Contoh Desain Undangan Pernikahan

4 min read

Contoh desain undangan pernikahan – Berbicara tentang undangan pernikahan  atau wedding invitation apa yang pertamakali kalian fikirkan?, Desain mungkin atau harga, ukuran dan lain sebagainya.

Namun sebelum sampai di situ kita bakal ngobrol-ngobrol dulu tentang jenis-jenis undangan itu apa saja dan juga jenis kertas yang di gunakan apa saja dalam membuat undangan.

Bagi setiap orang yang ingin membuat undangan pernikahan biasanya menyerahkan semua urusan desain dan finishingnya kepada pihak percetakan.

Namun jika di rasa kurang puas kalian juga bisa mempercayakan kepada desainer grafis untuk membantu membuat desain undangan pernikahan kalian.

Lalu kemudian untuk urusan cetak-mencetaknya baru kalian bisa melemparnya ke percetakan.

Jenis Kertas Undangan

Ketika kita akan memutuskan untuk membuat undangan atau lebih tepatnya ketika kita akan mulai mencetak undangan pasti kita juga akan menentukan jenis kertas apa yang akan kita gunakan pada undangan kita.

Karena pemilihan kertas yang tepat pada undangan yang akan kita buat akan menentukan hasil cetaknya juga.

Baiklah di bawah ini merupakan ulasan mengenai jenis-jenis kertas yang biasanya di gunakan untuk mencetak undangan. SImak baik-baik.

Jasmine

Kertas jasminn merupakan salah satu jenis kertas undangan yang memiliki tekstur yang pada permukaan kertasnya memiliki gliter.

Biasanya jenis kertas ini yang paling banyak digunakan setiap percetakan saat membuat undangan pernikahan karena tekstur kertasnya yang gemerlapan.

Dengan kertas jasmine supaya lebih bagus lagi biasanya di kombinasikan dengan kombinasi teknik emboss.

Ivory

Jenis kertas yang satu ini sering juga di gunakan untuk mencetak undangan karena jenis kertasnya yang solid dan jika di gunakan untuk mencetak undangan terkesan terlihat lebih elegan.

Apalagi jika di padukan dengan desain yang keren dan unik maka di jamin undangan pernikahan yang kalian buat jadi semakin bagus tentunya.

Art Papper

Kertas Art Papper memiliki texture permukaan yang cenderung halus dan memiliki efek glossy.

Penggunaannya selain untuk mencetak undangan, art papper juga biasa di gunakan untuk mencetak katalog, majalah, buku tamu, kalender meja dan lain sebagainya.

Namun dalam pembuatan undangan pernikahan,kertas art papper dijadikan lapisan luar atau dalam hard cover dari undangan, tapi dapat juga biasa digunakan untuk isi undangan juga.

Hasil undnagan dengan jenis kertas ini akan lebih terlihat mewah jika dilaminasi dengan doff, glossy, atau UV.

Art Carton

Jenis kertas art carton hampir sama dengan kertas art paper  perbedannya adalah gramaturnya.

Jenis kertas undangan art carton cenderung lebih tebal ketimbang art paper. Biasanya penggunaan art carton ini cenderung di gunakan untuk membuat label produk dan sejenisnya.

Tetapi tidak jarang juga beberapa orang memilih jenis kertas art carton ini untuk dijadikan sebagai kertas pembuatan undangan mereka.

Matt Papper

Jika di lihat sejenak jenis kertas Matt papper terlihat hampir sama dengan kertas art papper, namun jika kita perhatikan lebih detail lagi ternyata berbeda.

Matt papper memiliki warna yang cenderung lebih redup di bandingkan ivory dan art papper alias sedikit lebih redup dan juga lebih cepat menyerap tinta.

Kalkir

Jenis kertas kalkir jarang sekali di gunakan untuk membuat undangan pernikahan karena kertas ini tipis sekali dan agak tembus pandang.

Tapi jangan salah jika kita mau sedikit kreatif kertas ini bisa kita olah menjadi jenis undangan yang menarik.

Contoh Desain Undangan Pernikahan

Undangan Softcover

Contoh Desain Undangan Pernikahan
design by Studio Works Co.

Nah buat kalian yang belum tau apa sih jenis undangan softcover itu, Undangan softcover adalah undangan yang di buat hanya dengan mencetak undangan di satu lembar kertas saja. Baik ivory atau kertas yang lainnya.

Untuk mempercantik undangan, kalian bisa memberi variasi undangan soft cover biasanya di tambahkan amplop, tali rami dan lain sebagainya pada hasil cetaknya.

Undangan Hardcover

undangan pernikahan
design by The Murphy Studio

Undangan hard cover, seperti namanya undangan ini memiliki size yang lebih tebal di bandingkan dengan softcover karena pada isinya di tambahkan kertas karton.

Untuk sebagian orang undangan hard cover bisa memberikan kesan yang cukup mevvah dan ekslusif.

Untuk budget harganya juga menyesuaikan dari jumlah undangan yang di buat, bahan yang di gunakan, dan juga tingkat kerumitan serta variasi tambahan lain seperti embos dan lain sebagainya.

Undangan Berbentuk Tiket

Contoh Desain Undangan Pernikahan
design by akanksha negi

Undangan yang satu ini juga sangat unik. Karena berbentuk tiket. Desain undangan ini berbeda sekali dengan jenis undangan yang lainnya.

Undangan Pop- Up

Contoh Desain Undangan Pernikahan pop up
design by Customizing Creativity

Jenis undangan yang satu ini sekilas jika di lihat dari luar terlihat seperti undangan softcover dan hardcover pada umumnya.

Namun jika kita buka undangannya di dalamnya muncul foto maupun tulisan dari kedua calon mempelai.

Bahan pembuatannya biasanya juga di kombinasi dari beberapa kertas supaya tampilan undangan pop-up terlihat lebih keren lagi pastinya.

Undangan Sosial Media

Karena zaman yang sudah makin maka sebagian orang yang nggak mau repot-repot dan mengeluarkan budget banyak untuk mencetak undangan, mereka juga bisa membuat undangan di sosial media saja tanpa perlu mencetaknya.

Dari bentuknya juga sangat beragam, mulai dari undangan yang hanya beerbentuk poster, gif (gambar bergerak), maupun yang berbentuk video.

Mengundang orang melalui sosial media memang sangatlah keren (untuk generasimlenial khususnya), namun itu akan kurang efektif jika di peruntukan untuk orang-orang tua.

Undangan Laser Cutting

Contoh Desain Undangan Pernikahan
silverlininginvitations.com

Dengan proses laser cut, undangan pernikahan kini memiliki tampilan yang jauh lebih menarik yang pastinya juga sangat unik.

Tidak hanya busana saja yang mengalami demam atau musim laser cut, kartu undangan pun tidak mau kalah modisnya.

Bermain dengan ragam motif mulai dari yang klasik, replika pohon besar atau meniru satu corak batik, hampir seluruh benda dapat dibentuk melalui laser cut.

Sehingga para calon pengantin bebas mengajukan bentuk apa pun yang disukai.

Undangan Akrilik

contoh undangan pernikahan akrilik
design by Artistically Wired

Jenis undangan yang satu ini merupakan salah satu jenis undangan yang cukup unik karena selain menggunakan variasi berupa amplop namun isi undangannya menggunakan papan akrilik.

Karena bahan akrilik jarang di gunakan untuk membuat undangan otomatis harga jualnya biasanya akan lebih mahal di bandingkan jenis undangan lainnya, karena yang order juga jarang.

Selain unik karena bahannya yang terbuat dari akrilik jenis undangan yang satu ini juga terkesan elegan dan eksklusif.

Undangan Berbentuk Puzzle

Contoh Desain Undangan Pernikahan
design by flying elephant design

Jenis undangan yang satu ini tergolong unik dan jarang sekali orang membuatnya. Bahannya juga opsional sekali. Biasanya menggunakan karton dan dengan bantuan finishing laser cutting.

Undangan Dari Kain Beludru

undangan pernikahan
mitrawedding.com

Biasanya kain bludru di gunakan untuk membuat busana dan kotak perhiasan dan pernak-perniknya. Namun kini kain bludru bisa juga di jadikan pelapis dari kartu undangan pernikahan.

Dari pemilihan warnanya juga sabgat beragam sekali tergantung dari selera masing-masing.

Harganya juga menyesuaikan dari jenis kainnya mau yang import atau yang local.Yang import tentu saja memiliki tekstur yang lebih halus di bandingkan yang local dan harganya tentu saja berbeda.

Undangan Blanko

undangan blanko
souvenir-online.com

Jenis undangan blanko merupakan jenis undangan yang biasanya sudah ada desain template jenis kertasnya dan kita hanya tinggal mencetaknya saja atau nggak bisa coustom.

Namun jika di lihat dari segi biayanya lebih murah bahkan paling murah di bandingkan dengan jenis undangan yang lainnya.

Buat kalian para pecinta undangan coustom desain mungkin kurang tertarik dengan jenis undangan yang satu ini.

Finishing Undangan Pernikahan

Untuk mempercantik desain undangan kalian bisa memberikan sentuhan akhir seperti menambahkan variasi finishing seperti dibawah ini.

  • Laminasi (Doff / Glossy)
  • Hotprint (Gold / Silver)
  • Emboss (Text Timbul)
  • Hardcover
  • Cutting laser
  • Dan lain sebagainya

Penutup

Nah itu tadi pembahasan dari contoh desain undangan pernikahan dan jenis-jenis undangan lainnya. Mungkin dari beberapa jenis yang sudah di paparkan kalian bisa mencobanya untuk undangan kalian.

Selain itu ada juga beberapa referensi finishing untuk mempercantik undangan kalian. Sekian semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.