Jenis Tanaman Hidroponik

5 min read

cara menanam dengan metode hidroponik

Pengertian Hidroponik

Jenis tanaman hidroponik
pixabay.com

Jenis Tanaman Hidroponik – Hidroponik merupakan cara budidaya tanaman dengan memanfaatkan air dengan efisien atau tanpa menggunakan media tanah. Dengan memfokuskan pada pemenuhan nutrisi bagi tanaman.

Penanaman menggunakan metode hidroponik memerlukan air yang jauh lebih sedikit di bandingkan dengan kebutuhan air pada metode penanaman yang konvensional atau menggunakan tanah sebagai media.

Cara budidaya hidroponik ini sangat cocok untuk di daerah yang memiliki kadar air yang terbatas, atau mungkin metode ini bisa juga di praktekkan buat kamu yang tinggal di apartemen yang ingin mencoba menanam tapi tidak mengotori ruangan kamu.

6 Jenis Teknik Penanaman Hidroponik

  • Ebb & Flow System
  • NFT (Nutrient Film Technique) System
  • Aeroponic System
  • Drip System
  • Water Culture System
  • Wick System

Mengapa Hidroponik?

  • Faktor pertumbuhan lebih terkontrol
  • Media tanam yang steril dan tahan hama
  • Pemberian Nutrisi lebih optimal
  • Ruang tumbuh yang baik

Jenis Tanaman Hidroponik

Di bawah ini merupakan jenis-jenis tanaman yang bisa di budidayakan dengan metode hidroponik.

Buah Tomat

jenis tanaman buah hidroponik
pixabay.com

Siapa yang tidak mengetahui jenis tanaman buah yang juga merupakan jenis tanaman sayur ini akan sangat baik jika kita menanamnya dengan cara hidroponik.

Hal yang harus di perhatikan adalah pemilihan bibit tomat kalo bisa pilih bibit yang unggul supaya ketika panen nanti lebih menguntungkan.

Sawi Ijo

tanaman sawi hijau hidroponik
amazon.com

Sawi merupakan jenis tanaman yang biasanya kita gunakan sebagai pelengkap ketika kita memasak mie instan. Sawi juga termasuk jenis tanaman yang yang laku keras saat di jual.

Sawi akan tumbuh dengan sangat baik jika kita menerapkan metode penanaman hidroponik. Cara ini juga akan sangat memudahkan kita ketika kita akan memetik sawi.

Selain itu buat petani yang tidak memiliki lahan metode hidroponik sangat bagus untuk di terapkan.

Brokoli

tanaman brokoli hidroponik
pixabay.com

Jenis tanaman yang bisa di tanam dengan metode hidroponik adalah brokoli. Jenis sayuran yang sering juga kita gunakan untuk membuat masakan sayur seperti sop ini biasanya hanya bisa tumbuh dengan baik di daerah dataran tinggi,

Namun dengan adanya metode penanaman hidroponik kita bisa menanam brokoli di daerah dataran rendah sekalipun.

Selain itu dengan metode hidroponik kita bisa meningkatkan hasil panen brokoli menjadi lebih banyak daripada ketika menanamnnya menggunakan media tanah.

Sledri

jenis tumbuhan sayur seledri
pixabay.com

Daun seledri adalah jenis tanaman sayuran yang sering ada di setiap rumah. Jenis tanaman hidroponik ini mempunyai bau yang khas dan mempunyai manfaat yang sangat banyak.

Daun sledri yang biasanya juga sangat mudah kita temui di rumah-rumah sebagai pelengkap masakan dengan bau khas yang di milikinya. Jenis tanaman sayur yang satu ini bisa juga di tanam dengan metode hidroponik.

Bayam

sayuran bayam hidroponik
pixabay.com

Tanaman jenis bayam biasanya juga tumbuh di sekitar pekarangan rumah kita maupun di ladang terkadang kita agak kerepotan harus kesana-kemari untuk memetik tanaman bayam.

Bayam bisa juga di tanam dengan metode hidroponik. Untuk ibu rumah tangga ini akan sangat membantu mempermudah memetik daun bayam. Selain itu lingkungan tetap bersih karena tidak memerlukan tanah sebagai media tanamanya.

Anggur

jenis tanaman buah anggur
pixabay.com

Buah anggur yang kita tahu biasanya di tanam menggunakan media tambahan seperti kayu, kawat yang mana fungsinya adalah sebagai media untuk membantu tanaman anggur untuk merambat.

Anggur akan panen dalam kurun waktu 2-3 bulansejak terjadi pembungaan. Anggur yang sudah siap untuk di panen ketika warnanya yang sudah mulai merata dan butirannya mulai lepas.

Biasanya juga anggur tumbuh dengan optimal jika dia tumbuh pada habitat aslinya di dataran tinggi. Namun bisa juga di tanam dengan metode hidroponik dengan memperhatikan beberapa kondisi seperti,

  • Tempatnya disinari matahari sepanjang hari
  • Memiliki kelembapan udara dengan suhu kurang lebih 25-30 derajat selsius
  • Daerah yang kering 40-60 persen

Semangka

menanam buah semangka
pixabay.com

Buah yang terkenal akan kandungan airnya yang sangat banyak ini juga bisa di tanman dengan metode hidroponik. Sama seperti melon semangka juga memerlukan sedikit lahan yang luas.

Menanam semangka dengan metode hidroponik juga membutuhkan perhatian yang cukup ekstra dan ketelitian yang lebih.

Blueberry

buah blueberry yang sudah masak
pixabay.com

Jenis tanaman blueberry nggak bisa tumbuh di tanah yang terlalu subur.Untuk mengakalinya kita bisa menanamnya dengan metode tanam hidroponik. Media tanamnya juga sebaiknya berupa serbuk sabut kelapa.

Terong

jenis tanaman sayur
pixabay.com

Terong juga merupakan jenis tanaman sayur yang pada umumnya di tanam di lahan yang luas seperti ladang supaya bisa meningkatkan jumlah hasil panen.

Namun terkadang kita sering kali hanya memiliki lahan yang sangat terbatas. Maka dari itu kita bisa juga menerapkan metode hidroponik untuk menanam terong.

Selain potensi hasil panennya menjadi lebih baik metode hidroponik juga dapat meminimalisir tingkat pertumbuhan maupun keberadaan daripada hewan maupun tumbuhan penganggu.

Strawberry

jenis tanaman stroberi yang sudah masak
pixabay.com

Strawberry merupakan jenis tanaman buah yang juga kita bisa di kategorikan juga sebagai jenis tanaman hias.

Pada umumnya strawberry tumbuh di dataran tinggi namun menerapkan metode hidroponik bisa juga di terapkan jika kita ingin menanam strawberry di berbagai daerah.

Kini sudah banyak petani stroberi yang beralih menggunakan metode hidroponik karena di pandang lebih praktis dan enggak ribet perawatannya.

Pare

jenis tanaman hidroponik
pixabay.com

Jenis tanaman sayur yang kita kenal memiliki rasa yang pahit. Namun di balik rasanya yang pahit ternyata mengandung berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh kita seperti,  zat besi, vit A, vit C, fosfor dan lain sebagainya.

Pare juga merupakan jenis tanaman sayur yang tumbuh dengan merambat.Pare juga merupakan jenis tanaman yang bisa di tanam dengan metode hidroponik.

Pakcoy (Sawi Sendok)

jenis tanaman sayur pak coy atau sawi sendok
thefreshsupplycompany.com

Tanaman sayur yang satu ini memiliki ciri fisik yang mirip seperti sawi hijau namun memiliki sedikit perbedaan.

Jika kita perhatikan sedikit lebih detail pakcoy memiliki tangkai daunnya memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dan lebar dari pada sawi hijau. Bentuknya juga yang mirip sendok terkadang orang menamainya sawi sendok.

Buncis

jenis tanaman sayur hidroponik
pixabay.com

Buncis juga merupakan jenis tanaman sayur yang bisa di tanam denganmetode hidroponik. Mulanya petani buncis menanam buncir dengan cara konvensional tentu saja sangat memakan waktu waktu dan tenaga.

Setelah mengenal metode tanam hidroponik kini banyak petani buncis yang sudah beralih bercocok tanam menggunakan metode hidroponik.

Cabai

jenis tanaman sayur hidroponik
pixabay.com

Cabe termasuk tanaman yang sangat laku di Indonesia dan permintaan terhadap kebutuhan cabe selalu meningkat pada beberapa hari besar.

Cabe merupakan tanaman sayur sehari-hari yang sangat wajib ada. Karena keberadaan cabai yang sangat penting itulah berbagai macam cara di lakukan demi membuat jenis tanaman ini bisa tumbuh dengan cepat dan cepat panen.

Salah satu cara yang popuper salah satunya hikdroponik ini. Namu ada hla-hal penting juga yang perlu di perhatikan seperti, Pemenuhan nutrisi tanmaan cabai, penanaman yang benar, memilah bibit yang unggul dan lain sebagainya.

Kailan (Chinese Broccoli)

Kailan biasa juga di sebut brokoli Cina, karena memang berasal dari Cina. Jenis tanaman sayur yang satu ini juga masih serumpun seperti jenis pakcoy,sawi hijau. Memiliki batang dan daun yang tebal.

Kailan atau brokoli cina ini juga bisa di tanam menggunakan metode hidroponik.

Selada

jenis tanaman sayur hidroponik
pixabay.com

Selada yang juga kita gunakan sehari-hari sebagai menu pelengkap makanan atau lalapan ini sangat mudah sekali untuk di budidayakan.

Permintaan pasar terhadap tanaman selada juga lumayan tinggi membuat jenis tanaman sayur yang satu ini sangat cocok juga untuk di budidayakan. Selada juga sangat mudah sekali untuk di tanam dengan metode hidroponik.

Timun

jenis tanaman sayur hidroponik
pixabay.com

Jenis lalapan yang satu ini juga sudah menjadi menu yang wajib jika kita ingin membuat menu makanan lalapan.

Permintaan akan timun di pasar juga lumayan tinggi loh. Jadi buat kamu yang ingin mencoba peruntungan baru membudidayakan timun kamu bisa juga menanamnya dengan metode hidroponik.

Melon

jenis tanaman buah hidroponik
pixabay.com

Tanaman jenis buah-buahan yang memiliki buah dengan ukuran sebesar bola ini siapa sangka bisa juga di tanaman denga metode hidroponik namun dengan satu catatan ya, kamu harus memiliki lahan yang luas juga untuk buah yang satu ini.

Selain itu proses penyemaian, pemberian nutrisi pada melon, pemeliharaan, pemilihan bibit unggul juga harus di perhatikan ya guys.

Kangkung

jenis sayuran kangkung hidroponik
kampustani.com

Jenis tanaman sayur yang satu ini sangat mudah sekali untuk di tanam baik dengan cara konvensional maupun hidroponik. Biasanya kita menggunakan kangkung untuk di buat oseng kangkung.

Buat kamu yang malas menanam dengan media tanah, cara hidroponik bisa di terapkan.

Paprika

jenis tanman sayur hidroponik
pixabay.com

Paprika merupakan jenis tanaman cabai namun berbeda dengan bentuk cabai pada umumnya. Bentuknya mirip dengan terong.Cabe paprika memiliki warna yang bermacam-macam seperti, ungu, merah, kuning dan hijau.

Paprika selain untuk di konsumsi bisa juga kita jadikan sebagai jenis tanaman hias untuk di tanam di pot. Selain di pot menanam paprika bisa juga dengan cara hidroponik.

Kelebihan Dan Kekurangan Hidroponik

Menanam dengan metode apapun sebenarnya tidak semuanya sempurna masing-masing cara memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Berikut ini merupakakn kelebihan dan kekurangan metode tanam hidroponik.

Kelebihan

  • Tidak membutuhkan lahan yang luas
  • Tidak memerlukan tanah sebagai media
  • Hasil baik secara kualitas maupun kuantitas lebih unggul di bandingkan penanaman dengan media tanah
  • Pencegahan pepnyakit dan hama lebih efektif
  • Menggunakan air dan pupuk dengan lebih efisien
  • Panen semakin mudah
  • Tidak bergantung pada cuaca
  • Menghemat ruang

Kekurangan                    

  • Membutuhkan biaya yang cukup mahal
  • Membutuhkan keterampilan khusus
  • Penyediaan peralatannya yang masih jarang
  • Memerlukan ketelitian dalam hal perawatan tanaman

Penutup

Demikian pemaparan tentang jenis tanaman sayuran maupun buah yang bisa di tanam menggunakan metode hidroponik.

Metode hidroponik di kehidupan modern ini di rasa sangat cocok untuk di terapkan karena makin tahun makin susah memperoleh lahan.

Meskipun metode hidroponik memiliki kelebihan yang banyak namun disisi lain ada juga kekuranganya.

Untuk kamu yang hobi berkebun atau bercocok tanam tapi bingung tidak memiliki lahan pekarangan yang luas, mungkin cara ini bisa di terapkan. Sekian semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.