Cara Merawat Kucing Yang Baik & Benar

5 min read

kucing lucu

Cara merawat kucing – Halo kucingers buat kalian yang suka banget memelihara kucing, pada dasarnya merawat kucing itu susah-susah gampang, apalagi kalo jenis kucingnya seperti kucing ras yang membutuhkan perawatan yang lebih.

Semua itu membutuhkan kesabaran ekstra dan ketelatenan karena memang setiap kucing baik domestik maupun ras memiliki karakter yang sangat bermacam-macam.

Hal terpenting dari cara merawat kucing adalah seperti pemberian makanan dengan nutrisi yang cukup serta lebih memperhatikan kesehatan si pus ya kucingers.

Berikut ini merupakan cara atau upaya yang bisa di lakukan untuk menjaga si pus tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Cara Merawat Kucing

Menciptakan Lingkungan Yang Ramah Kucing

cara kucing mandi
pixabay.com

Lingkungan sangat mempengaruhi perilaku, kebiasaan, dan bahkan kesehatan kucing. Terkadang jika kita memelihara kucing ada sebagian tetangga yang tidak menyukai kucing.

Hal ini bisa juga berimbas pada kelangsungan hidup si kucing. Seperti di daerah yang biasa banay menjual makanan seperti daerah yang banyak kos-kosannya, keberadaan kucing akan di anggap sebagai binatang pengganggu.

Maka dari itu ciptakanlah lingkungan yang ramah untuk kucing. Selain lingkungan yang ramah juga orang-orang di lingkungan sekitar harus bisa support atas keberadaan kucing di lingkungan sekitar.

Ajak Main Si Kucing

cara merawat kucing
unspalsh.com

Sebagai pecinta kucing kamu seharusnya suka dong mainin si kucing. Apalagi di waktu kita ngerasa penat selepas pulang dari pekerjaan atau ketika pulang kuliah.

Sering-seringlah mengajak kucing kalian bermain ya guys. Hal ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kemistri antara si kucing dengan kamu ya guys. Tentunya supaya kucing juga menjadi lebih jinak.

Salah satu ciri dari kucing yang sudah jinak adalah tanpa merasa khawatir ia bisa tertidur di sekelilingmu dengan posisi membuka perut atau terlentang.

Memberi Makan Dan Minum Yang Cukup

memberi makan kucing
thesprucepets.com

Cara merawat kucing berikutnya adalah memberi makanan yang sehat merupakan poin utama dalam memelihara kucing.

Jangan sembarangan dalam memberikan makanan, karena akan berdampak buruk pada kesehatan si kucing. Tidak semua kucing suka atau cocok dengan makanan yang kita berikan.

Poin ini sangat penting. Jika kucing tidak terpenuhi makan minumnya dia akan mencari makan kesana-kemari. hal yang di khawatirkan adalah jika si kucing mencuri lauk pauk yang biasa terjadi di warung yang menjual makanan.

Selain merugikan penjual makanan yang sembarangan dapat juga berimbas pada kesehatan si kucing seperti gangguan pada pencernaan, bulu rontok dan lain sebagainya.

Menyiapkan Pasir

cara merawat kucing
radiokucing.com

Jika kamu suka memelihara kucing di dalam rumah tidak ada salahnya kamu menyediakan pasir atau tanah untuk tempat buang air si kucing

Tempatkan pasir atau tanah di tempat yang aman, karena kucing juga membutuhkan tempat yang privasi untuk buang air. Kucing juga hewan yang suka menandai tempat biasa di mana dia buang air.

Ketika tempat buang airnya sudah di tentukan dia nggak akan pindah-pindah biasanya. Hal itu juga akan memudahkan kamu untuk membuang dan membersihkan kotoran kucing di rumah.

Memandikan Kucing

cara merawat kucing
youworkforthem.com

Kamu juga  harus rutin buat ngebersihin anggota badan kucing seperti gigi, telinga, dan kuku kucing. Pada bagian ini sangat rentan terhadap kotoran yang mana ini di hasilkan dari aktivitasnya seharian di luar ruangan khususnya.

Jika dibiarkan kotor hal ini bisa menimbulkan penyakit pada kucing. Bukan hanya manusia yang butuh perhatian, begitu pula kucing juga membutuhkan hal yang sama. Jadi jagalah kebersihan kucing peliharaanmu secara rutin.

Atau jika kamu males banget kamu bisa juga juga pergi ke pet shop dan serahkan kucingmu ke petugas pet shop buat mandiin kucingmu ya guys.

Hindarkan Dari Benda Berbahaya

jenis cairan yang berbahaya
pixabay.com

Kucing terkadang seringkali mencoba-coba menjilat dan bahkan memakan apa yang tampak seperti makanan.

Baik itu makanan, minuman, maupun yang lainnya. Termasuk pula benda yang mengandung bahan kimia seperti halnya pewangi, sabun pembersih lantai.

Maka dari itu kita harus meletakan barang seperti itu dengan sangat hati-hati di rumah supaya tidak menyebabkan ketidaksengajaan kucing menjilat ataupun memakannya.

Melatih Mandiri

cara merawat kucing
unsplash.com

Kemandirian sangat penting dibiasakan kepada kucing, termasuk saat makan maupun cara mencari makanan secara mandiri.

Mengajarkan kebiasaan hidup sehari-hari, kamu bisa mulai mengajarkan beberapa kebiasaan pada kucing seperti pergi ke toilet, makan, dan tempat tidur. Dengan begitu, kucing tidak akan ketergantungan denganmu.

Jika tidak ada orang di sekitarnya, maka ia bisa mencari makan sendiri tanpa kita harus repot-repot memberinya makan. Ini berlaku untuk kucing domestik.

Sedangkan kucing anggora sebaiknya di beri makanan khusus yang mana biasanya banyak di jual di pet shop maupun di toko swalayan.

Tidak Mengurung Kucing Melulu

kucing dalam kandang
valleycatsinc.org

Kucing terkadang juga bisa bosan layaknya manusia. Apalagi jika kita terus-terusan mengurungnya di dalam rumah, meskipun terkadang kita merasa khawatir karena jika kucing keluar rumah sembarangan banyak sekali bahaya yang mengintainya.

Mulai dari penculikan kucing oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan kucing liar lain yang kadang-kadang ngajak berantem si kucing ya guys, atau yang lebih buruknya bisa ketabrak sama kendaraan.

Untuk mengatasi ke khawatiran itu mungkin bisa sambil kita awasi ketika membawanya keluar rumah ya guys.

Kamu bisa membiarkan kucingkesayanganmu bebas menjelajah sekitar rumah dalam beberapa saat. Tentunya dengan pengawasan ya.

Memberikan Vitamin

Jika kamu memelihara kucing, pasti kamu akan memberikan layanan yang terbaik dalam segala hal untuk kucing kesayanganmu termasuk dalam pemberian vitamin.

Vitamin juga memberikan manfaat yang banyak, salah satunya untuk menjaga kesehatan kucing kesayanganmu. Mulai dari nutrisi, menjaga nafsu makan, hingga membuat bulu menjadi bagus.

Ciri Kucing Yang Stres

Berikut ini ciri yang biasa di temukan jika kucing kesayanganmu terindikasi mengalami stres.

Berat Badan Turun Drastis

Jika kucing kamu mengalami penurunan berat yang drastis pasti sesuatu hal sedang terjadi pada kucingmu ya kucingers. Seperti manusia ketika mengalami stres bisa juga mengalami penurunan berat badan. Ada baiknya segera priksakan ke dokter hewan

Menggaruk Dan Mencakar Berlebihan

Kucing menggaruk atau mengasah kuku merupakan hal yang terjadi. Namun apa jadinya jika di menggaruk prabotanmu di dalalm rumah. Mungkin jika sesekali nggak apa.

Yang di khawatirkan ketika ia menggaruk terlalu sering daripada biasanya ternyata masuk juga dalam indikasi kucing mengalami stres.

Agresif Terhadap Hewan & Manusia

Salah satu indikasi stres pada kucing adalah suka menjadi agresif kepada binatang lain dan juga manusia.

Tak Kunjung Mendapatkan Pasangan

Pada usia 8-9 bulan kucing sudah bisa kawin tapi terkadang kucing sampai bertahun-tahun gagal mendapatkan betina idamannya bisa juga mengalami stress ya kucingers.

Maka dari itu cobalah mencarikan pasangan buat kucingmu jika usianya sudah masuk. Caranya bisa dengan join di komunitas pecinta kucing dan tawarkan kucingmu di grup siapa tau salah satu dari mereka ada yang memiliki kucing yang sudah siap kawin juga.

Muntah dan Mencret

Kucing kamu yang biasanya kamu kasih makan baik-baik saja tiba-tiba jadi muntah dan juga buang air besar cair setelah makan bisa juga terindikasi mengalami stres.

Namun ada faktor lain yang juga mempengaruhi ya kucingers, seperti pemberian jenis makanan untuk kucing yang tidak di rekomendasikan.

Sebagai kucing lovers kamu harus selalu memastikan apa yang di konsumsi oleh kucingmu bebas dari zat-zat berbahaya yang tentunya juga cocok dengan si kucing ya kucingers.

Sering Menyendiri

Kucingmu yang biasanya akrab sama kamu main kesana-kesini penuh kebahagiaan tapi tiba-tiba dia sering menyendiri. Wah jangan-jangan galau dia. Bukan itu ya guys. Kucing yang sering menyendiri bisa juga terindikasi stres.

Nafsu Makan Menurun

Hal ini nih yang kadang membuat kita sangat khawatir ketika kucing yang kita pelihara tiba-tiba mogok makan walaupun terkadang kita berikan menu makan yang enak tetap saja dia tidak mau makan.

Jika hal ini terjadi sesegera mungkin segeralah berkonsultasi pada tenaga medis yang khusus menangani hewan seperti dokter hewan.

Kencing Sembarangan

Pasti jengkel kan kalo kucingmu sudah kamu sediakan tempat buang air tapi malah pipis sembarangan di dalam rumah. Belum kalo buang air besar. Awas ya pus nanti bisa di sate sama tuanmu. hehe.

Kucing yang sudah terbiasa buang air di tempat yang sudah kamu sediakan namun mendadak dia buang air sembarangan pasti adqa sebabnya juga ya kucingers. Ada yang mengatakan terindikasi stres.

Namun ada juga kemungkinan yang lainnya seperti tempat buang airnya sudah terlalu banyak kotorannya, atau mungkin tempatnya rusak.

Mengeong Tidak Seperti Biasanya

Kalo kamu sudah hidup lama dengan memelihara kucing, kamu pasti mengenal baik karakteristik dari kucingmu. Mulai dari kebiasaannya sehari-hari, sifatnya dan lain sebagainya.

Karena kucing tidak bisa bicara alias cuma bisa mengeong terkadang bisa kamu temui kucingmu mengeong lebih banyak daripada biasanya. Itu bisa menandakan dia pengen menyampaikan suatu pesan ke kamu ya kucingers.

Disitu kamu harus peka menanggapinya ya guys karena pasti ada hal yang enggak beres sama kucingmu karena kamu pasti juga tau perbedaan ngeong nya jika manja, birahi, takut dan lain sebagainya.

Karena kucing yang ngeongnya lebih sering dari biasanya bisa terindikasi mengalami stres ya kucingers.

Tips Memandikan Kucing

  • Mandikan kucing menggunakan air hangat, supaya kucing tidak kaget dan berontak, karena terkadang kucing yang kita pelihara belum terbiasa di mandikan.
  • Pijat punggung kucing dengan perlahan supaya kucing merasa rileks.
  • Mandikan kucing di waktu pagi jam 7-9 pagi gunakan sampo khusus kucing.
  • Jika sudah keringkan bulunya dengan handuk, lalu maksimalkan dengan menggunakan hair dryer.
  • Jika males pake hair dryer bisa juga langsung di jemur di bawah sinar matahari pagi.
  • Jika sudah sisir bulu kucing (Anggora). Jika kucing domestik mungkin tidak perlu.
  • Setelah bulu sudah kering berikan makan pagi pada kucing.

Catatan :

  • Nggak perlu sering-sering mandiin kucing karena sejatinya kucing bisa mandi sendiri dengan cara menjilati tubuhnya.
  • Ketika bulu kucing mulai berbau apek, kamu bisa memandikannya dengan air dingin. Air panas bisa juga ngerusak bulu kucing.
  • Sesekali nggak papa pakai air hangat dengan komposisi air panas 30% dan air dingin 70%.

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai cara merawat kucing kesayanganmu. Buat kalian para kucingers sayangi kucing kalian. Karena kucing adalah makhluk hidup yang sama seperti kita yang juga membutuhkan perhatian dan kasih sayang.

Untuk cara memandikan kucing di tulis berdasarkan pengalaman lapangan. Jika cocok bisa ditiru jika kurang kalian bisa eksplore sendiri. Semoga bermanfaat. Salam kucingers.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.