You are currently viewing Cara Mengobati Kucing Yang Keracunan
Daga_Roszkowska - Pixabay

Cara Mengobati Kucing Yang Keracunan

Cara Mengobati Kucing Yang Keracunan – Keracunan pada kucing bisa saja terjadi karena banyak sekali faktor. Salah satu faktor pemicunya adalah pemberian pakan yang asal-asalan pada kucing kesayangan kalian ya guys.

Di samping itu ada faktor lain seperti aktifitas si kucing sendiri yang terkadang cenderung lebih aktif bermain kesana-sini dan dia nggak sadar kalo ternyata pada bulunya terpapar zat yang beracun.

Akibatnya si kucing menjadi keracunan. Apalag kalo jenis kucing anggora dan persia. Duh sayangnya.

Karena dengan mengetahui penyebab keracunan kita bisa mengambil tindakan yang lebih tepat.

Faktor Penyebab Keracunan

Penyebab keracunan dari kucing bisa juga di sebabkan oleh beberapa faktor seperti,

Makanan

jenis makanan kucing
Crepessuzette – Pixabay

Banyak kasus kucing keracunan makanan biasanya di karenakan makanan yang di makan oleh si kucing sudah terkandung atau mungkin juga terpapar oleh zat-zat yang berbahaya.

Contoh kasus, karena kucing merupakan predator alami pemangsa tikus. Terkadang jika orang-orang di sekeliling kita yang sering membuat jebakan tikus dengan memberikan umpan berupa makanan yang sudah di lumuri racun, maka seketika tikus yang memakannya mati.

Setelah si tikus yang sudah mati nggak sengaja di temukan oleh kucing yang kebetulan lagi lapar dan di makan oleh si kucing. Si kucing akhirnya ikut mati juga karena keracunan.

Kimia

cairan deterjen
Taken – Pixabay

Bisa juga si kucing nggak sengaja terpapar oleh cairan atau zat kimia di sekitar rumah seperti,

  • Deterjen
  • Pewangi ruangan
  • Kaporit
  • Alkohol
  • Cairan Pembasmi hama / gulma

Terkadang kita taruh sembarangan dan nggak sengaja di jilat oleh si kucing dapat juga membuatnya keracunan.

Namun bisa juga terpapar di luar rumah sewaktu si kucing keliling-keliling di luar rumah yang tanpa setahu kita ternyata pada bulunya terpapar racun. Ketika si kucing nggak sengaja menjilati bulunya akan menyebabkan keracunan.

Gejala Keracunan Pada Kucing

Muntah-Muntah

cara mengobati kucing yang keracunan
wildernesscat.com

Kucing yang muntah muntah setelah makan bisa juga terindikasi mengalami kercacunan yang kemngkinan penyebabnya adalah dari faktor makanannya.

Namun muntah-muntah pada kucing tidak bisa kita kita diagnosa langsung kalo kucing kita emang keracunan. Bisa aja proses mencerna makanan dalam perutnya yang kurang sempurna akibatnya di muntahkan kembali.

Buang Air Kecil Atau Besar Terlalu Sering

cara mengobati kucing yang keracunan
nekoya.co

Buang air yang terlalu sering baik besar maupun kecil dan terkadang untuk buang air besarnya cair, bisa juga merupakan ciri jika si kucing mengalami keracunan.

Kejang-Kejang

cara mengobati kucing yang keracunan
thesprucepets.com

Jika tanda yang satu ini muncul mungkin jenis racun yang mengenai kucing sudah di tahap yang sangat mengkhawatirkan. Karena jika kalian tidak segera mengambil tindakan bisa-bisa kucing kalian mengalami kematian.

Pupil Mata Membesar

mata kucing
thalyagirl95 – Pixabay

Ciri dari kucing yang keracunan berikutnya  adalah dari pupil mata kucing yang membesar. Karena pupil kucing biasanya hanya membesar jika berada di tempat yang gelap ataupun jika malam hari saja

Reaksi ini sendiri terjadi karena adanya shock yang didapatkan oleh tubuh, di mana racun yang masuk ternyata mempunyai efek yang sangat kuat.

Kucing yang keracunan dan mendapatkan gejala ini sendiri harus segera mendapatkan pertolongan, terlebih lagi pada gejala keracunan ini akan dibarengi dengan kejang-kejang pada tubuh kucing.

Lidah Dan Gusi Berwarna Kebiruan

taring kucing
Alberto Barco Figari – Pixabay

Salah satu ciri fisik dari kucing yang keracunan adalah gusi dan lidah kucing yang nampak berwarna kebiruan. Taukah kamu mengapa lidah dan gusi kucing bisa menjadi biru?

Hal ini terjadi karena organ pada tubuh kucing yang tidak bisa bekerja dengan optimal, sehingga oksigen dalam tubuh kucing tidak mengalir sebagaimana mestinya yang menyebabkan tubuh kucing menjadi berwarna kebiruan.

Sulit Bernafas

kucing yang tidak bisa bernafas
selpilot – Pixabay

Ciri kucing keracunan yang selanjutnya adalah susah bernafas. Hal ini terjadi karena si kucing nggak sengaja menghirup udara di sekitarnya yang sudah tercemar oleh obat pembasi serangga, asap, parfum dan lain sebagainya.

Jika Anda melihat kucing mengalami kesulitan bernafas, sebaiknya kalian segera mengamati ciri lainnya yang terjadi secara bersamaan sehingga dapat dengan pasti memutuskan kalo si kucing mengalami keracunan.

Hal ini juga di barengi dengan badan kucing yang terkulai melemas.

Mengeluarkan Air Liur Banyak

kucing yang tiba-tiba mengeluarkan air liur yang banyak biasanya di sertai dengan badan kucing yang melemas dan gemetaran. Maka sudah bisa di pastikan jika kucing kalian mengalami keracunan.

Cara Mengobati Kucing Yang Keracunan

Identifikasi Penyebab Keracunan

Salah satu cara mengetahui jenis racun yang nggak sengaja masuk ke dalam tubuh kucing kalian, adalah dengan kamu mengingat benda atau makanan apa saja yang barusan kalian berikan ke kucing dan aktivitas apa yang terakhir di lakukan si kucing.

Dengan mengetahui penyebab kucing kamu keracunan makan akan semakin mudah kalian mengetahui langkah apa yang harus segera kalian ambil.

Buat Kucing Memuntahkan Isi Perutnya

kucing muntah
DarkWorkX – Pixabay

Jika kucing kalian mengalami keracunan di karenakan makanan yang ia makan maka sesegera mungkin keluarkan makanan yang sudah di makan oleh kucing dari dalam tubuhnya.

Sebelum itu pastikan juga terlebih dahulu apakah jenis racunya adalah karena makanan atau karena zat berbahaya lainnya.

Jika ada jenis racun lain yang mengharuskan untuk di muntahkan. Kamu bisa menggunakan  zat hidrogen peroksida 3%, dengan dosis 2-4 ml per kilo berat dari kucing kamu.

Tetapi, untuk jenis racun yang tidak boleh di muntahkan seperti racun asam dan basa. Apabila racun ini dimuntahkan, bisa memperburuk kondisi si kucing.

Bawa Kucing Yang Keracunan Ke Ruangan Dengan Udara Yang Bagus

Jika kucing kalian mengalami keracunan karena zat kimia seperti pewangi, cairan pembasmi serangga, cairan pembasmi gulma yang tidak sengaja terhirup.

Cara mengobati kucing yang keracunan berikutnya adalah dengan membawa kucing di di tempat dengan udara yang sejuk dan bagus.

Namun, si kucing jangan di tinggal dan terus awasi si kucing. Siapa tau si kucing keracunan bukan karena udara atau penyebab keracunan oleh faktor yang lainnya.

Bersihkan Sumber Dan Sisa Racun

Jika kamu sudah mengetahui apa yang menyebabkan kucing kalian mengalami keracunan, makan kalian bisa menjauhkan zat-zat berbahaya atau makanan yang menyebabkan si kucing keracunan.

Beri Minum Air Kelapa Dan Susu

Selain bisa di gunakan untuk menetralkan racun pada tubuh manusia air kelapa dan susu bisa juga di gunakan untuk menetralkan racun pada kucing.

Selain itu kita juga bisa memberikan kuning telur yang masih mentah yang bisa juga berfungsi untuk menetralkan dan mencerna racun di dalam tubuh.

Bawa Ke Dokter Hewan

Jika semua langkah di atas sudah di lakukan namun tidak mengalami perubahan yang signifikan di sarankan sebainya segera pergi ke dokter hewan untuk mengecek langsung keadaan si kucing.

Kesimpulan

Beberapa ciri di atas merupakan beberapa tanda-tanda atau ciri-ciri kucing kalian terindikasi mengalami keracunan. Oleh karena itu jika kucing kalian mengalami gejala-gejala yang mirip seperti pembahasan di atas kalian harus cepat-cepat memberikan tindakan yang tepat dan semoga informasi yang di paparkan dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.