Kerajinan Kulit Jagung

6 min read

kerajinan kulit jagung

Kerajinan kulit jagung – Halo teman-teman semua berjumpa kembali dengan fatasama! Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar benda kerajinan tangan yang bisa di hasilkan dari memanfaatkan limbah kulit jagung.

Nah, kalian tau kan kulit jagung? Iya jagung kulitnya yang sudah kering berwarna putih cream dengan tekstur sedikit berserat dan sedikit tebal.

Jika kalian di rumah punya ladang jagung di rumah dan selesai panen jangan terburu-buru membuang limbah kulit jagungnya ya teman-teman.

Mengapa? Karena limbah kulit jagung atau yang biasa di kenal dengan sebutan “Klobot” ini dengan sedikit sentuhan ide kreatif bisa juga di jadikan sebuah benda kerajinan yang juga sangat mungkin menghasilkan uang.

Manfaat Kulit Jagung (Klobot)

Sedangkan limbah kulit jagung (klobot) yang sangat sepele ini ternyata juga memiliki beberapa manfaat atau kegunaan diantaranya adalah :

  • Kulit jagung atau klobot pada zaman dahulu juga kerap di gunakan oleh masyarakat di desa sebagai pembungkus tembakau pada rokok sama seperti papier kalu kalian adalah seorang perokok pasti tau.
  • Sebagai pembungkus jajanan tradisional di kampung berupa jenang.
  • Bisa juga di berikan sebagai makanan untuk ternak.
  • Di buat kerajinan tangan (ini yang jarang di ketahui oleh orang-orang banyak)

Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

tanaman jagung

Di samping kulitnya yang bisa di manfaatkan ternyata jagung juga memiliki manfaat berupa kandungannya yang sangat kaya akan nutrisi yang sangat baik buat tubuh.

Diantara beberapa manfaat dari jagung untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

  • Jagung yang sangat kaya akan serat juga sangat baik untuk pencernaan seperti, membantu BAB lebih lancar, menghindari masalah sembelit atau sulit buang air besar.
  • Mencegah anemia, karena dalam jagung kaya akan kandungan Vit B12, zat besi serta asam folat.
  • Sumber karbohidrat selain ubi dan nasi. Jagung juga merupakan salah satu makanan pokok penduduk di daerah tertentu zaman dahulu ya.
  • Menurunkan kolesterol.
  • Membantu menaikan berat badan.
  • Mencegah darah tinggi atau hipertensi dan diabetes.
  • Dan lain sebagainya.

Nah, itu tadi merupakan beberapa manfaat dari jagung. Baiklah sekarang saatnya kembali lagi ke pembahasan beberapa benda kerajinan yang bisa di hasilkan dari limbah kulit jagung (klobot).

Mari simak penjelasannya berikut ini!

Membuat Kerajinan Tangan Dari Kulit Jagung

Untuk membuat kerajinan tangan dari kulit jagung ada beberapa hal yang harus kita persiapkan seperti alat dan bahannya.

Alat

  • Kertas
  • Lem
  • Tang
  • Gunting
  • Cutter
  • Pensil
  • Penggaris
  • penghapus
  • Kawat

Bahan

  • Kulit jagung
  • Pita
  • Cat / pewarna
  • Pernak-pernik penunjang

Jika alat dan bahan sudah siap saatnya mulai membuat benda kerajinan dari kulit jagung.

Contoh Kerajinan Tangan Dari Kulit Jagung

Berikut ini merupakan beberapa contoh karya kerajinan tangan dari kulit jagung yang bisa fatasama sajikan. Mari simak baik-baik penjelasannya.

Kerajinan Tas Dari Kulit Jagung

kerajinan kulit jagung

Jika kemarin kita sudah membahas seputar kerajinan tangan yang terbuat dari koran bekas, yup tas belanja belanja dari koran bekas.

Nah, kali ini adalah tas belanja yang juga merupakan salah satu produk kerajinan yang bisa di hasilkan dari limbah kulit jagung (klobot).

Dari segi bahan memang terlihat sangat sepele sekali. Terbuat dari  kulit jagung. Namun coba perhatikan baik-baik deh!

Hasilnya sangat unik sekali bukan? Selain itu produk kerajinan semacam ini (terbuat dari bahan yang alami) akan menjadi produk yang sangat ramah lingkungan.

Gantungan Kunci Dari Kulit Jangung

kerajinan kulit jagung
pinterest

Benda yang satu ini sangat receh banget. Yup, gantungan kunci. Membuat benda kerajian tangan berupa gantungan kunci ini seperti yang kita ketahui bisa menggunakan berbagai macam bahan.

Mulai dari akrilik, karet, kayu dan bahan-bahan anti mainstream lainnya. Disini yang akan kita bahas adalah kerajinan dari bahan kulit jagung teman-teman.

Pembuatannya juga cukup mudah bahanyapun cukup murah dan jika di produksi masal bisa banget jadi pemasukan tambahan loh.

Gimana, tertarik membuat kerajinan gantungan kunci dari kulit jagung?

Selamat mencoba di rumah!

Kerajinan Vas Dari Kulit Jagung

kerajinan kulit jagung
ilustrasi pot dari kulit jagung – aliexpress.com

Benda kerajinan berikutnya  yan bisa di buat dari limbah kulit jagung adalah vas atau pot bunga.

Variasi vas atau pot bunga banyak di temui berbahan plastik, cor-coran semen, maupun dari tanah liat. Namun semakin kesini orang-orang juga semakin kreatif saja.

Supaya nggak bosan dengan tampilan pot yang itu-itu aja memanfaatkan limbah kulit jagung menjadi hiasan pot bunga bisa juga kalian lakukan.

Cara Pembuatan :

Siapkan peralatan dan bahanya:

Alat :

  • Cutter
  • Gunting
  • Lem

Bahan :

  • Pot (Potnya bisa menggunakan bahan apa saja plastik, cor maupun tanah liat.)
  • Kulit jagung yang sudah kering
  • Tali rami (jka di perlukan)
  • Cat (jika di perlukan)
  • Pernak-pernik / hiasan (jika di perlukan)

Cara Membuat Hiasan Pot Dari Kulit Jagung:

  1. Ambil pot yang sudah di siapkan.
  2. Olesi sekeliling pot yang sudah di sediakan dengan lem perekat.
  3. Potong daun jagung pada ujung dan pangkalnya lalu lipat ke dua sisinya. (supaya terlihat lebih rapi ya!)
  4. Tempelkan kulit jagung kering yang sudah di siapkan di sekeliling pot.
  5. Ikat dengan tali rami yang sudah di siapkan (kalo nggak ada tali rami bisa juga pakai tali lainnya rafia misalnya).
  6. Setelah selesai menempel daun jagung di sekeliling pot keringkan beberpa saat.
  7. Jadi deh!
  8. Selamat mencoba.

Kerajinan Topi Dari Kulit Jagung

kerajinan kulit jagung
encyclocraftsapr.com

Berikutnya adalah topi jerami. Namanya topi jerami terbuat dari jerami. kalau di Indonesia banyaknya caping sih. Itupun terbuat dari anyaman bambu.

Biar kalian nggak bosan dengan topi yang itu-itu aja (terbuat dari jerami) kalian bisa juga mencoba menggantinya dengan kulit jagung.

Memang terkesan nggak “Wah” dari materialnya. Namun jika kalian mau melihatnya dari sisi nilai kreativitas topi dari anyaman kulit jagung menjadi produk yang sangat menarik untuk di buat atau di koleksi.

Dari segi fungsipun bisa juga di gunakan, buat ke pantai misalnya maupun untuk hiasan rumah bahkan untuk bahan atribut pemotretan juga tidak kalah menarik.

Kerajinan Keranjang Dari Kulit Jagung

kerajinan kulit jagung
pinterest.com/libcat.rmsc.org

Benda yang bisa di buat dari kulit jagung bekas berikutnya adalah keranjang.

Keranjang pada umumnya banyak terbuat dari anyaman bambu jika kalian main ke kampung ya teman-teman! Namuna ada juga yang terbuat dari rotan.

Nah, bahan alternatif lainnya yang bisa di gunakan adalah limbah kulit jagung. Memang dari sisi kekuatan bahan masih kalah dengan keranjang berbahan bambu dan rotan.

Namun dari segi estetik keranjang berbahan daun jagung nggak kalah menarik loh. Supaya kalian nggak penasaran.

Kerajinan Bunga Hias Dari Kulit Jagung

kerajinan kulit jagung
cissyscrafts.blogspot.com

Bunga hias juga merupakan salah satu benda yang bisa di hasilkan dari kulit jagung atau klobot.

Membuat bunga dari kulit jagung bisa juga menjadi kegiatan alternatif di rumah yang bisa di lakukan bersama keluarga.

Tentunya selama masa pandemi covid-19 berlangsung supaya aktivitas harian kalian juga jadi lebih berwarna dan nggak ngebosenin.

Kerajinan Boneka Dari Kulit Jagung

kerajinan kulit jagung

Boneka pada umumnya terbuat dari kain maupun plastik sebagai bahan dasar pembuatannya.

Jika kalian tertarik mencoba hal-hal baru membuat boneka dari bahan limbah kulit jagung bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk di lakukan.

Membuat boneka zama sekarang nggak cuma anak perempuan saja. Banyak juga anak laki-laki yang suka membuat boneka.

Eits, dengan sentuhan kreatifitas yang bisa menghasilkan nilai ekonomi.

Pasti asik banget kalau ini menjadi hobi kalian. Tentu saja karena mengerjakan hal yang di sukai dan bisa dijual. Siapapun pasti mau.

Kerajinan Sandal Dari Kulit Jagung

kerajinan kulit jagung
strawsandals.org

Pernah nggak kalian mendengar istilah “Zori” kalau belum tau, zori adalah sandal tradisional Jepang yang terbuat dari jerami maupun serat tumbuhan lainnya. Gampangnya zori adalah sandal tradisioanal Jepang.

Nah, kita yang ada di Indonesia bisa mengadopsi ide ini untuk di terapkan untuk membuat zori versi Indonesianya. Yup tentu saja bahanya dari kulit jagung.

Kira-kira bisa di pakai nggak tuh sandal di pakai di luar ruangan?

Jawabanya bisa banget sih kalau kalian mau, tapi sekarangkan sandal udah banyak nggak kaya zaman dahulu kala.

Jadi sebaiknya itu sandal di pakai di dalam rumah aja biar awet. Hehe.

Baca juga :

Fashion Dari Kulit Jagung

kerajinan kulit jagung
pinterest

Ide kreatif emang nggak ada habisnya ya teman-teman! Pernahkah kalian mendengar fashion yang terbuat dari limbah plastik?

Nah gimaan jadinya nih, kalau fashion iya fashion show yang buat jalan pertunjukan terbuat dari kulit jagung?

Kebayang nggak? pasti unik banget kan! Lihat aja gambar di atas.

Hiasan Pintu Dari Kulit Jagung

kerajinan kulit jagung
allcreated.com

Hiasan dinding atau yang bisa juga di jadikan sebagai hiasan pintu ini juga bisa banget di buat dari kulit jagung tentu saja dari bentuknya sangat unik dan kreatif.

Hiasan pintu atau dinding semacam ini bisa juga kalian gunakan untuk menghiasi pintu atau dinding ketika event hari raya seperti natal misalnya.

Itu jika di sekeliling kalian nggak ada pohon pinus ya guys, dan jika kalian malas beli hiasan pintu yang imitasi kalian bisa mencoba menghemat dan mencoba membuatnya dari limbah kulit jagung yang satu ini.

Eits, namun untuk membuatnya kalian harus menyiapkan ide kreatif, telaten serta kesabaran ya teman-teman. Selamat mencoba!

Tempat Lilin Dari Kulit Jagung

kerajinan kulit jagung
mybungalow.typepad.com

Tempat wadah lilin yang satu ini bisa juga loh di hias menggunakan kulit jagung.

Eh, emang nggak takut kebakar apa?

Nggak dong, jika kalian merasa khawatir bakalan kebakar kalian bisa memangkas ujung dari kulit jagung yang ada di mulut wadah lilin dan aman deh.

Apakah kalian tahu, dengan menggunakan kulit jagung sebagai pembungkus wadah lilin bakalan menimbulkan konsep natural banget di ruangan di rumah kalian.

Kerajinan  Tempat Pensil Dari Kulit Jagung

Kotak pensil. Iya kotak pensil yang terkadang meski bentuknya bunder tabung tetap saja di bilang kotak pensil.

Alat untuk meletakan pensil yang satu ini bisa juga kita buat menggunakan limbah kulit jagung loh. Nggak cuma dari bahan plastik seperti pada umumnya.

Kerajinan  Bingkai / Frame Dari Kulit Jagung

Berikutnya adalah frame atau bingkai foto yang bisa juga kita buat dari limbah kulit jagung.

Sebenarnya nggak pure pakai kulit jagung teman-teman bingkainya. Namun kulit jagung hanya di fungsikan sebagai hiasan di sekeliling frame membungkus kayu frame.

Kerajinan Kipas Dari Kulit Jagung

Kipas yang di maksud di sini adalah kipas tangan / lipat yang biasanya sering kita lihat banyak di produksi sebagai kipas souvenir di acara pernikahan.

Dengan mengganti kain atau kertas pada kipas lipat dengan kulit jagung kering yang siap di olah.

Hiasan Lampu Dari Kulit Jagung

Memanfaatkan kulit jagung sebagai bahan kerajinan bisa juga menjadi karya dekorasi di rumah seperti menjadikannya sebagai bahan hiasan lampu tidur misalnya.

Selain memiliki bentuk yang unik kesan natural serta ramah lingkungan akan sangat terasa sekali teman-teman.

Cara pembuatannya juga cukup mudah sekali untuk di lakukan sendirian maupun bersama keluarga.√

Penutup

Nah, itu tadi merupakan bebrapa contoh kerajinan tangan yang bisa di hasilkan dari pemanfaatan limbah kulit jagung.

Gimana? Apakah kalian tertarik mencobanya di rumah? Cobain deh pasti bakalan seru banget membuat kerajinan tangtan dari kulit jagung.

Semoga informasi yang fatasama sajikan bisa menambah wawasan teman-teman semuanya.

Terimakasih sudah berkunjung dan berkenan membaca. Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya. Babai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.