Ikan Hias Air Tawar

9 min read

ikan hias yang hidup di air tawar

Ikan hias air tawar – Halo teman-teman kali ini bertemu lagi dengan fatasama. Pada kesempatan kali ini fatasama akan membahas tentang jenis ikan hias yang hidup di ekosistem air tawar.

Buat kalian para pecinta satwa nih, khususnya ikan yah, Apakah kalian termasuk orang yang nggak mau ribet ketika memiliki hewan peliharaan?

Atau kalian juga mengharapkan keindahan rumah tanpa membuat ruangan di rumah kalian kotor?

Jika begitu maka memelihara ikan hias air tawar maupun air asin bisa menjadi pilihan untuk di jadikan sebagai hewan peliharaan.

Mengapa ikan hias? Ikan hias pastinya enggak berisik, tidak banyak memakan space juga, karena sudah kita berikan aquarium. Pastinya selepas balik dari kantor akan membuat tenang ketika kita melihatnya.

Jenis Ikan Hias Air Tawar

Ikan hias air tawar juga memiliki banyak bentuk serta variasi warnanya yang juga berbeda-beda pula.

Selain hanya di pelihara sebagai hiasan, memelihara ikan hias ternyata memiliki dampak psikologis yang baik untuk kita lho.

Salah satunya bisa mengurangi tingkat stress setelah beraktifitas seharian dengan kita memandangi gerak-gerik ikan hias di aquarium.

Di bawah ini merupakan jenis-jenis ikan air tawar yang bisa kamu coba pelihara di dalam aquarium maupun kolam di rumah kalian. Apa saja jeni ikannya, langsung aja skrol ke bawah.

Ikan Hias Air Tawar – Arwana

jenis ikan hias air tawar

Ikan yang memiliki nama latin Scleopages.sp, atau biasa juga di kenal dengan nama ikan naga, barramundi, tangkelese, saratoga, kelesa, pla tapad, peyang, siluk dan lain sebagainya.

Ciri khas dari ikan Arwana adalah memiliki sungut pendek di depan bibirnya. Sungut atau kumis ini ternyata tidak hanya sebagai hiasan lho.

Namun memiliki fungsi sebagai sensor untuk membantu ikan arwana dalam menentukan posisi mangsanya ketika ikan Arwana berburu.

Ikan Arwana sangat banyak juga di pelihara sebagai ikan hias di aquarium khususnya di Indonesia. Ikan Arwana sangat popular karena bentuk sisik indah-nya yang popular.

Hal yang menarik dari ikan Arwan adalah juga adanya mitos bahwa jika memelihara ikan Arwana di percaya bisa mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan.

Baca juga: Jenis Ikan Arwana

Ikan Hias Air Tawar – Arapaima

jenis ikan hias air tawar
nationalzoo.si.edu

Ikan Arapaima berasal dari kawasan tropis di Amerika Selatan. Jenis ikan hias air tawar yang satu ini termasuk jenis ikan air tawar terbesar di dunia.

Dengan pencapaian ukuran maksimal kurang lebih 2,5 meter dan berat bisa mencapai 100 kilogram.

Ikan Arapaima atau yang memiliki nama latin Arapaima gigas juga memiliki nama lain. Pirarucu dan Paiche. Ikan Arapaima juga masih termasuk dalam keluarga ikan Arwana lho.

Namun seiring berjalannya waktu keberadaan dari ikan Arapaima kini mulai terancam oleh pemburu untuk di tangkap dan di jual di luar negeri.

Selain itu, faktor lain penyebab dari penurunan populasinya adalah karena di daerah asalnya ikan Arapaima oleh warga setempat juga di jadikan sebagai ikan konsumsi.

Ikan Hias Air Tawar – Blackghost

jenis ikan hias air tawar
nakamaaquatics.id

Ikan blackghost atau yang memiliki nama latin (Apeterontus albifrons), adalah ikan yang berasal dari Suriname dan Sungai Amazon.

Ciri khas dari ikan Blackghost ini adalah bentuknya yang sekilas seperti bulu ayam berwarna hitam. Ikan Blackghost juga termasuk ikan yang beraktifitas di malam hari dan suka sembunyi pada siang hari di tempat yang gelap.

Meskipun memiliki nama Blackghost atau setan hitam rasanya emang agak terdengar seram sih, tapi sebenarnya sangat jinak lho.

Jenis ikan hias air tawar yang satu ini sangat cantik juga untuk di pelihara di aquarium bersama jenis ikan hias lainnya.

Ikan Hias Air Tawar – Botia

Jenis Ikan hias air tawar
myaquacultur.wordpress.com

Jenis ikan air tawar berikutnya ada ikan Botia. Ikan Botia merupakan ikan yang berasal asli dari perairan Indonesia di area sungai di daerah Sumatera Selatan dan Kalimantan.

Jenis ikan hias yang satu ini juga terancam mulai menyusut populasinya dari tahun ke tahun, karena permintaan pasar yang tinggi.

Faktor lain penyebab dari terancam punahnya ikan Botia adalah sulitnya pengembangbiakan ikan Botia dan penangkapan yang masif.

Ikan Hias Air Tawar – Rainbow Fish

jenis ikan hias
sweetknowleaquatics.co.uk

Seperti namanya Rainbow fish merupakan jenis ikan yang memiliki warna seperti pelangi.

Rainbow Fish juga termasuk jenis ikan hias air tawar endemik yang  mendiami perairan yang tersebar di kawasan perairan Papua, Sulawesi, dan Australia.

Jenis Rainbow Fish yang popular adalah jenis Rainbow Fisa jenis balon, tentu saja karena bentuknya yang membesar pada bagian perutnya. Rainbow Fish bisa tumbuh sampai dengan ukuran besar 7-9 cm.

Ikan Hias Air Tawar – Cupang (Betta sp)

Jenis Ikan hias air tawar

Jenis ikan hias yang satu ini sangat mudah sekali untuk di temukan di Indonesia khususnya.

Jika kalian pernah membelinya di abang-abang yang jualan di depan sekolahan waktu SD, kalian waktu kalian masih kecil berarti kita sama.

Ikan yang memiliki nama latin Betta sp ini termasuk jenis ikan yang suka berkelahi karena dia agresif banget.

Apalagi jika kalian beli dua cupang terus kalian taruh tuh di satu wadah, dan lihat apa yang terjadi. Yup auto berkelahi mereka.

Habitat Ikan cupang bisa di temui kawasan Asia Tenggara seperti, Indonesia, Thailand, Brunai, Malaysia, Kamboja, Vietnam dan lain sebagainya.

Ikan cupang tinggal di rawa-rawa, paret besar seperti banyak terdapat di wilayah Kalimantan dan lain sebagainya.

Hal yang sangat khas dari ikan cupang adalah bentuk dan warnanya yang sangat cantik. (biru,ungu, merah, putih,kombinasi warna dan lain sebagainya).

Hingga saat ini spesies ikan cupang di ketahui memiliki 73 spesies yang ada di alam liar. Ikan cupang bisa juga kita kelompokan menjadi 3 bagian,

  • Cupang aduan
  • Cupang hias
  • Cupang liar

Hal menarik lain-nya dari ika cupang adalah mudahnya pembudidayaan-nya serta daya tahan tubuhnya yang luar biasa di air yang minim oksigen. Kalian bisa memeliharanya hanya di dalam sebuah botol doang tanpa adanya aerator.

Hal ini terjadi kerena dalam system mekanisme pernafasan ikan cupang memiliki rongga labirin layaknya paru-paru pada organ pernapasan manusia. Sehingga bisa membuat ikan cupang bertahan dalam kondisi minim oksigen sekalipun.

Baca juga: Jenis Ikan Cupang

Ikan Hias Air Tawar – Discus

Jenis Ikan hias air tawar

Ikan hias air tawar yang satu ini juga termasuk ikan yang banyak di pelihara di aquarium. Namanya ikan Discus. Habitat asli dari ikan discus adalah wilayah sungai Amazon.

Ikan discus hidup di daerah sungai yang memiliki aliran sungai yang tenang (nggak terlalu deras).

Ikan Discus melindungi diri dengan cara bersembunyi di ranting-ranting di dalam air untuk menghindari ancaman dari predator pemangsa.

Ikan Hias Air Tawar – Guppy

Jenis Ikan hias air tawar

Ikan Guppy atau yang memiliki nama latin (Poecilia reticulate), memiliki ukuran yang cukup mungil di bandingakan dengan ikan hias lainnya.

Ukuran panjang dari Guppy betina 4-6 cm dan jantan 2-3 cm. Warna ikan Guppy, biasa berwarna kuning, kebiruan, merah, silver, serta kombinasi.

Ikan Guppy bisa berkembang biak dalam periode waktu kurang lebih 3 minggu. Hal itu juga tergantung suhu air.

Ikan Guppy juga termasuk salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak di pelihara oleh kebanyakan orang.

Baca juga: Jenis Ikan Aquascape

Ikan Lele Hias (Redtail cat fish)

Jenis Ikan hias air tawar

Berbicara tentang ikan lele apa yang pertemakali kalian fikirkan? Pecel lele? Lalapan? Kalau iya sama. Hehe.

Kalian tau nggak sih, jenis ikan lele yang satu ini termasuk jenis ikan hias air tawar yang di pelihara sebagai ikan peliharaan di aquarium.

Secara fisik bentuk dari ikan lele hias ini pada umumnya sama dengan ikan Lele pada umumnya.

Bedanya adalah pada corak warna pada tubuhnya. Ikan lele hias ini juga bisa tumbuh maksimal sampai pada ukuran kurang lebih 1 meter.

Baca juga: Jenis Ikan Lele

Ikan Komet

Jenis Ikan hias air tawar
hiveminer.com

Jenis ikan hias air tawar yang satu ini berasal dari Negara Jepang. Ikan Komet masih termasuk ke dalam keluarga atau serumpun dengan jenis ikan mas dan koi.

Ikan komet memiliki paduan warna merah  menyala dan putih mengkilap, menghasilkan kombinasi warna yang cantik.

Ikan Komet bergerak dengan sangat lamban sehingga sangat cocok sekali untuk di jadikan sebagai ikan hias di dalam aquarium. Siripnya yang cantik berbentuk seperti slayer putih yang cantik.

Common Gold Fish

Jenis Ikan hias air tawar

Ikan yang satu ini juga akrab dengan sapaan ikan mas koki. Bentuk tubuhnya yang me-lonjong dengan ukuran panjang badan ± 5-20cm. Ikan Mas Koki termasuk jenis ikan yang aktif bergerak dengan lincah.

Ikan Mas Koki juga merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar loh teman-teman.

Banyak memang jenis ikan hias yang bagus-bagus namun yang sering dijadikan sebagai ikan hias oleh para penggemar ikan hias adalah ikan mas koki ini.

Tentu saja tidak lain dan tidak bukan karena bentuk tubuhnya yang unik, berbentuk bulat. Corak warna-nya juga nggak kalah cantik.

Karena ikan mas koki ini mempunyai corak yang sangat indah dan juga bentuk tubuh yang bulat yang menjadikan ikan mas koki ini menjadi sangat imut untuk kamu pelihara.

Bagi masyarakat di Negara Jepang dan Tionghoa, dalam kebudayaannya menganggap bahwa memelihara Ikan Mas Koki di yakini bisa membawa hoki pada pemiliknya.

Baca juga:  Jenis Ikan Mas Koki

Ikan Koi

jenis ikan koi

Ikan Koi atau yang memiliki nama latin (Cyprinus caprio L). Istilah “Koi” berasal dari bahasa Jepang yang berarti “ikan mas”. Ikan-ikan ini awalnya di pelihara hanya untuk di jadikan sebagai konsumsi saja pada awalnya.

Namun, ketika mereka memperhatikan bahwa beberapa ikan mengalami mutasi warna (memiliki corak warna yang unik) mereka memutuskan untuk memelihara ikan dan terus membudidayakan.

Ikan koi juga termasuk jenis ikan hias air tawar yang cukup banyak juga di pelihara oleh banyak orang.

Baca juga: jenis-jenis ikan koi

Manfish (Pterophyllum Scalare)

Jenis Ikan hias air tawar
myaquacultur.wordpress.com

Manifish juga di kenal sebagai jenis ikan hias air tawar yang paling cantik lho.

Manfish juga biasa di kenal dengan Angel Fish. Habitat Manfish berada di perairan hutan Amazon, Amerika Selatan.

Di Indonesia ada beberapa jenis Manfish di budidayakan, di bawah ini merupakan beberapa jenis yang populer:

  • Manfish Black-White : Ikan dengan warna hitam menghiasi separuh dari badan (belakang) dan putih di bagian tubuh depan ikan manfish.
  • Manfish Imperial : Ikan dengan warna warna dasar perak, dengan 4 garis vertical berwarna coklat dan hitam.
  • Manfish Diamond : Ikan dengan warna tubuh berwarna perak mengkilat atau hijau ke abu-an. Pada bagian kepala atas terdapat warna kuning dan coklat agak kehitaman sampai punggung.
  • Manfish Marble : Ikan dengan warna kombinasi hitam dan putih yang membentuk garis vertical.

Ikan Lemon

Jenis Ikan hias
ruinemans.com

Seperti namanya ikan lemon memiliki warna kuning seperti warna kuning dari buah lemon.

Ikan yang memiliki nama latin (Neolamprologus lelupi) di kenal memiliki karakteristik agresif, suka menyerang dan agak buas.

Ikan Lemon termasuk jenis ikan hias air tawar yang rakus dan juga kanibalis, karena jika ikan Lemon benar-benar lapar mereka bisa memakan ikan yang ukurannya lebih kecil dari mereka.

Ikan Louhan

Jenis Ikan hias air tawar

Siapa sih yang nggak tau sama ikan hias yang satu ini. Ikan dengan nama latin (Flowerhorn) ini memiliki ciri khas fisik depan kepalanya yang benjol. Ikan Louhan bisa hidup di dengan sangat baik di aquarium bersama ikan lainnya.

Beberapa tahun silam di Indonesia ikan Louhan pernah populer loh!. Karena kepopulerannya otomatis banyak yang yang memburunya dan harganya jadi mahal juga dong.

Ikan Gurame Padang

Jenis Ikan hias
youtube

Ikan Gurame yang biasa kita tahu hanya di pelihara untuk di jadikan sebagai menu santapan ternyata ada juga yang varietasnya di jadikan sebagai ikan hias. Ikan Gurame Merah atau yang akrab di kenal dengan ikan gurame padang.

Ikan Gurame memiliki ciri khas kepala yang jenong, dan mulut yang tonggos atau agak menonjol (jantan) dan untuk betina tidak begitu menonjol.

Sesuai namanya ikan Gurame padang atau gurame merah, memiliki warna merah pada tubuhnya.

Di bandingkan dengan harga ikan gurame yang biasa di gunakan sebagai menu santapan ikan gurame padang cenderung lebih mahal jika akan di pakai sebagai menu konsumsi.

Ikan Molly

jenis ikan hias

Merupakan jenis ikan hias yang berasal dari Florida, Virginia. Ikan Molly juga termasuk jenis ikan yang omnivora. Ikan Molly memiliki ukuran tubuh yang besarnya hanya sampai 12 cm saja.

Varietas ikan Molly sangatlah banyak, yang terkenal adalah jenis Molly Balon, yang bentuk tubuhnya seperti balon.

Ikan Molly juga merupakan salah satu referensi jenis ikan hias air tawar yang bisa coba kalian budidayakan di rumah.

Ikan Niasa (Pseudtripheus auratus)

Ikan Niasa juga merupakan salah satu ikan hias air tawar yang cukup popular di kalangan pecinta ikan hias.

Ikan Niasa memiliki keunikan yang tidak di miliki oleh ikan lainnya. Ikan Niasa memiliki corak berwarna kuning yang akan berubah menjadi biru ketika si ikan akan beranjak dewasa.

Hal unik lainnya dari ikan Niasa adalah mereka menyimpan telurnya (mengerami) di dalam mulutnya.

Ikan Oscar

Jenis Ikan hias air tawar

Ikan yang bernama latin Astronotus ocellatus ini memiliki sisik yang berwarna kuning kemerahan. Memiliki coraknya bisa membentuk motif tertentu, bisa berupa benda ataupun tulisan.

Ikan Oscar di kenal sebagai jenis ikan predator dan juga sekaligus kanibal. Tentu saja ia akan memangsa sesama ikan Oscar yang memiliki ukuran yang lebih kecil.

Redfin Fish

Jenis Ikan hias
fischlexikon.eu

Jenis ikan hias air tawar yang satu ini berasal dari negara Vietnam. Ikan ini biasa di kenal dengan sebutan Redfin Shark.

Jenis ikan hias yang satu ini banyak di temui di aliran sungai Mekong. Ikan Redfin juga termasuk jenis ikan omnivora.

Warna dari ikan Redfin cukup indah. Berwarna putih kekuningan dengan kombinasi warna sirip berwarna merah.

Redfin bisa tumbuh sampai dengan besar ukuran sampai kurang lebih 12 cm. Redfin suka sekali memakan lumut sama seperti ikan sapu-sapu.

Ikan Silver Dollar

Jenis Ikan hias
gumtree.com

Jenis ikan hias air tawar yang satu ini memiliki bentuk yang mirip seperti ikan piranha, namun memiliki warna dan ukuran yang jauh berbeda.

Memang bentuknya sedikit mirip shi, namun ukuran ikan silver dollar lebih kecil. Habitat asli Silver Dollar adalah berasal dari sungai Amazon.

Silver Dollar ternyata memiliki harga ekonomi yang cukup tinggi. Sehingga cocok juga untuk bisa di jadikan sebagai bisnis usaha sampingan.

Ikan Hias Air Tawar – Sapu-sapu (Corydoras)

jenis ikan hias
infopublik.com
Jenis ikan yang satu ini juga termasuk jenis ikan hias air tawar yang banyak juga di pelihara di aquarium sebagai petugas kebersihan. Hehe.

Di aquarium ikan sapu-sapu biasanya menempel di kaca aquarium untuk memakan lumut,kutu air, dan sisa-sisa tumbuhan yang ada di dalam aquarium.

Ikan Sapu-sapu memiliki warna tubuh totol-totol putih di atas hitam. Ikan Sapu-sapu termasuk jenis ikan omnivora atau pemakan segala.

Ikan Sapu-sapu juga bisa tumbuh sampai dengan ukuran 60 cm, atau bahkan bisa lebih dari itu. Namun semakin besar ukuran ikan Sapu-sapu maka semakin malas si ikan untuk bergerak.

Ikan Sepat Hias

Ikan Sepat Hias termasuk salah satu ikan hias air tawar yang masuk ke dalam rumpun keluarga ikan gurame atau yang memiliki nama latin (Osphroneimidae).

Di Negara Asia ikan Sepat Hias bisa di temui di negara seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Di Indonesia ikan Sepat Hias bisa di temukan di Sumatera dan Kalimantan. Sepat Hias juga termasuk jenis ikan omnivora.

Ikan sepat hias ini bisa juga untuk di pelihara di aquarium selain karena warnanya yang cantic juga pemeliharaannya yang mudah.

Kamu bisa memberinya makan dengan makanan kering yang banyak bisa kalian beli di toko penjual aquarium.

Ikan Neon Tetra

Ikan neon tetra merupakan jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Amerika Selatan. Tepatnya di perairan dalam di Peru Timur, Brazil Barat, dan Tenggara Kolombia.

Ikan Neon Tetra memiliki kombinasi warna yang cukup cantic dengan warna sisik yang mengkilap yang sekilas nampak seperti lampu neon.

Sehingga nampak jelas dalam perairan yang gelap. Di kalangan pecinta ikan hias aquarium ikan Neon Tetra cukup popular.

Ikan Mickey Mouse

Jenis ikan yang satu ini biasa di kenal dengan nama ikan Mickey Mouse. Warna dari ikan  Mickey Mouse terdiri dari merah, putih, hitam, dan kuning keemasan.

Ikan Mickey Mouse juga banyak di buru untuk di pelihara sebagai ikan hias di aquarium. Ikan ini akan sangat cantic jika berenang bersama tentunya dengan tiap ikan warnanya berbeda-beda pula.

Pemeliharan ikan Mickey Mouse juga tergolong sangat mudah, kalian hanya tinggal menyediakan aquarium dan tambahkan beberapa ornament seperti pasir, karang, dan lain sebagainya untuk mempercantik tampilan aquarium.

Ikan Palmas

Ikan Palmas atau yang lebih di kenal dimasyarakat sebagai ikan Naga tentu saja karena bentuknya yang memanjang dengan sirip yang berjajar di atas punggungnya yang membuatnya terlihat seperti makhluk mitilogi Naga.

Ikan Palmas termasuk ke dalam jenis ikan hias air tawar yang juga preadator. Ikan Palmas berburu di malam hari, palmas juga senang sekali tinggal di dasar aquarium.

Baca juga: Jenis Ikan Air Payau

Penutup

Nah, jadi itu tadi merupakan beberapa jenis ikan hias air tawar yang fatasama rekomendasikan yang mungkin bisa kamu coba pelihara atau budidaya di rumah.

Semoga sedikit informasi yang fatasama sajikan bisa menambah informasi serta memperkaya wawasan untuk teman-teman sekalian.

Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Babai

Jenis Ikan Cupang

akmal daud
4 min read

Jenis Ikan Aquascape

akmal daud
7 min read

Jenis Ikan Lele

akmal daud
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.