Jenis Tanaman Hias

6 min read

jenis tanaman hias

Berbicara tentang Jenis tanaman hias biasanya apa yang sekilas kamu fikirkan?. Pasti bentuk dari tanaman hias yang lucu- lucu, dan tentunya sangat instagramable banget buat di foto.

Bagi kalian yang menyukai  tanaman hias untuk di letakkan di dalam rumah, kalian bisa coba salah satu tanaman hias yang saat ini sedang disukai oleh banyak orang, seperti kaktus misalnya. Tanaman hias juga bisa memberikan suasana yang asri, nyaman, dan tenang dalam rumah

Disini kami akan memaparkan beberapa macam tanaman hias yang bagus, yang biasanya terlihat bagus menemani kalian di kantor, maupun untuk hiasan di rumah  kalian ya guys. Mari kita simak selengkapnya.

Jenis Tanaman Hias Yang Bagus Buat Hiasan Di Rumah

Kaktus

jenis tanaman hias
pixabay.com

Tanaman khas gurun ini memiliki duri di seluruh bagiannya ya guys. Ini juga yang menjadikan ciri kahs dari tanaman kaktus ini ya guys.

Bentuk, warna, dan ukuran yang unik ini membuatnya sering dijadikan tanaman hias. Bukan hanya di luar ruangan. Di dalam ruangan pun ia terlihat manis.

Tanaman ini juga sangat variatif. Baik dalam segi warna, bentuk,  maupun size. Size kaktus tidak selalu besar. Banyak juga kaktus dengan size yang mini-mini.

3 Jenis kaktus Yang Bagus Buat Hiasan Rumah

Terutama buat kamu yang suka banget sama kaktus di bawah ini ada rekomendasi beberapa jenis kaktus yang bakalan bisa menyulap meja kamu yang gresang menjadi terlihat lebih hijau dan enak di pandang oleh mata

  • Mammillaria Elongata 
jenis tanaman hias
pixabay.com

Kaktus jenis Mammillaria Elongata ini aslinya berasal dari mexico. Pada umumnya kaktus ini tumbuh berklompok.

Ciri khasnya adalah seluruh bagian permukaannya tertutup oleh duri-duri halus berwarna kuning.

Untuk perawatannya juga hanya perlu menyiraminya cukup satu minggu sekali, dan jangan lupa memberikan sinar matahari yang cukup.

  • Kaktus  Golden Barrel  
jenis tanaman hias
pixabay.com

Kaktus jenis ini biasa kita jumpai dengan tampilan yang agak sedikit ekstrim ya guys, dengan duri-durinya yang tajam dan cukup kokoh yang terkadang membuat kita kerepotan ketika akan membawanya pulang setelah membelinya dari toko bunga.

Justru dari tampilannya yang sedikit ekstrim itu pula yang membuat orang menjadi suka karena keunikan kaktus jenis golden barrel ini.

Untuk perawatannya cukup mudah hanya dengan menyiram air satu minggu sekali, jadi tidak akan menyita waktu berhargamu ya guys.

  • Haworthia Attenuata (Tanaman Zebra)
jenis tanaman hias
pixabay.com

Aworthia Attenuata, atau yang biasa akrab di sapa dengan sapaan tanaman zebra yang satu ini cukup unik juga. Selain seluruh bagiannya yang bercorak bintik-bintik putih dan ukurannya yang mungil juga membuat orang yang melihatnya ingin memilikinya.

Tampilannya yang terkesan elegan juga sangat bagus jika tanaman zebra ini di letakan di sebelah meja kerja kamu supaya dapat membantu mengurangi rasa stress setelah karena lelah seharian beraktivitas.

Cara perawatannya juga masih sama dengan yang sebelumnya. Hanya perlu menyiram air satu minggu sekali.

Tanduk Rusa

jenis tanaman hias

Mendengar nama tanduk rusa pasti yang terbayang seekor rusa dengan tanduknya. Bukan itu ya guys. yang di maksud di sini adalah tanaman paku tanduk rusa.

Dalam keseharian biasanya penggunaan tumbuhan paku oleh masyarakat di gunakan sebagai tumbuhan hiasan. Sebagian masyarakat ada juga yang memakannya, atau juga bisa di jadikan bahan obat-obatan.

Di sebut juga Tanduk Rusa, karena ciri khas tumbuhan ini yang bentuknya sekilas mirip sekali dengan tanduk rusa.

Tumbuhan paku merupakan jenis tumbuhan epifit, jadi dia akan tumbuh di atas  batang sebuah pohon, eits tapi tidak menjadi parasit ya guys buat tumbuhan yang di tumpanginya.

3 Jenis Tanaman Paku Yang Bagus Buat Hiasan

  •  Paku Pedang

jenis tanaman hias

Tumbuhan dengan nama latin Nephrolepis, sangat banyak di temukan di Indonesia, karena negara Indonesia sendiri memiliki banyak hutan dan tanah yang subur, sehingga tanaman jenis paku ini sangat banyak di jumpai di Indonesia. terutama di sekeliling rumah, kebun, maupun di area sungai.

Adapun ciri khusus dari tumbuhan paku pedang adalah diantaranya, batangnya menjalar di atas permukaan, tepi daun yang sedikit bergerigi, serta adanya daun muda yang masih “melungker”, serta tipe daun menyirip, yang menjadikannya sangat khas.

  • Paku Kawat 
jenis tanaman hias
materiipa.com

Tumbuhan dengan nama latin Lycopodiphyta ini biasa hidup dengan menempel pada batang pohon, atau biasa di sebut epivit.

Daun  yang berbentuk seperti jarum dan tidak mengandung klorofil, tersusun rapat menurut garis spiral sehingga tidak dapat berfotosintesis.

Jenis tumbuhan paku ini daunnya kecil-kecil, tidak bertangkai, dan bertulang satu. Tumbuhan paku kawat memperoleh makannannya dari jamur yang bersimbiosis dengannya.

  •  Paku Ekor Kuda
jenis tanaman hias
farm4.staticflickr.com

Tumbuhan yang memiliki nama latin (Spenopsida) atau juga dinamakan dengan paku ekor kuda karena  mempunyai cabang yang mirip dengan ekor kuda.

Paku ekor kuda menyukai tanah yang basah, baik berpasir maupun berlempung, beberapa bahkan tumbuh di air batangnya  yang memiliki rongga yang membantunya dalam beradaptasi pada lingkungan yang basah.

 Palem Hias

jenis tanaman hias

Tanaman Palem  memiliki batang pendek, sepintas mirip dengan pohon kelapa dengan size yang lebi kecil, sehingga cocok ditanam sebagai tanaman hias pot untuk di letakkan di dalam rumah ataupun di tanam di sekitar pekarangan rumah.

3 Jenis Tanaman Palem Yang Bagus Buat Hiasan

  • Palem Phoenix
jenis tanaman hias
amazon.com

Selanjutnya ada tanaman hias palem Phoenix yang sangat cocok kalian letakkan di sudut rumah. Ada 2 macam jenis pohon palem hias Phoenix yaitu Phoenix roebelenni dan Phoenix canariensia. Pohon palem hias Phoenix berasal dari daratan Tiongkok. Tampilan dari pohon palem hias Phoenix berwarna hijau gelap dan anak daunnya yang berukuran kecil.

  • Palem Sadeng
JENIS TANAMAN HIAS
bukalapak.com

Nama latin dari palem Sadeng adalah Livistona rotundifolia. Pohon palem hias Sadeng sangat cocok untuk diletakkan di sudut ruangan.

Jenis pohon palem hias selanjutnya adalah palem Sadeng. Bentuk daun dari pohon palem hias Sadeng bundar seperti kipas dan membulat dengan bagian ujung yang bercelah-celah.

Selain itu, palem Sadeng mempunyai umur yang bertahan lama karena pertumbuhannya yang agak lambat.

  • Palem Chamaedorea
jenis tanaman hias
dictio.id

Bentuk dari pohon palem hias Chamaedorea ini terlihat sederhana namun tetap terlihat unik. Palem dengan ukuran yang kecil ini sangat pas untuk rumah kalian yang minimalis.

Beberapa jenis palem Chamaedorea yang populer sebagai tanaman indoor. Palem Chamaedorea memiliki pertumbuhan yang relatif lambat, sifatnnya yang awet dan senang teduh.

Jenis Tanaman Hias – Kamboja (Adenium)

jenis tanaman hias
pixabay.com

 

Sekilas jika kita mendengar tentang nama tanaman Kamboja apa yang terbayangkan pertamakali?, Pohon yang biasa tumbuh di area pemakaman, atau mungkin Pulau Bali?, atau negara tetangga kita?.

Nggak ada hubungannya ya guys, antara Tanaman kamboja sama cerita hantu hantu. Kalau pulau bali ya masih bisa lah.

Tanaman Kamboja atau biasa di panggil adenium, karena salah satu tempat asalnya adalah aden. Aden merupakan salah satu kota yang berada di Negara Yaman.

Ciri khas dari tanaman ini yang paling sering kita jumpai  adalah bunganya yang khas berbentuk trompet, dengan kelopaknya yang berjumlah 5, dengan warna gradasi pink, kuning, ataupun Putih.

3 Jenis Kamboja Yang Bagus Buat Hiasan

  • Adenium White Knight
jenis tanaman hias
hiveminer.com

Ciri khas dari Adenium White Knight adalah bunganya yang berwarna putih, Bentuk daunnya berwarna hijau tua. Pertumbuhannya bunga kamboja jenis ini sangat cepat.

  •  Adenium Multiflorum
jenis tanaman hias
pixabay.com

Jenis ini umumnya bisa ditemukan di Afrika bagian selatan , seperti Mozambik dan Afrika Selatan bagian Timur. Tumbuh tinggi dan bercabang dengan daun yang lebar ya guys.

Mempunyai batang dan akar yang membesar tapi, bonggolnya tidak membesar. Mempunyai masa dorman yang cukup panjang, saat masa itulah jenis ini akan berbunga dengan tanpa daun.

  •  Adenium Windmill
pixabay.com

Bunga kamboja ini mempunyai jenis daun yang panjang, runcing dan berwarna hijau agak sedikit tua, berbulu. Ini juga yang paling sering kita temui di pemakaman umum.

Jenis ini  berbunga dengan cepat, dengan kelopak berwarna merah muda dan ada semburar putih ditengah petalnya. Pertumbuhannya sedang.

Jenis Tanaman Hias – Bonsai

jenis tanaman hias
pixabay.com

Bonsai, atau dalam kebudayaan tradisional jepang adalah seni merawat tanaman, atau menanam pohon yang di buat menjadi lebih kecil dari ukuran asli dari pohonnya.

3 Jenis Tanaman Bonsai Yang Bagus Buat Hiasan

  • Bonsai Sakura
jenis tanaman hias
flickr.com

Bunga yang disebut sakura ini amat terkenal di negara Jepang. Warna bunganya yang cantik akan membuat lingkungan rumahmu nampak indah.

Sebagai informasi, di Jepang, olahan makanan dari daun dan bunga Sakura akan mudah kamu jumpai.

Ternyata kelopak bunga sakura  ini juga dapat kamu minum layaknya teh. 

Celupkan beberapa lembar daun Sakura ke air hangat yang sudah di siapkan, tunggu beberapa menit, dan kemudian kamu bisa minum minuman teh dari bunga sakura, hmm, yummy.

  •   Bonsai Baobab
jenis tanaman hias
npr.org

Siapa yang tidak tahu pohon bonsai baobab yang berasal Afrika ini? Pohon Baobab terkenal karena bentuknya yang unik, seperti bentuk pohon yang terbalik jika di amati sekilas.

Tanaman yang biasa di kenal dengan nama Adansonia ini memiliki bentuk yang bagus jika di buat menjadi ukuran kecil atau di buat menjadi tanaman bonsai.

Bonsai Baobab memiliki ciri khas batang yang besar, namun daun-daun yang kecil dan terletak di bagian ujung tangkai pohon. Tampilan yang sangat unik dan menarik, bukan?

  • Bonsai Anggur
jenis tanaman hias
tokopedia.com

Ternyata, tanaman merambat yang sudah kita kenal sehari-hari ini cukup cantik jika dijadikan tanaman Bonsai, lalu bagaimana jadinya nih, jika pohon anggur dijadikan tanaman bonsai?, wah pasti bakalan keren banget ya guys.

Walaupun dibuat menjadi ukuran kecil tanaman bonsai anggur tetap dapat berbuah sebagai mana pohon anggur pada umumnya ya guys.

Justru karena buahnya, pohon bonsai anggur akan membuat lingkungan rumahmu tampak asri, dan bahkan kamu bisa menikmati segarnya buah anggur yang dipetik dari taman rumah sendiri.

Kebayang nggak, memanen anggur kini tidak perlu naik ke tempat rambatan anggur yang biasanya di buat lumayan tinggi.

Jenis Tanaman Hias – Philodendron

jenis tanaman hias
unsplash.com

Philodendron termasuk tanaman yang memiliki daun yang yang cukup unik dengan ciri belahan pada sisi kanan-kirinya yang terlihat sangat estetis sehingga cocok diletakkan di dalam ruangan seperti di atas meja atau samping jendela.

Philodendron juga merupakan tanaman yang cukup instagramable”.

Biasanya philodendron di letakan di tempat yang teduh dan sedikit lembab. Jika tidak, tanaman ini akan  cenderung mudah layu. Jenis philodendron yang banyak diminati adalah yang berdaun kuning dan hijau ya guys.

Jenis Philodendron Yang Menjadi Favorit

  • Philodendron Selloum
  • Philodendron Moonlight
  • Philodendron Monstera Deliciosa

Itulah beberapa referensi jenis tanaman hias yang dapat dijadikan pilihan untuk hiasan kantor, halaman, maupun di beranda rumah. Kecantikan dan keunikam yang dimiliki tidaklah kalah dengan tanaman hias yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.