Hewan Langka Di Indonesia

9 min read

hewan langka di indonesia

Hewan langka di Indonesia – Indonesia yang juga di kenal dunia memiliki keanekaragaman fauna ternyata dari jenis jenis yang banyak itu diantaranya berada diambang kepunahan.

Ancaman kepunahan dikarenakan kurangnya kesadaran manusia untuk menjaga alam. Jenis hewan langka di Indonesia di antaranya,

Hewan Langka Di Indonesia

Komodo

wallpapersexpert.com

Komodo seperti yang kita tau adalah jenis reptil purba yang masih hidup hingga saat ini. Komodo hanya bisa kita dapati di Pulau Komodo, NTT. Indonesia.

Masyarakat setempat menyebut Komodo dengan nama “Ora”.

Reptil yang satu ini juga di kenal sangat mematikan karena racunnya. Komodo bisa memangsa hewan seperti kambing, rusa, babi, bahkan hewan besar seperti kerbau.

Perburuan mangsa yang di lakukan oleh komodo berbeda dengan yang di lakukan predator lainnya yang setelah menangkap mangsanya langsung memakannya.

Sedangkan yang di lakukan olah Komodo adalah hanya sekali menggigit kaki mangsanya hanya 1 kali gigitan dan tak lama si mangsa akan segera tumbang karena terkena racun pada gigitan Komodo.

Meskipun memiliki kekuatan dan racun yang mematikan komodo juga termasuk hewan langka di Indonesia yang terancam punah.

Hal ini di sebabkan oleh pembakaran hutan dan perburuan liar yang sangat marak.

Babirusa

hewa langka di indonesia
pinterest

Di sebut Babirusa karena sekilas jika di perhatikan bentuk babirusa seperti campuran antara kepala babi, kaki rusa, dan dengan ciri khas taring yang melengkung ke belakang pada moncongnya.

Babirusa masih termasuk ke dalam jenis babi, tetapi hal yang unik adalah bentuk fisik dan pencernaan pada tubuhnya yang mirip seperti rusa. Babirusa dapat ditemukan di Sulawesi Utara dan kepulauan Halmahera.

Babirusa juga termasuk kedalam katagori hewan langka di indonesia yang juga terancam punah di karenakan kerusakan habitat tinggalnya dan perburuan yang sangat masif.

Badak Jawa & Sumatera

hewan langka di Indonesia
diana-hunting.com

Badak Sumatera atau yang memiliki nama latin (Dicerorhinus sumatrensis) dan Badak Jawa yang memiliki nama latin (Rhinoceros sondaicus) juga menjadi pusat perhatian utama bagi pemerintah dan para pecinta lingkungan baik lokal maupun internasional.

Hal yang unik dari badak selain cula atau tanduknya adalah simbiosis mutualisme badak dengan burung oxpecker yang biasa hinggap di atas badak untuk memakani kutunya.

Burung oxpecker yang hinggap diatas badan badak bisa memberikan sinyal kepada badak jika ada bahaya yang mengancam si badak.

Badak yang memiliki ciri khas dengan tanduk atau cula di atas mulutnya. Bagian ini yang menyebabkan badak di buru ialah untuk di ambil culanya yang rumornya untuk di jadikan obat.

Hal inilah yang membuat  kedua jenis badak ini sudah masuk dalam kategori sangat terancam. Karena perburuannya yang sangat masif untuk di ambil tanduknya.

Bekantan

hewan langka di indonesia
PublicDomainPictures – Pixabay

Bekantan bagi beberapa orang pasti masih asing banget. Di kalangan primata satwa Bekantan memiliki ciri yang sangat khas pada hidungnya mirip squidward pada serial film kartun spongebob. Hidungnya memanjang.

Bekantan merupakan salah satu jenis primata endemik yang tinggal di Kalimantan. Bekantan bisa kalian di temui di muara sungai, rawa, maupun hutan di daerah di Kalimantan.

Di daerah Kalimantan Barat, Bekantan ini menghuni daerah hutan bakau di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Palung.

Sedangkan di daerah Kalimantan Tengah, Bekantan mudah dijumpai di Taman Nasional Tanjung Puting, atau di daerah aliran Sungai Mahakam.

Burung Kacamata Sangihe

burung langka di indonesia
twitter.com

Burung Kacamata Sangihe merupakan jenis burung endemik yang berasal dari Kepulauan Sangihe di Sulawesi Utara.

Kini Burung Sangihe juga ke dalam daftar hewan langka di Indonesia yang terancam akan punah.

Burung Sangihe juga banyak di buru karena burung ini dikenal memiliki kicauan yang bagus Faktor lain pengancam kepunahannya adalah habitatnya yang semakin rusak.

Cendrawasih

burung cendrawasih
pinterest

Burung yang bisa kita kenal dengan senutan “Bird Of Paradise” ini bisa kita temui hidup di daerah paling timur di Indonesia, Papua. Burung Cendrawasih juga termasuk satwa endemik.

Burung Cendrawasih pada spesies jantannya, memiliki bulu yang sangat berornamen dan halus dengan warna-warna yang cerah dan ekor panjang yangcantik di tubuh mereka.

Burung Cenderawasih bisa memiliki beberapa kombinasi warna pada bulunya seperti, oranye, cokelat, kuning, merah, juga warna biru dan ungu.

Burung dengan ciri khas bulunya yang berwarna-warni indah ini ternyata masuk juga ke dalam daftar satwa yang di lindungi.

Karena keunikannya ini akibatnya Burung Cendrawasih di buru untuk di jual ke luar daerah maupun ke luar negeri. Selain itu perburuannya juga untuk di ambil bulunya yang cantik.

Dugong

hewan langka di indonesia
Hans Dietmann – Pixabay

Dugong atau yang biasa kita kenal dengan nama ikan duyung ini merupakan mamalia air asin yang bisa di temukan di perairan Indonesia

Dugong dengan ciri khasnya yang memiliki ekor mirip lumba-lumba ini juga memiliki bentuk mulut yang besar yang mana fungsinya adalah mempermudahnya ketika memakan rumput laut.

Dugong terancam punah karena sering di buru untuk di ambil minyaknya. Menurut isu yang beredar minyaknya bisa di gunakan sebagai obat TBC.

Elang Flores

hewan langka di indonesia
indonesia.go.id

Elang Flores atau Nisaetus floris merupakan jenis elang berukuran besar dengan rentang sayap sekitar 71 – 82 cm yang juga turut serta memperkaya keragaman jenis burung di nusantara.

Walaupun memiliki nama “Elang Flores”, namun burung ini juga bisa kita dijumpai juga di Pulau Lombok, Sumbawa. NTB.

Selain itu di Flores kita bisa menemui satwa burung ini di Taman Nasional Kelimutu, Ende, Flores. NTT. Elang Flores juga termasuk kedalam daftar satwa yang langka di Indonesia.

Ekidna

hewan langka di indonesia
pen_ash – Pixabay

Ekidna atau yang memiliki naman latin (Zaglossus bruijnii)  merupakan jenis mamalia endemik dan juga unik yang hanya bisa kita temui di wilayah Indonesia bagian timur, seperti Papua.

Ekidna mirip seperti Platipus, Ekidna termasuk hewan yang cukup unik. Ekidna menjadi unik karena hewan mamalia selayaknya mamalia yang lainnya yang melahirkan tetapi ekidna tidak melahirkan anaknya melainkan bertelur.

Gagak Banggai

hewan langka di indonesia
dictio.id

Gagak banggai merupakan salah satu jenis burung endemik yang hanya bisa di temui di Sulawesi.

Burung Gagak Banggai juga sempat dinyatakan punah, namun tahun 2007 lalu gagak banggai terlihat di alam liar dengan jumlah sedikit.

Hal ini juga yang menjadi faktor burung gagak banggai  termasuk satwa dilindungi dan terancam punah. Burung ini persebarannya juga terbatas hanya di daerah Kepulauan Banggai saja.

Gagak Banggai memiliki ukuran kurang lebih 39 cm dengan variasi bulu berwarna hitam dengan iris pucat, ekor yang pendek, berkaki gelap dan leher mungkin menunjukkan kemilau cokelat sedikit kusam.

Gajah Sumatera

hewan langka di indonesia
bbc.co.uk

Penah enggak kalian piknik ke kebun binatang. Disana kalian pasti menemukan hewan Gajah.

Seiring berjalannya waktu populasi gajah semakin kecil. Salah satu penyebabnya adalah rusaknya tempat tinggal mereka karena ulah manusia.

Selain itu penyebab terancam punahnya adalah karena perburuannya untuk di ambil gadingnya untuk di jual.

Jika di bandingkan gajah Negara Afrika, Gajah Sumatera memiliki ukuran yang jauh lebih kecil. Biasanya gajah sumatera memiliki tinggi badan kurang lebih 1,7 – 2,6 meter.

Karena populasinya yang terus menurun kini Gajah Sumatera masuk ke dalam daftar satwa yang di lindungi.

Harimau Sumatera

hewan yang hampir punah
Hans Braxmeier – Pixabay

Siapa sih yang nggak kenal sama jenis kucing besar yang satu ini. Harimau Sumatera juga bisa kita temui di kebun binatang.

Diluar itu spesies Harimau Sumatera di alam liar hanya tinggal sedikit saja, di perkirakan hanya berjumlah 300-400 ekor saja.

Hal ini terjadi karena perusakan habitat Harimau Sumatera yang di alih fungsikan menjadi kebun sawitlah yang menjadi sebabnya.

Jika kita tidak ikut turut membantu menjaga populasi Harimau Sumatera di perkirakan populasi mereka akan punah di tahun 2050.

Hiu Gergaji

hewan langka di indonesia
qz.com

Pernah enggak sih kalian melihat jenis ikan hiu yang satu ini?. Pasti belum. Hiu Gergai sangat unik karena bentuk moncongnya yang memiliki bentuk mirip gergaji.

Hiu Gergaji juga merupakan hewan endemik yang bisa di temui di Danau Sentani, Papua.

Hiu yang satu ini memiliki cara hidup yang cukup unik. Karena bisa hidup di air laut maupun air tawar.

Biasanya pada musim hujan di antara bulan Desember – Maret akan hidup di sungai. Sedangkan pada Bulan Mei – Oktober mereka akan tinggal di sekitar teluk atau air asin.

Jalak Bali

hewan langka di indonesia
pinterest

Burung Jalak Bali juga merupakan satu-satunya spesies endemik yang ada di Bali. Jalak Bali juga menjadi simbol fauna dari Bali.

Jalak Bali yang dari waktu ke waktu menjadi semakin sedikit populasinya. Sehingga kebun binatang yang memelihara burung jalak baik lokal maupun Internasional mulai menangkarkan Jalak Bali untuk mencegah mereka dari ancaman kepunahan.

Kakak Tua Jambul Kuning

jenis hewan langka di indonesia
earth.com

Jenis satwa yang sudah mulai langka berikutny adalah, Kakak Tua Jambul Kuning. Burung yang terkenal unik karena bisa di ajari bicara ini juga menjadi target perburuan untuk di perjual-belikan secara ilegal.

Burung Kakak Tua Jambul Kuning tersebar di beberapa wilayah di Indonesia seperti, Sulawesi, Bali, Sunda Kecil, dan Timor di tempat yang masih tersedia hutan-hutan primer dan sekunder.

Di perkirakan juga jenis Kakak Tua Jambul Kuning di alam liar tersisa hanya 145 ekor saja.

Kura-Kura Leher Ular (Pulau Rote)

hewan langka di indonesia
artis.nl

Kura-kura Leher Ular merupakan jenis satwa endemik langka yang hanya bisa kita dapati di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Di beri nama Kura-kura Leher Ular karena bentuk fisik kepalanya si Kura-kura memanjang menyerupai ular yang juga membuatnya tidak bisa menyembunyikan kepalanya di dalam tempurungnya.

Kura-kura yang satu ini juga merupakan 1 dari 25 jenis Kura-kura yang paling terancam punah di dunia. Kura-kura Leher Ular juga berfungsi membantu mengontrol populasi katak di danau.

Faktor yang mengancam kepunahannya adalah karena perburuannya yang masif oleh manusia untuk di perjual belikan.

Kodok Merah

Kodok Merah merupakan salah satu jenis katak endemik yang sudah sangat langka keberadaannya di Indonesia.

Kodok Merah hanya bisa kita jumpai di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak.

Di namai Katak Merah atau “Katak Darah” nama ini di berikan karena sesuai bentuk fisik dari katak yang di sekujur tubuhnya berwarna merah.

Namun ada juga yang memiliki motif kulit gelap dengan bintik-bintik merah.

Anoa

hewan langka di indonesia
id.wikipedia.org

Anoa termasuk kedalam jenis hewan herbivora yang terancam punah karena perburuan yang gencar oleh manusia dan hilangnya habitat anoa karena di jadikan pemukiman oleh manusia.

Anoa juga termasuk hewan endemik, atau hewan yang hanya bisa hidup dan di temui di suatu wilayah saja.

Ciri khas Anoa adalah tanduknya yang tajam mengarah ke belakang. Anoa dewasa juga dapat berlari dengan kecepatan lebih dari 10km/jam.

Anoa tinggal di seluruh hutan tropis di daerah Sulawesi. Jenis kerbau ini bisa di temui tinggal di daerah dataran rendah dan dataran tinggi

Penduduk lokal biasanya memburu anoa untuk di konsumsi, selain itu untuk di ambil kulit dan tanduknya juga.

Pada akhirnya Anoa masuk ke dalam daftar hewan langka di Indonesia yang terancam punah.

Macan Tutul Jawa

hewan langka di indonesia
m.ayobandung.com

Macan tutul jawa juga merupakan satwa endemik langka yang berada di Pulau Jawa. Macan tutul juga di jadikan ikon dari Provinsi Jawa Barat.

Jenis yang satunya lagi yang berwarna hitam biasa kita kenal juga dengan sebutan macan kumbang. Meskipun berbeda warna mereka merupakan subspecies yang sama.

Sampai saat ini macan tutul jawa yang hidup di alam liar hanya tersisa kurang lebih 300 ekor saja.

Merak Hijau

hewan langka di indonesia
skeeze – Pixabay

Merak hijau merupakan salah satu burung paling cantik di dunia. Merak Hijau terdapat di Pulau Jawa.

Kita bisa menemukan Burung Merak Hijau hidup di Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Baluran, Situbondo, dan juga Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi dan lain sebagainya.

Burung Merak  jantan yang sudah dewasa memiliki ukuran yang cukup besar, panjangnya dapat mencapai 300 cm, dengan ekor yang sangat panjang. Di atas kepalanya terdapat jambul yang berdiri tegak.

Saat ini status dari Merak Hijau adalah dilindungi oleh undang-undang sebagai hewan langka di Indonesia.

Maleo

hewan langka di indonesia
zoochat.com

Burung Maleo merupakan salah satu jenis burung endemik asal Sulawesi. Maleo memiliki ciri khas unik yang tidak di miliki oleh jenis burng yang lain adalah telurnya yang sangat besar.

Ukuran telur Maleo 6 kali lebih besar dari pada telur ayam.

Maleo masih bisa kita jumpai di Gorontalo. Namun, jumlahnya tidak banyak, kurang lebih berkisar 10.000 ekor saja.

Maleo terancam punah di sebabkan oleh habitatnya yang semakin sempit dan telurnya yang berbentuk besar membuat manusia menjadi tertarik ingin mengambilnya.

Namun setelah Maleo dinobatkan menjadi satwa yang dilindungi, populasi burung ini perlahan mulai meningkat.

Monyet Hitam

hewan langka di indonesia
macaca-nigra.org/en/

Jenis primata yang satu ini bisa kita temukan di Sulawesi dengan cirinya yang khas memiliki jambul ala punk di atas kepalanya.

Monyet hitam atau yang biasa di kenal dengan nama “Yaki” ini memiliki warna hitam di seluruh tubuhnya, dengan sedikit bulu berwarna perak yang ada di bahunya.

Monyet Hitam termasuk jenis primata yang hidup berkelompok yang terdiri dari 5 hingga 25 ekor atau bahkan lebih dalam satu kawanan.

Pada umumnya di dalam satu kelompok jumlah monyet betina dewasa lebih banyak dibandingkan dengan monyet jantan.

Hal yang menjadi ciri khas lainnya adalah pantatnya yang berwarna merah menyala. Biasanya ini terjadi di musim kawin terutama pada Yaki betina.

Di Sulawesi yaki bisa di temukan di Cagar Alam Tangkoko Batuangus, dan Cagar Alam Dua Saudara.

Yaki juga termasuk ke dalam hewan langka di Indonesia yang terancam punah di karenakan perburuan dan dan pembukaan lahan besar-besaran.

Orang Utan

hewa langka di indonesia
Marjolein van Zonneveld – Pixabay

Jenis primata yang satu ini juga tergolong jenis hewan langka di Indonesia. Orang Utan bisa kita temui di Kalimantan dan Sumatera.

Populasi Orang Utan dari waktu ke waktu kian menurun. Hal ini di karenakan perburuan dan pembasmian yang di lakukan manusia karena di anggap sebagai hama.

Selain itu juga habitatnya yang beralih fungsi menjadi perkebunan kelapa sawit.

Pesut Mahakam

jenis hewan langka
news.mongabay.com

Pesut mahakam juga biasa dikenal sebagai lumba-lumba air tawar. Dinamakan Pesut Mahakam lantaran banyak di jumpai di Sungai Mahakam. Sungai terbesar di Kalimantan Timur.

Selain itu Pesut Mahakam juga bisa kita jumpai di Kabupaten Kutai Barat tepatnya berada di perairan Danau Jempang yang masih berada di Provinsi Kalimantan Timur.

Namun saat ini Pesut Mahakam terancam punah yang mana di perkirakan jmlahnya di Indonesia tinggal 80 ekor saja.

Faktor penyebabnya bukan predator melainkan manusia yang mana biasanya ketika nelayan menjala ikan di Sungai Mahakam Pesut Mahakam tidak sengaja terjerat.

Rangkong

hewan langka di indonesia
headtopics.com

Secara fisik, burung ini memang memesona, dengan jambulnya yang khas dan sayap yang lebar. Di Kalimantan Barat, rangkong ini dijadikan sebagai simbol alam kepercayaan.

Mereka juga sering dimanifestasikan ke dalam seni tradisional dan berbagai ukiran. Burung Rangkong juga biasa di gunakan untuk kelengkapan ritual adat.

Kelangkaanya terjadi di karenakan faktor perburuan liar oleh manusia untuk di ambil paruhnya yang sangat unik yang biasanya hanya di jadikan sebagai hiasan.

Rusa Bawean

hewan langka di indonesia
inaturalist.org

Rusa Bawean merupakan hewan endemik yang hidup di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

Jenis rusa ini merupakan rusa yang populasinya semakin langka dan terancam kepunahan. Rusa Bawean merupakan hewan yang hidup nokturnal, lebih sering aktif di malam hari.

Rusa Bawean terancam punah karena maraknya perburuan liar yang di lakukan oleh masyarakat setempat.

Rusa Bawean memiliki bentuk fisik lebih kecil dibandingkan rusa jenis lainnya. Di perkirakan Rusa Bawean tersisa kurang lebih hanya berjumlah 300 ekor saja di alam liar.

Simakobu / Monyet Ekor Babi

hewan langka di indonesia
pinterest

Simakobu adalah primata yang memiliki bentuk hidung pesek yang status populasinya juga sangat mengkhawatirkan dan orang jarang bahkan mungkin banyak yang tidak mengenalnya.

Simakobu atau Monyet Ekor Babi merupakan salah satu primata endemik. Simakobu bisa di temukan di kepulauan Mentawai. Sumatera Barat.

Dalam 1 dekade terakhir populasi Simakobu menurun drastis. Faktor yang menyebabkan hampir punhnya Simakobu adalah karena maraknya perburuan liar dan rusaknya habitat mereka.

Tarsius

hewan langka di indonesia
ohelterskelter.com

Primata ini memiliki bentuk tubuh mngil berwarna cokelat dengan mata besar, dan senang bergelantungan di ranting pohon. Sekilas kamu akan berfikir jika tarsius mirip hewan Sugar Glider.

Tarsius juga bisa di sebut monyet terkecil di dunia. Walaupun sebenarnya tarsius bukan dari keluarga monyet.

Tarsius lebih banyak menghabiskan masa hidupnya di pohon. Tarsius juga senang melompat dari pohon 1 ke pohon yang lain.

Faktor penyebab terancam punahnya tarsius adalah pembukaan lahan hutan secara ilegal membuat populasi hewan ini makin menurun.

Akhirnya, pemerintah menjadikan hewan kecil ini dilindungi. Tarsius dapat kita temukan di hutan-hutan Sulawesi.

Kesimpulan

Di Indonesia sudah banyak dari jenis flora dan fauna yang terancam mengalami kepunahan.

Sebagai manusia yang baik kita juga harus turut aktif dalam berpartisipasi menjaga kekayaan fauna dan flora yang ada di Indonesia.

Artikel ini memaparkan jenis-jenis hewan langka di Indonesia yang terancam punah. Semoga bermanfaat.

Teknik Dusel

akmal daud
4 min read

Contoh Iklan Reklame

akmal daud
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.