Kata Mutiara Jawa

3 min read

Kata Mutiara Jawa

Kata mutiara jawa terkadang sering sekali kita dengarkan khususnya di Pulau Jawa. Kita bisa mendapatkan kata-kata ini dari mendengarkan lagu-lagu Jawa, atau mendapatkannya langsung dari seseorang.

Di bawah ini beberapa kata mutiara jawa tentang cinta dan motivasi hidup lengkap dengan arti dan penjelasannya.

Kata Mutiara Jawa – CINTA

kata bijak jawa
dokumen pribadi
  1. Lilakno, lalekno, lan legowo.

Artinya adalah, “Merelakan, Melupakan, dan menerima dengan lapang dada”. Ada yang pernah putus cinta gak nih?. Sudah-sudah. Relakan saja ya. Tetap semangat dan cari yang baru.

  1. Tresno iku ora kudu nduweni.

Artinya, “Cinta tidak harus memiliki”. Setelah putus cinta biasanya di tinggal menikah. Duh berat banget ya guys. Sabar ya. Hehe.

  1. Tresno iku ora kudu nyawiji.

Artinya, “Cinta itu tidak harus bersatu.” Kalau kata mutiara yang di atas tidak harus memiliki, kalo yang ini tidak harus bersatu. Tenang aja ya guys. Meskipun tidak bisa bersatu di pelaminan kalian masih bisa jadi tamu kok di pelaminannya. Mayan dapet makan siang gratis. Hiya hiya hiya.

  1. Ra perlu dolanan roso awak dewe penak konco.

Kalo kata yang satu ini artinya, “Nggak perlu bermain rasa. Lebih baik kita berteman”. Buat kalian yang masih ragu-ragu nih dalam menjalin hubungan. Daripada kalian berdua saling menyakiti lebih baik berteman aja ya.

  1. Pancen iki dudu jodone rasah di peksake.

Makna kalimat yang satu ini adalah, “Memang ini bukan jodohnya. Jangan di paksakan”. Yang habis putus atau di putusin jangan main dukun ya, di terima aja dengan lapang dada.

Percaya deh semua akan baik-baik saja, karena semua hal yang di paksakan itu kedepannya jadi tidak baik ya guys.

  1. Tresno apa anane opo ana apa ne?.

Artinya yang kurang lebih, “Cinta apa adanya atau ada apanya?”. Kadang ketika mencintai seseorang kita kurang tulus, karena hanya memandang harta, rupa, atau jabatan saja. Percayalah cinta sejati nggak memandang itu semua ya guys. Kalo emang suka yaudah suka aja.

  1. Yen tresno urung pasti sayang. Yen sayang pasti tresno.

Artinya, “Kalau cinta belum pasti sayang. Kalau sayang pasti cinta”. Wah bisa gitu juga ya guys.

  1. Iki ati dudu kos-kosan.

Kalo yang ini apa ya kira maksudnya?. Apa hubungannya hati sama kos-kosan coba. Kalo arti kalimatnya sih gini, “Ini hati, bukan kos-kosan.” Wah ada-ada saja ya.

  1. Aku tresno koe, nanging koe ra tresno aku.

Artinya, “Aku cinta kamu, tapi kamu nggak cinta aku”. Waduh kalo urusan cinta yang bertepuk sebelah tangan pasti berat banget ya guys. Udah deh lepasin aja. Masih banyak kok orang yang mencintai kamu di luar sana. Tetap samangat ya.

  1. Senajan koe ra ayu, aku wes kadhung tresno.

Wah-wah kalo yang satu ini rasanya agak sedikit ngak realistis ya guys, hehe. Kurang lebih arti kalimatnya, “Meskipun kamu tidak cantik, aku sudah terlanjur cinta ”. Sangat gombal sekali ya pemirsa. Puih.

  1. Janjimu koyo janjine DPR dek, kakean ngapusine.

Kalo yang satu ini artinya, “Janjimu seperti janjinya DPR dek, banyak bohongnya”. Wah-wah kok malah bawa-bawa DPR ya.

Kata Mutiara Jawa – Motivasi Hidup

kata mutiara jawa
dokumen pribadi
  1. Urip iku urup.

Kata bijak yang satu ini cukup populer ya guys. Kata ini memiliki makna “Hidup itu nyala”. Maksudnya adalah di masa hidup yang singkat ini kalau bisa kita harus jadi lentera atau teladan di tengah masyarakat kita.

  1. Kabeh iki wes enek dalan e percoyo wae Gusti Mboten Nate sare.

Makna dari kata di atas adalah, “Semua itu sudah ada jalannya, Tuhan itu tidak pernah tidur”. Jangan putus asa ya guys. Tetap semangat.

  1. Urip ra usah kakehan sambat.

Makna dari kata di atas adalah, “ Hidup jangan terlalu banyak mengeluh”. Buat kalian yang lagi di rundung banyak masalah tetap optimis ya guys, karena di luar sana banyak yang masalahnya ledih berat dari pada kita.

  1. Alon alon sing penting klakson.

Kata-kata ini memiliki makna, “Pelan-pelan yang penting klakson”. Kata mutiara yang satu ini adalah plesetan dari “Alon-alon sing penting klakon”. Yang maknanya pelan pelan yang penting jalan”.

  1. Urip sepisan urip sing becik.

Maknanya adalah ”Hidup sekali hidup yang baik”. Jangan sia-siakan kesempatan hidup yang di berikan kepada kalian ya guys.

  1. Ragu-ragu luwih becik mundur.

Artinya, “Ragu-ragu lebih baik kembali”. Apapun keputusan yang telah kalian ambil jalanilah dengan berani dan banggalah dengan itu. Karena jika kamu meragukan keputusanmu, itu seperti menghina dirimu sendiri.

  1. Urip segan, mati wegah.

Kata ini memiliki makna, “hidup segan mati juga tidak mau”. Di beri kesempatan hidup tapi pas hidup tidak di gunakan dengan baik.

  1. Ning ndunyo ra ono jeneng e leren. Leren iku pas mati.

Maknanya adalah, “Di dunia ini tidak ada yang namanya istirahat. Istirahat itu ketika mati”.

  1. Urip iku ojo di pikir, tapi di lakoni.

Artinya adalah, “Hidup itu jangan di pikir, tapi di jalani”. Kandungan maknanya adalah terkadang untuk melakukan sesuatu kita terlalu banyak ide tapi tidak ada satupun yang di laksanakan.

  1. Kerjo sing tenanan, taun ngarep bodho.

Maksud dari kata mutiara di atas adalah, “Bekerja keraslah sekarang, besok lebaran”. Maksudnya bekerja keras dari sekarang dan sukses di kemudian hari.

  1. Kabeh iku ming titipane Gusti.

Artinya, “Semua itu hanya titipan Tuhan”. Jadi buat kalian yang telah kehilangan orang yang di sayang tetap sabar ya guys, Karena semua yang ada di kehidupan ini adalah milik-Nya.

  1. Nerimo pandum ing gusti.

Kata ini memiliki makna, “Menerima pembagian dari Tuhan”. Maksudnya adalah menerima segala sesuatu yang sudah di berikan oleh Tuhan.

  1. Tangio isuk, rejekimu di totholi pithik.

Kata ini artinya, ”Bangun pagilah rejekimu di patuk ayam”. Selayaknya manusia kita harus menjadi orang yang rajin bahkan dalam hal yang sepele seperti urusan bangun tidur.

Kata mutiara jawa yang satu ini seolah menyindir kita secara halus, yang seakan kita kalah mencari “makan” atau rejeki dari seekor ayam.

  1. Sugih iku ati, dudu bondo.

Kata mutiara jawa yang satu ini maknanya adalah “Kaya itu hati, bukan harta”. Kata ini sangat terasa sekali buat kita yang sering sekali mengejar kekayaan materi duniawi di bandingkan dengan kaya hati.

Padahal yang paling penting adalah kaya hati. Kaya hati bisa juga di maknai selalu bersyukur atas karunia yang di berikan oleh-Nya. Baik sedikit, banyak, pahit ataupun manis. Karena segala sesuatu yang terjadi selalu ada hikmahnya.

  1. Takdir iku iso di rubah nganggo doa lan ketekunan.

Artinya, “Kita bisa merubah takdir dengan tekun dan berdoa.”. Jangan pernah putus asa ya guys. Asalkan kalian berusaha maksimal hasil pasti tidak akan menghianati. Jika masih tetap gagal setelah berusaha keras, terus coba lagi sampai berhasil.

Penutup

Hidup dan cinta adalah dua hal yang tek terpisahkan.Tanpa cinta kita tidak akan bisa hidup. Mungkin sekian dulu ya sharing kata mutiara jawa yang sangat memotivasi dan sedikit kocak tentunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.