Kerajinan Kulit Kerang

7 min read

kerajinan kulit kerang

Kerajinan Kulit Kerang – Halo teman-teman semua berjumpa kembali dengan fatasama. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas masih seputar dunia kerajinan.

Yup, kita akan membahas tentang kerajinan tangan dari kulit kerang. Kalian semua pasti tau kerang kan? Atau suka dan pernah makan? Gimana rasanya, enak nggak?

Nah, biasanya setelah kalian makan kerangnya kan ada cangkangnya atau rumah kerangnya yang keras itu jangan langsung di buang teman-teman.

Mengapa? Karena rumah kerangnya bisa di jadikan sebagai bahan baku pembuatan benda kerajinan yang keren dan unik tentu saja.

Mengapa Harus Kulit Kerang?

kulit kerang
unsplash.com

Jawabannya tentu saja karena bahannya yang murah, bisa langsung di ambil dari alam juga. Ini berlaku jika kalian tinggal di dekat pantai ya teman-teman.

Kita hanya perlu memungutnya dari tepian pantai, kan banyak banget tu kulit kerang maupun rumah-rumah kelomang yang sudah nggak ada penghuninya.

Sebenarnya sudah banyak di Indonesia maupun di luar negeri yang memanfaatkan kulit kerang sebagai bahan baku untuk membuat benda kerajinan.

Apa lagi jika kalian tinggal di sekitar daerah wisata yang dekat pantai pasti bakalan familiar sekali dengan benda kerajinan yang terbuat dari kulit kerang, dari keong, cangkang kelomang, pasir pantai beserta batu koralnya.

Dari benda kerajinan kulit kerang ini banyak di produksi sebagai hiasan dan juga souvenir di tempat-tempat wisata.

Contoh Kerajinan Tangan Dari Kulit Kerang

Sebagai manusia yang sadar akan kebersihan lingkungan serta bisa melihat potensi pada kulit kerang kalian bisa mencoba membuat benda kerajinan dari kulit kerang.

Berikut ini merupakan beberapa contoh benda kerajinan yang bisa kalian coba buat menggunakan kulit kerang. Mari simak ulasannya berikut ini!

Kerajinan Kap Lampu Dari Kulit Kerang

kerajinan kulit kerang
etsy.com

Jika pembahasan di atas tadi sudah membahas tentang kerajinan lampion dari kulit kerang, nah kalau ini adalah kap atau penutup, atau rumahan lampu yang terbuat dari kulit kerang.

Dari fungsinya ya hanya mempercantik lampu doang sih, namun worth it banget lah buat hiasan unik dengan modal yang tidak begitu besar.

Beda ceritanya jika kamu emang kepingin beli, pasti bakalan mengluarkan duit yang lumayan.

Biasanya kerajinan kulit kerang yang satu ini banyak di gunakan buat hiasan lampu gantung.

Kerajinan Bunga Dari Kulit Kerang

kerajinan kulit kerang
etsy.com

Hanya orang-orang dengan ide-ide kreatif yang bisa terfikir membuat bunga dari kulit kerang yang seperti yang kita tau bahanya keras banget.

Berbeda dengan kerajinan bunga yang terbuat dari kardus, plastik, kain maupun bahan lainnya yang cukup mudah sekali untuk di bentuk.

Membuat kerajinan bunga dari kulit kerang lumayan memberikan tantangan tentu saja karena bahannya yang solid dan lumayan sulit untuk di bentuk.

Hasilnya juga tidak kalah keren dengan bunga yang di buat menggunakan bahan lainnya.

Untuk semakin membuatnya jadi semakin cantic dan serasi bisa juga kalian kombinasikan dengan vas bunga yang juga terbuat dari kerang.

Peletakannya bisa kalian taruh di atas meja di ruang tamu maupun meja belajar kalian sendiri buat hiasan.

Kerajinan Bingkai (Pigura) Dari Kulit Kerang

kerajinan kulit kerang
in2homedecordiy.com

Jika pada pembahasan sebelumnya frame atau bingkai bisa di buat menggunakan kulit jagung maka kali ini frame bisa juga di buat atau di hias menggunakan limbah kulit kerang.

Sriusan? Duarius malahan. Jadi si kulit kerang ini bisa menjadi ornament tambahan di sekeliling frame tau bingkai dengan menempelkannya di sekeliling bingkai.

Jika ingin terlihat lebih keren bisa juga kalian kombinasi dengan bahan lainnya seperti pasir pantai dan pernak-pernik ala-ala lautan lainnya.

Jika kalian penasaran seperti apa hasilnya kalian bisa nonton di youtube seputar kerajinan dari kulit kerang.

JIka kalian kurang puas silahkan mencoba membuatnya sendiri di rumah. Hehe.

Semua tergantung pada konsep yang akan kalian angkat ya, teman-teman.

baca juga:

Bingkai Cermin Dari Kulit Kerang

kerajinan kulit kerang
offerup.app.link

Nah, kalau yang satu ini sebenarnya konsepnya sama dengan dengan pigura dari kulit kerang di atas.

Namun yang membedakan adalah objek yang di jadikan untuk membingkai jika di atas untuk hiasan pada pigura foto kalau ini untuk pigura cermin.

Dari konsep pembuatannyapun juga sama. Kita hanya perlu memberikan hiasan (menempel kulit kerang) di sekeliling cermin.

Eits, tapi nggak benar benar di sekeliling cermin polosan, namun pada pigura si cerminnya. Kalian pasti sudah paham. Ehe.

Kerajinan Kotak Tisu Dari Kulit Kerang

kerajinan kulit kerang
ebay.com

Benda kerajinan berikutnya adalah kotak tisu. Benda yang satu ini bisa juga kita buat atau kita hias di sekelilingnya menggunakan kulit kerang.

Memang terdengar sedikit receh untuk menghias kotak tisu menggunakan kulit kerang. Namun ini bisa memberikan manfaat supaya kalian nggak cepat bosan dengan bentuk kotak tisu yang itu-itu saja.

Intinya supaya kaian nggak bosan dengan desain yang itu-itu saja.

Jika kalian tinggal di sekitar pantai dan bisa melihat peluang usaha kerajinan yang satu ini bukan menjadi sesuatu nggak mungkin bisa menjadi salah satu usaha kreatif yang bisa menghasilkan uang.

Seperti kerajinan lampion di bawah, jika pengumpulan bahannya cukup sulit kalian bisa menerapkan konsep bentuk kerang ata keongnya saja pada karya kerajinan kalian.

Kerajinan Lampion Dari Kulit Kerang

kerajinan tangan unik
31.media.tumblr.com

Kalian pasti sudah nggak asing dengan lampion bukan? Lampion juga bisa kita buat atau bisa juga di hias menggunakan kulit kerang.

Caranya gimana? Caranya bisa jika lampionnya sudah ada kalian hnaya tinggal menempelkan kerang-kerangnya di sekeliling lampionnya.

Yang kedua kalian bisa juga pure membuat atau menyusun lampunya dari kulit kerang yang di susun mengikuti pola dari lampion.

Nah, kebanyakan yang sering di terapkan adalah cara yang kedua. Mengapa? Karena hasilnya jauh lebih unik di bandingkan cara yang pertama.

Memang sedikit lebih rumit sih, tapi hasilnya bakalan keren banget dan sangat cocok di gunakan sebagai hiasan di rumah kalian.

Namun jika sulit membuatnya, susah mengumpulkan bahan dan lain sebagainya kalian bisa juga mengambil konsep dari bentuk spiral pada rumah keong dan lain sebagainya seperti contoh gambar di atas ya teman-teman.

Kerajinan Vas Dari Kulit Kerang

kerajinan kulit kerang
anthropologie.com

Jika ada vas maka tidak lengkap jika tanpa bunga. Di sini yang kita bahas adalah vas yang juga di buat atau di hias menggunakan kulit kerang.

Jika kamu memiliki ide kretif yang nggak ada habisnya (atau jikakalian gabut banget. wkwkwk) kalian bisa juga loh, mencoba mengkreasikan vas bunga ini dengan cara menghiasnya dengan kulit kerang.

Ini juga bisa menghemat biaya jika kalian ingin beli vas bunga yang unik-unik. Cukup sedikan ide dan beberapa kulit kerang dan jadi deh banda kerajinan.

Kerajinan vas dan bunga dari kerang akan menjadi sangat serasi jika di satukan dan di jadikan sebagai salah satu komponen dekorasi di rumah.

Kerajinan Pot Dari Kulit Kerang

kerajinan kulit kerang
marthastewart.com

Variasi lainnya dari kerajinan kulit kerang salah satunya bisa juga di buat menjadi pot. Di sini potnya bisa juga cuma sebagai hiasan.

Jadi bahan dasarnya pot dari plastik atau bahan lainnya lalu tinggal kita tempelkan kulit kerangnya di sekeliling pot hingga meng-cover seluruh permukaan pot.

Namun bisa juga membuatnya pure dari kulit kerangnya saja hasilnya juga nggak kalah unik dengan banda-banda kerajinan lainnya.

Nantinya pot ini bisa kalian jadikan sebagai pot bunga pada umumnya ataupun pot sebagai wadah lilin maupun wadah lainnya.

Kerajinan Asbak Dari Kulit Kerang

kerajinan kulit kerang
asbak dari kulit kerang

Apakah kalian adalah perokok? kalau iya kurang-kurangi deh, hehe. Ngomong-ngomong ini ada asbak yang juga terbuat dari kulit kerang.

biasanyakan banyak terbuat dari melamin, cor-coran, keramik dan lain sebagaianya nah, gimana jika terbuat dari kerang pasti bakalan terlihat lebih unik dan cantik.

Kerajinan Bros Dari Kulit Kerang

kerajinan kulit kerang
pinterest

Bros mungkin merupakan salah satu benda wajib yang harus di miliki oleh anak perempuan. Nah, biasanya bentuknya dari mulai yang cantic-cantik yang kebanyakan berbentuk bunga maupun karakter lainya.

Bahanyapun juga sangat bervariasi mulai dari kain, plastic, besi dan lain sebagainya. Namun apa jadinya jika bahanya adalah kulit kerang ya?

Kalian kaum hawa khususnya yang gampang banget bosan dengan tampilan ynag gitu-gitu aja boleh nih di cobain bros dari kulit kerang atau cangkang keong.

Bros dari kulit kerang juga nggak kalah cantic dengan bros lainnya dan juga cocok banget buat di pakai di baju, kerudung, tas dan lain sebagainya.

Hiasan Dinding Dari Kulit Kerang

kerajinan kulit kerang
craftideas.info

Hiasan dinding bisa juga kita buat dari kerang, yang pada umumnya biasanya berbentuk frame atau pigura dengan kolaborasi macam-macam kulit kerang yang di bentuk menjadi berbagai macam pola.

Seperti bunga, hewan, mosaic atau hanya sebagai background dari sebuah foto maupun menjadi piguranya saja.

Dari segi ukurannyapun juga sangat bervariasi tergantung selera kalian ya!

Tirai Dari Kulit Kerang

kerajinan kulit kerang
diyready.com

Tirai dari kulit kerang banyak juga di buat dengan cara menyusun atau merangkai kulit kerang atau rumah kelomang yang sudah kosong dengan seutas tali senar yang sudah di ukur sama panjang.

Untuk membuatnya menjadi lebih unik lagi kalian bisa membuat selang-seling susunannya antara  kulit kerang satu dengan lainnya.

Pastikan juga kerang yang kalian pilih juga sudah di bersihkan dan di berikan pawarnaan ynag serasi.

Tirai dari kulit kerang bisa menggantikan tirai di rumah kalian yang sudah usang maupun jika kalian ingin ganti konsep nuansa natural tirai dari kulit kerang bisa menjadi alternatif.

Tirai yang ternuat dari kulit kerang ini juga sangat cocok untuk di pasang di gazebo-gazebo di pinggir pantai buat hiasan supaya kesan pantainya bisa dapat.

Mainan Dari Kulit Kerang

kulit kerang
ebay.com

Kulit kerang tidak hanya bisa di buat menjadi beberapa benda keren di atas. Kulit kerang bisa juga di jadikan serbagai mainan anak-anak. Hmm, lebih tepatnya sih buat pajangan di rumah sih.

Namun di sini mainan yang di maksud adalah berupa mainan yang berbentuk replika bentuk hewan yang di bentuk dari kulit kerang.

Emangnya bisa? Bisa banget dan pasti hasilnya nggak kalah menarik serta unik banget pastinya.

Jika kalian suka main atau piknik di pantai coba deh main-main ke warung yang nge-jual souvenir pasti bakalan kalian temuin replika dari hewan atau bentuk mainan lainnya dari kulit kerang.

Kalau beberapa benda di atas tadi lebih ke nilai fungsi sesekali kita harus melihat karya kerajinan kulit kernag yang satu ini dari sisi nilai estetiknya juga.

Gantungan Kunci Dari Kulit Kerang

gantungan kunci dari kulit kerang
postila.ru

Dengan limbah kulit kerang kalian bisa juga membuat gantungan kunci yang super imut seperti ilustrasi gambar di atas ya teman-teman.

Jika di perhatikan baik-baik pembuatannyapun tidak begitu rumit ya, hanya kalian perlu memperhatikan detail serta pemilihan kerang serta memberikan pewarnaan yang baik juga.

Material kerang yang di butuhkan juga tidak terlalu banyak dong, sehingga kalian bisa memproduksinya secara masal (jika memiliki banyak material kerangnya) dan syukur-syukur kalian bisa melihat peluang bisnisnya supaya bisa di jual dan menghasilkan uang.

Hiasan Pintu Dari Kulit Kerang

hiasan pintu dari kerang
nacrestike.ru

Yang terakhir adalah hiasan pintu yang terbuat dari kulit kerang. Jika kalian bosan dengan desain hiasan pintu kalian yang itu-itu saja maka membuatnya dengan material kulit kerang bisa kalian coba.

Hasilnya pun sangat wadidaw sekali unik nan cantik tentu saja supaya kalian juga merasa tidak cepat bosan.

Penutup

Mungkin bebrapa dari kita bisa membuat benda kerajinan dari dari kulit kerang dengan mudah. Namun, beberapa lainnya mungkin sedikit kesulitan.

Namun jangan khawatir karena di situs berbagi video tenama Youtube kalian bisa menemukan banyak sekali tutorial bagaimana cara membuat kerajinan dari kulit kerang.

Jangan takut mencoba karena membuat benda kerajinan adalah kegiatan yang sangat mengasyikan untuk di lakukan bersama teman maupun keluarga.

Nah, teman-teman itu tadi beberapa informasi mengenai beberapa contoh benda kerajinan yang bisa di hasilkan dari kulit kerang.

Semoga informasi yang fatasama bagikan ini bisa bermanfaat dan bias menjadi tambahan wawasan buat teman-teman semuanya. Selamat mencoba di rumah teman-teman semuanya.

Sekian, sampai jumpa pada pemahasan berikutnya.

Kerajinan Kulit Jagung

akmal daud
6 min read

Arti Kata Wibu

akmal daud
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.