Cara Menanam Kaktus

3 min read

jenis tanaman hias

Cara menanam kaktus – Belakangan ini tanaman kaktus sedang banyak di buru khususnya oleh anak-anak muda. Terutama kaktus yang berukuran mini tentu saja karena bentuknya yang mungil yang mana tidak akan membuat kita kerepotan saat kita memeliharanya.

Kaktus merupakan tanaman jenis tanaman hias yang tidak begitu banyak membutuhkan air. Penyiramanya cukup di lakukan seminggu 1 kali.

Cara Mengembangbiakan Tanaman

cara menanam kaktus
corinne-kutz-unsplash.com

Cara mengembangbiakkan tanaman ada 2 cara secara vegetatif dan generatif. Generatif dengan cara kawin sedangkan vegetatif secara buatan namaun ada juga yang alami, seperti pada jahe, temulawak yang menggunakan akar tinggal (vegetatif alami). 

Sedangkan yang vegetatif buatan seperti, stek, cangkok, Kultur jaringan dan lain sebagainya. Kelebihannya adalah sifatnya sama seperti induknya dan biasanya berbuah lebih cepat. Sedangkan generatif memiliki keuntungan umur tanaman relatif panjang

Generatif memiliki kekurangan juga, seperti kualitas buahnya yang sulit di duga atau untung-untungan. Tergantung dari induknya.

Namun jika menginginkan hasil seperti tanaman yang tahan lama dan berbuah banyak kita bisa menggabungkan cara perkembangbiakan generatf dan vegetatif.

Sebelum membahas cara memelihara kaktus, kita harus tahu bagaimana teknik menanam kaktus supaya selain kita bisa merawatnya, kita juga bisa membudidayakannya sendiri. Simak baik-baik ya.

Tips Sebelum Menanam Kaktus

cara menanam kaktus
tim-bennett-unsplash.com
  1. Memilih jenis kaktus yang tepat. (Tentukan jenis yang akan di tanam untuk indoor atau outdoor).
  2. Memilih atau menyediakan media atau tanah dengan suhu yang sedang atau panas.
  3. Mencari informasi tentang jenis kaktus yang akan di tanam.
  4. Gabung ke grup yang hobi menanam kaktus untuk menambah informasi.

Menyiapkan Alat Dan Bahan

cara menanam kaktus
Photo by Tim Bennett on Unsplash
  • Pot berukuran kecil atau sedang.
  • Sarung tangan.
  • Tanaman kaktus.
  • Sekop mini / Sendok.
  • Media Tanam.
  • Batu hias untuk kaktus.

Cara Menanam Kaktus

cara menanam kaktus
pixabay.com
  • Memilih jenis kaktus yang akan di tanam

Mula-mula pilihlah terlebih dahulu jenis tanaman kaktus yang akan kita tanam. Jika ingin di gunakan sebagai kaktus hias untuk hiasan di meja kerja sebaiknya kita pilih jenis kaktus yang kecil seperti,

  • Tanaman zebra (Haworthia attenuata)
  • Lobivia oganmaru
  • Mammillaria elongata
  • Bisa juga dari jenis sekulen

Jika kita ingin menanamnya di pekarangan rumah bisa juga memilih kaktus jenis ini,

  • Kaktus Centong (Opuntia rufida)
  • Kaktus Koboy (Saguaro)
  • Kaktus Golden barrels

Sekulen adalah sebutan buat tanaman yang menyimpan air pada batang utamanya. Namun secara fisik bentuk kaktus dan sekulen berbeda.

Sekulen memiliki daun yang juga tebal berbentuk silinder melingkar, sedangkan kaktus memiliki duri sebagai pengganti jaringan daunnya.

Poinnya adalah, semua jenis kaktus merupakan sekulen, tapi tidak semua jenis sekulen itu kaktus.

  • Masukan kaktus dan tanah dan ke dalam pot

Langkah berikutnya adalah memasukan tanah humus biasa maupun yang sudah di campur dengan pupuk dan sekam kedalam pot yang sudah di sediakan. Usahakan menggunakan pupuk organik ya guys, supaya kaktus bisa tumbuh dengan baik.

Untuk ukuran kaktus yang kecil cukup gunakan pot dengan ukuran kecil. Jika ukurannya agak besar dan tinggi, maka gunakan pot yang memiliki tinggi setengahnya dari kaktus.

  • Memadatkan tanah di dalam pot

Setelah tanah humus berikut campurannya sudah di masukan ke dalam pot sedikit padatkan (tapi jangan terlalu padat). menggunakan mini sekop. Jika tidak ada gunakan sendok makan sebagai pengganti mini sekop.

buat agak sedikit gembur

  • Siram dengan air secukupnya

Jika sudah selesai dengan serangkaian langkah di atas, siram dengan air secukupnya. Kaktus jika terlalu banyak di siram air bisa cepat membusuk.

  • Menambahkan hiasan

Jika semua tahapan sudah di lalui sekarang saatnya memberikan hiasan berupa pasir maupun batuan di bagian atas pot di sekeliliing tanaman kaktus supaya terlihat lebih cantik.

Menanam dengan Teknik Penyambungan / Grafting

Pengertian Grafting

cara menanam kaktus
pixabay.com

Cara menanam kaktus dan mengembangbiakkannya tidaklah begitu sulit. Grafting adalah teknik penanaman buatan yang di lakukan dengan cara menyambung dua jenis tanaman yang kemudian tumbuh menjadi satu tanaman. Misal, Potongan tanaman A dengan potongan tanaman B.

Pada teknik grafting ini harus di perhatikan juga untuk bagian tanaman atas sebagai bakal yang akan tubuh menjadi tanaman baru. Sedangkan bagian bawahnya harus tahan terhadap faktor dari ancaman dari lingkungan seperti kekeringan misalnya.

Cara menyambungnya adalah, bakal calon tanaman yang menjadi atasan di potong runcing pada sisi kanan kirinya. Sedangkan bagian bawahnya di potong membentuk huruf V, kemudian keduanya di satukan dengan cara di ikat.

Manfaat Grafting

Manfaat dari teknik penyambungan adalah bisa memperbaiki kualitas tanaman, atau hasilnya akan melahirkan jenis tanaman yang unggul dari segi kualitas maupun kuantitas.

Tips Merawat Kaktus

Buat kamu yang memiliki jam sibuk yang sangat padat, memilih tanaman kaktus adalah pilihan yang paling tepat untuk di pelihara. Akan sangat elok jika di letakkan di meja kerja karena ukurannya yang mini jadi tidak memerlukan space yang luas.

Berikut ini merupakan tips merawat kaktus yang baik dan benar, supaya tanaman kaktus kalian menjadi semakin sehat.

  • Siram Kaktus Tiap 1 Minggu Sekali

Aturan penyiraman yang baik adalah tiap 1 minggu sekali itupun kalau bisa gunakan botol spray untuk menyiramnya untuk meminimalisir ketumpahan air.

  • Jangan Terkena Sinar Matahari Secara Langsung

Meskipun kaktus biasanya hidup pada iklim gurun yang sangat terik, jika kaktus yang kamu miliki baru pertama kali di tanam jangan langsung terkena sinar matahari. Karena jika baru pertama kali di tanam dan terkena sinar matahari secara langsung kaktus bisa cepat layu dan mudah mati.

  • Mengganti / Menyesuaikan Pot

Gantilah pot kaktus jika di tanam di pot tiap periode 6 bulan – 1 tahun, supaya kaktus bisa dengan baik menyerap makanannya. Karena meskipun mini kaktus akan tetap terus tumbuh.

  • Jangan Sembarangan Meletakan Kaktus

Penempatan tanaman kaktus kalau bisa di beri jarak paling tidak satu jengkal tiap tanaman. Fungsinya adalah supaya kaktus terhindar dari hama yang ada di tanaman di sebelahnya.

  • Beri Pupuk Secukupnya

Jangan lupa juga memberikan pupuk supaya nutrisi yang bisa di serap oleh kaktus menjadi maksimal. Selain itu usahakan gunakan jenis pupuk organik, supaya tanaman kaktus jadi lebih sehat.

  • Memperhatikan Suhu

Jika kaktus yang kamu miliki adalah hasil dari membeli ada baiknya di perhatikan ketika pertama kali membelinya lingkungannya sejuk atau sudah panas.

Karena ketika kaktus yang kita beli di toko penjual bunga biasanya suhunya sudah cukup sejuk kemudian setelah kamu beli langsung kamu letakan di suhu yang panas tanaman kaktus akan “kaget,” dengan perubahan cuaca yang drastis.

Sebaiknya setelah membelinya diamkan dulu beberapa saat. Pokoknya bertahap saja jika ingin memindahkan ke suhu yang lebih panas. Jangan langsungan.

  • Memberikan Pasir Sebagai Media Tanam

Kaktus yang pada awalnya hidup dengan habitat yang kering dan kebanyakan tumbuh di gurun yang gersang, tentunya dengan menambahkan pasir sebagai media tanam dapat membantu kaktus untuk cepat beradaptasi.

Penutup

Mungkin demikian cara menanam kaktus, beserta tips merawatnya yang bisa kita bagikan. Sisanya kalian bisa bereksperimen sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.