Jenis Ikan Aquascape

7 min read

jenis ikan aquascape

Halo teman-teman kembali lagi bertemu dengan fatasama. Pada kesempatan kali ini fatasama akan membahas tentang jenis ikan aquascape.

Kalian tau nggak sih ikan hias aquascape memiliki banyak sekali jenis, mulai yang sering kalian temui di banyak penjual ikan hias dan yang sekarang mungkin baru kalian dengar.

Untuk mempercantik aquarium biasanya di tambahkan tanaman hias di dalam air. Tanaman ini nantinya akan berfungsi sebagai tempat persembunyian ikan dan mempercantik tampilan aquarium.

Di dalam aquascape ada simbiosis mutualisme antara tanaman, cahaya, bakteri, akan membantu kondisi air di dalam akuarium menjadi jernih, yang juga secara alami saling menjadi pelengkap satu dengan lainnya di dalam ekosistem aquascape.

Ikan menghasilkan kotoran yang akan di urai oleh bakteri, sedengkan tanaman menghasilkan oksigen untuk ikan bernafas. Begitu seterusnya.

Untuk membuat suasana aquarium terlihat lebih seperti ekosistem asli, kalian bisa menambahkan fauna seperti, udang maupun keong.

Aquascape Adalah

aquascape adalah

Aquascape adalah seni menata akuarium membentuk seperti ekosistem kebun yang indah, tapi di dalam air.

Biasanya untuk memperindah tangka aquascape, kamu bisa menambahkan media pendukung seperti, koral, batu karang, tanaman air dan lain sebagainya.

Hal Penting yang Harus di Perhatikan

Sebelum kalian mulai mencoba memelihara ikan di dalam aquascape ada bebrapa point penting yang harus di perhatikan seperti,

  • Tidak semua jenis ikan hias cocok untuk di pelihara di dalam tanki aquascape.
  • Untuk kita yang masih pemula di sarankan banyak mencari referensi mengenai jenis ikan yang akan di pelihara.

Hal ini perlu di laukuan supaya keselarasan dalam ekosistem aquascape bisa terjaga dengan baik.

Ikan Hias Aquascape

Di bawah ini merupakan rekomendasi jenis ikan hias aquascape yang biasa kalian pelihara, terutama untuk kalian yang masih pemula.

Apa saja jenisnya simak baik-baik penjelasan berikut ini guys.

Ikan Cupang

jenis ikan aquascape

Mendengar namanya siapa sih yang nggak tau sama jenis ikan yang satu ini. Sebagaimana yang kita ketahui ikan cupang termasuk jenis ikan yang agresif.

Meskipun demikian ikan cupang memiliki warna-warni yang sangat mencolok yang tentunya sangat bagus banget jika di pelihara di dalam aquascape.

Namun untuk memelihara cupang sebaiknya tidak mencampurnya dengan ikan (cupang) yang. Yup kalian pasti tahu, mereka bakal berantem, atau kalo jenis ikan yang lainnya bakalan di gangguin.

Jika kalian maksa banget buat naruh cupang di tanki aquascape-mu sebaiknya taruh di sendirian aja supaya tidak menimbulkan hal-hal yang tidak di inginkan.

Angel Fish

jenis ikan aquascape

Angel fish termasuk juga kedelam keluarga manfish. Angel fish juga termasuk salah satu jenis ikan karnivora.

Angel fish suka banget iseng menggigit ekor ikan lain di dalam aquascape, hal ini bisa menyebabkan ikan yang di gigit ekornya menjadi stress.

Sebaiknya angel fish di pelihara dalam aquascape sendiri maupun hanya 1 jenis saja.

Ciri fisik dari angel fish adalah bentuk tubuhnya yang pipih dan memiliki sirip di bawah insang yang menjuntai panjang.

Neon Tetra

jenis ikan aquascape

Neon tetra merupakan jenis ikan aquascape yang sangat di rekomendasi untuk pemula selain memiliki warna yang mencolok, neon tetra memiliki ketahanan tubuh yang cukup baik.

Neon tetra adalah tipe ikan yang berenang secara berkelompok, oleh karena itu sebaiknya ketika memasukan ke dalam aquarium dalam beberapa jumlah ikan 10-15 an ikan.

Neon tetra akan tampak cantik sekali jika berenang bersama dalam kelompok. Pastinya akan memanjakan mata yang melihatnya.

Ember Tetra

Jenis ikan yang satu ini merupakan jenis ikan hias yang bisa menjadi pelengkap koleksi ikan hias di tangka aquascape kalian.

Ikan dengan ukuran yang cukup mungil ini juga memiliki warna orange yang cukup menarik perhatian kita.

Ukuran ikan ember tetra yang mungil ini membuat tangki aquascape kita yang mungkin berukuran kecil menjadi terlihat lebih luas.

Ikan Discus

jenis ikan aquascape

Berikutnya ada lagi nih jenis ikan yang eksotis untuk koleksi ikan hias aquascape kalian nih, namanya ikan discus.

Jenis ikan aquascape yang satu ini sangat di gemari karena bentunya yang lucu serta warnanya yang cantik. Discus termasuk jenis manfish seperti angel fish yang bertubuh ramping.

Ikan discus suka berenang secara bergermbol. Discus juga termasuk jenis ikan karnivora lho, jadi hati-hati jika kalian memasukkan jenis ikan kecil lainnya ke dalam kolam, karena mereka suka usil menggigit ekor ikan lainnya.

Dwarf Gourami

jenis ikan aquascape

Dwarf gourami atau yang biasa di kenal dengan nama gurami kurcaci ini memiliki bentuk tubuh yang kecil di bandingkan ikan gurami pada umumya. Ukurannya hannya sekitar 5 cm.

Selain itu ikan gurami mini ini memiliki perpaduan warna yang cantik, antara biru dan merah yang membuatnya terlihat cantik.

Ikan Guppy

jenis ikan aquascape

 

Ikan guppy memiliki ukuran tubuh yang mungil dan corak dan kombinasi warna yang sangat cantik.

Selain warna tubuhnya yang warna warni guppy juga memiliki bentuk ekor cantik seperti kipas yang berkibar-kibar.

Guppy menjadi salah satu ikan favorit untuk di pelihara sebagai ikan hias aquascape maupun tanki akuarium biasa.

Ikan guppy sangat mudah di jumpai di sungai-sungai maupun di parit-parit, karena spesiesnya yang banyak serta pemeliharaanya yang mudah menyebabkan jenis ikan yang satu ini cocok untuk di pelihara untuk kita yang masih pemula.

Rasbora Harlequin

Dari semua spesies rasbora yang paling di kenal oleh banyak orang adalah jenis rasbora harlequin.

Ciri fisik rasbora harlequin adalah memiliki bentuk ekor yang terbelah. Variasi warna hitam pada tengah tubuhnya sampai pangkal ekornya. Rasbora harlequin juga memiliki tubuh yang gemuk.

Harlequin juga senang berenang bergerombol bersama kawanannya.

Rainbow fish

jenis ikan aquascape

Rainbow fish juga termasuk jenis ikan hias aquascape yang memiliki warna yang nggak biasa alias unik. Meskipun di namai rainbow fish bukan berarti memiliki warna-warna pelangi guys. (mejikuhibiniu).

Rainbow fish menjadi salah satu rekomdasi jenis ikan hias aquascape yang wajib kamu coba untuk di pelihara.

Zebra Danio

Jenis ikan hias yang biasa juga di kenal dengan nama ikan zebra ini memiliki corak garis sama seperti zebra, namun memiliki corak warna-warni yang memanjakan mata.

Secara umum kita bisa temukan ikan zebra memiliki warna yang sangat bervariasi seperti jingga, kuning, biru serta hijau.

Ikan zebra termasuk ikan yang suka berenang dengan cepat di dalam aquascape.

Ikan Molly

jenis ikan aquascape

Mendengar namanya saja sudah terdengar lucu. Bagaiman dengan bntuknya ya, pasti juga lucu. Wah ternyata juga lucu bentuknya.

Jenis ikan yang satu ini juga masih keluargaan denga ikan cupang atau betta. Molly juga termasuk jenis ikan livebearer.

Perawatan ikan molly juga tergolong mudah,ikan yang satu ini juga menjadi salah satu rekomendasi ikan aquascape untuk di pelihara untuk kita para pemula.

Di dalam aquascape ikan molly sangat berguna untuk mengkondisikan pertumbuhan alga di dalam tank aquascape.

Livebearer = ikan yang berkembangbiak dengan sangat cepat.

Red Nose Tetra

Red nose tetra masih kerabat dari ikan neon tetra. Red nose tetra mpada memiliki ciri yang sangat khas pada bagian hidungnya yang berwarna merah menyala dan tubuhnya yang berwarna metalik.

Inilah yang menjadi sebab pemberian nama Red nose tetra.

Chili Rasbora

Yang berikutnya ada ikan Chili rasbora atau yang memiliki nama latin Boraras brigittae. Ikan yang satu ini memiliki ciri yang sangat khas warna merah samar dengan tubuh yang mungil.

Chili rasbora masih satu keluarga dengan rasbora harlequin. Chili rasbora akan menjadi sangat menarik apabila di pelihara secara berkelompok di dalam aquascape.

Ikan Platis / Platy

Platy atau platis merupakan salah satu jenis ikan yang biasa juga di pelihara sabagai ikan hias di akuarium.

Ikan platy memiliki bentuk tubuh yang agak gemuk dengan warna sirip dan tubuh yang berbeda-beda. Secara umum warna ikan platy adalah biru silver, hitam, pink serta varian warna lainnya.

Ikan platy juga tergolong sebagai jenis ikan yang livebearer sama seperti ikan guppy. Ikan platy juga di sukai para pembudidayanya karena sifatnya yang anteng dan mudah berkembangbiak.

Tiger Barb (Ikan Sumatera)

jenis ikan aquascape

species ikan hias aquascape yang satu ini adalah jenis ikan yang lumayan mudah untuk di pelihara. Ikan dengan warna kombinasi warna orange, hitam dan sisik berwarna kehijauan serta badannya yang lumayan ngembung.

Tiger barb merupakan jenis ikan yang berenang secara berkelompok, biasanya mereka berenang bergerombol 5-6 ikan dalam satu kawanan.

Spesies Ikan Pembersih Aquascape

Ikan Sapu-sapu / Brushmouth

jenis ikan hias air tawar

Mendengar namanya pasti kalian langsung tau. Seperti namanya, ikan sapu-sapu biasanya melekat dengan dinding kaca aquarium maupun kolam untuk memakan lumut dan algae yang mulai tumbuh.

Sekilas ikan ini emang terlihat biasa saja, namun di balik itu ikan sapu-sapu termasuk jenis ikan yang rajin membersihkan lumut lho.

Corydoras

ikan pembersih akuarium

Corydoras, mendengar namanya pasti masih sangat asing buat kalian kan, sama saya juga. Ikan yang satu ini biasa juga di sebut dengan nama ikan tikus.

Memiliki bentuk kepala yang besar dengan kumis di mulutnya membuat ikan ini telihat seperti tikus.

Selain memakan alga Ikan corydoras juga memakan sisa makanan dari ikan lai yang tidak habis di makan.

Corydoras suka sekali berada di dasar aquascape, jadi jika substrate aquascape mu memiliki 2 warna, sangat di sarankan untuk tidak memilih jenis ikan yang satu ini. Nanti bisa di acak-acak.

Chinese Algae Eater

ikan pembersih aquarium
ratemyfishtank.com

Seperti namanya “Algae Eater” atau pemakan alga. Spesies ikan hias yang satu ini memiliki peranan yang cukup penting di dalam ekosistem aquascape untuk mengendalikan pertumbuhan alga.

Namun, Chinesse algaeater termasuk hewan yang pilih-pilih dalam memakan alga.

Di penjual ikan hias alga eater biasa juga di sebut algaiter, haha sama aja. Cuma di Indoneisa-in aja pengucapannya.

Chinesse algaeater memiliki warna kuning khas yang sangat menarik perhatian.

Siamese Algae Eater

ikan pembersih akuarium

Berikutnya juga merupakan jenis yang sama yang fungsinya juga memakan alga di dalam aquascape.

Spesies yang satu ini secara fungsi lebih unggul di bandingkan Chinesse algaeater yang pilih-pilih dalam makanannya. Siamese alga eater memakan seluruh jenis alga.

Namun jika alga yang di dalam aquascape sudah habis ikan ini mulai mencari makanan alternative lainnya seperti tanaman yang ada di dalam aquascape. Tapi tenang saja, siamese algae eater hanya akan memakan lumut saja.

Ikan Oto

ikan pembersih aquarium

Yang terakhir ada ikan oto atau yang memiliki nama lengkap Otocinclus, merupakan jenis ikan pemakan alga yang juga cukup handal, karena alga sudah seperti makanan pokoknya saja.

Ikan ynag satu ini memiliki ukuran tubuh yang mungil kurang lebih hanya 5 cm saja.

Jenis ikan pembersih alga yang satu ini sudah sangat sulit di jumpai, kalaupun ada biasanya di jual dengan harga yang lumayan mahal.

Cara Merawat Aquascape

cara merawat aquascape

Berikut ini adalah cara merawat aquascape yang baik yang dan benar. Bagaimana penjelasannya simak baik-baik penjelasan di bawah.

  • Menambahkan Air yang Hilang karena Penguapan

Aquascape yang di letakan di ruangan dengan suhu tinggi atau langsung terkena sinar matahari bisa menguap lebih cepat.

Hal ini juga dapat menyebabkan berbagai macam zat yang yang ada di dalam akuarium atau aquascape berwarna pekat.

Kalian harus rajin menambahkan air untuk mengganti air yang hilang karena penguapan, hal ini bisa kalian kerjakan tergantung banyaknya jumlah ikan yang hilang.

  • Membersihkan kaca aquarium dan mengganti air

Aquascape yang terkena intensitas cahaya matahari tinggi mengakibatkan lumut yang akan tumbuh di dalam kaca aquascape.

Salah satu cara paling aman untuk membersihkan kaca aquascape adalah dengan memelihara ikan pembersih kaca seperti ikan sapu-sapu.

Namun jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kalian bisa membersihkannya secara manual menggunakan alat pembersih.

  • Merawat tanaman air di dalam aquascape

Namanya tanaman pasti juga bakalan mengalami pertumbuhan, jadi mereka membutuhkan perawatan secara rutin.

Perawatannya meliputi,

Pemangkasan (trimming), yang mana hal ini di lakukan supaya bisa mempercantik tanaman juga merangsang pertumbuhan cabang baru.

Membersihkan (mencabut) tanaman yang sudah mati supaya aquascape tetep terlihat bersih, indah dan rapi.

Pembersihan bisa menggunakan gunting khusus trimming atau jika tidak punya gunting biasapun jadi.

Tanaman yang hidup di dalam aquascape ternyata juga membutuhkan pupuk sebagaimana pupuk tanaman pada umumnya.

Karena jika tidak di pupuk, atau pemberian pupuknya kurang teratur akan menimbulkan resiko tanaman akan menguning atau bahkan yang terburuk tanaman bisa mati.

Pupuk tanaman aquascape bisa dengan mudah kalian dapatkan di toko-toko aquascaping terdekat kalian.

  • Mengecek dan merawat filter air

Peran filter air pada tangki aquascape berfungsi sebagai pengkondisi kualitas air baik secara mekanis, biologis, maupun kimiawi. Maka dari itu kondisi filter haruslah terawat dengan baik.

Pembersihan filter bisa kalian lakukan satu minggu sekali supaya kebersihan aquascape bisa tetep terjaga.

  • Mengecek kualitas air

Kualitas air pada aquascape kalian juga sangat penting untuk di jaga. Mulai dari pH air, CO2 (carbondioksida), suhu, siklus nitrogen dan lain sebagainya.

Jika semuanya sudah di pahami langkah-langkahnya, selamat mencoba di rumah.

Penutup

Nah itu tadi merupakan pembahasan tentang jenis ikan aquascape. Dari yang fatasama paparkan sebenarnya belum lengkap sih, karena jika di bahas semuanya nanti kalian malah enggak mau baca. Hehe.

Daftar yang di sebutkan di atas hanyalah rekomendasi jenis ikan yang cukup mudah untuk di pelihara untuk pemula yang juga ikannya selain di aquascape bisa juga di aquarium biasa.

Cara merawat aquascape yang di berikan bisa juga di coba di rumah. Selamat mencoba.

Sekian dulu untuk pembahasan kali ini. Semoga informasi yang di sajikan bisa memperkaya informasi teman-teman semua dan semoga bermanfaat.

Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Baibai.

Jenis Ikan Cupang

akbar fattah
4 min read

Jenis Ikan Lele

akbar fattah
5 min read

Jenis Ikan Arwana

akbar fattah
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.