You are currently viewing Cara Merawat Sugar Glider
animals.sandiegozoo.org/

Cara Merawat Sugar Glider

Cara merawat sugar glider Sugar glider yang juga bisa di dapati di Negara Australia dan di negara lain seperti Papua Nugini. Sugar glider termasuk jenis hewan mamalia marsupilia,atau hewan mamalia yang memiliki kantong di tubuhnya.

Sugar glider. Hewan yang satu ini belum begitu populer di Indonesia seperti hewan peliharaan mainstream lainnya seperti hamster, kucing, dan lain sebagainya.

Sugar Glider Apaan Sih ?

cara merawat sugar glider
animals.sandiegozoo.org

Sekilas jika kamu perhatikan hewan peliharaan yang satu ini mirip dengan tupai. Di beri nama sugar glider, Sugar bermakna gula, glider atau glide yang berarti meluncur. Atau gampangnya sebut aja hewan pemakan makanan manis yang suka terbang atau meluncur.

Hewan yang satu ini juga memiliki selaput pada bagian sisi tubuhnya ini juga berfungsi untuk membantunya meluncur dari satu pohon ke pohon lainnya dengan ekornya yang panjang sebagai penyeimbang tubuhnya.

Bulu sugar glider berwarna abu-abu pada bagian punggung dengan garis hitam dan pada bagian sisi dalam tubuhnya bulunya berwarna cream.

Jenis – Jenis Sugar Glider

jenis jenis sugar glider
wausaupilotandreview.com

Seperti kebanyakan jenis hewan, Sugar glider juga memiliki banyak jenis diantaranya adalah,

  • Klasik
  • Pie Bald
  • Platinum
  • Albino
  • Cremeino
  • Caramel
  • Leucistic
  • Mosaic
  • Red Sugar Glider
  • Ruby Leucistic & Platinum
  • White Face Blonde
  • Black Face
  • Black Beauty

Memelihara Sugar Glider

cara merawat sugar glider
australianmuseum.net.au

Sugar glider merupakan jenis hewan nokturnal atau yang biasa kita tau, hewan yang aktif beraktifitas di malam hari.

Sugar glider cocok juga di pelihara buat pekerja yang memiliki waktu yang terbatas banget. Karena cara memeliharanya yang juga ngak susah-susah banget.

Selain itu setiap pagi sampai siang biasanya hanya tidur. Sugar glider bangun di waktu pagi hanya untuk makan sejenak setelah itu dia akan kembali tidur.

Jadi ketika kalian yang pulang kerja di waktu sore sangat pas sekali sugar glider menjadi teman kesendirian kalian di kost. Hehe.

Untuk memelihara sugar glider di sarankan di usia 1-2 bulan atau ketika masih masa joey (masih anakan).

Cara Merawat Sugar Glider

Berikan Makan & Minum Yang Cukup

makanan sugar glider
greenfuture.io

Untuk memelihara sugar glider kalian harus dengan sebaik mungkin memenuhi kebutuhan makanan minum dan juga kebutuhan vitamin untuk pertumbuhan suger glider.

Makanan Sugar Glider

cara merawat sugar glider
greenfuture.io

Sugar glider merupakan jenis binatang omnivora. Jadi selain memakan buah-buahan sugar glider bisa juga makan makanan jenis lainnya seperti serangga.

Sugar glider, memakan jenis makanan yang manis, seperti buah pepaya, pisang dan lain sebagainya.

Namun untuk memenuhi protein dalam tubuhnya biasanya sugar glider juga mengkonsumsi serangga seperti, ulat jerman dan jangkrik misalnya.

Untuk mengakali biasanya bisa kita belikan bubur bayi sebagai makanan sugar glider dengan 2-3 ekor ulat jerman setiap pagi. Jangan lupa memberikan minumnya ya guys.s

Obesitas Pada Sugar Glider

sugar glider obesitas
youtube.com

Obesitas atau kegemukan juga bisa menimpa sugar glider loh. Padahal ketika gemuk sugar glider akan terlihat sangat lucu, tapi sebenarnya ini memiliki efek buruk loh.

Diantaranya adalah organ dalam pada sugar glider bisa rusak, karena pemberian makanan yang berlebih berakibat pada organnya seperti jantung, hati dan ginjalnya akan bekerja lebih keras.

Biasanya juga sugar glider yang sudah obesitas akan malas beraktivitas ini juga yang menyebabkannya susah untuk bergerak.

Solusi terbaik dari sugar glider yang mengalami obesitas adalah perlunya kita lebih teliti lagi dalam hal mengatur menu makan dan jam waktu makan.

Menyediakan Kandang

Untuk satu ekor atau sepasang sugar glider, dilengkapi ukuran panjang minimal x tinggi x lebar yaitu 60 x 40 x 40 cm. Tetapi, akan  lebih baik lagi jika yang kalian berikan lebih luas dan lebar agar sugar glider bisa memiliki ruang gerak yang luas.

Semakin luas ukuran kandang akan lebih baik, karena terkadang sugar glider suka terbang meluncur hinggap kesana-kemari dari 1 pohon ke pohon lainya jika di luar ruangan.

Tempatkan kandang pada posisi yang strategis. Letakkan kandang pada tempat dengan sirkulasi udara yang bagus.

Lampu tidak mengarah langsung ke kandang sugar glider jika kandang berada di dalam ruangan. Jika posisi kandang di luar ruangan jangan biarkan sinar matahari mengenai kandang secara langsung. Karena bisa mengganggu penglihatan sugar glider.

Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan kandang maupun tempat makan dan minumnya.

Mandikan Sugar Glider

cara merawat sugar glider
youtube.com

Merawat sugar glider harus di lakukan secara maksimal, termasuk masalah kebersihan tubuh sugar glider. Dengan memandikannya, sugar glider yang kita pelihara akan lebih aman dalam masalah kesehatan fisiknya.

Sugar glider bisa bau juga loh. Buat kalian yang menaruh kandang di dalam kamar atau kos pasti lambat laun akan terganggu dengan bau dari sugar glider.

Untuk mengatasinya mandikan sugar glider. Cara memandikannya pun cukup mudah seperti ketika kalian memandikan kucing. Di mandikan dengan air biasa lalu di kasih sampo. Biasanya yang di gunakan adalah sampo bayi.

Setelah itu keringkan sugar glider dengan handuk dan di lanjutkan dengan pengering rambut atau jika kamu males banget bisa juga di mandikan pakai tisu basah saja.

Selain mengurangi bau dari sugar glider memandikan sugar glider bisa membuat tubuhnya menjadi tetap bersih dan sehat.

Menjinakan / Bonding

cara menjinakan sugar glider
thebuzzland.com

Pada awalnya sugar glider hidup di alam liar di alam. Namun akhir-akhir ini mulai banyak peminat akhirya sugar glider banyak di buru untuk di jual maupun di pelihara sendiri.

Mengapa kita disarankan memelihara sugar glider dari masih usia 1-2 bulan. Hal itu bertujuan karena kita merawatnya dari kecil maka akan lebih cepat mengenal kita dan cepet jinak.

Cara membuat sugar glider menjadi jinak salah satunya dengan menaruh baju kita yang sudah seharian di gunakan beraktivitas kalo bisa yang ada keringatnya. Tujuannya adalah supaya lebih mengenal kita. Karena sugar glider mengenali tuannya dari bau.

Mengajak Main

cara mengajak main sugar glider
worldatlas.com

Cara lainnya adalah sering-seringlah berinteraksi degan sugar glider peliharaanmu. Kalo bisa sih sesering mungkin. Misal, tiap sore di ajak main 30 menit dalam 1 hari sudah cukup tapi rutin ya. Supaya kemistri si tuan dan sugar glider semakin tumbuh.

Jika sering di ajak main sugar glider bisa jinak banget sama kita. Bahkan semisal sugar glider kita taruh di atas pohon dan kita agak menjauh jika kita panggil dia akan segera terbang meluncur ke arah kita.

Jenis Penyakit Pada Sugar Glider

jenis penyakit pada sugar glider
greenfuture.io

Sugar glider juga hewan yang rentan terkena penyakit jika kita kurang memperhatikan kesehatan dan kebersihan kandang dari sugar glider. Diantara penyakit yang bisa menyerang sugar glider adalah sebagai berikut,

  • Bulu Rontok
  • Diare
  • Bengkak pada kaki
  • Kekurangan Kalsium Dan Fosfor
  • Katarak

Kesimpulan

Penjelasan di atas adalah tentang hewan peliharan sugar glider, cara merawat dan penyakit yang bisa menyerang sugar glider. Sugar glider juga merupakan hewan peliharaan yang masih belum begitu populer di Indonesia.

Buat kalian yang baru memelihara sugar glider mungkin artikel ini bisa membantu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.