Cara Membuat Montase

5 min read

cara membuat montase

Cara Membuat Montase – Halo teman-teman semua, berjumpa kembali dengan fatasama!
Pada kesempatan kali ini fatasama bakalan ngebahas masih seputar hobi dan kerajinan teman-teman.

Mungkin bagi sebagian kalian yang suka membaca informasi seputar dunia kerajinan istilah montase mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Namun bagi sebagian lainnya istilah “Montase” akan terdengar sedikit asing.

Nah, kali ini kita akan membahas seputar gambar montase dan tentang bagaimana cara membuat montase.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya seputar karya montase dan cara membuatnya mari simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Montase

cara membuat montase
youtube

Montase merupakan salah satu karya kerajinan berupa potongan-potongan dari beberapa gambar atau foto yang di susun dengan di tempel-tempel yang kemudian menjadi sebuah karya baru yang di sebut montase.

Bahan dari karya montase ini biasanya berasal dari potongan koran, potongan kertas majalah, buku-buku yang tidak terpakai, kertas brosur dan lain sebagainya.

Montase juga merupakan sebuah karya seni yang memadukan beberapa cabang dari ilmu kesenian. Seni Gambar, Seni Dekorasi, dan Seni Kriya.

Cara membuat karya montase ini banyak di ajarkan di bangku sekolah dasar. Hayo, apakah kalian pernah dapat pelajaran ini? atau mungkin udah lupa?. Hmm…

Di bangku sekolah dasar, membuat sebuah prakarya kreatif merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan dan cukup menjadi mata pelajaran favorit di kalangan para siswa.

Manfaat Membuat Karya Montase

cara membuat montase

Membuat karya montase jika mau di perhatikan ternyata juga memiliki fungsi serta manfaat loh teman-teman baik untuk anak-anak maupun oran dewasa.

Tentunya selain mengasah kreatifitas anak-anak membuat montase juga bisa menghilangkan kejenuhan anak-anak karena aktifitas yang padat di sekolahan.

Sedangkan manfaat membuat karya montase untuk orang dewasa bisa di jadikan sebagai konsep pembuatan sebuah karya (pameran) misalnya, danlain sebagainya.

Fungsi Montase

cara membuat montase

Ngomong-ngomong tentang cara membuat montase, ternyata teknik montase juga memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah:

Fungsi Edukasi

Untuk anak-anak yang masih di bangku sekolahan montase bisa mengasah dan mengembangkan ide dan kreatifitas dan estetika dalam membuat atau menciptakan sebuah karya.

Fungsi Praktis

Merupakan fungsi karya montase pada kehidupan sehari-hari. Misalnya karya tersebut di jadikan sebagai hiasan rumah ataupun lainnya.

Karena tidak sedikit juga orang yang hanya memandang sebuah karya hanya dari nilai fungsi pakainya saja tanpa memperhatikan nilai estetika. Hehe, ya iyalah mereka bukan seniman.

Fungsi Sosial / Ekonomi

Merupakan fungsi karya montase yang unik dan menarik namun bisa juga di produksi untuk bisa menghasilkan nilai ekonomi untuk di jual.

Syukur-syukur jika bisa di produksi masal maka bisa juga menjadi lapangan kerja baru untuk masyarakat. Apalagi jika kita jadi bosnya.

Fungsi Ekspresi

Merupakan salah satu fungsi di mana cita rasa kita akan taste dari seni di uji. Di sini (karya seni montase) kita akan menyusun berbagai macam bahan yang berbeda-beda.

Fungsi Psikologis

Pada fungsi  psikologis karya montase di harapkan bisa menimbulkan rasa puas dari pembuatnya atau Bahasa lainnya menghilangkan atau meringankan stress.

Perbedaan Montase, Kolase, dan Mozaik

Kebanyakan orang tidak atau belum bisa membedakan antara istilah “Montase” “Kolase” serta “Mozaik” karena emang mirip-mirip sih.

Nah, biar nggak bingung langsung aja simak penjelasannya berikut ini!

Montase

cara membuat montase
drewnoakes.com

Nah, sedangkan teknik montase atau dalam istilah Bahasa inggris di kenal dengan sebutan Photo Montage.

Adalah teknik menempelkan (potongan) gambar-gambar yang sudah jadi menjadi karya sebuah karya baru.

Di era modern ini, apalagi dengan adanya aplikasi edit foto kenamaan dari keluarga Adobe, Photoshop pembuatan karya dengan teknik montase ini bisa di lakukan secara digital.

Atau yang biasa kita kenal dengan sebutan manipulasi foto. Yup, tentu saja karena istilah montase sangat asing sekali tentunya.

Kolase

cara membuat montase
indo.amuslima.com

Merupakan sebuah teknik penggabungan beberapa material dalam sebuah bidang. Kolase banyak juga di ajarkan di pelajaran kesenian dan keterampilan di bangku sekolah dasar.

Contoh ketika masih SD kia di suruh menempel kacang hijau pada sebuah kertas, atau menempel potongan koran dan material lainnya.

Eits, tapi jangan salah teman-teman saat ini teknik kolase juga banyak di gunakan untuk konsep pada karya pada pameran karya seni yang tentunya banyak di terapkan oleh banyak mahasiswa seni maupun seniman-seniman ternama.

Mosaik / Mozaik

cara membuat montase
unsplash.com

Sedangkan teknik mozaik adalah juga salah satu teknik tempel yang menggabungan material sejenis untuk menghasilkan sebuah bidang baru.

Karya mozaik memiliki keunikan dari tempelan material tersebut yang menghasilkan warna dan pola yang unik sesuai dengan bentuk gambar atau pola yang kita gambar atau susun dan juga komposisi material yang kita gunakan.

Teknik mozaik ini cukup keren lho jika di aplikasikan di dunia desain interior misalnya.

Contoh material pembuatan mozaik:

  • Potongan daun
  • Potongan kepingan CD bekas
  • Serpihan kulit telur
  • Dan lain sebagainya

Bahasa simplenya adalah,

Montase – Menempel (potongan) gambar yang sudah jadi

Kolase –  Menempel (potongan) bahan atau material yang beda jenis

Mozaik – Tempelan dari potongan material atau bahan dari jenis yang sama

Baca juga :

Cara Membuat Montase 

Setelah mengetahui beberapa informasi seputar teknik montase dan perbedaannya dengan kolase serta mozaik.

Kini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat karya montase dengan cepat dan mudah. Baiklah mari simak baik-baik step by stepnya.

1. Cari Referensi

gambar montase

Pertama-tama jika kalian ingin membuat karya montase jangan lupa survey dulu, lihat referensi karya montase yang sudah ada.

Kalian bisa mencarinya di google. Setelah menemukan beberapa karya yang kalian rasa cocok untuk di jadikan referensi baru kalian bisa ke tahap berikutnya.

2. Tentukan Tema Karya Montase

Sebenarnya antara menentukan tema karya dan mencari referensi urutannya bebas ya teman-teman. Bisa menentukan tema karya terlebih dahulu, lalu mencari referensi seperti tema karya yang akan kalian angkat ataupun sebaliknya.

3. Siapkan Alat dan Bahan

alat dan bahan montase

Jika sudah dapat tema dan referensi yang cocok, selanjutnya siapkan alat dan bahan yang akan di gunakan untuk membuat karya dengan teknik montase seperti,

Jangan lupa pilihlah gambar berwarna yang masih baik warnanya supaya nanti karya montase kalian jadi keren.

  • Gambar atau foto, yang bisa kalian dapatkan dari majalah, koran bekas, kalender dan lain sebagainya. Setelah itu siapkan bahan lainnya seperti,
  • Gunting
  • Lem perekat
  • Buku gambar
  • Crayon / pensil warna
  • Cat air
  • Kantong Plastik (jika di butuhkan)

4. Potong Kumpulan Bahan Gambar

menggunting kertas

Jika peralatan sudah siap selanjutnya potong bahan ganbar atau foto yang sudah di siapkan. Potong mengiuti pola serapi mungkin.

5. Tempel Potongan Gambar

Jika semua sudah di potongi kini mulai tempelkan potongan gambar pada kertas atau buku gambar sesuai dengan pola yang sudah di gambar.

6. Tambahkan Warna

mewarnai

Jika semua ptongan gambar sudah di tempel berikan warna secukupnya supaya gambar terlihat lebih menarik atau menyatu dengan background.

(ini tergantung juga dengan konsep apa yang kalian angkat ya teman-teman).

7. Karyamu Sudah Jadi!

Nah, jadi sekarang karya montase kalian sudah jadi. Yay! Kini kalian bisa mengumpulkannya sebagai tugas prakarya di sekolah atau hanya iseng-iseng saja untuk koleksi karya pribadi sebagai hiasan di rumah.

8. Post di Media Sosial

sosial media

Paling terakhir jangan lupa dokumentasikan karya montase yang telah kalian buat lalu post di sosial media kalian.

Eh, btw prihal pendokumentasian karya bisa kalian mulai dari awal supayalebih berkesan tentunya. Bisa juga nanti di buat jadi mode time lapse.

Wow, pasti bakalan keren banget melihat karya kalian mulai dari awal sampai dengan jadi sebuah karya yang sangat spektakuler. cara membuat montase.

Contoh Gambar Montase

Berikut ini merupakan beberapa contoh gambar montase. Nah, kalo seperti gambar di bawah biasanya adalah tugas anak-anak sekolah dasar.

Yup tentu saja cara membuat montasenya masih menggunakan metode manual dengan cara memotong beberapa bahan foto atau gambar lalu menempelkan di kertas alas.

Untuk versi kerennya yang sudah di digitalisasi adalah gambar manipulasi photoshop.

cara membuat montase

csragambarlucu.id

cara membuat montase
contohsoal.co.id

Nah, untuk versi modern dari cara membuat montase ini dia. Seperti konsepnya, Montase jadi gambar di bawah juga menggabungkan beberapa bahan gambar yang kemudian di jadikan satu menjadi sebuah karya baru.

Namun dengan sentuhan digital cara membuat karya seni montase ini menjadi lebih unik dan keren. cara membuat montase.

cara membuat montase

cara membuat montase

cara membuat montase

Contoh Gambar Kolase

Berikut ini merupakan beberapa contoh gambar kolase yang bisa fatasama sajikan.

cara membuat montase
unsplash.com
cara membuat montase
unsplash.com
cara membuat montase
unsplash.com
gambar kolase
unsplash.com

gambar kolase

Contoh Gambar Mosaik / Mozaik

cara membuat montase

cara membuat montase

cara membuat montase

cara membuat montase

cara membuat montase

Penutup

Nah, teman-teman mungkin cukup sekian dulu pembahasan fatasama kali ini tentang cara membuat karya montase, perbedaannya dengan mozaik dan kolase, lengkap beserta contohnya.

Semoga informasi yang fatasama paparkan ini bisa sedikit menambah wawasan teman-teman semua serta bisa menjadi referensi kita semua. cara membuat montase.

Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya, terimakasih sudah berkunjung. Babai. cara membuat montase.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.