Jenis Ikan Yang Hidup Di Air Payau

5 min read

ikan yang hidup di air payau

Ikan yang hidup di air payau – kali ini kita akan membahas tentang jenis ikan yang hidup di air payau. Seperti yang kita ketahui bersama, air payau merupakan campuran antara air tawar dan air asin.

Bisa di bilang air payau perhitungannya adalah tiap 1 liter air tawar mengandung garam 0,5 – 30 gram. Jika lebih dari itu masuk kstagori air asin atau air laut.

Air payau biasa bisa kita jumpai di daerah muara sungai. Penghuni perairan air payau juga sangat beragam.

Mulai dari jenis ikan yang bisa di konsumsi sampai jenis ikan hias yang bisa kita pelihara di aquarium.

Ciri Air Payau

  • Arus airnya cenderung lebih tenang.
  • Residence time yang lumayan lama.
  • Adanya stratifikasi suhu atau cahaya.
  • Memiliki kadar oksigen yang redah.

Jenis Ikan Air Payau

Ikan Kerapu

ika yang hidup di air tawar
fishfriender.com

Ikan Kerapu juga termasuk jenis ikan yang bisa hidup di ekosistem air payau. Ikan kerapu dulu banyak bisa kita jumpai di sekitar muara sungai.

Namun akhir-akhir ini sangat sulit lagi di temui. Hal yang menjadi penyebab adalah penangkapan ikan dengan cara-cara yang nggak ramah lingkungan.

Karena ikan kerapu agak sulit di dapatkan di pasar berimbas pada harga kerapu yang jadi lebih mahal. Ikan kerapu juga di kenal dengan rasanya ang lezat.

Ikan Kakap

jenis ikan air payau
outdooralabama.com

Kakap juga merupakan jenis ikan budidaya yang bisa hidup di ekosistem air payau. Ikan kakap biasanya memakan jenis ikan kecil dan udang-udangan.

Di perairan Indonesia beberapa jenis kakap bisa kita dapati seperti,

  • Kakap Merah
  • Kakap Putih
  • Kakap Bakau
  • Kakap Merah sejati

Habitat asli ikan kakap adalah pantai mangroove, sungai jernih dan juga pantai yang berkarang. Ikan kakap juga di kenal memiliki rasa yang lezat.

Tidak heran jika kakap menjadi salah satu menu andalan di rumah makan maupun di restoran.

Ikan Nila

jenis ikan air payau
en.wikipedia.org

Ikan Nila biasanya kita dapati di pelihara di ekosistem air tawar. Namun seiring berjalaya waktu ternyata ikan nila bisa di budidayakan di air payau.

Meskipun saat ini presentasenya masih belum banyak yang mengaplikasikannya, namun beberapa daerah di Indonesia lainnya sudah ada yang mencoba menerapkannya.

Seperti di daerah Lampung, Sumatera Utara, Jawa Timur dan lain sebagainya yang telah berhasil membuat sentra budidaya ikan nila berbasis ekosistem air payau.

Permintaan pasar akan ikan nila cukup tinggi sehingga budidaya ikan nila bisa menjadi usaha sampaingan yang menjanjikan.

Ikan Mujair

Ikan mujair
abahtani.com

Sebagaimana yang biasa kita tau kalo ikan mujair juga termasuk jenis ikan yang biasanya di budidayakan pada lingkugan air tawar.

Tapi untuk saat ini seiring bertambahnya pengalaman dan pengetahuan. Kini sudah banyak orang yang mengembangkan  budidaya ikan mujair di air payau.

Dari segi hasil juga bisa di bilang nggak jauh beda dengan budidaya di air tawar. Nggak jarang juga terkadang hasailnya lebih bagus di air payau.

Ikan  Buntal

jenis ikan air payau
seriousfact.com

Kalo kalian masih sering nonton serial kartun spongebob pasti tau ikan ini apa namanya.

Ikan dengan ciri khas memiliki duri di sekujur tubuhnya. Ikan ini juga hidup di perairan payau. Namanya adalah ikan buntal.

Ikan buntal yang merasa terancam akan mengembangkan tubuhnya menjadi bentuk membulat dengan sekujur tubuh dipenuhi duri.

Kalo kalian tinggal dekat dengan muara pasti akan sering menemui jenis ikan ini di muara sungai yang dekat dengan pesisir.

Selain itu ikan buntal juga bisa di pelihara di aquarium. Namun sangat tidak di sarankan untuk di konsumsi karena dagingnya beracun.

Sebenarya bisa di konsumsi kalo kalian tau cara ngolahnya. Seperti di Jepang misalnya, ikan buntal bisa di konsumsi karena mereka tau cara ngolahnya.

Baca juga jenis ikan Aligator[/su_quote]

Bandeng

jenis ikan air payau
mesinpengemas.id

Ikan bandeng sebetulnya hidup di air asin. Namun ikan bandeng bisa juga di budidayakan di ekosistem air payau. Bandeng juga merupakan jenis ikan air payau unggulan.

Permintaan akan ikan bandeng di pasar cukup tinggi. Hal ini juga bisa menjadi alternatif bisanis sampingan yang menjanjikan.

Jenis ikan yang satu ini juga sangat populer banget buat di makan karena rasa dari ikan bandeng ini enak banget.

Meskipun durinya banyak banget tapi jika di sajikan dalam bentuk bandeng presto rasanya enak banget di samping itu durinya juga jadi empuk.

 Ikan Goby

ikan yang hidup di air payau
aquaticarts.com

ikan goby merupakan jenis ikan yang juga menghuni perairan payau. Namun kebanyakan dari jenisnya tinggal di lautan.

Ikan goby memiliki bentuk tubuh khas berbentuk seperti torpedo. Jenis ikan yang satu ini juga bisa di pelihara di aquarium di rumah kalian.

selain memiliki bentuk yang cantik dan unik. Ikan goby juga memiliki karakteristi yang agak pendiam, jadi kamu nggak perlu khawatir jika mecampur si ikan dengan ikan lainnya dalam 1 aquarium.

 Ikan Mono

jenis ikan air payau
bluegrassaquatics.com

Ikan yang satu ini memiliki bentuk seperti layang-layang dengan bentuk fisik yang pipih serta memiliki sirip dan ekor yang berwarna kuning dabn tubuhnya berwarna putih mutiara.

ikan yang juga bisa di jumpai di air habitat air payau ini sangat cocok untuk di jadikan ikan hias di aquarium karena bentukya yang cantik.

Ikan Kiper

jenis ikan aquarium
fishesofaustralia.net.au

Ikan kiper cukup populer di kalnagan jenis ikan air payau. Ikan yang satu ini memiliki ciri fisik yang pipih degan totol hitan di seluruh tubuhnya kecuali bawah mulut sampai sirip.

ikan kiper juga bagus banget buat kita pelihara di aquarium. karena bentuk dan warnanya yang unik, di samping itu karakternya nggak begitu agresif.

Ikan Penyumpit

ikan pemanah
biolib.cz

Jenis ikan yang satu ini biasa di sebut juga "Ikan pemanah". Di sebut demikian karena memiliki kemampuan mencari mangsa di luar air dengan cara menyemburkan air dari mulutnya.

Ikan penyumpit juga perupakan jenis ikan yang suka menghuni perairan yang payau. Ikan penyumpit juga bisa kita jumpai di perairan hutan bakau.

Tempat seperti perairan bakau sangat di gemari olah ikan penyumpit bukan tanpa alasan.

Hal ini di karenakan banyaknya jenis serangga yang tinggal di pohon bakau yang bisa menjadi mangsa mereka.

yang uik dari ikan penyumpit adalah dia bisa menembakkan air dari mulutnya tidak hanya sekali, tapi bisa sampai 7 kali berturut-turut.

Jika masih tidak mengenai ikan pemanah bisa lompat dari air untuk menyergap magsanya.

dengan catatan jarak yang tidak begitu jauh.

Ikan Patin

jenis ikan air payau
metro-wholesale.com

Ikan patin juga ternyata jenis ikan yang bisa hidup di air payau. Ikan patin merupakan jenis ikan yang memiliki kumis seperti lele. Namun bentuk fisiknya sagat jauh berbeda.

Ikan patin juga di kenal karena memiliki daging yang tebal. Selain itu masa panen-nya juga tergolong cepat.

Ikan Sidat

ikan sidat
virtualmuseum.ca

Ikan Sidat merupakan jenis ikan yang bisa hidup di dua jenis perairan (air asin dan tawar). Selain di air asin dan tawar sidat bisa hidup diantara keduanya (Air payau).

jika di lihat sekilas ikan sidat mirip denga belut. Perbedaan sidat dan belut adalah pada kulit dan siripnya. Sidat memiliki sirip sedangkan belut tidak.

Kulit Sidat memiliki bentuk sisik halus menyerupai anyaman bambu. Sedangkan kulit pada belut di lapisi oleh lendir.

Belut dan Sidat merupakan jenis hewan hemaprodit (berkelamin ganda). Yang mana belut akan berganti dari betina menjadi jantan ketika belut mulai dewasa.

Kepiting

kepiting air payau
upload.wikimedia.org

Kepiting juga merupakan jenis hewan yang bisa di temukan hidup di air payau.

Permintaan akan kepiting di pasar lumayan tinggi sehingga para nelayan mulai berlomba berinovasi untuk membudidayakan kepiting.

Hal ini terjadi karena jika hanya mengandalkan hasil tangkapan nelayan sehari-hari kurang mencukupi kebutuhan pasar.

Selain itu kepiting juga menjadi menu makanan favorit di rumah makan maupun restoran yang biasanya juga di jual dengan harga yang lumayan mahal juga loh.

Oleh karena itu membudidayakan kepiting juga bisa menjadi alternatif income yang lumayan menjanjikan.

Udang

udang di air payau
infoagribisnis.com

Jika kamu pernah bermain ke sekitar pesisir pantai kalian pasti akan menemui banyak sekali tambak udang. Udang juga bisa di budidayakan di wilayah paerairan payau.

Budidaya udang sangat di gemari oleh sebagian besar masyarakat yang tinggal di pesisir karena tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.

Hal itu juga lah yang membuat nelayan selain melaut mencari ikan mereka juga membuat tambak udang. Diantara jenis udang yang biasanya di budidayakan adalah,

  • Udang Putih
  • Udang Rebon
  • Udang Windu

Ikan Belanak

Bagi sebagian orang nama ikan belanak mungkin terdengar masih agak asing. Ikan yang satu ini merupakan jenis ikan laut tropis dan sub tropis.

Bentuk fisiknya mirip ikan bandeng di dunia internasional ikan belanak di kenal dengan nama "blue spot mullet".  jenis ikan ini bisa di budidaya di ekosistem air payau juga.

Pembudidayaannya pada air payau kini sudah sangat banyak yang bisa kita temu di Pulau Jawa dan Kalimantan. 

Kesimpulan

Demikian pemaparan mengenai jenis ikan yang hidup di air payau baik yang bisa kamu konsumsi maupun yang hanya bisa kita jadikan segai ika hias di aquarium. Semoga bermafaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.