Jenis Ikan Air Tawar Dan Gambarnya

6 min read

ikan aligator

Jenis ikan air tawar – Jenis ikan air tawar di Indonesia juga sangatlah banyak pemanfaatannya biasannya untuk di jadikan konsumsi di budidaya maupun untuk di jual.

Diantara beberapa jenisnya biasa kita temui sehari-hari di jual sebagai lauk pauk yang biasa kita jumpai di warung pecel lele.

Beberapa jenis lainya pasti kita pernah melihatnya juga tapi kita nggak tau namanya. Mungkin ada juga yang sangat populer seperti jenis ikan hias misalnya.

Berikut ini merupakan informasi tentang jenis-jenis ikan air tawar yang bisa kita temui dibudidayakan di Indonesia. Simak baik-baik.

Jenis Ikan Air Tawar 

Ikan Aligator

jenis ikan air tawar dan gambarnya
news.stlpublicradio.org

Jenis ikan air tawar yang berikutnya adalah Ikan Aligator. Diberi nama Ikan Aligator karena bentuk mulutnya yang mirip buaya.

Ikan Aligator juga bisa tumbuh mencapai ukursn jumbo tergantung pada varietasnya. Biasanya Ikan Aligator tidak untuk di makan, namun hanya di pelihara sebagai ikan hias saja.

Satu hal yang unik dari ikan aligator adalah, juga termasuk salah satu spesies ikan purba yang masih hidup sampai saat ini. Ikan Aligator juga di juluki “Fosil hidup” atau “Ikan Primitif”.

Ikan Belut

jenis ikan air tawar dan gambarnya
sipendik.com

Jenis ikan yang satu ini memiliki bentuk yang panjang dan berbeda dengan jenis ikan yang lainnya. Bentuknya silinder dan memiliki kulit yang sangat licin.

Belut bisa kita temui juga di area persawahan yang biasanya belut hidup di tanah berlumpur. Dari sisi nilai ekonomi belut juga bisa menjadi salah satu peluang usaha kecil di rumah.

Olahan Belut sangat populer karena rasanya yang gurih. Belut juga bisa di olah menjadi kripik untuk di jual atau hanya sebagai lauk pauk.

Belut juga mengandung nutrisi yang sangat bagus buat kesehatan kita. Diantara manfaat mengkonsumsi belut antara lain,

  • Mencegah anemia
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mencegah kanker
  • Memperkuat tulang
  • Menambah stamina

Ikan Cupang

jenis ikan air tawar dan gambarnya
pixabay.com

Siapa nih yang nggak tau sama ikan yang satu ini. Seperti yang kita tau. Ikan Cupang termasuk jenis ikan hias dengan bentuk ekornya yang khas.

Habitat Cupang ada di rawa-rawa, danau, dan sungai yang arusnya tenang. Di alam bebas Cupang hidup berkelompok.

Ikan Cupang banyak di temui juga di perairan Asia Tenggara termasuk juga Indonesia.

Salah satu keunikan dari Ikan Cupang adalah kemampuan daya tahannya. Cupang sanggup hidup dalam lingkungan air yang minim oksigen.

Ikan Guppy

jenis ikan hias aquarium
Basuka – Pixabay

Ikan Guppy merupakan jenis ikan hias air tawar yang bisa berkembangbiak dengan cepat. Ikan ini bisa kita temui hampir di seluruh perairan air tawar di Indonesia.

Ikan guppy pada awalnya berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Selatan. Di Indonesia Ikan Guppy biasa di pelihara sebagai ikan hias aquarium.

Ikan Guppy bisa kita temukan hidup di danau-danau dan sungai berair tenang. Ikan ini juga mampu bertahan di air payau yang memiliki kadar garam tinggi.

Ikan guppy memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari Ikan Cupang. Guppy jantan biasanya lebih di sukai karena bentuk ekornya yang berwarna-warni.

Ikan Mas

jenis ikan air tawar dan gambarnya
Skeeze – Pixabay

Ikan mas atau yang memiliki nam alatin Cyprinus carpio ini dipercaya berasal dari Eropa dan Tiongkok. Jenis ikan yang satu ini menjadi salah satu jenis ikan yang di budidayakan di Indonesia.

Ikan Mas merupakan salah satu ikan yang biasa kita temui di pelihara menjadi ikan hias di aquarium.

Ikan Mas juga sangat coock untuk di kembangkan di Indonesia karena iklim tropisnya. Selain menjadi ikan hias ikan mas juga bisa di konsumsi.

Temperatur suhu yang pas buat perkembangbiakan ikan mas ini antara 23-30 derajat celcius. Proses pembiakan ikan mas sampai ukuran siap konsumsi memakan waktu 4-5 bulan.

Ikan Lele

ikan yang hidup di air tawar
Albert Dezetter – Pixabay

Jenis ikan yang satu ini pasti sering banget kalian konsumsi. Ikan Lele namanya. Jika kamu suka makan di pecel lele kamu pasti akan menemukan ikan ini sebagai menu khas yang selalu tersedia.

Tapi jangan salah peminat Ikan Lele tidak hanya sebatas warung-warung kecil. Namun kini restoran juga sudah bayak yang menyediakan Lele sebagai salah satu dari menunya.

Cirikhas dari Lele adalah adanya kumis di sekitar mulutnya. Pemeliharaan Ikan Lele juga tergolong mudah. Selain itu modal yang di keluarkan juga kecil.

Ikan Gabus

jenis ikan air tawar dan gambarnya
snakeheadfishing.net

Ikan gabus kalo di luar negri biasanya di kenal dengan nama “snakehead fish”. Di beri nama begitu karena bentuk kepalanya yang mirip ular.

Ikan yang satu ini bisa juga di manfaatkan untuk di konsumsi. Ikan Gabus juga di percaya bisa mempercepat pemulihan luka pasca operasi karena kandungan Albumin pada tubuh ikan gabus.

Ikan yang satu ini bisa juga kita temui hidup di sungai yang tenang, rawa-rawa, danau.

Namun kamu harus waspada jika mencampur Ikan Gabus dengan jenis ikan peliharaan lainnya karena ikan gabus bisa memangsa bibit ikan yang kamu sedang budidayakan.

Ikan Sidat

jenis ikan air tawar dan gambarnya
badangling.com

Jenis ikan yang satu ini jika di perhatikan sekilas mirip dengan belut. Habitat Sidat sama seperti belut yang sama-sama hidup di tanah lumpur.

Namun Ikan Sidat bisa juga bisa hidup di dua jenis perairan (air asin dan tawar). Perbedaan sidat dan belut adalah pada kulit dan siripnya. Sidat memiliki sirip sedangkan belut tidak.

Kulit Sidat memiliki bentuk sisik halus menyerupai anyaman bambu. Sedangkan kulit pada belut di lapisi oleh lendir.

Belut dan Sidat merupakan jenis hewan hemaprodit (berkelamin ganda). Yang mana belut akan berganti dari betina menjadi jantan ketika belut mulai dewasa.

Ikan Gurame

jenis ikan air tawar
ffish.asia

Ikan gurame merupakan jenis ikan yang biasanya di konsumsi sebagai lauk pauk. Ikan ini bisa juga di jadikan usaha sampingan di rumah.

Permintaan pasar akan gurame juga sangat tinggi membuat bisnis budidaya Ikan Gurame sangat menjanjikan.

Di luar sana banyak rumah makan maupun restoran yang menyediakan olahan Gurame dengan harga yang cukup tinggi loh. Tentu saja karena rasanya yang enak.

Ikan Keting / Lundu

jenis ikan air tawar
ffish.asia

Ikan Keting atau juga dikenal dengan ikan Lundu merupakan ikan air tawar yang sering ditemukan oleh para pemancing di sungai, muara, waduk, danau, bahkan perbatasan laut.

Ikan ini juga bisa di temukan di seluruh kepulauan di Indonesia. Memiliki bentuk mirip ikan sembilang tapi memiliki size yang lebih kecil dan memiliki kumis serta patil.

Jika kamu suka ikan yang satu ini bisa juga kamu jadikan ikan konsumsi loh.

Ikan Mujair

jenis ikan air tawar
en.wikipedia.org

Ikan Mujair yang kita tau memiliki rasa yang gurih. Ikan ini juga banyak di konsumsi sebagai lauk pauk.

Memiliki harga yang relatif murah membuat banyak masyarakat yang memilih ikan mujair sebagai menu makanan untuk di hidangkan sehari-hari.

Ikan Nila

jenis ikan air tawar
en.wikipedia.org

Ikan Nila seperti yang kita tau banyak juga di manfaatkan untuk di konsumsi. Ikan Nila adalah jenis ikan air tawar yang pemeliharaannya mudah banget.

Selain itu permintaan pasar yang tinggi membuat pembudidayaan ikan nila bisa menjadi alternatif usaha sampingan di rumah.

Ikan Nila perkembangiakannya juga cepat. Hanya di butuhkan waktu 4-6 bulan saja sudah bisa panen.

Ikan Wader  

jenis ikan air tawar
pergiberwisata.com

Ikan Wader atau orang jawa biasa menyebutnya “Iwak wader”  adalah jenis-jenis ikan kecil. Ikan ini bisa kita dapati di selokan, danau, dan sungai.

Ikan Wader yang yang kita kenal adalah Wader Pari,wader bintik dua, dan beberapa jenis lainnya yang biasa disebut dengan wader saja.

Ikan Wader juga sering dikonsumsi sebagai lauk-pauk karena rasanya yang gurih.

Di perairan Indonesia Ikan Wader secara umum bisa kita temui di mana saja.

Ikan Sepat

ikan sepat
dlevine – Pixabay

Ikan Sepat juga dianggap sebagai hama namun Ikan Sepat merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat digemari untuk di makan karena harganya yang ekonomis dan mudah mendapatkannya.

Seperti yang kita ketahui ikan sepat biasa di jual di pasar dan bisa juga di konsumsi sebagai ikan asin maupun ikan segar.

Salah satu kelebihan dari dari mengkonsumsi ikan sepat ternyata dapat megurangi resiko terserang stroke dan menstabilkan tekanan darah karena kandungan omega 3 pada Ikan Sepat.

Ikan Sepat bisa kita dapati di sungai-sungai di Indonesia. Di Indonesia terdapat 2 jenis ikas sepat,

  • Sepat rawa
  • Sepat siam

Meski Belut sangat enak jangan banyak-banyak ya makan belutnya, karena selain kaya manfaat ternyata jika kita memngkonsumsi belut terlalu banyak bisa asam urat karena kandungan kolestrolnya yang tinggi.

Ikan Patin

budidaya ikan air tawar
qualitykingfisher.files.wordpress.com

Ikan Patin juga merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar yang  mana biasanya di budidayakan dengan cara di buatkan tambak.

Ikan Patin juga memiliki banyak kandungan gizi yang  bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Terutama untuk ibu hamil, anak – anak maupun bayi yang masih dalam masa pertumbuhan.

Ikan Patin juga masih satu keluarga dengan ikan lele. Rasa ikan patin juga enak banget. Nggak kalah sama rasa lezat Ikan Lele.

Selain untuk di konsumsi Ikan Patin bisa juga di jual di pasar. Terlebih lagi permintaan akan Ikan Patin di pasar cukup tinggi.

Tentunya budidaya Ikan Patin di pastikan bisa memiliki nilai ekonomi yang lebih yang bisa jadi referensi usaha sampingan.

Ikan Tombro

jenis ikan air tawar
umpanmancingikanku.blogspot.com

Ikan Tombro juga merupakan jenis ikan air tawar  yang biasa kita lihat di jadikan objek wahana pemancingan.

Ikan Tombro juga sangat lezat ketika di olah menjadi masakan. Maka tidak mengherankan jika Ikan Tombro juga di jadikan menu makanan baik di rumah makan maupun restoran.

Ikan Tombro juga memiliki nilai ekonomi yang cukup bagus di pasaran. Ikan Tombro juga cocok untuk di jadikan bisnis sampingan yang cukup menjanjikan di rumah.

Ikan Bawal

Jenis ikan air tawar yang satu ini sekilas mirip dengan bentuk fisik dari ikan piranha di Sungai Amazon Brazil.

Memiliki warna perak pada tubuh bagian atas dan orange di bawah. Memiliki bentuk tubuh pipih dengan warna sirip orange kemerahan.

Jenis ikan yang satu ini hidup berkelompok dalam jumlah kawanan kecil. Ikan Bawal menjadikan udang, ikan kecil, siput, dan juga katak sebagai mangsanya.

Pemeliharaan Ikan Bawal juga tergolong mudah, cepat besar dan nilai ekonominya bagus. Ikan Bawal sering juga di olah menjadi bahan komsumsi.

Kesimpulan

Demikianlah jenis ikan air tawar yang bisa kita temui di Indonesia yang mana beberapa jenisnya bisa juga di jadikan alternatf bisnis sampingan di rumah karena memiliki nilai ekonomi yang cukup bagus di pasaran.

Beberapa diantaranya juga merupakan jenis ikan hias yang mana pembudidayaannya bisa di jadikan hiasan maupun di konsumsi.

Bagi kalian yang sedang cari-cari jenis ikan air tawar di Indonesia khususnya mungkin artikel ini bisa sedikit membantu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.