Jenis Ikan Arwana

7 min read

jenis ikan arwana

Halo teman-teman ketemu lagi nih, Pada kesempatan kali ini fatasama akan membahas tentang jenis ikan Arwana yang mungkin belum kalian ketahui.

Ini memberi mereka penampilan sirip ekor yang sangat panjang. Spesies yang berbeda datang dalam berbagai warna, dari perak, ke biru, dan merah.

Ikan ini bisa tumbuh relatif panjang, dan mereka memiliki tubuh memanjang yang hampir seperti belut. Sirip punggung dan sirip duburnya pendek, lunak, dan sangat memanjang.

Mereka memiliki mulut besar yang menghadap ke atas untuk membantu menangkap mangsa dari permukaan air

Jenis Ikan Arwana

Ngomong-ngomong tentang ikan Arwana, jenis ikan yang satu ini adalah salah satu hewan air yang bisa kita jadikan sebagai hewan peliharaan di akuarium.

Penasaran sama jenis ikan Arwana apa saja, simak penjelasan di bawah ini. Skroll ke bawah guys.

Arwana Super Red

jenis ikan arwana

Arwana merah super bisa di temukan di perairan Danau Sentarum di Kalimantan, Kalimantan Barat.

Selain jenis Arwana emas, Arwana merah juga termasuk salah satu jenis ikan Arwana yang harganya juga mahal lho di dunia pecinta ikan hias tentunya.

Seperti namanya, spesies Arwana  berwarna merah dari kepala sampai ekor. Ketika masa remaja, warna ini hanya akan menonjol ke arah bibir dan sirip.

Namun ketika mereka dewasa, warna merah itu mulai menyebar ke seluruh tubuh mereka.

Pada usia sekitar 3 tahun, warna merah pada sisiknya akan sangat menonjol (selama kita sudah memberikan perawatan yang baik pada ikan Arwana).

Arwana merah sangat dicari, berkat warna merah yang cantik dan penampilannya yang unik. Bahkan lebih dari itu.

Warna merahnya yang khas dan kemiripan bentuk sisiknya dengan makhluk mitologi Naga. Mitos di negara-negara Asia juga percaya bahwa warna merah juga merupakan symbol warna keberuntungan dan kemakmuran.

Arwana Australia (Scleropages jardinni)

jenis ikan arwana

Berasal dari Australia dan Papua, arwana Australia adalah salah satu dari dua spesies arwana yang berasal dari wilayah perairan ini.

Ikan arwana yang satu ini biasa juga di kenal dengan sebutan arwana Papua, atau Gulf saratonga, arwana Australia.

Tubuh mereka ditutupi sisik berwarna tembaga beraksen dengan tepi merah muda kecil, yang kadang-kadang muncul sebagai bintik-bintik merah muda pada sirip.

Secara fisik Gulf saratonga  lebih kekuningan emas namun juga tidak begitu mencolok. Gulf saratonga  memiliki potensi untuk tumbuh hingga hampir 1 meter panjang tubuhnya.

Red Tail Golden

jenis ikan arwana

Red Tail Golden atau yang biasa juga dikenal sebagai Golden Red. Arwana yang satu ini berasal dari daerah Pekanbaru, Riau dan beberapa wilayah Sumatera lainnya.

Red Tail Golden memiliki pembawaan sifat alami yang agresif, yang menjadikan Arwana Red Tail lumayan sulit buat di tangkap.

Panjang tubuhnya bisa mencapai ± 90 cm, dengan karakteristik warna dan variasi biru, keemasan, dan hijau.

Arwana Cross Back Golden

jenis ikan arwana

Arwana Cross Back Golden juga memiliki nama latin Scleropages formosus ini juga memiliki banyak nama panggilan lain seperti,

  • Malaysian Gold
  • Malayan Bonytongue
  • Taiping Golden
  • Pahang Golden

Arwana Cross Back Golden memiliki ciri khas yang sangat menarik berupa warna emas di bagian punggungnya yang sangat mencolok. Arwana Cross Back Golden bisa di temui di perairan sekitar Perak, Johor, Malaysia.

Ikan Arwana Emas (Scleropages formosus)

jenis ikan arwana

Mungkin arwana Asia paling terkenal dari semua, arwana emas adalah salah satu ikan hias yang paling didambakan di seluruh dunia lho.

Berasal dari Bukit Merah di Indonesia, arwana emas istimewa karena kilauannya memanjang hingga ke deretan sisik keenam.

Arwana emas yang memiliki kilau seperti ini dikenal sebagai ‘crossbacks’, karena tingkat kilau telah melintas hingga ke punggung mereka.

Arwana emas yang memiliki kepala emas penuh serta pewarnaan crossback dikenal sebagai ‘helm kepala emas crossback’ yang sulit dipahami, dan merupakan jenis arwana emas paling mahal dan bergengsi.

Ketika datang ke arwana Asia ini, semakin intens warna emasnya, semakin diinginkan mereka untuk penggemar ikan hias.

Ada juga varian khusus dari arwana emas yang memiliki warna biru terhadap bagian terakhir dari tubuh mereka. Ini disebut ‘crossbacks berbasis biru’ dan juga dianggap sebagai ikan premium.

Arwana Perak (Osteoglossum bicirrhosum)

jenis ikan arwana

Arwana perak (Osteoglossum bicirrhosum) adalah yang terbesar dari semua spesies arwana, yang mampu tumbuh hingga ukuran tubuh ± 1 meter.

Memiliki warna perak metalik yang berbeda dan sirip punggung dan sirip dubur memanjang, yang hanya dimiliki oleh arwana dari Amerika Selatan. Terakhir, arwana yang paling umum dan paling murah yang bisa kalian temukan.

Arwana Perak (osteoglossum bicirrhosum) dapat dengan mudah mencapai 40 -50 cm panjangnya dalam masa pertumbuhan pertama mereka.

Ikan Arwana Hijau

Anda akan menemukan arwana hijau yang hidup di Bendungan Nami di Malaysia. Bahasa sehari-hari dikenal sebagai arwana Asia, ia memiliki warna abu-abu pucat dengan sedikit warna hijau-terutama menuju tepi siripnya.

Arwana Asia ini memiliki sirip punggung dan sirip dubur yang lebih pendek daripada Arwana Amerika Selatan dan dapat tumbuh hingga sekitar 3 kaki panjangnya.

Ikan Arwana Batik

jenis ikan arwana
novataxa.blogspot.com

Batik arwana berasal dari Negara Myanmar dan sangat mirip dengan arwana hijau baik dalam warna maupun penampilan.

Ikan Arwana Banjar

jenis ikan arwana

Arwana Banjar adalah  asli Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Spesies khusus ini sangat berbeda, yaitu sirip punggung, ekor (ekor), dan sirip dubur berwarna kuning sedangkan bagian tubuhnya yang lain memiliki warna kekuningan / kehijauan.

Ikan Arwana Brazil

Ikan Arwana Brazil merupakan jenisyang cukup banyak bisa kita temui di Indonesia. Karakteristik dari Arwana Brazil adalah bentuk tubuh serta siripnya yang panjang dengan sisik berwarna silver yang sangat khas.

Arwana Brazil bisa tumbuh sampai dengan ukuran 1 meter. Hal unik lainnya pada ikan Arwana Brazil adalah kemampuannya dalam menangkap mangsanya yang berada di atas air dengan cara melompat di udara.

Arwana Hitam (Osteoglossum ferreirai)

Arwana hitam sangat mirip dengan arwana perak dalam bentuk dan ukuran. Pada masa pertumbuhan, Arwana hitam memiliki pita hitam berbeda yang menutupi panjang tubuh mereka.

Namun, ketika mereka dewasa, band ini perlahan-lahan menghilang, meninggalkan tubuh mereka dengan sedikit warna ungu, yang paling menonjol ke arah sirip dubur mereka.

Dibandingkan dengan arwana perak, mereka tumbuh jauh lebih lambat dan juga memiliki tubuh yang sedikit lebih ramping.

Arwana Saratoga (Scleropages leichardti)

Saratoga hidup di dalam Sungai Fitzroy di East Central Queensland, Australia.

Orang-orang kecil ini mungkin adalah spesies arwana yang paling tidak dikenal dan biasanya hanya dipelihara oleh fanatik arwana hardcore (saya melihat Anda, dudes!).

Mereka sangat mirip dengan arwana Australia dalam ukuran dan penampilan.

Namun, warna merah muda menuju tepi sisik jauh lebih menonjol dan tersebar luas dengan saratoga; belum lagi fakta bahwa mereka juga sedikit lebih ramping daripada arwana Australia (jadi tidak gemuk mempermalukan kamu, Aussie arowana – kamu tahu kami mencintaimu !!).

Sebaliknya, sepasang barbel yang menonjol ke tepi rahang bawah saratoga sangat pendek dibandingkan dengan arowana lainnya.

Arwana Afrika (Heterotis niloticus)

jenis ikan arwana

Arwana Afrika dapat ditemukan di banyak lokasi di seluruh Afrika, khususnya di sungai Chad dan Sungai Nil. Memiliki panjang maksimal 1 meter dan dengan bobot ± 10 kg.

Namun jika di bandingkan dengan ikan bentuk ikan Arwana pada umumnya, bentuk Arwana Afrika memiliki bentuk fisik mirip ikan Arapaima.

Memiliki bentuk kepala membulat dan bentuk mulut yang mengarah ke bawah. Hal ini bukan tanpa alasan.

Arwana Afrika adalah pengayak pasir. Mereka memberi makan dengan menyaring pasir untuk krustasea dan moluska lainnya.

Tubuh mereka memanjang dengan sirip dan sisik yang mirip dengan Arwana Amerika Selatan. Mereka biasanya berwarna hijau tua dengan perut kuning / pucat coklat.

Variasi Ikan Arwana

Arwana Albino

jenis ikan arwana

Albinisme disebabkan oleh kondisi genetik yang menyebabkan kurangnya pigmentasi di seluruh tubuh ikan. Semua ikan albino memiliki tubuh yang sangat kuning ke putih dengan mata merah.

Arwana albino sangat langka dan mahal. Harganya berkisar ratusan juta rupiah atau bahkan lebih.

Arwana Platinum

jenis ikan arwana
youtube

Istilah platinum secara umum digunakan dalam dunia hobi memelihara ikan hias di sebut dengan istilah leucistic, artinya mereka memiliki kondisi genetik yang menyebabkan hilangnya sebagian pigmentasi di seluruh tubuh.

Hal itu menyebabkan warna fisik si ikan menjadi pucat atau putih matte sambil mempertahankan warna asli matanya.

Arwana Platinum juga merupakan jenis Arwana yang memiliki harga yang cukup mahal. Di perkirakan harganya di pasaran mencapai ratusan juta rupiah. Wow.

Arwana Asia Platinum juga biasa di kenal dengan sebutan Arwana salju

Makanan Ikan Arwana

makanan ikan arwana

Ikan arwana termasuk ikan yang berkembang dengan cukup pesat, ukuran tubuhnya ya guys. Oleh karena itu mereka membutuhkan banyak asupan makanan bergizi.

Pada masa pertumbuhan ikan arwana kecil harus diberi makan dua kali sehari dengan makanan berkualitas untuk mengimbangi laju pertumbuhannya yang cepat.

Ketika mereka tumbuh lebih besar, pertumbuhan mereka melambat seiring dengan metabolisme mereka.

Secara alami, mereka akan mengurangi selera makan mereka dan menerima lebih sedikit makanan. Perlu diketahui bahwa arwana akan mengabaikan makanan yang kalian berikan ketika mereka sudah kenyang.

Kalian harus memberi mereka dan  memastikan untuk mensortir jenis makanan yang cocok untuk ikan arwana kesayangan kalian.

Pada masa pertumbuhannya ikan arwana bisa menyantap makanan apa saja seperti,

  • Ikan kecil
  • Kecoak
  • Jangkrik
  • Cacing
  • Kecebong
  • Pellet
  • Dan lain sebagainya

Tips Memberikan Makan Ikan Arwana

makanan ikan arwana

  • Perhatikan ukuran makanan yang di berikan untuk ikan arwana yang kalian miliki, (di sesuaikan aja sama ukuran ikannya).
  • Ketika mereka tumbuh, kita perlahan-lahan bisa menyapih mereka untuk menerima makanan kering atau tidak hidup seperti udang pasar, udang, kerang, dan ikan kering.
  • Namun jika poin ke dua gagal di lakukan kalian bisa menggantinya dengan jenis makanan ikan olahan konvensional seperti pellet misalnya.
  • Hal yang paling penting untuk di perhatikan kalian juga harus memastikan jumlah asupan proteinnya ketika kalian memutuskan untuk memberikan ikan arwana dengan makanan olahan seperti pellet.

Habitat Ikan Arwana

jenis ikan arwana

Semua spesies berbeda menghuni lingkungan air tawar. Mereka dapat bertahan hidup di daerah dengan oksigen kurang dari beberapa spesies ikan lain, membantu mereka menghindari persaingan untuk memangsa.

Pada habitat dengan tingkat oksigen yang lebih rendah, mangsa cenderung lebih lamban juga, menjadikannya sasaran yang lebih mudah.

Namun secara umum ikan Arwana bisa kita dapati di sungai, danau, kolam, cekungan sungai, dan bahkan rawa-rawa.

Persebaran Ikan Arwana

Spesies yang berbeda dapat ditemukan di berbagai wilayah di dunia. Ada dua spesies di Amerika Selatan, perak, dan Arwana hitam.

Sejumlah spesies, termasuk Arwana Asia yang terancam punah, terletak di Asia. Dua spesies terletak di Australia, dan satu spesies di India.

Perawatan Arwana

Ikan ini membutuhkan perawatan yang lebih intensif daripada kebanyakan spesies air tawar lainnya.

Mereka sebagian besar tinggal di permukaan, sehingga tangki harus panjang dan lebar daripada dalam. Meskipun setiap ikan berbeda, kebanyakan orang tidak akan makan makanan pellet.

selain memperhatikan makanan yang di berikan, juga pH dan suhu air, kita juga harus memperhatikan jenis spesies apa yang kita pelihara, supaya mudah dalam hal penyesuaian ekosistemnya.

Perilaku Ikan Arwana

Arwana adalah predator air yang soliter, dan berburu mangsanya di sepanjang permukaan air. Banyak spesies benar-benar akan melompat keluar dari air untuk menangkap mangsa dalam jangkauan mereka.

Bagi kalian yang nggak tau artinya “Soliter”

Makna “Soliter” di Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah : secara menyendiri atau sepasang-sepasang, tidak secara kelompok.

Sebagai remaja mereka akan hidup dalam kelompok kecil, tetapi orang dewasa sangat teritorial. Beberapa spesies akan tetap berpasangan untuk merawat telur mereka.

Reproduksi Arwana

Setiap spesies memiliki strategi reproduksi yang sedikit berbeda. Sebagian besar menghasilkan jumlah telur yang relatif rendah untuk ikan. Tidak jarang seekor betina bertelur sedikitnya 30 butir.

Spesies yang berbeda memiliki tingkat perawatan yang berbeda pula. Beberapa akan melindungi sarang mereka dengan kejam.

Yang lain bahkan akan membawa telur dan anak muda di mulut mereka untuk melindungi mereka dari pemangsa. Beberapa spesies arwana tidak mencapai kematangan seksual selama 3 – 4 tahun.

Fakta Tentang Ikan Arwana

  1. Ikan Arwana aktif bergerak di siang hari.
  2. Ikan Arwana juga biasa di kenal sebagai monyet air, karena prilakunya yang bisa melompat dari akuarium.
  3. Ikan Arwana adalah pelompat yang sangat baik dan bisa melompat1,5 m di atas air. Wow tinggi banget kan. Untuk mengatasi hal ini munkin kalian bisa menutup bagian atas akuarium kalian dengan jaring misalnya, atau yang lainnya.
  4. Ikan Arwana memiliki penglihatan yang tajam yang mengidentifikasi mangsa di atas permukaan air dengan sangat cepat.
  5. Membedakan ikan arwana jantan dan betina cukup sulit.
  6. Ikan arwana adalah karnivora dan ketika mereka hidup di alam liar, mereka memakan serangga air, dan ikan kecil.
  7. Mereka adalah ikan yang kuat dan bisa hidup hingga 20 tahun. Mereka dapat tumbuh hingga ukuran panjang ± 120 cm dan berat sekitar 5 kg.
  8. Ikan Arwana sangat halus dan sensitif. Mereka rentan terhadap gatal, infeksi parasit dan bakteri. Agar ikan tetap sehat, substrat, tanaman akuarium, dan barang-barang dekoratif lainnya harus dibersihkan dan dicuci dengan benar.

Penutup

Nah itu tadi merupakan jenis ikan Arwana yang bisa fatasama sajikan. Gimana, keren-keren banget kan. Untuk memelihara ikan arwana sebenarnya susah-susah gampang.

Untuk pemula mungkin lumayan sulit. Apalagi baru pertama kali. Tapi nggak apa lah, kamu harus memperhatikan lingkungan serta asupan makanannya juga supaya ikan arwana bisa tumbuh secara maksimal.

Semoga informasi yang sedikit ini bisa memberikan informasi untuk kalian ya, sekian dan terimakasih sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Babai.

Jenis Ikan Cupang

akbar fattah
4 min read

Jenis Ikan Aquascape

akbar fattah
7 min read

Jenis Ikan Lele

akbar fattah
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.