Pengertian Desain Grafis Adalah ?

7 min read

desain grafis adalah

Desain grafis adalah ? – Dikehidupan sehari-hari pasti kalian udah sering banget denger yang namanya “Desain Grafis”. Namun terkadang kebanyakan orang masih banyak yang masih belum ngerti makna dari desain grafis.

Jika kalian suka banget sama dunia desain, atau suka banget mendesain, ada baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu apa sih desain grafis itu.

Seiring semakin majunya zaman serta penggunaan software desain yang cara tutorialnya udah banyak banget bisa kita temu di internet. Maka orang yang tertarik mendalami dunia desain khususnya grafis membludak.

Akibatnya institusi pendidikan yang menyediakan progam studi desain grafis kebajiran peminat karena di pandang memiliki prospek kerja yang bagus setelah lulus.

Di bawah ini merupakan penjelasan mengenai desain grafis mulai dari pengertian, jenis, prinsip,dan prospek kerja buat kalian yang berkecimpung di dunia desain grafis.

Apakah Desain Grafis itu?

desain grafis adalah
ptra – Pixabay

Desain Grafis adalah seni berkomunikasi atau menyampaikan suatu pesan melalui kombinasi dari unsur elemen grafis seperti, warna, garis, dan bentuk.

Desain grafis memiliki 2 suku kata. “Desain dan Grafis”.

Desain adalah proses mewujudkan rancangan dalam bentuk blue print ide sebelum kita mewujudkan suatu kreasi ide yang biasanya berbentuk desain 2D (Sketsa) maupun 3D (Komputerisasi).

Grafis adalah bentuk visual  (gambar) yang di rancang dengan cara mengkombinasikan titik, garis

Atau gampangnya keya gini, proses penyampaian pesan atau ajakan melalui media visual (Gambar) dengan cara mengkombinasi tipografi, ilustrasi, dan fotografi.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah penyampaian informasi atau pesan yang di sampaikan melalui desain visual.

Desain grafis juga merupakan salah satu cabang dari ilmu seni. Dalam perkembangannya desain grafis atau proses mendesain sebuah objek gambar di bantu oleh peralatan penunjang seperti komputer.

Orang yang bekerja pada bidang desain grafis di sebut juga ”Graphic Designer” atau desainer grafis .

Tentunya untuk menjadi seorang graphic designer haruslah menguasai beberapa cabang keilmuan seperti,

  • Wawasan Kesenian
  • Wawasan Sains & Teknologi
  • Wawasan Filsafat dan Etika
  • Wawasan Sosial & budaya

Sedangkan ilmu yang mempelajari tentang desain grafis biasa kita kenal denga istilah DKV (Desain Komunikasi Visual).

Prinsip Desain Grafis

dalam dunia desain membuat desain itu nggak asal-asalan, tapi ada pedoman atau prinsip yang harus di terapkan supaya desain yang di buat bisa enak di lihat.

Diantara prinsip desain grafis antara lain,

White Space (Ruang Kosong)

prinsip desain grafis
pexels – pixabay

Pada desain ruang kosong sangatlah penting. Kebayang nggak sih jika kalian ngelihat desain yang sibuk banget pasti erkesan enggak menarik sama sekali.

Maka itu ruang kosong sangatlah di perlukan dalam desain hal ini juga bertujuan buat memfokuskan poin yang penting dalam desain yang kita buat.

Selain itu karya kita juga akan terlihat menjadi lebih professional dan terlihat lebih simple dan enak untuk di lihat.

Clarity (Kejelasan)

Kejelasan dalam desain juga merupakan suatu hal yang sangat wajib. Karena hal itu bisa juga menyebabkan karya yang kita buat menimbulkan makna ganda atau ambigu.

Atau ibarat karya yang kita buat ini mengandung pesan “A” malah orang yang gagal paham akan menangkap bahwa pesan yang ingin kita sampaikan mengandung makna pesan “B”.

Simplicity (Kesederhanaan)

Kesederhanaan dalam desain juga sangat penting untuk di terapkan. Karena desain yang simple juga enak untuk di lihat.

Hal itu juga yang akan membuat orang lain betah untuk mkelihat karya kita dalam jangka waktu sekian menit tanpa merasa bosan.

Selain itu juga supaya pesan yang ingin kita sampaikan pada karya  terkesan simpel, padat, jelas dan mengena.

Pada prinsip desain yang satu ini juga kebanyakan orang melanggarnya akibatnya karya desain menjadi kacau.

Sebagai contoh kasus adalah desain yang di dalamnya terdapat font yang kurang match dengan backgroundnya.

Atau pada kasus lain adalah jumlah jenis font yang sangat banyak dalam 1 desain. Cukup gunakan 2-3 font saja jangan lebih dari itu dalam desain yang kalian buat.

Jika kalian masih nekat siap-siap aja jadi ambyar desain kalian. Hehe.

Emphasis (Penekanan)

desain grafis adalah
Alexander Stein – Pixabay

Pusat perhatian atau disebut juga emphasis merupakan pengembangan dominasi yang tujuannya untuk menonjolkan salah satu titik fokus objek desain sebagai pusat penarik perhatian audience.

Hal itu juga bertujuan seolah menggiring mata audience untuk langsung menuju ke arah titik focus pada desain yang kalian buat.

Jangan lupa juga untuk membuat si titik focus ini menonjol di antara lainnya misal dengan membuat warnanya menjadi berbeda dari yang lainnya dan lain sebagainya.

Kesatuan (Unity)

prinsip desain grafis
StockSnap – Pixabay

Unity atau kesatuan merupakan hal yang sangat penting untuk di perhatikan dalam dunia desain grafis.

Apa jadinya jika desain yang kita kerjakan ternyata unsur satu dengan yang  lainnya terlihat nggak nyatu dan pasti bakalan terasa ada yang kurang dalam desain tersebut.

Salah satu contoh unity dalam desai grafis adalah ketika kamu mendesain brand dari sebuah perusahaan, pasti kamu akan menentukan warna dan bentuk logo yang sama untuk di terapkan di masing-masing media pengaplikasiannya.

Tujuannya tidak lain adalah sebagai pemersatu sebuah brand atau memberikan ciri khas yang akan mudah di ingat oleh audiencenya.

Perusahaan juga sering menggunakan warna untuk menyatukan setiap elemen bisnis mereka, baik dari logo, situs web maupun untuk di store mereka.

Selain itu biasanya juga dress code dari kariyawan juga biasanya juga senada dengan warna yang sudah di tetapkan di sebuah perusahaan.

Keseimbangan (Balance)

desain grafis
pexels – pixabay

Dalam sebuah karya desain keseimbangan juga merupakan hal yang sangat penting. Supaya karya kita di lihat jadi lebih enak dan nggak berat sebelah.

Gampangnya gini, pernah nggak kalian sekilas mengamati pohon dari kejauhan. Misal bentuk dari si pohon kalian ibaratkan adalah segitiga namun pada salah satu sisinya misalnya memiliki tangkai dan daun yang lebih lebat.

Sehingga bentuk segitiga yang kalian fikirkan tentang pohon itu akan hancur dan kalian pasti akan  sejenak. “coba sebelah sini di potong sedikit pohon ini bisa jadi lebih simetris”.

Keseimbangan emang nggak bisa di ukur tapi bisa di rasakan.

Keseimbangan juga di kelompokan menjadi beberapa jenis antara lain,

  • Keseimbangan Sentral
  • Keseimbangan Simetris
  • Keseimbangan Asimetris
  • Keseimbangan Kontras

Proporsi (Proportion) 

Proporsi adalah ukuran ideal dari sebuah objek baik menurut kenyataan maupun perasaan.Dalam mengatur proporsi pada desain juga di perlukan kecermatan teknis.

Ritme & Pengulangan (Rhytm & Repetition)

prinsip desain grafis
DavidRockDesign – Pixabay

Ritme atau irama merupakan prinsip desain yang dibuat untuk mengatur pengulangan agar meciptakan pengulangan yang lebih tersusun dan terlihat lebih estetik.

Biasanya penggunaannya dapat melalui elemen desain berupa garis, bergantian, gradasi warna, atau bentuk yang lebih rumit.

Sedangangkan repetition atau pengulangan adalah prinsip desin berupa pengulangan sebuah pola dalam desain yang mana ritme dan pengulangan ini salaing berkaitan satu dengan yang lainnya.

Contohnya seperti pengulangan ombak laut , semut yang berbaris, dan lain sebagainya. Prinsip irama dalam dunia desain grafis adalah hubungan pengulangan dan bentuk-bentuk maupun unsur-unsur rupa.

Pengulangan (mengulangi unsur serupa dengan cara yang konsisten) dan variasi (perubahan dalam bentuk, ukuran, posisi atau elemen) adalah kunci untuk menciptakan ritme visual.

Pengetahuan Wajib Yang Harus Di Milliki Desainer Grafis

pekerjaan desain grafis
Evgeni Tcherkasski – Pixabay
  • Kemampuan Komunikasi
  • Kemampuan Analisis
  • Keterampilan Software
  • Sense Artistik
  • Kreativitas
  • Mangement Waktu

Jenis Desainer Grafis

Desainer grafis berdasarkan tipe pekerjaannya bisa di katagorikan menjadi beberapa kelompok antara lain sebagai berikut,

Visual Identity Graphic Design (Branding)

desain grafis adalah
rawpixel – Pixabay

desain grafis branding adalah desainer yang memiliki tugas mengkomunikasikan nilai dari sebuah brand dari suatu bisnis atau organisasi kepada para audiensnya melalui bentuk, warna dan gambar sebagai symbol yang mewakili suatu organisasi.

Desainer yang bekerja di bidang ini biasnya memiliki pekerjaan untuk menciptakan aset perusahaan seperti,

  • Logo
  • Tipografi
  • Statinary kit
  • Palet warna
  • Style / ciri khas desain yang di miliki.

Biasanya desainer merancang semua itu menjadi satu perangkat panduan visual untuk memastikan konsistensi brand / merek  pada tiap-tiap media pengaplikasiannya.

Untuk menjadi Visual identity graphic design ternyata nggak mudah.

Mereka di tuntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik, memiliki keterampilan konseptual dan kreativitas yang tinggi dan juga semangat untuk meneliti industry, organisasi, tren serta pesaing.

Marketing & Advertising Graphic Design (Perikalanan & Pemasaran)

desainer periklanan
David Mark – Pixabay

Desainer grafis yang bekerja di bidang ini pada umumnya bekerja dengan pemilik perusahaan, direktur dan manager ataupun professional untuk menciptakan asset strategi pemasaran.

Tugas desainer grafis yang bekerja di bidang periklanan bertujuan untuk membantu perusahaan / organisasi untuk mempromosikan perusahaannya dengan lebih efektif.

Akan tetapi tidak jarang juga dari mereka yang memilih untuk bekerja sebagai pekerja paruh waktu (freelancer)

Pekerjaannya meliputi pembuatan desain,

  • Poster, spanduk, baliho
  • Infografis
  • Pamflet
  • Kartu pos
  • Brosur (digital maupun cetak)
  • Presentasi power point
  • Display pameran
  • Iklan majalah dan surat kabar

UI (User Interface Graphic Design)

user interface
Pixabay

UI (User interface) seperti mana yang kita ketahui juga biasanya tak bisa dilepaskan juga dari UX (User Xperience).

Tugas desainer UI adalah adalah mendesain tampilan dari suatu aplikasi. Hal ini uga bertujuan untuk memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi.

Menjadi desainer UI ternyata juga nggak mudah loh.

Kita harus memperhaikan pengalaman visual pengguna dan menjadikannya sebagai patokan untuk membuat desain interface di layar seperti tombol, tampilan menu di layar.dan lain sebagainya

Dan hal nggak kalah penting lagi untuk diperhatikan adalah menyeimbangkan desain yang estetik tanpa menganggu fungsi teknis.

Biasanya pekerjaannya meliputi,

  • Desain aplikasi
  • Desain interface game
  • Desain halaman website
  • Desain tema website

Publication Graphic Design (Publikasi & Dokumentasi)

fotografi
Free-Photos – Pixabay

Desain grafis publikasi pada umumnya berspesialisasi  pada dunia publikasi bekerja bersama editor dan penerbit.

Job desknya adalah mendesain lay out atau tata letak serta di kombinasi dengan pemilihan tipografi dan juga menggabungkan karya seni seperti fotografi, grafik dan juga ilustrasi.

Biasanya juga jenis desainer publikasi banyak yangbekerjasebagai freelancer. Namun selain itu ada juga yang bekerja di agensi kreatif maupun di perusahaan penerbitan.

Pekerjaan desainer grafis publikasi meliputi pembuatan,

  • Koran
  • Majalah
  • Katalog
  • Laporan tahunan
  • dll

Packaging Graphic Design (Desain Kemasan)

desain packaging
tacomspout.ch

Pernah nggak kalian berbelanja ke mini market maupun ke pasar konvensional?.

Di sana kalian pasti menemukan masing-masing produk pasti memiliki bungkus atau packaging entah itu berbentuk plastic maupun kertas.

Fungsi dari packagingnya yang sama-sama untuk melindungi si produk supaya lebih awet maupun membuat produk terlihat lebih menarik di pasaran.

Disitulah peran desainer packaging. Dari packaging yang di desain bisa mendapatkan kesempatan untuk menceritakan sebuah brand.

Desainer kemasan juga biasanya membuat konsep mengembangkan maket dan membuat file siap cetak untuk suatu packaging produk.

Nggak jarang juga dari mereka yang menciptakan asset visualnya sendiri untuk sebuah produk seperti ilustrasi dan fotografi.

Desainer kemasan biasanya berfokus atau memiliki spesialisasi pada hanya satu bidang pengemasan suatu produk tertentu.

Selain itu juga mereka harus fleksibel dengan permintaan pasar, produsen, dan juga memahami tren yang sangat cepat sekali berganti.

Motion Graphic Design

prinsip desain grafis
giphy.com

Motion graphic adalah sebuah gambar yang bergerak yang di dalamnya meliputi, animasi, tipografi, video dengan berbagai macam efek pendukung yang di gunakan di dalamnya.

desainer Motion graphic adalah desainer yang berspesialisasi mendesain gambar bergerak. Kadang juga di pahami dengan kata “menganimate” atau menggerakan.

Pada bidang ini termasuk salah satu fokus yang masih tergolong baru di bandingkan bidang graphic design yang lainnya.

Kemajuan teknologi membantu memudahkan kita untuk membuat atau membentuk grafis bergerak (motion graphic)menjadi lebih mudah kita akses di semua platform digital.

Motion graphic designer pada umumnya pekerjaannya meliputi,

  • Logo animasi (Logo bergerak)
  • Advertisement
  • Trailer
  • Video promosi
  • Video tutorial
  • Video game
  • Situs web
  • Aplikasi
  • Spanduk gif
  • Aplikasi

Desain Lingkungan (Environmental Graphic Designer)

desainer lingkungan
Public Co – Pixabay

Desain grafis environtmental adalah jenis desainer yang sangat berjasa sekali untuk untuk menghububgkan orang-orang ke tempat-tempat umum seperti (Taman, toko, tempat pameran) melalui rambu yang di buat.

Di samping itu juga untuk meningkatkan pengalaman berkunjung yang menyenangkan, mudah di ingat, informatif juga lebih mudah untuk di navigasi, dan lain sebagainya

Pekerjaannya desainnya biasanya meliputi,

  • Mural Dinding
  • Pameran Musium
  • Rambu-rambu
  • Desain interior toko
  • Desain acara dan konferensi

Ilustrasi Dan Seni (Illustration & Arts)

grafiti
MMT – Pixabay

Untuk jenis desain grafis yang satu ini adalah jenis yang paling kalian sukai. Terutama yang lagi kuliah di jurusan desain komunikasi visual atau DKV.

Apalagi kalian hobi banget buat nggambar baik digital maupun nggak, mural, graffiti, dan lain sebagainya.

Tipe desainer ini pasti bakalan kalian pilih buat di jadikan pekerjaan yang menyenangkan karena biasanya yang di kerjakan berbasis hobi menggambar kalian.

Dengan mengembangkan art & illustration kalian bisa memanfaatkan skill yang juga merupakan hobi kalian untuk menghasilkan pundi pundi uang tentunya.

jobdesknya biasanya meliputi,

  • Desain Kaos
  • Stok gambar
  • Infografis
  • Sampul buku
  • Album seni
  • Komik
  • Novel grafis
  • Iilustrasi seni
  • Konsep seni

Prospek Kerja Desainer Grafis

karir desainer grafis
rawpixel – pixabay

Karena sekarang era di mana serba digital, prospek kerja untuk jurusan desain grafis adalah sangat menguntungkan. Di bawah ini merupakan prospek kerja di dunia desain grafis.

Dari beberapa list di bawah mungkin kamu tertarik.

  • Art Director
  • Seniman
  • Komikus
  • Desainer Fashion
  • Fotografer & Videographer
  • Animator & Artis Multimedia
  • Web Developer
  • Freelancer

Jenis Pekerjaan Desainer lainnya

  • Arsitektur
  • Website desainer
  • Interior desainer
  • designer otomotif
  • desainer prodak
  • fashion desainer

Sertifikasi Keahlian

Ada baiknya buat kalian yang sedang menekuni dunia desain grafis dan ingin berkarir professional sebaiknya kalian mengikuti sertifikasi keahlian kalian supaya bisa menaikan level keahlian kalian serta membuat kredibelitas kalian semakin terpercaya.

Penutup

Sekian dari pembahasan yang singkat mengenai desain grafis dan segala hal terkait yang berada di sekitar dunia desain.

Bagi kalian yang lagi iseng kepingin tau tentang dunia desain grafis mungkin artikel ini bisa di jadikan bahan referensi.

Sekian semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.