Contoh Desain Menu Makanan Keren Dan Unik

4 min read

menu makanan

Contoh desain menu makanan – Saat ini, karena persaingan yang ketat, restoran dipaksa untuk lebih kreatif dan memoles desain mereka  untuk mengesankan dan menarik pelanggan.

Berbicara mengenai menu makanan pada restoran tentu memiliki dampak besar pada emosi pelanggan kita, yang dapat dengan sukses menjaga merek kalian dalam ingatan mereka.

Untuk unit bisnis dalam layanan restoran, elemen terpenting dalam menciptakan merek mereka adalah kualitas hidangan. Dari situ, restoran atau rumah makan  menjadi terkenal dengan sendirinya.

Namun untuk membuat desain menu yang baik kalian bisa menghire desainer grafis untuk membantu kalian membuat desain menu yang menarik.

Dalam hal ini, detail tambahan seperti penataan restoran atau desain menu restoran menjadi lebih penting.Hal  Ini menjadi  salah satu poin plus yang sangat diperlukan untuk keberhasilan bisnis di pasar.

Desain Menu Restoran Harus Menarik

desain menu makanan
designtrends.com

Menu adalah salah satu perincian yang sangat diperlukan di restoran. Ini membantu pelanggan dengan mudah memilih dan memesan makanan.

Selain itu desain menu yang baik dan menarik bisa juga menjadi  nilai tambah untuk bisnis yang sukses.

Jika pertamakali pelanggan datang ke restoran,  biasanya akan lebih memperhatikan menu daripada yang lain.

Semakin berhati-hati dan kreatif konten menu, semakin bersemangat pelanggan. Pada saat yang bersamaan menu juga menunjukkan jiwa dan karakteristik restoran.

Hidangan utama, spesialisasi, harga, layanan tambahan, gaya restoran semuanya ditunjukkan dalam menu.

Oleh karena itu, desain menu yang indah dan mengesankan akan menjadi nilai tambah khusus yang membuat pasar bisnis makanan yang kita tekuni  sukses.

Contoh Desain Menu Makanan Unik

desain menu makanan unik
designtrends.com

Inilah beberapa referensi contoh Desain menu makanan unik yang pembuatannya sangat kreatif dan sangat menginspirasi tentunya. Mari simak baik-baik ulasannya.

L’Encant, Spanyol

contoh desain menu makanan
nuriavila.net

Desain menu dari L’Encant ini juga nggak kalah unik. Agensi kreatif Spanyol Nuria Vila menciptakan desain menu untuk bistro populer, L’Encant di Spanyol.

Desain menunya terinspirasi dari kipas lipat Jepang. Tentu saja dari segi bentuknya sangat beda bnaget dengan desain menu sebelumnya yang pada dasarnya hanya menitik beratkan di sisi desainnya saja.

Namun desain menu yang satu ini juga sangat unik karena dari segi bentuknya juga sangat anti mainstream banget karena sangat berbeda dari desain menu yang lain.

Bentuk menunya memiliki penutup kayu dan kertas batu telah digunakan di dalam untuk meminta spesialisasi yang disajikan.

The Pelican, Singapura

contoh desain menu makanan
pinterest.com

Desain menu makanan pada The Pelican, Singapura mengkombinasikan konsep desain unsur hewan laut dan karakter manusia.

Adalah Foreign Policy sebuah agensi desain yang berada di Singapura yang mendesain menu makanan yang keren ini.

Desain menu di The Pelican ini menggunakan pilihan warna seperti magenta,biru dongker, dan putih dan di kombinasi dengan desain yang simple membuatnya terlihat mewah dan berkelas.

Fade St. Social, Dublin

desain munu unik
stevesimpson.com

Desain menu yang satu ini juga nggak kalah keren dengan desain menu lainnya. Berbeda dengan style lainnya. Style desainnya ilustrasi banget pokoknya.

Seorang Illustrator bernama Steve Simpson menciptakan desain menu yang indah untuk Fade St. Social di Dublin.

Menu ini memiliki gambar-gambar indah yang menggambarkan kualitas makanan dan kesenangan yang disajikan di restoran.

Desainnya juga berhasil mengekspresikan suasana yang apik, suasana yang hidup, dengan karakter Irlandia yang benar-benar biru dari restoran populer ini

Vera, Saragoza

contoh desain menu makanan
elcalotipo.com

Desain menu untuk Café Vera terbuat dari kayu tebal dan telah dirancang dengan rumit untuk  membuat calon pelanggan mereka terkesan.

Desain tulisannya yang berwarna putih tentu sangat kontras sekali jika di letakkan di papan tebal berwarna coklat.

Seolah memadukan antara natural dan elegan menjadi satu. Selain itu menu makanan juga terlihat sangat simple.

Dengan cerdas mereka mencetak harganya di stiker. Jadi kalo sewaktu-waktu ada perubahan harga untuk menu makanannya bisa cepat di perbaharui  dengan mudah.

Nah tentunya trobosan seperti ini juga menjadikan salah satu nilai plus yang bakalan di ingat sama pelanggan kita.

Montero, Meksiko

desain menu makanan unik
anagrama.com

Agensi desain yang bermarkas di Meksiko Anagrama telah merancang menu kreatif untuk Montero. Konsep branding menu yang di angkat oleh Montero adalah menggambarkan periode kolonial.

Desain menu berhasil memuliakan nilai-nilai dapur tradisional. Restoran menggunakan bahan baku lokal dalam menyiapkan hidangan yang disajikan kepada pelanggan.

Ragu Cafe, Novosibirsk

menu makanan unik
tripadvisor.com

desain menu makanan unik

Menu Ragu Café memiliki foto berwarna dari makanan lezat yang disajikan di sini. Foto-foto ada di menu untuk memberi pelanggan indikasi seperti apa masakan tertentu.

Ini memudahkan pelanggan untuk memilih masakan favorit mereka. Tidak banyak restoran yang memiliki desain menu seperti ini dan inilah yang membuat desain menu ini begitu unik.

Tidak hanya itu desain dari menunya juga sangat bagus (foto dan teksnya di layout dengan sangat baik). Selain itu juga di tambahkan illustrasi dari menu makanannya dengan sentuhan hand drawing.

Selain itu  dengan menggunakan foto yang sangat makanan yang sangat menggiurkan  akan semakin memancing fantasi pelanggan kita terutama jika mereka sedang lapar.

Ilustrasi hand drawingnya yang keren juga bisa membuat kalian berimajinasi tentang makanan dan minuman ynag akan di hidangkan.

Jus Sano, Barcelona

desain menu makanan unik
designtrends.com

Desainnya yang sangat simple dan memiliki kesan minimalis  ini juga membuat menu yang satu ini terlihat sangat keren abis.

Sisi lain dari menu ini menampilkan ilustrasi mono-weight yang menambahkan glitter pada daya tariknya. Jenis font yang dipilih untuk menu adalah sans serif bulat. Memang, ini adalah desain yang indah.

Buat kalian para pecinta desain minimalis dan simpel juga bakalan setuju kalo desain yang satu ini juga sangat unik dan memiliki taste yang elegan.

Dan untuk kalian para generasi millennial ketika melihat desain menu makanan yang satu ini pasti kalian akan langsung setuju jika ini juga merupakan salah satu desain menu terbaik.

Hubbly Bubbly, Orlando

desain menu makanan unik
munger.myportfolio.com

Desain menu yang menyenangkan untuk restoran kecil yang menyenangkan, menu Hubbly Bubbly dibuat oleh desainer yang berasal dari  Florida, Mark Unger.

Ini adalah desain yang menggemaskan yang memanfaatkan warna-warna cerah di setiap halaman seperti warna merah dan kuning.

Desain menu ini menjelaskan mengapa skema warna yang hidup dan tipografi yang mewah tetap menjadi elemen terbaik untuk desain menu bisnis kecil dan lokal.

Selain itu desain menu dari Hubbly Bubbly  ini juga nggak kalah keren dan simple juga.

Holly Burger, Spanyol

desain menu makanan unik
pinterest.com

Inspirasi untuk desain menu Holly Burger berasal dari grafik tahun 1940-an. Dirancang oleh Manuel Astorga dan Rodrigo Aguade.

Menu ini menciptakan merek gaya Amerika dengan campuran berbagai referensi gaya. Elemen-elemen vital dari desain seperti vintage, tulisan tangan Amerika tipografi dan wallpaper daun pisang.

Namun, pastikan kalian tidak menyimpang banyak dari warna, tipografi dll elemen yang digunakan dalam desain branding restoran kalian ya guys, supaya memiliki kesan desain yang konsisten.

Pemilihan jenis fontnya juga sangat cocok banget dengan layout desainnya yang simple membuat desai menu yang satu ini tampak lebih menarik.

Cellarmaker Brewing Co, San Francisco

contoh desain menu makanan
pinterest.com

Menu Cellarmaker adalah desain menu yang brilian yang tidak pernah gagal mengesankan para pelanggannya.

Desain menu yang mengesankan ini tidak hanya memberi kalian perincian yang diperlukan tentang minuman dan makanan yang disajikan.

Kesimpulan

Untuk mendesain menu utamanya untuk kafe dan restoran desainnya haruslah berupa ide yang unik dan kreatif. Menu makanan ini harus terlihat mengesankan dan mudah di ingat oleh pelanggan.

Dalam hal ini kalian bisa bereksperimen mulai dari desain menu hingga bantuk dari menunya. Bebaskan ide kalian  juga ketika akan mendesain. Jangan lupa juga untuk mencari referensi desain yang sebanyak-banyaknya.

Setiap detail yang ditampilkan dalam daftar menu yang di buat memiliki tujuan. Seperti dalam hal pemilihan  warna, font, gambar, elemen ruang dll berkontribusi untuk membangun citra brand restoran utamanya maupun brand yang sedang kalian bangun.

Nah jadi di atas juga merupakan contoh referensi desain menu makanan yang unik. Mungkin diantara beberapa contohnya bisa membuat kalian terinspirasi dan ingin mencoba membuatnya.

Untuk referensi desain keren lainnya kalian bisa lihat di sini nih gaes touchbistro.com tentang referensi desain menu di restoran. Semoga membantu menambah wawasan kita bersama dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.