Jenis-Jenis Font

4 min read

jenis-jenis font

Jenis-jenis font – Di lansir dari Wikipedia mengenai Pengertian font. font merupakan sebuah bentuk huruf yang mempunya ukuran, gaya, dan berat tertentu .

Font bisa kita temui di dimanapun terutama pada prangkat digital yang biasa kita pakai sehari-hari seperti, laptop, handphone, dan lain sebagainya.

Klasifikasi huruf dibuat dengan landasan latar belakang histori perkembangan jenis font atau tipografi

Namun seiring perkembangan zaman, kini sudah banyak lahir jenis-jenis font baru. Tentunya dengan memodifiaksi font yang lama di modifikasi menjadi font baru dengan tampilan yang lebih fresh, dengan bantuan teknologi digital.

Jika kalian adalah seorang desainer grafis maka ada baiknya jika kamu  juga memiliki pengetahuan tentang jenis-jenis font supaya memudahkan kalian juga dalam membuat desain tentunya dengan taste pemilihan font yang baik pula.

Pengertian & Jenis-Jenis Font

jenis-jenis font

Font merupakan desain untuk serangkaian karakter. Font merupakan kombinasi dari jenis huruf seperti size, tebal tipis, kerning atau jarak.

Font juga merupakan sesuatu komponen atau unsur yang penting dalam dunia desain grafis, baik desain logo ataupun untuk melakukan penulisan.

Berikut ini merupakan jenis-jenis font yang mungkin kamu belum tau.

Serif (Berkaki)

jenis-jenis font
fatasama.com

Font serif merupakan jenis huruf yang memiliki “kaki” atau garis kecil yang berada pada bagian sudut hurufnya.

Garis-garis kecil ataukakinya biasa di sebut dengan counter stroke atau serif bracketed.

Counter stroke ini yang membuat jens font serif tampak lebih jelas dan mudah dibaca, karena garis tersebut sanggup menuntun mata si pembaca.

Buat kalian yang hobi menulis jenis font serif ini bisa menjadi rekomendasi buat kalian gunakan karena tingkat readability yang cukup baik.

Contoh jenis font Serif :

  • Times New Roman
  • Trajan Pro
  • Cambria
  • Century
  • Georgia
  • Perpetua
  • Rockwell
  • Dan lain sebagainya

San-Serif (Tanpa Kaki)

jenis-jenis font

Jika tadi serif memiliki “Kaki” di setiap sudut hurufnya. Berbeda dengan sanserif dia tidak memiliki kaki pada tiap ujung bentuk hurufnya dan bersifat solid.

Istilah kata “San” memiliki makna tanpa atau tidak, sedangkan “Serif” bermakna garis. Jadi font sanserif adalah jenis font yang memiliki garis atau “Kaki” di setiap sudut hurufnya.

Font yang satu ini juga bisa kita temukan hampir di seluruh peragkat yang kita gunakan terutama digital.

Contoh jenis font sanserif antara lain :

  • Arial (Reguler / Black / Rounded)
  • Comic Sans MS
  • Calibri
  • Franklin Ghotic Book
  • Helvetica
  • Lucida Sans
  • Verdana
  • Gill Sans MT
  • Segoe UI
  • Dan lain sebagainya

Script (Tulisan Tangan)

jenis-jenis font

Font script merupakan jenis font yang bentuknya  mirip dengan tulisan tangan biasa. Karakter font script adalah personal atau pribadi.

Penggunaan font script biasanya populer di gunaka pada penulisan undangan, maupun pertemuan informal.;

Contoh font script :

  • Viviladi
  • Lucida handwriting
  • Segoe script

Slabserif

jenis-jenis font

Slab Serif merupakan jenis font yang berasal dari Inggris dan dengan cepat menjadi sangat populer,

Dengan bentuk “Kaki” tiap sudutnya berbentuk balok yang tebal (Bold). Font slab serif memiliki karakter font yang terkesan dan berani.

Penggunaan font slab serif di dunia desain grafis sering di gunakan pada tampilan iklan, terutama pada pembuatan poster ataupun pamphlet.

Hand Drawn

jenis-jenis font

Jenis font hand drawn atau yang biasa di kenal dengansebutan tulisan tangan. Font ini masih masuk dalam keluarga font scrip.

Jenis font yang satu ini di buat benar – benar dengan goresan tangan lalu di scan dan setelah di scan di edit menggunakan aplikasi desain seperti photoshop.

Beberapa dari jenis font hand drawn ini di desain sangat mudah di baca namaun beberapa desain lainnya juga memiliki readibility atau tingkat keterbacaan  yang kurang baik.

Terkadang juga dalam pembuatan jenis font hand drawn ini di pengaruhi oleh mood dari desainer itu sendiri.

Comic

jenis-jenis font

Jenis font yang satu ini siapa sih yan enggak tau. Kalo kalian seneng baget baca komik kalian pasti bakalan nemuin jenis font yang satu ini.

Karakter font yang satu ini memiliki kesan sangat friendly banget buat di di gunakan maupun di lihat di balon percakapan pada komik.

Stensil

jenis-jenis font

Stensil sekarang seperti yang kita ketahui adalah salah satu metode yang bisa kita temui ketika seniman ketika membuat karya graffiti dan street art.

Dulu font stencil di gunakan untuk membuat tulisan di headline koran.

Blackletter

jenis-jenis font

Jenis font yang satu ini biasa di kenal sebagai font yang memiliki gaya Gothic atau bisa juga di sebut Old English.

Blackletter ditandai dengan adanya tekstur hitam dan “topi” dekorasi. Karakteristik dari font ini bergaya sedikit rumit dan dekoratif  tapi tingkat keterbacaannya masih cukup baik.

Typewriter

jenis-jenis font

Seperti namanya Typewriter yang berarti tulisan yang di hasilkan dari mesin ketik. Jenis font yang satu ini merupakan perwujudan dari tulisan bentuk yang di hasilkan oleh mesin tik.

Font ini biasanya cocok untuk di gunakan pada project yang mengunakan konsep desain vintage dan retro.

Dekoratif

jenis-jenis font

Huruf dekoratif adalah  jenis huruf yang dikembangkan dari bentuk huruf yang sudah ada.

Biasanya  bentuk hurufnya ini ditambah dengan ornamen atau garis-garis yang dibuat dengan bentuk dekoratif.

Bentuk huruf dekoratif biasanya bentuk desainnya agak rumit dan untuk tingkat keterbacaannya cukup lumayan sulit.

Karena readibiliti atau tingkat keterbacaannya yang sulit maka font dekoratif jarang di gunakan untuk penulisan teks yang panjang.

Huruf Dekoratif biasanya sering digunakan untuk desain grafis, namun penggunaannya juga tidak terlalu banyak.

Pixel

jenis-jenis font

Jenis font yang satu ini biasa juga di kenal dengan nama screen font. Ciri khas dari font pixel adalah terlihat tajam karena bentuknya berdasarkan pada bentuk kotak.

Jenis font pixel populer karena bentuknya yang pada ukuran kecil. Biasanya font pixel juga di tampilkan dalam warna kontras hitam putih.

Retro

jenis-jenis font

Pengertian dari font retro adalah jenis font yang lawas yang di poles lagi menjadi jenis font yang biasa di gunakan pada karya vintage.

Intinya termasuk jenis font dengan vintage style yang kental. Jadi kaya seolah menghidupkan style 70 an ke dalam era sekarang tapi dengan polesan zaman modern seperti sekarang.

Jenis huruf retro ditemukan dalam huruf serif, sans serif, dan skrip dan sering digunakan sebagai judul tebal pada poster, logo dan kemasan vintage dan klasik.

Grunge

jenis-jenis font

Jenis font grunge memiliki ciri yang sangat khas dengan style atau gaya yang kotor dan tidak teratur. Dulu desain yang menggunakan jenis font ini cukup populer di tahun 80 dan 90 an. Jenis font yang satu ini merepsentasikan emosi, pemberontakan

Seorang desianer grafis bernama David Carson adalah seorang desainer grafis ternama pembuat majalah Ray Gun yang mana dia di dapuk sebagai bapak dari font grunge.

Pada eranya dia memperkenalkan jenis font ini dengan bentuk yang baru dan original.

Dingbat

jenis-jenis font

Dingbat juga dikenal sebagai ornamen atau karakter yang dicetak. Jenis font Dingbat merupakan  jenis font yang memiliki bentuk dan simbol di ranah karakter alfabet dan numerik.

Jenis font yang satu ini bentuknya bukan huruf. Melainkan bentuknya seperti ornament.

Biasanya bentuknya lebih ke element tertentu seperti bentuk UI, button, illustrasi, dan bullet list. Dan lain sebagaianya.

Contoh jenis font dingbat :

  • Ikon social media
  • Ikon handphone
  • Ikon tab, dan lain sebagainya.

Jenis Font Yang Populer 

Di antara semua jenis jenis font di bawah ini merupakan jenis yang sangat populer akan penggunaannya, juga font ini biasanya sudah terinstal di komputer atau laptop kalian.

Jenisnya diantaranya,

  • Helvetica
  • Times
  • Gotham
  • Rockwell
  • Georgia
  • Franklin Gothic
  • Gill Sans
  • Myriad
  • News Gothic

Penutup

Demikianlah penjelasan diatas tentang jenis-jenis font. Untuk kalian yang sedang mencari-cari referensi tentang jenis-jenis font.

Semoga penjelasan di atas dapat membantu kalian yang lagi browsing tentang jenis font semoga bermanfaat.

Teknik Dusel

akmal daud
4 min read

Contoh Iklan Undangan

akmal daud
4 min read

Unsur Seni Rupa

akmal daud
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.