Jenis Ikan Lele

5 min read

jenis ikan lele

Ikan lele adalah salah satu dari sekian banyak jenis ikan penghuni ekosistem air tawar. Ikan dengan bentuk tubuh memanjang dan agak pipih tanpa sisik ini membuatnya lebih leluasa bergerak di bandingkan jenis ikan lainnya.

Ikan lele bisa hidup di air tawar lele juga termasuk jenis ikan yang bisa hidup di air payau. Namun dari berbagai macam spesies ikan lele hanya beberapa jenis saja yang bisa di pelihara untuk di konsumsi.

Jenis lainnya ada juga yang biasa di perlihara sebagai ikan hias di akuarium. Ikan lele termasuk jenis ikan yang nocturnal, atau yang biasa aktif di malam hari.

Oke biar nggak lama, langsung saja kita bahas apa saja jenis-jenis ikan lele.

Jenis Ikan Lele

jenis ikan lele

Lele Dumbo

jenis ikan lele
youtube

Ikan lele dumbo dan lele lokal memiliki ciri fisik yang benar-benar berbeda. Baik dari warna dan ukuran tubuh yang lebih besar.

Lele dumbo juga memiliki patil seperti lele lokal. Ikan lele dumbo lebih tahan penyakit di bandingkan lele lokal.

Namun karena ukurannya yang besar, daging lele dumbo ketika di masak akan lebih lembek di bandingkan ikan lele lokal yang di masak bisa terasa renyah meskipun ukuran tubuhnya yang kecil.

Lele lokal

jenis ikan lele
sigambarbaru.com

Lele yang satu ini meruakan jenis yang sangat umum atau lele mainstream yang bisa kita temui sehari-hari.

Lele lokal adalah lele yang biasa di budidayakan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia.

Namun saat ini sudah agak jarang pembudidayaan lele lokal di karenakan di pandang hanya akan memberikan keuntungan yang kecil.

Faktor lain yang menyebabkan turunnya minat masyarakat untuk mebudidayakan lele lokal adalah pertumbuhan lele lokal yang lambat.

Lele dumbo berumur 2 bula lebih besar di bandingkan lele lokal berumur 1 tahun.

Selain itu lele lokal memiliki FCR (Food Convertion Ratio), rasio makanan yang rasio pakan yang diberikan terhadap berat daging yang dihasilkan tinggi.

Atau gampangnya ikan lele membutuhkan lebih dari 1 kg pakan untuk menghasilkan daging dalam satu siklus budidaya.

Di Indonesia terdapat 3 jenis ikan lele lokal,

  • Lele hitam
  • Lele putih
  • Lele merah

Nah, dari ketiga jenis itu yang biasanya di budidayakan untuk di konsumsi adalah lele hitam. Lele merah dan putih banyak di budidayakan sebagai ikan hias.

Hal yang perlu kalian ketahui adalah lele lokal memiliki “patil” yang cukup tajam, yang mana jika kita tertusuk biasannya kita bisa membuat kita demam dan mengalami pembengkakan pada bagian yang tertusuk.

Jadi harus hati-hati ya guys.

Lele Sangkuriang

jenis ikan lele
pakanku.com

Lele sangkuriang adalah jenis lele hasi dari perkawinan silang antara lele dumbo F6 dengan dengan induknya sendiri dumbo F2.

Dari perkawinan silang tersebut menghasilkan sifat unggul seperti, dapat bertelur 40-60 ribu butir telu dalam sekali pemijahan.

Lele sangkuriang memiliki bentuk fisik mirip lele dumbo, memiliki badan yang agak bulat, ukuran mata yang lebih kecil, berwarna abu-abu dan bermlut lonjong.

Lele sangkuriang memiliki ukuran tubuh yang lebih besar di bandingkan lele python dan dumbo.

Namun kelemahannya adalah bibitnya kurang tahan dengan cuaca panas.

Nah, hal ini bisa kita akali dengan memberikan tanaman air di persawahan seperti eceng gondok misalnya ataupun memberi tutup di atas kolam.

Lele Masamo

Lele masamo merupakan hasil pengumpulan sifat dari berbagai plasma sperma lele antara lain lele dumbo dan Clarias macrocephalus atau Bighead Catfish.

Lele masamo adalah hasil dari pengumpulan sifat lele dumbo dan Bighead Catfish, yang menghasilkan sifat-sifat unggul seperti,

  • Kanibal (namun rendah)
  • Ukuran tubuh besar
  • Rakus
  • Tidak mudah stress
  • Tahan penyakit
  • Produktivitas telur yang tinggi

Bentuk fisik dari lele masamo memiliki kepala yang lonjong agak meruncing, memiliki patil yang tajam, dan warna kulit kehitaman.

Lele masamo ketika masih bibit akan sulit di bedakan dengan jenis lainnya, namun ketika besar akan sangat terlihat jelas perbedaan.

Pada indukan lele masamo tonjolan di tengkuk kepala terlihat lebih jelas.

Dalam masa pertumbuhan lele masamo sangatlah rakus dan agresif, sehingga jika kita kurang memperhatikan manajemen pakannya bisa mengakibatkan kanibalisme.

Lele Mutiara

jenis ikan lele

Lele mutiara merupakan hasil persilangan dari banyak spesies seperti lele dumbo sangkuriang, dan phyton.

Dari percobaan berikut menghasilkan varietas yang memiliki banyak keunggulan seperti

  • Tahan terhadap virus
  • Pemberian makan yang irit
  • Pertumbuahn yang pesat

Lele Limbat / Lembat

jenis ikan lele
dennypedia.com

Ikan limbat atau di daerah Kalimantan menyebutnya “Lembat” yang juga memiliki nama latin Clarias Nieuhofii juga termasuk kedalam keluarga ikan lele.

Ikan lembat memiliki ciri fisik bagian atas tubuhnya berwarna gelap agak hitam dan putih di bagian bawah. Pada bagian tubuhnya di dominasi warna kuning dan abu-abu.

Ikan lembat banyak di temui hidup di ekosistem rawa, parit maupun di sungai-sungai. Jenis ikan lele yang satu ini jarang di budidayakan oleh masyarakat.

Namun masyarkat biasa berburu ikan lembat dengan cara penangkapan konvensional seperti memancing ataupun membuat bubu ikan.

Ikan lele limbat juga punya banyak jenis diantaranya adalah limbat hitam dan limbat sentarum.

Lele Broadhead

Jenis ikan lele “Broadhead” atau yang memiliki nama latin Clarias microcephalus ini adalah jenis ikan lele yang bisa di temukan di Negara Thailand. Di Thailand Broadhead di kenal juga dengan nama “Pla Duk”.

Pla Duk di Thailand biasa di jual di pinggiran jalan sebagai makanan camilan yang di jual di pinggir jalan. Semacam street food.

Broad Head memiliki warna hitam dan memiliki bitnik putih di sisi tubuhnya. Pada bagian punggungnya terdapat sirip yang besar dan agak pendek.

Secara fisik Broadhead  memiliki bentuk fisik yang mirip dengan ikan ikal lele lokal di Indonesia.

Ikan lele merupakan jenis ikan tropis yang banyak juga di temui di di negara-negara Asia Tenggara seperti Filipina, Thailand, Malaysia, Vietnam dan lain sebagainya.

Lele Emas Goa (Golden Cave Catfish)

jenis ikan lele
youtube

Berikutnya adalah lele Emas Goa, atau yang memiliki nama latin Clarias cavernicola. Di namai demikian karena habitatnya yang hanya bisa di temui di dalam goa Aigamas, Namibia, Afrika.

Jenis lele yang satu ini juga terancam punah keberadaannya. Di perkirakan spesiesnya hanya tersisa 200-400 ekor saja di alam liar.

Mereka juga memiliki lapisan kulit di atas mata mereka, yang berarti mereka secara efektif buta. Lele emas goa bisa tumbuh sampai dengan ukuran maksimal ± 16 cm.

Lele Phyton

Lele phyton berasal dari daerah di pandeglang banten, sekitar tahun 2004-an. Lele phyton adalah varietas yang di hasilkan dari perkawinan silang antara lele lokal dan lele Thailand F2.

Di beri nama lele phyton karena bentuk kepalanya seperti ular phyton.

Keunggulan dari lele phyton adalah ketahanannya terhadap cuaca dingin. Dan dengan FCR mencapai 1, yang berarti 1 kg pakan yang di berikan akan menjadi daging 1 kg pula, terhitung dari bibit lele di tebar sampai panen.

Masa panen ikan lele phyton ± 2 bulan kurang sedikit.

Dari segi rasa ikan lele phyton memiliki rasa yang kurang lebih mendekati rasa lele lokal, dan dagingnya tidak lembek seperti ikan lele dumbo.

Ikan Lele Albino

jenis ikan lele

Nama Ilmiah Ikan Lele

  • Clarias

Ciri-ciri Ikan Lele

jenis ikan lele

  • Bentuk tubuh pipih tanpa sisik dan licin.
  • Memiliki misai atau kumis di ujung mulutnya.
  • Memiliki sungut berjumlah 4 yang membantunya dalam menemukan mangsanya.
  • Memiliki patil (sirip yang keras dan tajam) yang berfungsi sebagai alat pertahanan diri.

Habitat Ikan Lele

habitat ikan lele

Ikan lele biasanya mendiami ekosistem seperti,

  • Rawa-rawa
  • Sungai-sungai dengan aliaran air yang tidak begitu deras.
  • Danau
  • Parit

Kebetulan saya berasal dari daerah calon ibu kota baru di Kalimantan timur. Di depan rumah saya tepat ada parit dengan ukuran cukup lebar ± 2 meter-an.

Nah, di situ banyak sekali ikan lelenya setiap hari saya bisa memancing di depan rumah. Hehe.

Makanan Ikan Lele

Di bawah ini merupakan jenis makanan ikan lele,

  • Siput air
  • Cacing
  • Kutu air
  • Pellet (makanan olahan)
Ikan lele juga merupakan jenis ikan yang kanibal, di mana ketika kalian mempeliharanya di kolam dan lupa memberinya makan ikan lele bisa memangsa sesamanya. Seperti kata hukum rimba, yang besar memangsa yang lebih kecil.

Cara Perkembangbiakan Ikan Lele

jenis ikan lele

Ikan lele berkembangbiak dengan cara bertelur. Musim kawin lele di mulai ketika masa awal musim hujan. Ikan lele membuahi telurnya secara eksternal.

Di Indonesia sendiri ada 2 spesies ikan lele yang di kembangbiakkan,

  • Clarias batrachus
  • Clarias gariepinus

Peluang Bisnis Ikan Lele

jenis ikan lele

Dengan membudidayakan ikan lele di rumah kita bisa loh sambil membuka usaha sampingan seperti berjualan pecel lele misalnya.

Kenapa pecel lele?, karena bisnis makanan adalah bisnis yang enggak ada matinya. Mengapa?, karena keinginan manusia akan makanan juga sangat berfariasi. Menunya maksudnya.

Kalian pernah nggak sih berfikiran kira-kira berapa porsi yang bisa di jual oleh penjual pecel lele setiap kali berjualan.

Kebanyakan yang saya tau mereka mulai berjualan sore sampai malam. Namun ada pula yang berjualan di siang hari juga.

Selain itu kita juga bisa menjadi pemasok ke rumah makan maupun restoran untuk kebutuhan ikan lele. Selai itu bisa juga memasok ikan lele untuk usaha rumahan yang membuat makanan olahan seperti abon misalnya.

Dengan melirik peluang usaha yang satu ini budidaya ikan lele bisa menjadi semakin terarah.

Manfaat Ikan lele

manfaat ikan lele
femina.co.id

Ikan lele juga di kenal sebagai jenis ikan yang memiliki kandungan protein, lemak, fosfor serta vitamin B, yang sangat baik untuk tubuh kita.

Selain manfaat lele untuk tubuh ikan lele juga memiliki manfaat lainnya, seperti membersihkan  kolam dari jentik nyamuk.

Jika di pelihara di sawah ikan lele bisa membersihkan hama-hama yang berpotensi membahayakan tanaman padi seperti keong sawah misalnya, da lain sebagainya.

Penutup

Nah, cukup sekian dulu ya teman-teman pembahasan dari jenis ikan lele lengkap dengan penjelasannya. Semoga informasi yang di sajikan bisa semakin memperkaya informasi yang kalian miliki.

Untuk peluang usaha yang memanfaatkan ikan lele sebagai komoditas bisnis mungkin teman-teman bisa mencobanya di rumah. Selamat mencoba.

Semoga informasi yang di sajikan bisa menginspirasi dan juga bermanfaat. Sekian dan sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Jenis Ikan Cupang

akmal daud
4 min read

Jenis Ikan Aquascape

akmal daud
7 min read

Jenis Ikan Arwana

akmal daud
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.