Kerajinan Dari Bulu Ayam

Kerajinan dari bulu ayam – Di rumah ada yang memelihara ayam nggak? Kalau ada, wah kalian bisa menjadi salah satu orang yang beruntung. Karena ada banyak kerajinan dari bulu ayam yang bisa kalian coba.

Jadi, ayam itu bisa diibaratkan seperti kelapa. Yang setiap bagiannya tuh bisa dimanfaatkan loh. Termasuk ya “bulu ayamnya”.

Kalau dulu, kerajinan dari bulu ayam memang belum begitu populer dan menarik minat masyarakat, beda dengan sekarang.

Biar pembahasannya lebih asyik, kita bahas lebih dalam ya. Simak penjelasannya berikut.

Pengertian Kerajinan dari Bulu Ayam

kerajinan dari bulu ayam, sulak, kemoceng
antaranews.com

Mungkin ada yang penasaran, apa sih kerajinan dari bulu ayam itu? Nah jadi, secara singkat kerajinan dari bulu ayam adalah hasil buah karya yang dibuat dengan menggunakan bulu ayam.

Di mana, bulu ayam akan berperan sebagai bahan utama. Dan bulu ayam yang digunakan adalah bulu ayam yang sudah nggak dipakai lagi.

Dan memang sengaja disediakan buat kerajinan. So, kan nggak lucu kalau kamu memaksakan diri buat nyabutin bulu ayam yang masih hidup. Kasihan ayamnya dong. Hehe 😀

Tahukah kamu, bahwa ternyata, ada banyak banget manfaat bulu ayam yang memang tidak begitu banyak orang yang tahu.

Adapun contoh hasil karya berbahan bulu ayam ini ada pensil bulu, topi bulu, kipas bulu, dan lain sebagainya.

Dengan adanya bulu ayam pada sebuah kerajinan akan menjadikannya terlihat lebih keren, ada kesan klasik-klasiknya gitu.

Selain itu, kerajinan yang berbahan dasar bulu ayam ini dibuat untuk komersial.

Dan ternyata, ada sayaratnya loh. salah satunya adalah bulu ayamnya meski utuh, memiliki corak warna yang bagus, unik, dengan ukuran panjang dan lebar yang menyesuaikan dengan kebutuhan.

Manfaat Membuat Kerajinan dari Bulu Ayam

kerajinan dari bulu ayam

Manfaat dari kerajinan ini apa? Nggak mungkin dong kerajinan dari bulu ayam dibuat tanpa manfaat. Ia kan?

Jadi, jika ada yang berpendapat bahwa bulu ayam itu kotor, banyak kumannya, banyak kutunya, hingga banyak bakterinya, mungkin sebagian dari kalian berfikir demikian.

Namun, sebelum dijadikan sebagai kerajinan, bulu ayamnya bakalan dibersihkan dulu kok. Bahkan, ada prosesnya sendiri. Hal ini agar tidak menimbulkan masalah kesehatan ketika digunakan.

1.Memanfaatkan Benda Sekitar

Bahan utama pembuatan kerajinan satu ini berasal dari alam. Jadi dapat kita temukan dengan sangat-sangat mudah. Proses pengambilannya adalah ketika ayam sudah disembelih.

Begitu ayam sudah disembelih, maka bulu-bulunya akan dipisahkan dari tubuhnya.

Yang ketika dalam keadaan basah, maka bulu tersebut akan dijemur terlebih dahulu.

Dari sini dapat kita lihat, bahwa salah satu manfaatnya adalah untuk memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar.

So, daripada bulu ayamnya terbuang sia, mending digunakan. Ia kan? Lagi pula, nggak ada ruginya kok. Hehe.

2.Meningkatkan Kreativitas

Manfaat yang kedua adalah bisa meningkatkan dan melatih kreativitas.

Yang namanya kerajinan, pasti dibuat dengan hasil pikir yang tidak sebentar. Ia kan?

Tentu, hal ini berlaku bagi yang pemula. Ia akan berpikir keras bagaimana caranya mengolah bulu ayam menjadi sebuah kerajinan yang bernilai tinggi.

Berbeda halnya dengan orang yang sudah terbiasa mengolah bulu ayam.

Maka, dengan terus memanfaatkannya, maka kamu akan melatih kreativitas kalian, yang lama kelamaan pasti akan meningkat. Keren kan?

3.Peluang Bisnis

Manfaat berikutnya adalah dapat kalian jadikan sebagai peluang bisnis. Ayo yang punya jiwa entrepreneur dicoba.

Dengan menciptakan kerajinan dari bulu ayam, kamu bisa menjualnya.

Di mana, begitu kerajinan kamu laku, maka kamu akan mendapatkan uang. Ada banyak banget produk dari bulu ayam ini yang bisa kamu komersialkan.

Kayak kipas, kemoceng, anting, dan lainnya. Jadi, berpikirlah bagaimana caranya agar kerajinan dari bulu ayam milik kamu mempunyai nilai jual yang tinggi.

4.Menekan Pengeluaran

Manfaat terakhir adalah bisa menekan pengeluaran. Bagaimana bisa? Ya bisa dong.

Kadang, ada beberapa perlengkapan di rumah kalian yang terbuat dari bulu ayam.

Misal, kemoceng. Nah, daripada beli, mending buat sendiri kan? Bayangin deh, kalau seandainya kalian punya banyak keperluan yang terbuat dari bulu ayam, lantas kamu bisa membuatnya sendiri.

Sudah pasti pengeluaran kalian pasti akan kecil banget. Jadi, kalau memang belum mempunyai nilai jual, paling nggak kan bisa kalian gunakan sendiri. Sesederhana itu bukan. Hehe

Tapi kalau mempunyai nilai jual tentu bakalan lebih baik dong. Hehehe.

Contoh Kerajinan dari Bulu Ayam

Oke, setelah membahas banyak hal tentang si bulu ayam, sekarang kita akan bahas contoh dan cara membuatnya. Sudah siap? Yuk simak penjelasannya,

1.Kerajinan Pensil dari Bulu Ayam

kerajinan dari bulu ayam
99.co

Kamu pernah dong ngeliat pensil bulu ayam? Baik itu pas lagi ke pasar atau malah pas di kelas.

Karena lumayan banyak sih anak-anak yang suka dengan pensil bulu ayam ini. Ia kan?

So, daripada beli, mending buat sendiri. Dalam membuat pensil bulu ayam, kamu membutuhkan alat dan bahan. Seperti pensil, bulu ayam, tali pita, solasi, lem fox, cat air, dan gunting. Kalau sudah lengkap, kita ke cara membuatnya.

Cara Membuat kerajinan Pensil Dari Bulu Ayam

  1.  Persiapkan alatdan bahan.
  2. Susun semua bulu ayam yang sudah kamu siapkan pada bagian atas pensil. Usahakan menyusunnya dengan  rapi.
  3.   Kemudian, rekatkan dengan menggunakan solasi yang sudah di siapkan. Kalau bisa mah pakai solasi yang warna bening ya. Biar hasilnya bagus.
  4.   Cat bulu ayamnya dengan menggunakan cat yang tadi.
  5.   lalu ikat sisi bawahnya dengan pita.
  6.   Keringkan deh. Gampang banget kan?
Pensil bulu ayam ini bisa banget kalian jadikan hadiah buat adik, teman, pacar atau bahkan mantan yang ulang tahun. hehe canda balmon.

2.Kerajinan Kipas dari Bulu Ayam

Pernah liat kipas bulu ayam? Pernah lah ya. Terus, nggak pengen gitu untuk buat sendiri?

Nah, buat kamu yang pernah kepikiran dan punya keinginan untuk membuat kipas bulu ayam, ikuti caranya berikut ya.

Cara Membuat Kerajinan Kipas dari Bulu Ayam

  • Pertama, siapkan dulu bambu yang berukuran 5 hingga 7 cm, atau bebas deh. Terserah kalian aja. Untuk jumlahnya paling nggak 10 sampai 13 batang.
  • Kalau sudah ada, kalian bisa membersihkan bambu tadi dan merapikannya sampai benar-benar tipis.
  • Tujuannya ya biar nggak membahayakan orang lain. Lalu, lubangi salah satu bagian ujungnya dengan menggunakan bor.
  • Kemudian ikat seluruhnya dengan kawat sampai bentuknya kayak kipas ya.
  • Bagian lebarnya di atas, dan bagian runcingnya di ujung. Selanjutnya bisa kamu oleskan bambu-bambunya dengan lem.
  • Pasang kertas atau sejenisnya yang memang bisa kamu lipat. Rekatkan bulu ayamnya, jangan lupa menyusunnya hingga rapi.
  • Lalu warnai dengan cat pilox. Bebas deh, sesuka kamu saja. Sementara bagian bawahnya bisa kamu hiasi dengan kain atau lainnya, yang penting kawatnya nggak kelihatan. Selesai deh. gampang kan?

Kalau kalian bisa menciptakan kipas angin bulu ayam yang bagus, keren, dan unik apalagi, nggak ada salahnya untuk menawarkan hasil karya kalian ke orang lain loh.

Itung-itung buat nambah duit jajan. Ia kan?

3.Kerajinan Topi dari Bulu Ayam

Pembuatan topi dari bulu ayam bisa juga kita dapati mejadi salah satu materi tentang kerajinan tangan di sekolahan, misalnya di tingkat sekolah dasar,

Tentu saja selain memanfaatkan limbah bulu ayam, membuat kerajinan dari bulu ayam juga bisa mengasah kreativitas para siswa sekolah dasar.

Berikut merupakan cara pembuatan kerajinan topi dari bulu ayam secara singkat.

Simak sebagian langkah di dasar ini:

  • Siapkan bulu ayam yang telah dicuci serta dikeringkan( proses sterilisasi).
  • Siapkan bahan- bahan yang lain yang dibutuhkan semacam lakban besar gelap, solasi double tape, karet gelang serta gunting.
  • Kelompokkan bulu cocok dengan selera, alur serta rupanya( besar, kecil, gelap, putih).
  • Siapkan solasi gelap cocok dengan dimensi ialah 55 centimeter.
  • Letakkan bulu yang unik ataupun besar pada posisi tengah.
  • Tekan batang bulu supaya menempel pada solasi.
  • Jalani perihal yang sama pada bulu- bulu lain sampai solasi tertutupi.
  • Rekatkan solasi lagi di atasnya supaya bulu ayam melekat dengan sempurna.
  • Tekan- tekan sampai apik.
  • Potong kertas karton, buat ukurannya sama dengan solasi( depan balik), gunanya selaku susunan luar.
  • Rekatkan memakai solasi double tape.
  • Hiasi dengan pita warna- warni supaya lebih menarik serta rekatkan memakai double tape.
  • Lipat ujung karton ke dalam serta letakkan karet gelang 2 buah. Tujuannya supaya lebih fleksibel kala dipakai, pasangkan di bagian kanan serta kiri kemudian lapisi dengan solasi gelap.
  • Lengkungkan cocok dengan wujud kepala.

4.Kerajinan Anting dari Bulu Ayam

kerajinan dari bulu ayam

Selain topi ternyata bulu ayam bisa juga di gunakan untuk membuat kerajinan lainnya, seperti aksesoris anting misalnya.

Saat ini banyak sekali desainer fashion yang membuat anting yang berbahan dasar bulu ayam, memang masih banyak masyarakat yang memandang rendah limbah bulu ayam ini.

Namun jika hasil desain aksesoris yang kita buat bisa cantik dan unik tentunya, pasti sangat mungkin sekali bisa terjual.

Cara Membuat Anting dari Bulu Ayam.

  • Siapkan bahan- bahan yang diperlukan meliputi bulu ayam yang telah diwarnai, anting- anting, ring bulu serta rantai.
  • Jepit bulu memakai ring, lengkungkan dengan tang.
  • Ambil anting- anting serta tempelkan pada ring.
  • Masukkan rantai serta hiasan manik- manik.
  • Jalani perihal yang sama pada bulu ayam yang lain.

5.Kerajinan Gantungan Kunci dari Bulu Ayam

kerajinan dari bulu ayam, gantungan kunci

Siapa sih yang suka mengoleksi gantungan kunci? Daripada beli mahal serta di tempat yang jauh, kalian dapat buatnya sendiri dari bulu ayam.

Gantungan kunci bisa di bilang juga salah satu benda yang sangat sepele, namun kehadirannya ternyata sangat membatu kita ketika memiliki sebuah kunci misalnya.

Dengan gantungan kunci kita bisa menandai kunci milik kita supaya tidak hilang. O iyaa, gantungan kunci juga bisa loh di buat menggunakan bahan bulu ayam.

Cara Membuat Gantungan Kunci dari Bulu Ayam

  • Siapkan bulu ayam, benang, serta cincin gantungan atau ring.
  • Ikat benang pada cincin gantungan secara melingkar.
  • Ikat bulu ayam memakai benang pada bagian ujungnya.
  • Ikatkan ke cincin gantungan serta berakhir. Gimana sangat gampang kan?

6.Kerajinan Kolase dari Bulu Ayam

Selanjutnya adalah kerajinan bingkai atau frame dari bulu ayam. Frame dari bulu ayam juga sangat mudah sekali pembuatannya.

Tidak jarang ketika pelajaran kerajinan tangan di sekolahan menjadi salah satu benda yang di buat, tentu saja karena pembuatannya yang juga cukup mudah dan memakan waktu sebentar saja.

Cara Membuat Kerajinan Frame dari Bulu Ayam 

  • Siapkan bahan- bahan yang diperlukan semacam lem, kertas, karton yang telah terdapat foto bulu ayam.
  • Gunting bulu ayam cocok dengan dimensi serta boleh diwarnai memakai cat warna.
  • Oleskan lem pada frame foto dari karton yang sudah di persiapkan.
  • Tempelkan bulu ayam di sekeliling frame yang sudah di beri lem.

7.Kerajinan Topi Marching Band dari Bulu Ayam

Aksesoris lainnya yang bisa di buat menggunakan bulu ayam adalah mahkota, pernah kalian melihat marching band di sekolah kalian?

Jika di perhatikan dengan seksama pada topinya terdapat bulu-bulu ayam yang sudah di oleh dengan sedemikian rupa sehingga menjadi elok di pandang.

Cara Membuat Topi Marching Band dari Bulu Ayam

  • Siapkan bahan- bahan semacam tikar lipat yang tidak terpakai, kain gelap serta cream, lem tembak, gunting, bulu ayam yang telah dirangkai melingkar, perekat tas serta manik- manik.
  • Foto desain topi mayoret cocok dengan kemauan.
  • Potong tikar cocok pola.
  • Tempel kain gelap buat bagian depan topi.
  • Tempat kain cream buat bagian balik topi.
  • Hias manik- manik di bagian depan cocok dengan selera, upayakan buat fokus pada bagian ini ya, sebab yang sangat memastikan keelokan wujudnya.
  • Tempelkan bulu ayam di bagian balik topi( tidak boleh menutupi manik- manik).
  • Tempelkan perekat tas memakai lem tembak di bagian ujung balik bulu ayam.
  • Berakhir topi mayoret telah siap digunakan. Kalian dapat memandang video YouTube ini buat menirunya.
  • Kerajinan Kemoceng dari Bulu Ayam
  • Macam kemoceng memanglah banyak sekali, terdapat yang dibuat dari tali rafia serta terdapat pula yang terbuat dari bulu ayam.
  • Bila wujud umumnya telah mainstream, hingga kalian dapat membuat inovasi supaya lebih indah dengan menjajaki sebagian langkah di dasar ini:
  • Bahan berarti yang wajib terdapat merupakan bulu ayam serta tongkat selama 30 centimeter yang hendak digunakan selaku penyangga.
  • Warnai bulu ayam memakai cat warna cocok dengan selera, boleh satu warna tetapi upayakan berbeda supaya lebih unik.
  • Rangkai bulu ayam memakai benang.
  • Lilit bulu ayam yang telah dirangkai pada tongkat, upayakan lebar ke dasar serta jangan menguncup.
  • Paku karet warna gelap di bagian dasar tongkat selaku pegangannya. Tonton video ini supaya lebih jelas.

8.Kerajinan Shuttlecock dari Bulu Ayam

Salah satu kerajinan yang memakai bulu ayam pada berolahraga bulu tangkis merupakan shuttlecock yang mana tidak boleh sembarangan dalam proses pembuatannya.

Terdapat sebagian ketentuan bulu ayam yang wajib dipadati ialah putih, ulet serta tebal.

Perihal tersebut bertujuan supaya tidak gampang rontok serta patah. Prosesnya selaku berikut:

Cara Membuat Shuttlecock dari Bulu Ayam

  • Potong ujung bulu sampai lancip ataupun bundar( cocok kemauan). Tujuannya supaya tidak berbalik kala dipukul.
  • Mencuci memakai sabun serta keringkan sampai teksturnya rata.
  • Seleksi yang wujud sesempurna bisa jadi serta cek kembali apakah betul- betul apik ataupun belum.
  • Panaskan memakai perlengkapan spesial ialah api kecil dengan piring stainless yang telah tidak terpakai di atasnya.
  • Luruskan bulu ayam memakai sendok di atas piring supaya lurusnya permanen.
  • Potong bagian dasar bulu ayam cocok dengan dimensi shuttlecock pada biasanya.
  • Pasang bulu ayam ke dalam gabus, jangan hingga bengkok serta rekatkan solasi gelap di bagian bawahnya.
  • Lajukan finishing dengan mengecek kembali apakah terdapat yang cacat ataupun bengkok.
  • Berakhir, meski terbuat secara simpel kalian senantiasa dapat menjualnya ke toko.

9.Bros Menawan dari Bulu Ayam

Siapa sangka bila bulu ayam dapat disulap jadi bros menawan yang dapat digunakan buat bermacam berbagai kegiatan, semacam wedding party, birthday serta masih banyak lagi yang yang lain.

Cara Membuat Bros dari Bulu Ayam

Siapkan bulu ayam yang telah dibersihkan serta dipotong kecil- kecil sebanyak 20 helai, kain kapas, kain flanel, peniti, lem tembak serta putik bunga mainan.

  • Tempelkan bulu pada kain kapas 5 helai terlebih dulu serta tumpuk sisanya memakai lem sampai nampak tebal.
  • Pasang putik bunga mainan di bagian tengah.
  • Selanjutnya tempel kain flanel serta peniti di bagian balik.
  • Terakhir bros menawan dari bulu ayam jadi dan bisa kalian digunakan. Silahkan amati video lengkapnya di mari.

Hal-Hal yang Harus di Perhatikan Ketika Membuat Kerajinan dari Bulu Ayam

kerajinan dari bulu ayam

Terdapat sebagian perihal yang butuh kalian perhatikan saat sebelum memutuskan buat membuat kerajinan dari bulu ayam, di antara lain :

1.Pakai Masker

Mengapa harus pakai masker? tentu saja demi keamanan dan kenyaman hidung kita supaya tidak kemasukan bulu-bulu ayam yang nantinya bisa menyebabkan bersin-bersin.

Fungsi lainnya adalah tentu saja supaya kalian aman dong, di masa pandemi seperti sekarang ini, demi keamanan dan kenyamanan bersama tentunya,

Tetap jaga prokes ya teman-teman, hehe.

2.Pilih Bulu yang Bagus

Langkah beriutnya adalah pilih dan pilahlah bulu-bulu ayam yang bentuknya masih baik, alias belum rusak.

Tentu saja ini di lakukan untuk men-sortir mana bulu yang masih bagus dan mana yang tidak untuk di jadikan bahan baku kerajinan.

3.Jangan Cabut Bulu Ayam yang Masih Hidup

Nah, ini ya teman-teman jangan mencabut bulu ayam dari ayam yang masih hidup ya, hehe. Kejam banget soalnya, karena bakalan ngerasa sakit banget ayamnya kan kasian, bahkan bisa-bisa di patok kalian.

4.Proses Pembersihan

Selanjutnya bersihkan bulu ayam yang sudah kalian siapkan, cuci yang bersih, bila perlu menggunakan sabun secukupnya, tujuannya adalah selain bersih, kuman-kuman yang menempel bisa mati dan baunya juga harum.

Jika sudah di cuci berikutnya jangan lupa di keringkan terlebihdahulu ya teman-teman.

5.Bentuklah Serapi Mungkin

Jika kalian bakalan membuka usaha kerajinan dari bulu ayam kalian maka ketika mengerjakan harus kalian totalitas, apalagi jika tujauannya adalah untuk di jual.

Karena produk-produk kerajinan biasanya di nilai pasti dari sisi nilai estetisnya pertama kali orang melihat produk tersebut di pameran misalnya.

Lalu jika dari pandangan pertama sudah bagus pasti orang-orang mula-mula akan tertarik, terus menyentuh dan melihat-lihatnya kemudian membelinya deh.

Bulu ayam juga merupakan jenis kerajinan dengan bahan dasar bulu ayam yang jika belum terbiasa kalian akan sedikit kesulitan untuk mengolahnya.

Oleh karena itu di perlukan keuletan dan ketekunan ketika akan membuat kerajinan dari bulu ayam.

Penutup

Nah, Itu dia contoh dan cara membuat kerajinan dari bulu ayam yang bisa fatasama bagikan untuk kalian ya, sejatinya masih banyak banget kerajinan yang juga bisa kalian buat sendiri di rumah.

Terimakasih sudah berkunjung dan berkenan membaca, semoga bisa memperkaya wawasan kita semua. Sekian. Semoga bermanfaat.

Sampai jumpa pada pembahasan artikel lainnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.