orang melihat logo kita langsung paham dengan apa yang ingin kita sampaikan.

Untuk membuat logo yang baik ternyata nggak asal-asalan ya guys. Ada beberapa kriteria yangharu di penuhi seperti,

Unik

Untuk menciptakan sebuah logo yang unik di perlukan kretifitas dan imajinasi yang tinggi, tapi jangan rumit-rumit juga dalam membuatnya, karena unik itu nggak harus ribet.

Simple

Bentuk logo yang simple membuat orang mudah untuk mengingatnya. Namun untuk membuat logo yang simple ternyata juga melalui proses yang cukup rumit.

Logo yang baik adalah logo yang jika di lihat dalam sekali lihat saja bisa langsung mengenali jika brand tersebut milik kita.

Mudah Di Ingat

Selain simple logo yang kita buat juga harus memorability atau mudah untuk di ingat hal ini juga berhubungan dengan ke unikan dari desain logo yang akan kita buat juga.

Karena semakin unik logo yang kita desain maka orang lain akan dengan mudah juga mengingat logo kita.

Contoh di kehidupan sehari-hari misalnya jika kalian pernah hidup di kampung di Jawa khususnya pasti orang-orang di kampung [khususnya orang tua mereka pasti akan menyebut kata “Honda” untuk segala jenis motor.

Contoh lain seperti micin. Semua orang menyebut merek lain seperti masako, royko sebagai micin padahal nama brandnya jelas royco dan masako.

Namun orang sudah terlanjur mengenal produk mereka adalah produk penyedap makanan atau MSG.

Pengaplikasian Yang Mudah

Di balik logo yang simple dan mudah di ingat namun logo juga harus mudah di aplikasikan di berbagai media baik digital maupun cetak.

Karena itu logo harus di desain dalam bentuk vector untuk memastikan bahwa logo jika di besar-kecilkan tidak pecah.

Jika logo yang kalian desain sudah jadi maka ada hal yang masih harus di koreksi lagi seperti,

  • Bagaimana penampakan logo untuk diaplikasikan ke stationary kit?, apakah terdistorsi, pecah dan lain sebagainya.
  • Bagaimana jug ajika logo di aplikasikan di media yang besar apaka sudah layak apa belum?
  • Jika logo di buat ke dalama satu warna saja bagaimana ?

Tepat Sasaran

Hal ini berhubungan juga dengan segmentasi pasar yang ingin kita garap. Semisal jika produk atau bisnis kita adalah menjual barang-barang yang berhubungan denga anak-anak, maka desain logo harus di sesuaikan juga baik dari bentuk, warna logonya maupun tipografinya.

Berbeda lagi jika yang akan kita desain adalah logo untuk instansi maka hindari menggunakan warna yang banyak.

Karena dengan penggunaan warna yang banyak malah akan menimbulkan kesan logo yang terlalu ramai dan terkesan kurang professional.

Jangka Panjang

Salah satu kriteria logo yang bagus adalah logo yang sifatnya bisa jangka panjang atau gampangnya logo yang kita desain ini masih relevan nggak sih buat beberapa tahun kedepan misalnya.

Karena brand brand besar di dunia memiliki bentuk logo yang abadi atau jangka panjang.seperti logo Google, Starbuck dan lain sebagainya.

Hal ini juga yang ikut menginspirasi perusahaan lain untuk mendesain logo mereka untuk jangka panjang.

Memahami Brief Desain

Ketika kita akan mendesain sebuah logo dari klien yang paling pertama adalah memahami dengan baik briefing dari pelanggan kita maunya di buatkan logo seperti apa.

Jangan sampai nanti requestnya apa di buatinnya juga apa. Hal ini bisa saja terjadi jika kita tidak memahami dengan baik brief dari klien kita.

Maka alangkah baiknya jika kita mempelajari & memahami betul brief yang di berikan supaya tidak terjadi misskomunikasi.

Mencari Referensi

Mencari referensi juga sangat penting untuk di lakukan untuk membuat tren desain grafis yang update dengan masa kini.

Selain itu supaya kita tahu peusahaan kompetitor seperti apa supaya kita bisa menyusun ulang strategi dalam membuat logo.

Riset Kompetitior

Riset digital maupun lapangan juga sangat penting sebelum mulai mendesain logo, karena tanpa riset bisa saja kita belum mengetahui perusahaan lain yang menjadi kompetior.

jika kalian sudah reset (baik secara digital maupun langsung turun ke lapangan) dan mencari referensi, sekarang hal yang harus kalian lakukan adalah membuat sketsa logo yang akan di desai di kertas.

Mengapa hal ini perlu untuk di lakukan?. Tentu saja karena logo yang baik tidak tercipta begitu saja melainkan banyak sekali melewati proses-proses yang cukup panjang.

Di dalam proses sketsa bentuk logo ini kalian bisa menuangkan kreativitas kalian semaksimal mungkin.

Dengan menggambar sketsa di kertas akan memudahkan kalian juga dalam mengembangkan imajinasi terutrama dalam hal mendesain logo.

Komputerisasi

Jika sketsa sudah matang kini saatnya kita pindahkan desain yang telah kita buat ke komputer dan memolesnya dengan software desain grafis seperti CorelDraw, Illustrator, Inkscape dan lain sebagainya.

Pada proses ini juga kita harus mencoba logo untuk di terapkan dalam berbagai macam warna. Utamanya di mulai dari warna hitam dan putih terlebih dahulu.

Menyiapkan Presentasi Yang Baik

setelah semua proses membuat desain telah usai kini kita akan mempresentasikan desain yang kita buat kepada klien.

Pada sesi ini pilihlah desain terbaik dari yang kalian buat dan persiapkan presentasi dengan sangat baik supaya cepat mendapatkan persetujuan dari klien.

Positioning

Ketika kalian mendesain logo kalian juga harus memposisikan diri sebagai orang yang hanya menjalankan tugas dari kliaen dan udah gitu aja. (mengerjakan sesuai permintaan).

Atau juga memberi masukan kepada klien kita apa saja mungkin yang perlu di revisi demi menjalin hubungan jangka panjang di masa depan dengan klien kalian.

Evaluasi

jika semua proses itu sudah usai maka jangan lupa mengevaluasi semua hasil kerja kita untuk memetakan apa saja kekurangan dan kelebihan desain untuk bahan perbaikan di masa mendatang.

Penutup

Dalam membuat logo di software desain semacam coreldraw ini kalo di bilang rumit sih bisa iya bisa juga enggak. itu semua juga tergantung  dari kita juga.

Karena banyak desainer grafis yang memiliki tingkat kemahiran yang berbeda-beda dalam menggunakan jenis aplikasi desain yang beragam juga.

Dalam praktek pembuatan logo juga ternyata tidak mudah. Jam terbang yang tinggi dalam menggunakan aplikasi juga sangat berpengaruh dalam membuat logo di samping pengetahuan lainnya.

Karena yang di bahas di sini adalah corel draw dan saya juga terbiasanya menggunakan aplikasi corel draw maka  pembahasannya hanya akan berada di seputar tutorial corel draw.

Untuk penggunaan aplikasi desain lainnya seperti ilustrator (lumayan bisa), inkscape, xara designer dan yang lainnya saya hanya sekedar tahu tapi belum pernah menggunakannya.

Mungkin sekian dulu tutorial cara membuat logo di aplikasi corel draw semoga artikel ini bisa membantu kalian yang khususnya user dari aplikasi corel.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.