Contoh Iklan Bahasa Jawa

4 min read

iklan bahasa jawa

Contoh Iklan Bahasa Jawa – Halo teman-teman berjumpa kembali dengan fatasama!

Pada kesempatan kali ini fatasama akan membahas tentang contoh iklan Bahasa jawa nih.

Ngomongin tentang iklan sebagaimana yang biasa kita ketahui, jika salah satu fungsi dari iklan adalah mengenalkan produk kepada konsumen.

Mengapa Menggunakan Bahasa Jawa?

Untuk membuat iklan salah satu syarat yang harus di penuhi adalah unik dan mudah diingat.

Di sini iklan yang kita bahas adalah iklan Bahasa Jawa dan contohnya.

Mengapa iklan menggunakan Bahasa Jawa bisa di katakana unik?

Yup, tentu saja karena pada umumnya iklan yang sering kita lihat pasti selalu menggunakan Bahasa Indonesia.

Nah, jika ada salah satu iklan yang berbeda (Menggunakan Bahasa Jawa atau selain Jawa) maka bisa saja menjadi pusat perhatian audience.

Di samping itu mungkin ada teman-teman yang berfikir jika nanti segmen iklan hanya terbatas orang Jawa saja.

Pendapat itu juga tidak salah, namun dengan kemajuan tenologi informasi saat ini, siapa saja bisa saling mengetahui budaya dan Bahasa dari macam-macam suku bangsa di dunia.

Nggak cuma Bahasa Jawa aja loh.

Dan taukah teman-teman mengapa banyak perusahaan besar yang membuat iklan menggunakan Bahasa Jawa?

Pertama perusahaan komersil tersebut memang berlokasi produksi di Pulau Jawa.

Dengan membuat iklan dengan Bahasa Jawa mereka bisa merasa lebih dekat dengan orang-orang mayoritas penghuni Pulau Jawa.

Gampangnya untuk menjalin keakraban gitu.

Contoh Iklan Bahasa Jawa yang di buat juga sudah banyak di buat di berbagai sektor seperti,

  • Iklan Pendidikan
  • Iklan layanan masyarakat
  • Iklan makanan / minuman
  • Iklan penguman / pemberitahuan

Jika kalian tinggal di Pulau Jawad an sering mendengarkan siaran di radio pasti kalian bakalan sering menemukan Contoh Iklan Bahasa Jawa.

Nggak Cuma di radio juga sih, di televisi banyak ada stasiun tv yang menyiarkan semua programnya dengan menggunakan Bahasa Jawa, seperti J – tv misalnya.

Atau keluar topik sedikit masih ingatkah kalian dengan youtuber ternama Bayu Skak yang dalam setiap kontn video yang di buatnya selalu menggunakan Bahasa Jawa.

Contoh Iklan Bahasa Jawa

Nah, berikut ini merupakan contoh iklan, caption atau kata-kata yang menggunakan Bahasa Jawa,

Kebayang nggak sih seperti apa iklannya? Yuk simak contoh iklan Bahasa jawa berikut ini!

Contoh Iklan Bahasa Jawa Makanan

contoh iklan bahasa jawa
firststudio.info

Teks Iklan :

“Indomie Goreng : Nggawe Nonton Bal Luwih Bungah”

Makna teks Iklan :

Indomie goreng : “Membuat nonton bola menjadi lebih menyenangkan”. Kurang lebih arti kalimat Bahasa Jawa di atas demikian.

Nah, ini dia salah satu contoh iklan makanan favorit kita semua. Apa lagi kalau bukan Indomie seleraku, eh selera kita semua.

Mie instan yang sudah bertahun-tahun menjadi penyelamat para mahasiswa dan kariawan di kala tanggal tua menghampiri.

Namun ada slogan bawaan Indomie yang akan selalu terngiang di kepala kita semua.

Indomie, seleraku!

Baca juga :

Iklan Makanan Siap Saji

contoh iklan bahasa jawa

Teks iklan :

“Sing Dobel Tansah Nggawe Wareg!”

Super Gede 2 – @ pitik + Sega + Pepsi 

Khusus mangan ing panggonan

50% off rebo spesial

Makna teks Iklan :

Sing Dobel Tansah Nggawe Wareg! = Yang double selalu membuat kenyang.

Super Gede 2 – 2 pitik + Sega + Pepsi = Super gede 2 Ayam + Nasi + Pepsi

Khusus mangan ing panggonan = Khsusu di makan di tempat

50% off rebo spesial = Spesial Rabu 50% off

Contoh Iklan Bahasa Jawa Minuman

Iklan Okky Jelly drink

contoh iklan bahasa jawa

Teks iklan :

Okky Jelly Drink : “Ngeleh ilang, Ngelak ilang!”

Makna teks Iklan :

“Ngeleh ilang, Ngelak ilang!” = Lapar hilang, haus hilang.

Berikutnya adalah iklan miuman ringan (Softdrink) Okky Jelly drink.

Miuman yang isinya jeli dengan berbagai macam varian rasa. Kalian pernah minum enggak hayo?

Ngeleh ilang, Ngelak ilang!

Iklan Kuku Bima Energi

contoh iklan bahasa jawa
youtube

Teks iklan :

“Kuku Bima Enegri Roso!”

Makna teks iklan :

Maksud dari tagline “Roso” (bertenaga) tersebut adalah minuman berenegi yang benar-benar memberikan tenaga

Iklan minuman berenergi yang sangat populer ini siapa sih yang enggak tau.

Perusahaan minuman berenergi yang satu ini membuat iklan ini dengan artis-artis ternama seperti Ade Ray, Iko Uwais dan lain sebagainya.

Namun tetap saja yang membuat minuman berenergi yang satu ini menjadi menjadi populer karena adanya Mbah Marijan yang merupakan salah seorang kuncen dari Gunung Merapi.

Meski kini Mbah Marijan sudah tiada namun kata-katanya akan selalu teringat di kepala.

Kuku Bima Energi, ROSO!”

Iklan Milo Bahasa Jawa

iklan bahasa jawa

Teks Iklan :

“Milo, Energi Menang Saben Dino!!!”

Makna teks iklan :

Milo, Energi Menang Saben Dino!!! = Milo, Energi menang tiap hari!

Berikutnya ada iklan Minuman susu coklat yang beberapa waktu lalu booming menjadi jajanan ringan es kepal milo.

Milo, Energi menang tiap hari!

Contoh Iklan Bahasa Jawa Obat

Iklan Oskadon – Obat sakit kepala

contoh iklan bahasa jawa

Teks iklan :

“Oskadon Pancen Oye!”

Makna teks iklan :

Jadi, ibarat obat ini udah oke banget. Oye itu semacam istilah seperti “Oke”, “Joss”, “Mantap”

“Oskadon pancen oye!” = Oskadon emang oke!

Semacam itulah artinya.

Iklan Bintang Todjoe – Masuk Angin

contoh iklan bahasa jawa

Teks iklan :

“Bejo Teko Angin Lungo” 

Makna teks iklan :

“Bejo Teko Angin Lungo” = Bintang Toedjoe (Bejo) datang (masuk) angin pergi.

Berikutnya adalah iklan Bintang tuju masuk angin. Bintang tuju masuk angin masih jenis jamu-jamu juga untuk menolak masuk angin

Bejo tu artinya kek semacam beruntung gitu kalau di Bahasa Jawa.

namun di iklan ini “Bedjoe” = Bintang Toedjoe

Bejo Teko Angin Lungo!

Iklan Antangin JRG

contoh iklan bahasa jawa
youtube/iklanesiaHD

Teks Iklan :

“Wes…ewes…ewes bablas angine!”

Makna teks iklan :

“Wes…ewes…ewes bablas angine!”  kalimat ini tu kek semacam mantra pengusir masuk angina gitu.

Nah kata wes…ewes…ewes kaya bunyi anginnya gitu. Sedangkan kalimat “Bablas angine!” = anginnya lewat. Gampangnya gitu.

Wes…ewes…ewes bablas angine!

Iklan Bimbingan Belajar

Iklan Ruangguru

iklan bahasa jawa
firststudio.info

Teks Iklan : 

BIMBEL? Elinga Ruangguru!

Ayo gabung dadi squad ruangguru karo aku

Supaya #SinauDadilinuwih!

Makna teks Iklan :

BIMBEL? Ingat Ruangguru!

Ayo bergabung menjadi squad Ruangguru dengan saya

Supaya #BelajarJadilebih

Nah, kalo yang ini adalah contoh iklan Bahasa Jawa bimbingan belajar ternama, Ruang guru.

Iklan Provider Kartu

iklan bahasa jawa
tugassekolahsmpsmk.blogspot.com

Teks iklan :

XL

Rego paling murah!!!

Sinyal apik lan lancar

Nyambung terus

Makna teks Iklan :

XL

Rego paling murah!!! = Harga paling murah

Sinyal apik lan lancar = Sinyal bagus dan lancar

Nyambung terus

Selain makanan, minuman dan lain sebagainya, itu di atas ada juga contoh iklan provider kartu telfon XL pakai Bahasa Jawa.

Rego paling murah, sinyal apik lan lancar

Iklan Jual Bibit Jagung

iklan bahasa jawa

Teks Iklan :

Jagung Hibrida Unggul – Tani Makmur

Para Kadang Tani ora usah bingung yen arep nenandur

Jagung Hibrida unggul 

Gampang golek-golekane

Gampang nandure

Kualitas unggul

Makna teks iklan :

Jagung Hibrida Unggul – Tani Makmur

Para Kadang Tani ora usah bingung yen arep nenandur = Para petani jangan  bingung jika ingin bercocok tanam

Jagung Hibrida unggul 

Gampang golek-golekane = mudah di cari

Gampang nandure = mudah di tanam

Kualitas unggul

iklan bahasa jawa
sonysetiawan65.blogspot.co.id

Teks Iklan :

Jamu Mugi waras

Jamu Mugi waras nyediakake aneka jamu

  1. Akeh pilihane
  2. Mesti alami
  3. Gampang ngracike
  4. Tanpo efek samping

Di jamin awak seger, waras lan ati makmur.

Makna teks iklan :

Jamu Mugi waras = Jamu Lekas Sembuh

Jamu Mugi waras nyediakake aneka jamu = Jamu Lekas Sembuh menyediakan berbagai macam jamu.

  1. Akeh pilihane = Banyak macam pilihannya
  2. Mesti alami = Pasti alami
  3. Gampang ngracike = Mudah meraciknya
  4. Tanpo efek samping = Tanpa efek samping

Di jamin awak seger, waras lan ati makmur. = Di jamin badan segar bugar, sembuh dan hati makmur.

Jamu Mugi Waras, Di jamin awak seger, waras lan ati makmur.

Iklan Lucu

Setelah kita membahas tentang contoh iklan Bahasa Jawa kini saatnya kita refreshing sejenak sambil melihat beberapa plesetan iklan lucu Indonesia berikut ini.

Sebenarnya jatuhnya bukan iklan sih, tapi lebih ke plesetan / parodi / meme dari iklan yah teman-teman. Tapi gapapa deh buat seru-seruan. Hehe.

Skuy skrol ke bawah   😀

iklan lucu

iklan lucu

contoh iklan lucu

iklan lucu

iklan lucu

contoh iklan lucu

Penutup

Itu tadi merupakan beberapa contoh referensi iklan Bahasa Jawa dan beberapa iklan lucu yang bisa fatasama sajikan pada kesempatan kali ini.

Mudah-mudahan informasi yang sedikit ini bisa membantu memperkaya wawasan kalian seputar iklan Bahasa Jawa dan contohnya.

Sekian dan terimakasih. Sampai jumpa pada pembahsan berikutnya.

Babai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.