You are currently viewing Jenis Kucing Yang Bisa Di Temui Di Indonesia

Jenis Kucing Yang Bisa Di Temui Di Indonesia

Jenis kucing di indonesia – Bagi sebagian orang memelihara hobi memelihara kucing bisa menjadi hobi yang sangat menyenangkan.

Apalagi  buat kamu yang memiliki tingkat kesibukan kerja yang cukup tinggi, ternyata dengan memelihara kucing di tempat kerjamu bisa meringankan tingkat stres karena tekanan pekerjaan loh.

Di Indonesia banyak sekali orang yang memiliki hobi memelihara kucing mulai dari jenis kucing kampung maupun kucing ras.

Berikut ini merupakan jenis kucing yang bisa kamu temui banyak di pelihara di Indonesia. Diantaranya juga terancam hampir punah keberadaannya loh. Mari kita simak baik-baik.

Jenis Kucing Yang Bisa Di Temui Di Indonesia

Kuicing Domestik / Kampung

jenis kucing di indonesia
pixabay.com

Jenis yang satu ini atau yang biasa di sebut juga kucing kampung atau kucing domestik yang mana kucing ini sangat banyak bisa kamu dapati di manapun.

Buat kalian para kucingers yang pengen banget pelihara kucing dengan zero budget kucing kampung bisa menjadi kocheng alternatif untuk di adopsi.

Salah satu hal yang ngebuat kucing kampung kalah Pamor dengan jenis kucing yang lainnya adalah karena kurang di dandani aja tampilannya. Selain itu kucing kampung juga jadi kucing yang mainstream.

Padahal kucing kampung dari segi perawatan bisa lebih ekonomis dan enggak ribet kaya jenis kucing ras lainnya.

Kucing Anggora

jenis kucing anggora
pixabay.com

Jenis kucing yang satu ini berasal dari Ankara, Turki. Tapi kebanyakan orang tidak bisa membedakan antara kucing anggora dengan jenis persia. Padahal keduanya berbeda.

Kucing angora memiliki hidung yang mancung, bentuk wajahnya segitiga, memiliki tubuh yang langsing di bandingkan jenis persia.

Di banding kucing persia, kucing angora memiliki sifat lebih aktif. Tapi dari segi bulu kalah lebat sama jenis persian. Dan untuk harganya rata-rata masih tinggi untuk jenis angora. Jenis kucing angora sudah banyak juga tersebar di Indonesia.

Kucing Persia

kucing persia di indonesia
pixabay.com

Sesuai dengan namanya kucing ini berasal dari Persia, Iran. Kucing persia memiliki bentuk tubuh yang bulat dengan bulu lebat yang menutupi  tubuhnya.

Berbeda dengan anggora yang memiliki hidung yang mancung. Hidung kucing persia cenderung lebih pesek. Memiliki sifat malas yang khas. Kucing ini juga sudah sangat banyak tersebar di Indonesia yang di jual dengan harga yang beragam juga.

Jika kalian memiliki kucing jenis persia dan anggora harus di lebih perhatiin lagi cara merawat kucingnya ya supaya mereka tetep sehat.

Kucing Siam

kucing siam
pixabay.com

Kucing yang satu ini berasal dari negara Thailand. Kucing jenis ini juga banyak kita temui banyak juga di pelihara di Indonesia.

Ciri khas dari kucing yang satu ini adalah pada muka dan kaki depan belakang, dan ekor berwarna lebih gelap di banding warna bulu di tubuhnya, tapi warna gelapnya bukan hitam, tapi perpaduan coklat gelap dan abu-abu.

Kucing siam juga memiliki ekspresi wajah yang stay cool, cuek dan nyebelin, tapin di balik itu sebenerna dia cukup aktif dan senang bermain juga loh.

Maine coon

kucing maine coon
pixabay.com

Mendengar nama maine coon pertama kali pasti masih sangat asing  kan. Jenis kucing yang satu ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar di bandingkan jenis kucing pada umumnya loh.

Selain badannya yang gede dan bulu-bulunya juga lebat seperti persia dan lebih kerennya lagi maine coon nggak takut sama air. Bahkan bisa berenang. Padahal biasanya kucing sangat ogah jika harus berusan sama air.

Maine coon juga jenis kucing yang suka di ajak main dan di perhatiin karena biasanya kalo kamu ada di satu ruangan terus kamu fokus nonton tivi, si maine coon ini akan duduk di depan pandanganmu mengganggu acara nonton tv mu.

Dengan badannya dia yang segede itu pasti nggak bakalan bisa kamu abaikan gitu aja. Apalagi kalo kamu fokus di depan laptop tau tau dia dateng dan duduk di depan laptopmu. Wah jadi ambyar nanti kerjaan.

Maine coon belakangan ini berkembang dengan pesat di Indonesia. Mulai banyak yang memelihara mulai dari kalangan artis sampai orang biasa banyak yang sudah memelihara maine coon.

Kucing Merah Kalimantan

kucing merah kalimantan
upload.wikimedia.org

Jenis kucing yang satu ini bisa juga di temukan di hutan-hutan di Pulau Kalimantan. Kucing merah juga merupakan jenis kucing endemik atau hanya ada di kalimantan saja. Ciri kuicng merah Kalimantan adalah memiliki bulu yang berwarna orange ke merah-merahan.

Kucing merah kalimantan juga termasuk jenis hewan di lindungi yang yang juga sudah terancam akan punah keberadaannya.

Pulau Kalimantan di kenal dengan daerah hutannya yang masih belum banyak di jelajahi oleh banyak orang. Tentunya di dalamnya selain kucing liar masih banyak lagi hewan-hewan misterius lainnya yang hidaup di sana.

Kucing Himalaya

kucing himalaya
cats.lovetoknow.com

Jenis kucing yang bisa di temukan di Indonesia berikutnya adalah kucing himalaya. Kucing yang satu ini juga sudah banyak kita jumpai di pelihara banyak orang di Indonesia.

Kucing himalaya memiliki sifat seperti jenis persia, pendiam, manutan dan ramah. Eits, sayangnya perhatiannya itu cuma buat keluarga yang memeliharanya aja. Kalo sama orang asing yang belum di kenal dia cenderung lari.

Sifat kucing yang satu ini juga pemalas nggak kaya kucing jenis lainnya yang suka pencilakan lompat sana-sini. Kucing himalaya lebih suka tidur bermalas-malasan. Dan kamu pasti suka banget sama sifatnya ini.

Hal ini di lengkapi dengan bentu wajah bundar, hidung pesek dan badannya yang chubby yang membuat kalian merasa sangat gemas. Selain itu kucing himalaya juga ramah terhadap anak kecil.

Kucing Sphynx

kucing sphynx
pet4homes.co.uk

Kucing sphynx merupakan jenis kucing yang berasal  dari Kanada ya guys, bukan Mesir. Tapi akhir-akhir ini jenis kucing sphynx sudah menyebar ke berbagai penjuru dunia bahakan di Indonesia kita bisa juga menjumpainya karean seiring dengan tingginya peminat jenis kucing ini.

Di Indonesia rupanya dari kalangan artis ada juga loh yang memelihara kucing sphynx. Raditia Dika misalnya, atau yang biasa kita kenal sebagai seorang komedian ini rupanya suka juga memelihara kucing sphynx.

Kucing sphynx memiliki ciri khas unik yang nggak di miliki sama jenis kucing lainnya loh. Kucing ini memiliki tampilannya yang eksotis tanpa bulu.

Sebenarnya bukan nggak punya bulu loh kucing yang satu ini. Tapi karena saking pendeknya sampai-sampai nggak kelihatan, jadi di bilang nggak punya bulu deh.

Rusian Blue

jenis kucing rusian blue
zooplus.co.uk

Jenis kucing yang satu ini berasal dari Negara Rusia. Kucing yang satu ini memiliki warna bulu abu-abu gelap di seluruh bulu di tubuhnya. Kucing rusian blue juga sudah banyak beredar di Indonesia.

Kucing yang satu ini juga termasuk kucing yang cerdas, dan kalo udah akrab sama kamu di jamin nempel banget. Tapi untuk awal kenalannya agak susah, karena kucing rusian blue adalah jenis kucing yang pemalu jika ketemu dengan orang asing.

Macan Dahan Kalimantan

jenis jenis kucing
kaltim.tribunnews.com

Meskipun namanya macan dahan tapi dia ini kucing loh. Jenis hewan yang satu ini juga termasuk ke dalam daftar hewan langhka di Indonesia. Seperti namanya macan dahan kalimantan hanya bisa di temukan di hutan kalimantan.

Jenis kucing yang satu ini memiliki ukuran yang lebih besar di bandingkan dengan kucing merah yang juga sama berasasl dari kalimantan.

Warna bulunya berwarna abu-abu dengan kombinasi coklat dan motif totol pada bulunya. Macan dahan termasuk hewan yang nokturnal atau yang biasa aktif berburu mangsa di malam hari.

Macan dahan banyak menghabiskan masa hidupnya di atas ohon karena kemampuan memanjatnya yang sangat baik.

Kucing Hutan (Blacan / Kucing Bengal)

Jenis kuicing yang satu ini hanya bisa kita dapatkan di hutan saja, dan kucing hutan juga mengalami penurunan populasi. kebanyakan jenisnya hanya bisa di temui di daerah hutan seperti jawa, bali, sumatra, dan kalimantan saja.

Jenis kucing Blacan kucing ini memiliki ukuran tubuh yang  kecil dengan ciri khas motif pada bulunya yang terlihat seperti macan tutul. Jenis kucing yang satu ini sangat mahir dalam hal memanjat pohon. Selain itu dia juga jago berenang.

Kesimpulan

Dari daftar di atas adalah jenis-jenis kucing yang sudah banyak sekali bisa di temui di Indonesia. Buat kalian yang udah punya jenis kucing yang ras yang cakep-cakep itu di rawat baik-baik ya.

Di luar sana masih banyak yang kepengen punya kocheng ras ga kesampaian huhu, tapi nggak papa ya masih ada kocheng kampung yang nggak kalah cakep sama kocheng ras.

Salam kocengers.

 

Tinggalkan Balasan

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.