Jenis Ikan Aligator

5 min read

jenis ikan aligator

Ikan Aligator adalah satu-satunya jenis ikan predator yang memiliki deretan gigi yang sangat tajam yang berada di bagian rahang atas.

Inilah yang membuat mulutnya tampak seperti buaya dan dari sanalah nama itu berasal. Predator air tawar ini juga memiliki moncong yang sangat panjang.

Mereka berwarna cokelat tua, abu-abu atau berwarna zaitun. Tubuh ditutupi dengan sisik yang berbentuk berlian.

Nama Aligator juga di adopsi dari buaya di Amerika yang memiliki moncong yang lebar serta gigi-gigi yang tajam.

Namun jika kalian ingin memelihara ikan Aligator siapkan aja ukuran akuarium yang besar atau di buatkan kolam khusus.

Jenis Ikan Aligator

Apa saja jenis-jenis ikan Aligator, simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

Aligator gar (Atractosteus spatula)

jenis ikan aligator

Aligator Gar merupakan spesies yang paling besar atau bobot tubuh ± 140 kg  dengan panjang ± 3 meter. Aligator juga bisa di pelihara sebagai ikan hias.

Ikan Aligator bisa kita temui di perairan Amerika Tengah, Amerika Utara, Asia serta Eropa. Populasi ikan Aligator juga terancam punah.

Penangkapan yang massif oleh masyarakat sekitar, serta faktor yang lainnya seperti pembangunan bendungan, dan pengendalian banjir yang menjadi penyebab menurunnya populasinya.

Cuban Gar (Atractosteus tristoechus)

jenis ikan aligator

Cuban Gar merupakan jenis ikan alligator yang berasal dari Negara Kuba. Cuban Gar bisa tumbuh dengan ukuran maksimal  ± 2 meter.

Cuban gar di alam liar memangsa jenis ikan dan burung-burungan. Spesies ikan predator yang satu ini juga terancam punah keberadaannya.

Tropical Gar (Atractosteus tropicus)

Jenis ikan yang berikutnya ada Tropical. Jenis predator air tawar ini berasal dari perairan selatan Mexico hingga Costarica.

Ukuran Tropical gar juga tidak sebesar dua jenis di atas, tropical gar hanya bisa tumbuh sampai ukuran maksimal 1,25 m di alam liar. Tapi biasanya ukurannya jadi lebih kecil ketika berada di penangkaran.

Tropical gal mirip dengan jenis Longnose gar tapi bedanya dia memiliki moncong yang lebih lebar dan pendek.

Longnose Gar (lepisosteus osseus)

jenis ikan aligator
flicker.com

Jenis longnose merupakan jenis ikan yang cukup favorit di Indonesia. Di Indonesia spesies Longnose banyak di pelihara di akuarium maupun kolam.

Jenis predator air yang satu ini  berasal dari perairan Amerika tengah dan Utara. Sebelumnya ikan ini banyak di tangkap oleh masyarakat sekitar untuk di konsumsi.

Jenis longnose memakan jenis serangga da jenis udang-udangan. Ikan predator air yang satu ini memiliki telur yang beracun untuk di konsumsi manusia namun tidak pada hewan.

Longnose bisa hidup sampai pada usia antara 15-20 tahun atau yang pernah di dapati bisa mencapai lebih dari itu, sekitar 39 tahun. Pejantan longnose siap kawin pada usia 4 tahunan dan betina 6 tahunan.

Jenis jantan dan betina longnose bisa di bedakan dari bentu fisiknya. Panjang dan beratnya lebih dari ukuran pejantan, dengan berat 25 kg dan panjang hampir 2 meter.

Spotted Gar (Lepisosteus oculatus)

jenis ikan aligator

Spotted gar atau dalam Bahasa Indonesia berarti tutul atau bitnik-bintik, yang mirip yang disebabkan ikan ini mempunyai sisik yang mirip macam tutul.

Spotted Gar memiliki bentuk yang sangat identik dengan jenis florida gar. Spotted gar adalah jenis ikan predator iar yang cukup rakus. Mereka akan memakan krustasea dan berbagai jenis ikan.

Spotted gar bisa hidup sampai usia 18 tahun. Ikan predator betina hidupjauh lebih lama di bandingkan pejantan.

Spotted gar merupakan jenis predator air yang tidak terancam punah, namun jenisnya juga cukup sulit di temui di pasaran.

Habitatnya berada diperairan yang tenang dan dangkal serta banyak hidup di danau.

Florida Gar (lepisosteus platyrhincus)

jenis ikan aligator

Florida gar merupakan jenis ikan predator yang berasal dari Florida, Amerika Serikat. Habitat Florida gar adalah sungai, parit.

Jenis ikan yang satu ini juga dikatakan sulit di bedakan dengan jenis Spotted gar, tentu saja karena bentuk sifat fisiknya yang sangat mirip.

Perbedaannya terletak pada panjang moncongnya. Florida gar banyak sekali di jual di pasaran.

Shortnose Gar (lepisosteus platostomus)

jenis ikan aligator

Shortnose gar ini berasal dari benua amerika dan mampu tumbuh hingga ukuran 1 meter. Seperti jenis ikan gar yang lain makanan ikan predator ini adalah ikan dan serangga.

Makanan Ikan Aligator

  • Ikan-ikan kecil.
  • Serangga
  • Udang-udangan
  • Kura-kura
  • Burung
  • Kepiting
  • Mamalia
  • Bangkai

Anatomi Ikan Aligator

Di bawah ini merupakan ciri singkat dari anatomi ikan Aligator

  • Gigi

Buaya buaya memiliki koleksi gigi buas, yang digunakannya untuk mengambil dan memanipulasi mangsa saat diberi makan. Deretan gigi ganda pada paruh atas membedakan ikan Aligator dengan jenis ikan lainnya.

  • Sisik

Sisik keras buaya gar cocok bersama seperti tesserae dari mosaik untuk membentuk cangkang seperti baju besi.

Ditutupi dengan zat tahan lama yang disebut ganoine, mirip dengan enamel gigi, sisik ini digunakan sebagai panah oleh penduduk asli Amerika.

  • Kandung kemih

Tebal, kenyal, dan sangat vaskular, kandung kemih ikan Aligator  berfungsi seperti paru-paru untuk menganginkan darah ikan.

Ini memiliki koneksi ke tenggorokan, yang melaluinya gar dapat “bernafas” ketika permukaannya pecah. Adaptasi ini memungkinkan ikan untuk hidup di perairan keruh, stagnan rendah oksigen terlarut.

Dalam kondisi seperti itu, ia dapat memperoleh sebanyak 70 persen oksigen yang dibutuhkannya dari atmosfer.

  • Tulang belakang

Tulang-tulang tulang belakang gar cocok bersama-sama seperti serangkaian sendi bola-dan-soket – fitur unik di antara ikan dan umum untuk reptil dan amfibi.

Hal ini memungkinkan ikan alligator menggerakkan kepalanya dengan gaya seperti buaya, mengangguk dan meronta-ronta keras untuk membantunya melahap mangsa.

  • Kerangka

Karena komposisi tulangnya yang unik perpaduan yang aneh antara tulang rawan dan tulang ahli tulang percaya bahwa gar itu merupakan mata rantai kuno antara hiu bertulang rawan dan ikan bertulang.

Habitat Ikan Aligator

Kamu akan menemukan banyak ikan Aligator hidup di permukaan air yang hangat. Ikan Aligator hidup di perairan yang hangat.

Danau besar, teluk, air belakang, perairan, dan delta pantai di sepanjang sungai selatan besar adalah habitat yang disukai oleh ikan Aligator.

Sementara mereka biasanya hidup di air tawar, mereka juga ditemukan dalam jumlah kecil berkembang di air asin.

Mereka dapat dengan mudah beradaptasi dengan berbagai lingkungan yang merupakan bagian dari mengapa mereka mampu melakukannya dengan baik terlepas dari begitu banyak perubahan yang terjadi di ekosistem mereka.

Ikan Aligator sering terlihat mengambang di permukaan. Mereka kadang-kadang datang ke permukaan untuk mengeluarkan gas dan mengambil udara ke kantung renang mereka.

Reproduksi Ikan Aligator

Perkawinan untuk Aligator terjadi pada musim semi, setelah kawin, pasangan akan berpisah. Dia akan mencari area tersembunyi yang dapat melindungi telur mereka mereka dari predator pemangsa lainnya.

Namun, hanya sebagian kecil dari anak-anaknya yang akan bertahan hidup sampai usia dewasa.

Mungkin sulit untuk menentukan usia ikan Aligator. Namun, diyakini bahwa dalam kondisi yang tepat di alam liar, betina mereka bisa hidup 50 tahun dan jantan 26 tahun.

Fakta Ikan Aligator

Di bawah ini merupakan fakta tentang ikan aligator yang mungkin belum kamu ketahui. Yuk simak baik-baik.

  1. Alligator Gar adalah salah satu ikan air tawar terbesar yang dianggap sebagai hewan prasejarah yang masih hidup.
  2. Ikan buaya atau buaya memiliki namanya dengan kemiripan dengan rahang buaya, yaitu moncong memanjang dalam bentuk spatula, sebanyak rahang atas seperti rahang bawah diisi dengan tepi gigi. yang siap untuk menangkap korban berikutnya dan melahapnya.
  3. Ini adalah yang terbesar di antara petrel yang tidak seperti ikan dalam keluarganya.
  4. Ikan ini juga dikenal karena kemampuannya untuk keluar dari air karena dapat mencapai hingga dua jam di permukaan air.
  5. Ini adalah spesies yang pada masa dewasa memperoleh sayap besar.
  6. Panjang rata-rata adalah 2 meter meskipun spesimen hingga 3 meter dan berat maksimum yang mencapai sekitar 137 kg telah dicatat.
  7. Ikan ini memiliki moncong yang luas dan lehernya terlalu panjang, warnanya hijau zaitun hingga coklat di bagian punggung dengan atau tanpa flek, bagian tengahnya berwarna putih bersih hingga kekuningan. Sirip memiliki bintik-bintik yang menonjol karena warnanya yang lebih gelap
  8. Mereka memiliki kemiripan tertentu dengan buaya, terutama moncongnya yang kuat, dilengkapi dengan gigi yang kuat dan tubuh yang memanjang juga karena kebiasaan mereka untuk tetap berada di permukaan air.
  9. Mata Alligator Gar kecil dan ukuran betina lebih besar dari jantan.
  10. Ini adalah ikan yang hidup di air tawar, meskipun juga beradaptasi untuk hidup di air asin agak payau karena tidak biasa ditemukan di perairan laut.
  11. Ketika mereka dewasa, mereka lebih menyukai perairan manis subtropis dengan aliran lambat, dengan predileksi oleh rawa-rawa besar, sungai, dan sungai, rentang kedalaman antara 0 dan 1 meter.
  12. Tidak ada banyak data yang berkaitan dengan reproduksi Alligator Gar Fish, diketahui bahwa betina bertelur antara batu dan vegetasi. Ini beracun untuk menghindari melahap.
  13. Larva tetap di permukaan selama hari-hari pertama kehidupan dan sampai mereka mengkonsumsi cadangan kuning telur. Mereka memiliki semacam cakram di rongga mulut untuk dapat melekat pada benda.
  14. Seperti namanya, wajahnya mirip dengan buaya, terutama moncongnya. Kemiripannya lebih dihargai ketika moncongnya terbuka.
  15. Kematangan seksual Alligator Gar dicapai lebih dari 11 tahun pada wanita dan 6 tahun pada pria, kemungkinan bereproduksi setahun sekali.
  16. Betina dapat bertelur lebih dari 80.000 telur yang menetas dalam waktu sekitar 6 hingga 8 hari. Tidak ada perawatan orang tua setelah berbaring.
  17. Mereka cukup rakus dan mengkonsumsi berbagai makanan, termasuk kura-kura, burung, kepiting, mamalia kecil, bahkan bangkai.
  18. Ikan ini tersebar di Amerika Utara khususnya di cekungan Mississippi, Teluk Meksiko, Veracruz dan Florida.
  19. Saat ini, Alligator Gar spatula tidak memiliki tindakan konservasi namun ada juga beberapa jenis yang mulai mengalami kelangkaan.
  20. Rata-rata kehidupan ikan ini di perkirakan mencapai usia antara 26 hingga 50 tahun.

Penutup

Nah teman-teman itu tadi merupakan penjelasan tentang jenis ikan Aligator yang bisa fatasama paparkan.

Sampai disini dulu, semoga informasi yang di berikan bisa memperkaya pengetahuan kita semua. Sekian semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Jenis Ikan Cupang

akmal daud
4 min read

Jenis Ikan Aquascape

akmal daud
7 min read

Jenis Ikan Lele

akmal daud
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.