Jenis Jenis Sampah

4 min read

jenis jenis sampah

Seperti yang kita ketahui, di negeri kita khususnya permasalahan penanganan berbagai macam jenis jenis sampah yang tak kunjung usai. Padahal pemerintah sudah menggelontorkan dana hingga triliunan rupiah.

Permasalahn sampah di Indonesia bukan hanya di Ibu Kota Jakarta, seperti yang sering kita lihat di televisi namun juga sudah merambah ke daerah lainnya.

Hal itu di perparah dengan kesadaran masyarakat indonesia yang sangat kurang akan pentingnya pengelolaan sampah yang benar serta lingkungan yang bersih.

Kebanyakan masyarakat belum berfikir panjang mengenai ancaman besar dampak yang akan terjadi bila sampah yang sangat banyak itu tidak di tangani dan di olah dengan baik.

Mulai dari hal yang cukup remeh seperti bau yang kurang sedap hingga bisa menjadi hal yang besar seperti bencana alam. Seperti banjir misalnya, maka dari itu kesadaran akan pengolahan sampah yang benar harus mulai di tumbuhkan sejak dini.

Pengertian Sampah Secara Singkat

Seperti yang bisa kita ketahui sampah merupakan barang sisa-sisa yang sudah tidak berguna lagi yang di hasilkan dari aktivitas kita sebagai manusia.

Jenis Sampah Berdasarkan Sumber

tempat pembuangan sampah umum
pixabay.com

Berdasarkan sumbernya sampah bisa di klasifikasikan ke beberapa sumber diantaranya,

1.  Sampah Rumah Tangga

Jenis sampah yang berasal dari segala jenis kegiatan di rumah tangga biasanya berupa sisa pengolahan makanan, perlengkapan rumah bekas, kertas, kardus, gelas, kain, sampah dari kebun dan halaman, dan masih banyak lagi.

2.  Sampah Area Komersial

Jenis sampah yang berasal dari daerah perdagangan contohnya adalah toko kelontong, pasar konvensional, warung dan minimarket yang berupa packaging atau pembungkus produk yang di jual di pasar seperti, kertas, kardus, dan bahan organik lainnya yang berasal dari sampah makanan restoran.

3.  Sampah Alam

Sampah yang berasal dari alam seperti dedaunan kering, potongan ranting, dan lain sebagainya.

4.  Sampah Industri

Janis sampah yang satu ini merupakan sampah yang berasal dari seluruh rangkaian proses produksi, yang berupa bahan-bahan kimia, serpihan atau potongan-potongan bahan,lalu yang berasal dari pengemasan suatu produk yang berupa potongan kertas, kayu, kain.

Beberapa sampah industri biasanya berupa bahan-bahan kimia yang mengandung bahan beracun, yang memerlukan tindakan  khusus sebelum dibuang agar tidak mengakibatkan sesuatu yang berbahaya.

5.  Limbah Nuklir / Radio Aktif

Merupakan limbah yang di hasilkan dari proses kegiatan pemanfaatan nuklir, baik untuk di manfaatkan reaktor nuklir untuk pembangkit daya listrik ataupun yang di gunakan untuk keperluan industri.

Jenis Jenis Sampah Berdasarkan Sifat

contoh jenis jenis sampah anorganik diantaranya kaleng minuman
pixabay.com

1.   Sampah Organik (Dapat di Urai)

Sampah organik merupakan sampah yang bisa busuk dan di uraikan oleh organisme pengurai, yang mana sampah jenis ini bisa di manfaatkan juga sebagai pupuk kompos yang bisa berguna untuk membantu menyuburkan tanaman.

Contoh dari sampah organik antara lain,

  • Sampah daun kering,
  • Sayuran busuk, buah busuk,
  • Sisa-sisa makanan yang kita makan.

2.   Sampah Anorganik (Tidak Dapat di Urai)

Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang tidak bisa busuk dan tidak bisa di uraikan oleh organisme pengurai.

Jenis sampah inilah yang berbahaya, yang mana keberadaannya jika tidak di tangani dengan benar maka akan menimbulkan permasalahan lingkungan yang cukup serius ya guys.

Contoh sampah anorganik di antaranya,

  • Plastik pembungkus makanan
  • Botol plastik
  • Bekas Kaleng minuman

3.   Sampah B3

Sampah B3), setiap sampah atau limbah yang mengandung zat-zat kimia yang membahayakan, beracun misalnya seperti, bekas pengharum ruangan, pemutih baju, deterjen pakaian, pembersih kamar mandi, cairan pembesih kaca/jendela, cairan pembersih lantai, pengkilat kayu,  obat pembasmi serangga, lem, hair spray, dan batu baterai.

Karakteristik Sampah B3

  • Mudah meledak

Contohnya seperti botol cat semprot yang sudah habis dan di buang di tempat sampah, jika tidak sengaja terbakar maka bisa meledak.

  • Mudah terbakar

Limbah yang memiliki sifat mudah sekali terbakar jika ada sumber api sedikit saja. Contoh limbah B3 yang mudah terbakar seperti limbah yang di hasilkan oleh laboratorium kimia, atau segala limbah kmia yang berasal dari industri tinta dan cat.

  • Karsinogenik

Limbah karsinogenik adalah limbah yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit kanker. Contohnya seperti asap rokok.

Daftar zat penyebab kanker di dalam rokokselain nikotin, ada juga karbon monoksida, ammonia, arsenik, benzena, nitrosamin, yang kurang lebih ada sekitar 70 zat yang terkandung di dalam rokok. dan lain sebagainya

Tidak hanya menjadi pemicu penyakit kanker paru-paru maupun berbagai organ lainnya, selain itu juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung, dan gangguan kesehatan serius lainnya.

  • Beracun

Adalah jenis limbah yang mengandung zat yang membahayakan, yang efeknya bisa menyebabkan keracunan, rasa sakit, atau efek paling buruknya bisa menyebabkan kematian.

Apabila kita tidak sengaja terpapar zat ini melalui kulit, mulut, atau tidak sengaja terhirup, maka harus sesegera mungkin untuk di lakukan tindakan pencegahan.

Cara pencegahan pertama yang paling mudah adalah dengan memakai masker dan sarung tangan. Setelah selesai membuang sampah cuci tangan menggunakan sabun. Contoh limbah b3 ini adalah limbah pertanian seperti cairan pembasi gulma seperti pestisida.

  • Infeksi

Limbah yang di hasilkan dari laboratorium medis pada umumnya yang pada limbahnya terdapat kuman yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit menular.

Contoh limbahnya berupa peralatan medis bekas penanganan pasien seperti suntikan.

  • Korosif

Limbah ini  adalah limbah yang memiliki ciri dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi jika terkena, di samping itu juga dapat menyebabkan pengkaratan, jika pada besi atau baja.

Contoh limbah B3 yang bersifat korosif misalnya, sisa asam sulfat yang digunakan dalam industri baja, limbah asam dari baterai dan aki, serta limbah pembersih sodium hidroksida pada industri logam.

  • Iritasi

Limbah yang dapat menyebabkan iritasi adalah limbah yang menimbulkan sensitasi pada kulit, peradangan, maupun menyebabkan iritasi pernapasan, pusing, dan mengantuk bila terhirup. Contoh limbah ini adalah asam formiat yang dihasilkan dari industri karet.

Jenis Jenis Sampah Berdasarkan Bentuk

jenis jenis sampah berupa limbah cair
albertaliquidwaste.ca

Menurut bentuknya sampah dapat di klasifikasikan menjadi 2 bentuk,

1.   Sampah Cair

Sampah cair dibagi menjadi 2 kategori, yakni limbah hitam dan limbah rumah tangga. Limbah hitam dalah sampah yang dihasilkan dari toilet. Sampah yang satu ini mengandung bakteri yang sangat berbahaya untuk manusia.

Sedangkan limbah rumah tangga adalah sampah yang dihasilkan dari dapur, kamar mandi, dan tempat cucian. Berbeda dengan limbah hitam, keberadaan kandungan bakteri pada sampah ini tidak begitu berbahaya.

2.   Sampah Padat

Sampah padat adalah sampah selain kotoran manusia, urine, dan sampah cair. Sampah organik dan anorganik bisa dikelompokan ke dalam jenis sampah yang satu ini.

Cara Pengelolan Sampah

sampah kertas yang di hasilkan dari area perkantoran
pixabay.com

1.Pengumpulan Sampah

Setiap rumah tangga, instansi atau tempat lainnya harus menyediakan tempat yang di sepakati bersama untuk mengumpulkan sampah, Dari dari tempat pengumpulan di buang ke tempat pembuangan sementara, kemudian di teruskan ke tempat pembuangan akhir.

2. Memusnahkan Sampah

Pemusnahan sampah dapat dilakukan dalam beberapa cara seperti berikut :

  • Pemisahan jenis sampah organik dan anorganik.
  • Membakar sampah sampai jadi abu.
  • Menimbun sampah di dalam lubang.
  • Menjadikan pupuk kompos, biasanya di pedesaan masih sering di lakukan.
  • Untuk jenis sampah anorganik seperti botol bekas bisa di kumpulkan untuk bisa di tabung di bank sampah.

3. Menerapkan Prinsip 4R Untuk Mengelola Sampah Di Rumah

1.    Replace 

Mengganti barang yang sekiranya rawan rusak dengan barang yang lebih tahan lama.

Contoh : Membeli barang original, hehe.

2.    Reduce

Menggunakan barang kita seperlunya, karena semakin banyak barang yang kita pakai maka semakin banyak juga menimbulkan sampah.

Contoh : Menggunakan baju lama yang masih layak dari pada membeli baju yang baru.

3.    Reuse 

Memakai kembali barang barang yang sudah tidak dipakai tapi masih layak pakai.

Contoh : Ketika berbelanja sebaiknya membawa kantong plastik sendiri, selain lebih ramah kita juga sudah membantu upaya untuk mengurangi pengunaan plastik.

4.    Recycle 

Mendaur ulang sampah menjadi barang lain yang bisa lebih bermanfaat.

Contoh : Memanfaatkan sampah botol menjadi pot tanaman atau di buat menjadi kerajinan tangan.

4. Memanfaatkan Bank Sampah

seorang ibu ibu sedang antri untuk menjual sampahnya di bank sampah
radarjogja.jawapos.com

Bank sampah seperti namanya merupakan tempat yang di sediakan untuk menabung sampah yang mana konsepnya persis seperti ketika kita menabung di bank.

Sampah yang ditabung ditimbang dan dihargai dengan sejumlah uang nantinya akan dijual di pabrik yang sudah bekerja sama.

Bank sampah adalah strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar bisa mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah.

Bank sampah tidak dapat berdiri sendiri melainkan harus diintegrasikan dengan konsep gerakan 4R sehingga manfaat langsung yang dirasakan tidak hanya ekonomi, namun perwujudan nyata lingkungan yang lebih bersih,lebih hijau dan lebih sehat.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.