Gambar doodle Art

7 min read

doodle art keren

Gambar doodle art – Halo teman-teman berjumpa kembali dengan fatasama!

Pada kesempatan hari ini fatasama akan membahas tentang hobi menggambar.

Mungkin dari kalian ada yang suka menggambar doodle gak?

Kalau kamu suka doodle berarti kita sama. Eh, btw kalian tau gambar doodle art gak sih?

Akhir-akhir ini banyak loh anak-anak muda yang mulai menyukai gambar doodle.

Untuk mengetahui tentang doodle yuk langsung saja kita simak baik-baik ulasan berikut ini!

Pengertian Doodle Art

Kebanyakan orang jika di tanya apa itu doodle banyak yang enggak bisa menjawabnya.

Seperti yang biasa kita ketahui doodle adalah sebuah coretan. Iya cuma coretan.

Dan tidak jarang juga terkadang absurd /  abstrak alias nggak bermakna.

Pernahkah kalian waktu di sekolahan iseng-iseng coret-coret di buku tulis kalian?

Nah, itu juga bisa di bilang sedang nge-doodle.

Namun ketika sedang menggambar doodle atau coret-coret biasanya gambarnya tergantung dari suasana hati kita.

Untuk masalah bagus dan tidak itu relatif atau sesuai selera sih.

Biasanya di kalangan desainer cotat-coret sangat penting.

Untuk mengembangkan bank ide coret-coret sangat di butuhkan.

Ciri-ciri Gambar Doodle art

  • Gambarnya absurd atau abstrak.
  • Karakternya cenderung imajinatif, baik benda maupun makhluk hidupnya.
  • Di gambar secara iseng.
  • Biasanya di lakukan untuk menghilangkan kegabutan atau mengisi waktu luang.

Manfaat Menggambar Doodle Art

  • Menyalurkan ekspresi atau mengekspresikan sesuatu hal yang kita rasakan, lalu menunagkannya kedalam kertas dalam bentuk coretan-coretan yang abstrak.
  • Salah satu cara untuk mendapatkan atau mengembangkan ide atau bisa juga di sebut
  • Mengurangi perasaan stress yang berlebih dan membuat suasana di hati kita menjadi lebih rileks.

Kenapa Menggambar Doodle Art?

Sedari kecil saya suka sekali menggambar, tapi ketika ingin mengikuti berbagai aliaran menggambar ternyata saya tidak bisa sama sekali.

Mulai dari genre gambar realis, anime, nggak ada satupun yang saya bisa ikuti alirannya.

Sepertinya emang enggak bakat. Hehe.

Di sisi lain saya suka sekali menggambar, gimana dong?

Nah, untuk mensiasatinya saya memilih doodle sebagai alternatif. Di dunia doodle saya seperti menemukan dunia saya.

Semenjak saat itu saya jadi suka dan mulai konsisten menggambar doodle.

Media Gambar Doodle Art

  • Kertas
  • Kanvas
  • Dinding
  • Papan / Triplek
  • Paper Cup / gelas kertas
  • Jaket Jeans
  • Sepatu
  • Dan segala sesuatu yang pingin kamu gambarin. Apa aja bisa.

Contoh Gambar Doodle Art

doodle art keren

doodle art

fatasamadoodle

doodle art keren

doodle art i love you

doodle art lucu

doodle art simpel

Contoh gambar doodle ada banyak sekali teman-teman.

Referensi gambar di atas adalah koleksi karya pribadi yang belum bagus-bagus amat.

Kalau mau mencela boleh gan, maklum masih dalam tahap belajar.

Apalagi seiring dengan semakin majunya zaman dan banyak juga anak-anak muda yang semakin kreatif, maka banyak sekali karya gambar doodle yang bisa kita temui saat ini.

Oh iya, cara mudah membedakan gambar doodle dan bukan doodle gampang banget.

Gambar doodle cenderung abstrak dan acak-acakan. Sedangkan gambar biasa objeknya jelas. Misal gambar kucing ya kucing. Bunga dan bunga.
Tapi pendapat itu juga enggak paten sih.

Kadang banyak juga artis doodle yang membuat doodle dengan mengkombinasi objek real dengan objek surealisme atau imajinatif.

Rekomendasi Referensi Gambar Doodle Art Keren

Di bawah ini merupakan referensi (saya pribadi) yang mungkin bisa kalian jadikan referensi juga ketika akan mulai menggambar doodle.

Mr. Doodle

gambar doodle art
@mrdoodle

Mr. Doodle adalah salah satu artis doodle yang berasal dari Inggris.

Mr. Doodle juga menjadi salah satu artis doodle favorit saya. Karyanya menginspirasi sekali.

Karya doodlenya yang cukup fenomenal, Mr. Doodle bisa mendoodle full satu ruangan penuh gitu.

Kerby Rosanes

gambar doodle art
@kerbyrosanes

Kerby Rosanes juga merupakan salah satu artis (Ilustrasi) doodle favorit saya sekaligus karyanya menjadi rekomendasi referensi ketika akan menggambar doodle.

Karya buku mewarnai dari Kerby Rosanes juga banyak di jual di toko buku juga.

Saya juga sudah membeli salah satu buku dari bang Kerby  yang temanya tentang binatang “Animorphia”

buku doodle
Animorphia by Kerby Rosanes

Jadi tema karyanya tentang doodle tapi binatang. Keren banget pokoknya buat di jadikan referensi menggambar doodle.

Untuk referensi videonya kalian bisa lihat di bawah ini ya!

Vesothkakvei

gambar doodle art
@visothkakvei

Di akun Instagram yang satu ini juga karyanya juga keren banget, beneran.

Karyanya 2 Dimensi tapi terkesan 3 Dimensi. Wah gimana tuh! Di samping itu sedikit rumit dan juga detail. Eh, super detail.

Meski begitu gambarnya sangat layak sekali untuk di jadikan referensi ya teman-teman!

Selengkapnya langsung aja lihat gambar di bawah ini ya!

Kalau kalian setuju karyanya dia keren komen di bawah ini ya, hehe.

Kim Jung Gi

kim jung gi
@kimjunggius

Referensi berikutnya adalah Kim Jung Gi. Seorang artis ilustrasi berkebangsaan Korea Selatan ini memiliki karya ilustrasi yang keren banget.

Buat teman-teman yang sudah malang melintang di dunia ilustrasi pasti kenal sama artis ilustrasi yang satu ini.

Mungkin dengan melihat karya dari Kim Jung Gi bisa membantu merangsang ide kalian ketika mulai menggambar.

Kim Jung Gi juga sudah memiliki beberapa karya buku ilustrasi yang sudah di terbitkan.

Nih, kalau kalian pengen melihat ketika Kim Jung Gi lagi gambar.

— — — — — — — — — — — — —

Kabar baik juga buat kalian para pecinta gambar doodle artaliran Mandala art atau Zen doodle

Fatasama ada referensi akun Instagram seniman atau artis penggiat mandala art.

Simak ulasannya berikut ini!

Fortyonehundred

referensi gambar doodle art
@fourtyonehundred

Bagi kalian pacinta aliran doodle Mandala art atau biasa juga di kenal dengan istilah Zen doodle, di akun Instagram @fortyonehundred kalian bisa jadikan referensi karya dari seniman asal New Zealand ini.

Nah si Lizzie Snow, atau pemilik akun Instagram di atas suka sekali mengeksplore tentang mandala art teman-teman.

Cocok banget buat di jadikan referensi.

Danroots

danroots grafity mandala art

Berikutnya ada @danroots.

Pada akun Instagram di atas juga merupaka seorang seniman atau artis yang senang mengeksplorasi mandala art.

Namun, si Danilo Roots ini media gambarnya langsung dinding alias langsung pakai cat semprot gitu.

Buat teman-teman yang suka bereksperimen zen doodle di dinding karya dari Danilo Roots ini bisa kalian jadikan referensi.

Video di bawah ini adalah ketika dia sedang mengerjakan artworknya.

Vexx

gambar doodle art
@vexx

Di akun Instagram @vexx juga bisa kalian jadikan salah satu rekomendasi menggambar doodle.

Karya doodlenya keren-keren juga loh.

Untuk reverensi videonya kalian bisa lihat di bawah ini!

Leimelendres

gambar doodle art
@leimelendres

Artis doodle yang satu ini berasal dari Negara Filipina.

Karya-karya doodlenya  juga keren dan rekomendasi banget lho buat di jadikan inspirasi.

Saya pribadi juga sudah menjadikan sebagai salah satu karya bang lei menjadi referensi ketika saya akan menggambar.

Beberapa karya buku mewarnai (Coloring Book) dari @leimelendres juga banyak di jual di toko buku seperti G*amedia misalnya.

Referensi video Leimeledres ketika sedang berkarya.

Doodleartenthusiasts

gambar doodle
@doodleartenthusiasts

Akun instagram @doodleartenthusiasts juga memiliki postingan karya doodle yang keren-keren dan rekomendasi sekali untuk di jadikan sebagai referensi nggambar doodle.

Doodleartindonesia

gambar doodle art
@doodleartindonesia

Nah, akun Instagram @doodleartindonesia yang satu ini juga bisa di jadikan salah satu referensi lokal.

Di komunitas doodle art Indonesia juga banyak loh (di Instagram) karya-karya anak-anak Indonesia yang hobi nge-doodle.

Tentunya karya-karya dari anak bangsa yang keren-keren banget ya teman-teman.

Kalau akun Instagram @doodleartindonesia mencakup seluruh Indonesia.

Nah, ternyata komunitas doodle per-regionalnya juga ada dan lumayan banyak.

Kegiatannya juga masih pada aktif.

Fullofdoodleart

gambar doodle
@fullofdoodleart

Di akun Instagram yang satu ini juga bisa di jadikan referensi gambar doodle art yang keren-keren yang bisa kalian jadikan referensi.

Nah, itu di atas tadi merupakan beberapa referensi menggambar doodle yang bisa saya rekomendasikan.

Di luar itu sebenarnya masih sangat banyak rekomendasi keren lainnya.

Namun artis doodle yang saya rekomendasikan di atas merupakan seniman ynag karyanya menjadi acuan gambar doodle buatan saya.

Selebihnya jika kalian menemukan rekomendasi lainnya bisa komen di bawah ya!

Baca juga :

Tema Gambar Doodle Art yang Sering di Gunakan

Doodle Art Monster

gambar doodle keren
Gambar Doodle Art by : @fatasamadoodle

Gambar doodle art yang satu ini adalahciri yang sangat khas yang banyak di ketahui. Gambaran abstrak berupa monster-monster lucu.

Mandala Art / Pattern / Zen Doodle Art

pattern doodle
Gambar Doodle Art by : @fatasamadoodle

Nah, gambar dodle art pattern kira-kira semacam itulah bentuknya.

Gambar Doodle Art Happy Birthday / Ultah

doodle kartu ucapan selamat
Gambar Doodle Art by : @fatasamadoodle

Jenis doodle yang satu ini biasanya di buat sebagai kado ualng tahun.

Tujuannya juga bebas. Buat teman, saudara, pacar dan lain sebagainya.

Terkadang juga enggak hanya buat kado ulang tahun juga sih, kado nikahan juga bisa. Pokoknya bisa berubah sesuai kebutuhan.

Doodle Art Bunga

Gambar doodle art bunga biasanya banayk di gambar oleh anak perempuan. Sesuai namanya tema doodlenya ada unsur bunga, daun.

Tidak jarang juga doodle art bertema bunga di kombinasikan dengan doodle mandala atau yang biasa juga kita kenal dengan sebutan pattern.

Doodle Art Nama

doodla art tulisan
Gambar Doodle Art by : @fatasamadoodle

 

Doodle art nama biasanya nama di tengah kemudian di sekelilingnya doodlenya gitu.

Jadi kombinasi doodle tulisan atau nama kemudian belakangnya bisa doodle monster, atau mandala (pattern).

Atau bisa juga nama terus di doodlein.

Gambar Doodle Art Ucapan Selamat

doodle art kado pernikahan
Gambar Doodle Art by : @fatasamadoodle

Tema doodle kelulusan biasanya juga banyak bisa kalian temukan ketika seseorang lulus dari sekolah, maupun kuliah biasanya di berikan sebagai gift.

Untuk tujuan lain seperti kado pernikahan juga bisa loh.

Gambar Doodle Art Berwarna 

doodle art berwarna
Gambar Doodle Art by : @fatasamadoodle

Untuk mempercantik karya doodle kalian coba di warnain deh!

Gambar doodle art di atas adalah salah satu contoh karya doodle yang sudah di warnai.

Gimana keren kan?

Cara Gambar Doodle Art

  • Siapakan Peralatan Tempur

Sebelum menggambar doodle jangan lupa mempersiapkan alatnya seperti,

  1. Skecth Book
  2. Pensil
  3. Penghapus
  4. Pulpen
  5. Spidol
  6. Kuas
  7. Penggaris
  8. Tisu
  9. Tinta
  10. Cat air
  11. Pokonya apa aja deh yang bisa menunjang pembuatan karya kamu.

Biasanya alat standard yang di pakai hanya pensil, penghapus dan spidol.

  • Perbanyak Lihat Referensi

Seperti yang sudah di paparkan di atas, sebelum menggambar doodle ada baiknya jika kalian mencoba menggali ide atau cari inspirasi terlebih dahulu.

Kira-kira bakalan suka style gambar doodle aart yang seperti apa, nah rekomendasi referensi di atas bisa coba kalian lihat-lihat. Siapa tahu ada yang inginkalian tiru style-nya.

  • Mulai Menggambar

Ketika kedua hal di atas sudah siap, kini saatnya kalian mulai menggambar. Ketika ide sudah di dapatkan lalu ekspresikalah dengan bebas di atas kertas.

  • Sketsa lalu Tebalkan

Supaya lebih mudah pertama mulai dengan sketsa pensil lalu jika sudah tebalkan dengan spidol atau dengan tinta.

  • Gambar Doodle Art dari yang Paling Mudah

Bagi teman-teman yang masih awal-awal menggambar doodle, di sarankan menggambar mengikuti style atau aliran gambar yang mudah-mudah dulu ya!

Nanti ketika udah sering nggambar baru kalian cari yang style-nya agak ribet.

  • Beri Detail pada Doodle

Setelah gambar doodle sudah jadi, jangan lupa memberikan detail pada gambar doodle yang sudah kamu buat supaya terlihat lebih bagus.

Buat kalian yang masih pemula mungkin video di bawah ini bisa sedikit membantu!

Penutup

Nah, pemaparan di atas tadi adalah tentang contoh gambar doodle dan lengkap dengan cara menggambarnya.

Semua yang aya share di atas adalah menurut pengalaman saya pribadi teman-teman, karena akhir-akhir ini saya suka sekali menggambar doodle art.

Semoga tulisan yang singkat ini bisa memberikan sedikit tambahan wawasan kepada teman-teman semua ya, terkhusus buat kalian yang hobi nge-doodle.

Buat kalian yang sedang menekuni dunia doodle tetap semangat berkarya! 

Jika kalian mau ambil referensi gambar dari artikel ini kredit tolong di cantumkan ya!

Sekian dan terimakasih. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya!

Gambar Anime Keren

akmal daud
6 min read

Cara Membuat Montase

akmal daud
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.