Jenis Tanaman Buah

7 min read

Banyak sekali manfaat dari menanam tanaman buah-buahan. Selain dari kandungan macam-macam vitamin yang kaya karena selain bisa di konsumsi pribadi, ketika musim panen, kita bisa menjual buahnya. Kali ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis tanaman yang buah yang sangat cocok buat di tanam di sekitar rumah ya guys.

Jenis Tanaman Buah Yang Cepat Berbuah

Jenis tanaman buah biasanya banyak sekali di temukan di sekitar lingkungan kita, Di kampung-kampung pada umumnya, rumah penduduknya memiliki halaman rumah yang cukup luas yang mana biasanya di depan atau belakang rumahnya di tanami jenis tanaman buah yang cepat berbuah.

Di bawah ini beberapa jenis tanaman buah yang bisa menjadi rekomendasi. Simak baik-baik.

Mangga

jenis tanaman buah
pixabay.com

Ciri khas dari pohon mangga diantaranya, Batang inti pohonnya yang cenderung besar dan kokoh. Tekstur dari batangnya yang juga kasar, ranting-rantingnya juga di tumbuhi banyak daun. Pohon mangga bisa mencapai tinggi, 10 meter lebih.

Buat kalian yang ngak punya space halaman rumah yang cukup luas pohon mangga bisa juga di tanam di pot, yang tentunya juga bisa berbuah seperti pohon mangga pada umumnya.

Perawatan dari buah mangga juga tidak ribet, hanya perlu memberikan pupuk dan rajin memangkasnya agar terlihat lebih terawat dan subur, tentunya supaya buahnya juga manis ya guys.

Buah yang satu ini adalah buah dengan kadar vitamin C dan serat yang tinggi yang pastinya juga membantu menjaga melancarkan pencernaan kita ya guys.

Nggak cuma itu aja, buah mangga juga bisa membantu mengurangi jerawat di wajah, dengan cara di jadikan masker wajah loh, jadi buat kamu yang mengalami masalah jerawat di wajah sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi.

Kabar baiknya lagi ternyata banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa ternyata kandungan andioksi yang terdpat pada buah mangga bisa menghambat tumbuhnya segala jenis kanker pada tubuh.

Olahan buah mangga yang paling populer adalah di buat

  • Minuman jus
  • Selai
  • Dll

Pepaya

jenis tanaman buah
pixabay.com

Buah pepaya dapat kita jumpai di mana-mana, seperti di pasar tradisional misalnya. Tanaman pepaya ini juga banyak di dapati khususnya di sekitar rumah orang indonesia.

Ciri khas dari pohon pepaya adalah bentuk daunnya yang berbentuk jari dengan bentuk yang sedikit lebar. Batang pohon dan tangkai daunnya juga berongga. Pohon pepaya bisa tumbuh dengan tinggi 3- 10 meter.

Sama seperti buah mangga pepaya juga memiliki kandungan serat dan vitamin C yang tinggi ya guys. Buat kalian yang jarang makan sayur pasti ketika buang air besar akan mengalami susah buang air besar.

Buah pepaya juga di kenal manfaatnya dalam melancarkan proses buang air besar (BAB) . Selain mengandung serat dan vitamin C nya, ada juga kandungan lain seperti vitamin A,B, dan E.

Olahan yang bisa di hasilkan dari buah pepaya juga sangat beragam mulai dari

  • Manisan,
  • Minuman jus
  • Selai
  • Di buat sayur untuk pepaya yang masih muda
  • Dll.

Pisang

jenis tanaman buah
pixabay.com

Buah yang akrab juga dengan sapaan banana ini juga termasuk buah yang cukup populer loh. Pisang juga merupakan tanaman yang sering di temui di daerah tropis seperti indonesia.

Ciri khas yang dimiliki oleh pohon pisang adalah batangnya yang berair, bentuk daun lonjong, dan berkembang biak dengan tunas. Dan satu-satunya tanaman yang memiliki “jantung”. Pohon pisang bisa tumbuh tinggi 2,5 – 3 meter.

Selain bisa membantu memperlancarkan pencernaan, pisang juga bisa membantu menurunkan berat badan, karena kalorinya yang cukup kecil,  kandungan serat dan vitaminnya yang tinggi.

Negara maju seperti Korea Selatan merupakan termasuk salah satu negara pengimpor pisang terbesar ya guys, yang tentunya di impor dari indonesia.

Olahan buah pisang yang populer antara lain,

  • Kripik pisang,
  • Sale pisang,
  • Minuman jus.
  • Dll.

 Sawo

jenis tanaman buah
pixabay.com

Sawo merupakan buah yang juga tumbuh daerah tropis. Dulu buah ini banyak tumbuh di negara Amerika bagian tengah, Meksiko, dan Karibia., kini sudah mulai tersebar ke luar.

Buah sawo terkenal akan aroma dan manisnya yang khas, kini buah sawo tidak hanya di tanam di indonesia, tapi sudah banyak juga di budidayakan juga di negara luar seperti India, Kamboja, Thailand.

Pohon sawo juga sering kita temukan di tanam di dalam pot, yang mana ketinggian maksimalnya bisa mencapai 2 meter.

Manfaat dari buah sawo antara lain, dapat mencegah anemia, Mengatasi wasir, dan bisa juga menjaga kecantikan kulit.

Olahan yang bisa di hasilkan dari buah sawo,

  • Minumas jus
  • Bolu panggang,
  • Cake sawo
  • Selai
  • Dll.

Jeruk

jenis tanaman buah
pixabay.com

Buah jeruk juga buah yang bisa ditanam di pekarangan rumah kita ya guys. Pohon jeruk bisa tumbuh mencapai tinggi 3-6 meter, tergantung juga dari jenisnya. Ciri lainnya adalah batangnya ada yang berduri.

Buah yang selalu tidak pernah kehabisan stok saat kita biasa berbelanja di pasar tradisional ini juga di kenal dengan buah yang kaya akan vitamin C.

Beberapa manfaatnya diantaranya, bisa mengobati sariawan dan membantu menjaga sistem imun pada tubuh kita.

Olahan populer dari buah jeruk di antaranya,

  • Minuman jus
  • Pelengkap salad buah
  • Kue pie jeruk
  • Dll.

Rambutan

jenis tanaman buah
indigenousbartender.com

Buah rambutan sangat mudah sekali kita temui di daerah pedesaan di indonesia. Biasanya di tanam di halam rumah atau juga di belakang rumah. Ciri khas dari jenis tanaman buah ini adalah adanya “rambut” yang menutupi seluruh permukaan buahnya.

Buah rambutan yang awalnya berasal dari Indonesia sekarang banyak juga di temukan di negara tetangga, seperti Filipina, Malaysia, dan Kamboja. Pohon rambutan bisa mencapai tinggi maksimal lebih dari 10 meter.

Kandungan antioksidan yang ada di dalam buah rambutan bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Produk hasil olahan dari buah rambutan diantaranya,

  • Manisan
  • Es rambutan
  • Puding rambutan
  • Rambutan goreng
  • Dll.

Jambu Biji

jenis tanaman buah
pixabay.com

Mulanya jambu biji berasal dari negara Brazil yang kemudian sampai ke Indonesia melalui Thailand. Jambu juga termasuk tanaman hidup di daerah tropis.

Jambu biji merupakan jenis tanaman buahyang biasanya juga di tanam di halaman depan rumah, yang sering juga kita temui di tanam di depan rumah di Indonesia. Pohon jambu biji bisa tumbuh dengan tinggi maksimal 2-10 meter.

Ciri khas jambu biji adalah daging buah yang berwarna putih dan merah. Biasanya warna daging buah yang putih lebih manis dari pada yang warna merah.

Diantara manfaat dari jambu biji adalah meningkatkan trombosit, menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain itu jambu biji bisa juga menjadi obat diare.

Jambu biji bisa juga di buat menjadi produk olahan seperti,

  • Kue nastar jambu biji,
  • Minuman jus jambu biji,
  • Campuran rujak,
  • Selai.

Alpukat

jenis tanaman buah
pixabay.com

Buah alpukat juga merupakan buah yang biasanya juga sering kita temui di tanam di sekitar rumah, ada juga yang di kebun. Karena pohonnya yang cukup besar alpukat juga membutuhkan space yang cukup luas.

Ciri khas dari alpukat adalah memiliki daging buah berwarna hijau muda, menggradasi semakin mendekati biji semakin menguning daging buahnya. Pohonnya yang juga tumbuh dengan ketinggian maksimal mencapai ketinggian 15 meter lebih.

Diantara manfaat buah alpukat adalah dapat membantu mengatur tekanan darah, Stroke dan masalah jantung, bisa juga membantu menghilangkan bau mulut.

Buah alpukat juga termasuk buah yang menjadi faforit untuk di buat minuman jus, bisa juga di buat campuran kue brownis alpukat dan lain sebagainya.

Buah Naga

jenis tanaman buah
pixabay.com

Buah yang satu ini terkenal karna ciri khas kulitnya yang seperti sisik. Jenis tanaman buah ini bisa juga di tanam di sekitar rumah kita. Buah naga sering sekali kita dapati jika kita berkunjung ke pasar swalayan.

Daging buah naga juga beragam, ada yang  merah, putih dan sangat merah. Pada dagingnya juga terdapat bintik hitam seperti taburan biji wijen. Tanaman buah naga juga termasuk dalam keluarga tanaman kaktus.Buah naga bisa tumbuh dan mencapai ketinggian 3 meter lebih.

Manfaat buah naga antara lain, dapat mencegah osteoporosis karena kandungan kalsium organiknya. Rasa manis dari buah naga yang aman untuk di konsumsi oleh penderita diabetes.

Buah naga bisa di olah menjadi beberapa produk diantaranya,

  • Minuman jus,
  • Pelengkap salad buah
  • Selai
  • Dan lain lain.

Jambu Air 

jenis tanaman buah
kampustani.com

Selain jamu biji, tanaman yang bisa kita tanam di pekarangan rumah ada jambu air. Diantara ciri khasnya adalah batang pohonya yang berwarna coklat ke merah-merahan. Daunnya berbentuk agak lonjong mengerucut ke ujung. Pohon jambu air bisa tumbuh 6-7 m tingginya.

Bentuk buahnya yang mirip lonceng, namun warnanya juga bervariasi,hijau,merah, hijau tua, rasanya juga ada yang manis, ada pula yang masam segar.

Diantara manfaat dari jambu biji adalah dapat membantu mengontrol diabetes dengan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Jambu air juga bisa di olah menjadi produk makanan lainnya seperti,

  • Manisan jambu air
  • Kripik
  • Dodol
  • Dan lain sebagainya.

Talok/ Kersem

jenis tanaman buah
hot.liputan6.com

Mungkin bagi sebagian orang masih sangat asing dengan buah yang satu ini. Jenis tanaman buah yang biasanya di sebut kersem, atau di beberapa daerah lain di Indonesia biasa juga di sebut talok, keres dan lain sebagainya.

Buah ini tergolong pohon liar yang pertumbuhannya juga cukup cepat. Buahnya yang berwarna merah ketika masak dan berwarna manis. Ciri lainnya adalah daunnya yang sedikit lengket.

Pohon keres biasanya juga tumbuh secara liar di halaman rumah, halaman sekolahan dan banyak juga tumbuh secara liar di kebun dan di tempat lainnya. Pohon kersen bisa tumbuh sampai 5-6 m.

Ketika pohon kersem tumbuh tinggi pohon ini juga bisa jadi tempat berteduh karena karakteristik dari pohon kersem yang memiliki daun yang cukup rimbun.

Meskipun termasuk kategori tanaman liar kersem juga memiliki beberapa manfaat diantaranya, jika di konsumsi secara rutikn bisa meringankan nyeri akibat asam urat. Beberapa produk selai juga bisa di hasilkan dari buah kersem.

Stroberi

jenis tanaman buah
pixabay.com

Stroberi merupakan tanaman yang memiliki ukuran  yang tidak begitu besar yang sangat cocok sekali untuk di tanam di sekitar rumah, yang juga bisa di kategorikan sebagai jenis jenis tanaman hias. Supaya pertumbuhan stroberi lebih optimal paling tidak dalam 1 hari harus terkena matahari 6-8 jam.

Ciri khas dari buah stroberi adalah batangnya yang berukuran cukup pendek seperti jenis tanaman perdu. Buahnya berwarna merah terang dan memiliki bintik-bintik di permukaan kulitnya.

Kandungan vitamin C pada buah stroberi juga sangat baik untuk tubuh, terutama dalam meningkatkan kekebalan tubuh, serta mengurangi resiko terserang penyakit jantung.

Produk yang bisa di hasilkan dari stroberi antara lain,

  • Selai stroberi
  • Sirup stroberi
  • Ice cream
  • Yogurt
  • Campuran salad buah
  • Dan lain sebagainya.

Tomat

jenis tanaman buah
pixabay.com

Tanaman sayuran buah yang paling banyak ditanam di ladang sekitar rumah,  Untuk bisa tumbuh tanaman tomat membutuhkan kayu penyangga supaya pohonnyaa bisa tumbuh tegak dan tidak mudah patah jika di terpa angin dan hujan.

Ciri khas yang di miliki buah tomat ialah dia memiliki daging buah yang tebal dan memiliki kulit yang tipis. Bentuknya juga beragam ada yang bulat ada juga yang lonjong. Untuk menanm tomat bisa juga hanya menggunakan pot buat kalian yang tidak memiliki pekarangan rumah yang cukup luas.

Kandungan vitamin C yang ada pada tomat juga sangat baik untuk mengatasi sariawan, dan juga membantu memelihara kesehatan jantung.

Produk hasil olahan dari tomat antara lain,

Saos tomat

  • Selai tomat
  • Jelly
  • Yogurt
  • Sambal
  • Dan lain sebagainya.

Anggur

jenis tanaman buah
pixabay.com

Buah anggur adalah buah yang tumbuhnya merambat, yang biasanya kita bisa lihat ketika daunnya mulai lebat dan menutupi tambatan yang di buat bisa juga di gunakan menjadi tempat berteduh.

Ciri khas buah anggur yang paling gampang di ketahui adalah tumbuhnya yang bergerombol dalam satu tangkai dengan ukuran sebesar telur puyuh, dengan beberapa variasi warna mulai hijau, merah, dan hitam.  Anggur juga bisa di jadikan sebagai jenis tanaman hias juga dengan cara di jadikan bonsai

Kandungan nutrisi dan antioksidan alami pada tanaman anggur juga dapat mengoptimalkan tubuh dari serangan virus dan penyakit.

Selain buahnya daun anggur juga memiliki manfaat sebagai obat diare, dengan cara meminum air rebusan daun anggur.

Produk olahan dari buah anggur antara lain,

  • Selai Anggur
  • Jeli
  • Sirup anggur
  • Minuman jus
  • Kismis anggur
  • Dan lain sebagainya.

Nanas

jenis tanaman buah
unsplash.com

Buah nanas memiliki ciri yang sangat khas, dengan tampilan kulit yang mirip sisik dan di bagian atas buahnya yang mirip seperti mahkota yang terbuat dari daun.

Ciri khas yang lainnya dari jenis tanaman buah ini adalah ketika kita memakan nanas ada sensasi aneh di lidah yang tidak bisa di jelaskan ya guys, ada rasa manis, asam dan segar.

Nanas juga  merupakan tanaman buah yang bisa ditanam dalam pot. Pohonnya hanya memiliki tinggi maksimal tidak lebih dari 3-6 meter.

Diantara manfaat dari buah nanas adalah bisa menurunkan kadar lemak, bisa juga untuk melunakkan daging dengan cara merendam air sari nanas.

Hasil olahan dari buah nanas antara lain,

  • Puding
  • Minuman rasa nanas
  • Selai Nanas
  • Nanas goreng
  • Kue nastar nanas

Nangka

jenis tanaman buah
pixabay.com

Buah nagka ini merupakan salah satu tumbuhan yang beasal dari India namun dapat tumbuh di daerah beriklim tropis termasuk di Indonesia. Pohon nangka bisa mencapai tinggi maksimal lebih dari 10 meter.

Ciri yang sangat khas pada buah nangka adalah bentuknya yang longong dan besar, dengan aksen duri di seluruh permukaan kulitnya yang tidak begitu berbahaya seperti yang terdapat pada buah durian.

Selain menjadi pertikel tambahan ketika membuat kue atau ice cream, di kampung biasanya nangka muda atau yang bisa juga di sebut gori bisa juga di buat sayur.

Beberapa manfaat dari buah nangka antara lain, mencegah anemia,meredakan gejala asma.

Beberapa produk hasil olahan dari buah nangka antara lain,

  • Kripik nangka
  • Nangka goreng
  • Campuran pada ice cream
  • Manisan
  • Dan lain lain

Sekian rekomendasi jenis tanaman buah yang bisa di sajikan semoga menjadi inspirasi untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.