Kerajinan Tanah Liat

Tanah liat atau lempung merupakan jenis tanah yang cukup mudah kita temukan di Indonesia. Dan sudah banyak kerajinan tanah liat yang beredar di pasaran.

Tanah yang mempunyai hitam keabuan atau kemerah-merahan ini mempunyai sifat yang mudah kita bentuk. Nanti jika sudah di bakar warnanya akan berubah menjadi merah-orange.

Dan tanah satu ini memang sudah sejak dulu banyak digunakan oleh masyarakat dalam menghasilkan berbagai macam karya seni.

Tanah liat merupakan tanah yang mempunyai tekstur lentur dan juga lembab, namun begitu ia mendapatkan ‘proses pembakaran’, teksturnya akan berbanding terbalik dengan tekstur awal, yakni menjadi sangat keras.

Untuk saat ini, ada banyak sekali jenis kerajinan tanah liat. Di mana, hasilnya bukan hanya digunakan sebagai hiasan atau dekorasi rumah semata.

Melainkan juga dapat digunakan untuk membuat keramik, genteng, batu bata, permainan anak, dan lain sebagainya. Dan semua alat-alat tersebut dibuat dengan membakar tanah liatnya.

Jenis-Jenis Tanah Liat

jenis jenis tanah liat

Selama ini, mungkin kita masih tidak menyadari, bahwa ternyata tanah liat ini mempunyai beberapa jenis.

Bentuknya yang terkesan sama saja memang membuat kita tidak menyadari hal tersebut.

Adapun untuk ragam tanah liat yang banyak digunakan oleh para pematung, seniman, hingga pengrajin ada beberapa. Berikut di antaranya.

  • Tanah liat yang meski kamu campurkan dengan air. Atau istilah kerennya itu Water-based clays . tanah liat satu ini mempunyai tekstur yang lembut, sangat mudah dibentuk, dan tidak mudah kering.
  • Tanah liat yang kamu campurkan dengan minyak dan lilin, atau oil based clays. Jadi, selain bisa dicampurkan dengan air, ternyata ada juga tanah liat yang dicampurkan dengan minyak dan lilin. Kalau jenis tanah liat yang satu ini adalah salah satu jenis tanah liat yang tidak dapat digunakan untuk membuat keramik. Hal ini karena jenisnya yang tidak dapat dibakar.
  •         Jenis berikutnya adalah ceramic clays, ataupun tanah liat keramik.
  •         Dan terakhir ada polymer clays ataupun tanah liat yang dicampurkan dengan PVC. Jenis satu ini banyak digunakan untuk bagian seni dan kerajinan tangan. Hingga dekoratif.

Manfaat Tanah Liat

Diantara manfaat dari tanah liat secara umum antara lain adalah :

  1. Sebagai bahan baku bahan bangunan.
  2. Bahan baku kerajinan tanah liat

Contoh Kerajinan dari Tanah Liat

Untuk saat ini, sudah banyak sekali contoh kerajinan tanah liat yang dapat kamu temukan di pasaran. Berikut adalah contoh-contohnya.

Gerabah

kerajinan dari tanah liat

Contoh kerajinan tanah liat berikutnya adalah gerabah. Jenis tanah liat dalam proses pembuatan gerabah adalah tanah liat yang teksturnya lengket dan mudah sekali kamu bentuk.

Dan perlu kamu ketahui, bahwasanya dalam proses pembuatan gerabah, tanah liatnya akan melalui tahap pembakaran terlebih dahulu.

Proses pembakaran ini harus dilakukan di atas suhu 10000 derajat celcius. Hal ini agar kualitas gerabahnya bagus dan mengeras secara sempurna.

Kerajinan tanah liat satu ini kerap kamu temukan sebagai penghias rumah. Misal, pot, kendi, guci, dan lain sebagainya. (pembahsan detailnya di bawah ya hehe :D)

Untuk ukurannya sendiri terbilang sangat bervariasi. Ada yang super kecil, dan ada pula yang sebaliknya. Perbedaan ukurannya ini pun sangat berpengaruh terhadap harganya.

Sehingga, harga dari gerabah juga bervariasi. Dan biasanya, harga gerabah-gerabah itu start dari sekian ribu sampai jutaan.

Bagi kamu yang suka mendekorasi rumah, tentu tidak ada salahnya jika menggunakan gerabah sebagai hiasan.

Karena gerabah-gerabah ini siap menyulap rumah kamu menjadi lebih indah berwarna.

Bahkan, saking banyaknya corak dari gerabah, kamu bisa menyesuaikan coraknya dengan kondisi rumah. Sederhana bukan?

Pot Bunga

kerajinan tanah liat

Salah satu contoh kerajinan tanah liat adalah pot bunga. Sampai detik ini, pot bunga yang terbuat dari tanah liat sangat tinggi peminatnya.

Dengan bentuk yang terbilang kecil, motif keren menjadikannya sangat cocok apabila kamu letakkan di atas meja sebagai hiasan.

Untuk bentuknya sendiri sangat bervariasi. Mulai yang bentuknya seperti manusia atau binatang.

Ukuran-ukuran yang digunakan dan dipilih juga sangat imut. Sehingga, ketika ada pot bunga dari bahan keramik ini kamu letakkan di rumah, tentu kan membuat suasana rumah menjadi lebih menarik.

Kerajinan tanah liat ini sangat pas jika kamu tata di atas meja belajar, rak khusus, meja tamu, dan juga jendela rumah. Tinggal bagaimana kamu mentahnya saja.

Guci

kerajinan tanah liat

Salah satu kerajinan tanah liat yang cukup banyak peminatnya adalah Gucci. Karena keberadaannya bisa membuat tampilan rumah kamu jauh lebih cantik.

Dan jika meminjam istilah anak-anak masa kini adalah estetik. Dan yang paling menarik adalah, guci pernah menjadi salah satu peralatan atau hiasan yang tampil dalam acara International Furniture Exhibition ataupun IFEX pada tahun 2019.

Maka, guci yang mempunyai ukuran besar dapat langsung kamu letakkan di atas lantai. Tepatnya pada bagian pojok ruangan.

Sementara guci-guci yang ukurannya kecil bisa kamu letakkan saja di atas meja langsung.

Peralatan Dapur

kerajinan tanah liat

Kerajinan tanah liat yang selanjutnya adalah peralatan dapur. Adapun bentuknya cukup beragam, seperti mangkok, gelas, piring, garpu, sendok, dan lain sebagainya.

Tentu, jika kamu lakukan perbedaan antara bentuk perlengkapan dapur yang terbuat dari plastic atau stainless steel, bentuknya pasti akan sangat berbeda.

Hal ini karena benda yang terbuat dari tanah liat pasti bisa tampil dengan sangat bagus.

Bahkan ketika teraplikasi menjadi barang-barang dapur, ia bisa menghasilkan perlengkapan yang super unik dan sudah pasti berkualitas.

Jika sudah begini, maka sudah pasti bentuk dapur kamu akan terlihat lebih menarik. Karena di dalamnya terdapat peralatan dapur yang unik-unik.

Maka, dapat kita lihat, bahwasanya kerajinan tanah liat yang teraplikasikan ke perlengkapan dapur atau yang lainnya.

Bukan hanya semata-mata mempunyai nilai fungsional, melainkan juga mempunyai keindahan atau estetik yang cukup tinggi.

Untuk sekarang, kamu tidak perlu lagi repot-repot dalam memilih bentuk perlengkapan dapur ya. Pilih saja perlengkapan dan peralatan dapur dari tanah liat tadi.

Pasti hasilnya bakalan cakep banget deh.

Patung

kerajinan dari tanah liat

Benda kerajinan tanah liat lainnya adalah patung bentuknyapun juga bermacam-macam mulai dari manusia, binatang maupun berbentuk abstrak.

Biasanya karya seni patung tanah liat dengan berbagai macam bentuk ini banyak di gunakan sebagai dekorasi baik di dalam maupun luar rumah.

Seni Ukiran

ukiran dinding dari tanah liat

Seni ukir yang tidak kalah unik ini bisa juga di buat dari tanah liat, biasanya ukiran dinding semacam ini banyak di pesan untuk dekorasi rumah. Bentuk ukirannya juga bermacam-macam mulai dari flora fauna maupun manusia.

Asbak Rokok

asbak tanah liat

Jika di sekitar lingkungan tempat tinggal kalian tanah liat mudah sekali di jumpai kalian bisa mencoba membuat asbak rokok.

Seperti yang kita tahu terkadang banyak orang yang merokok yang membuang abunya sembarangan karena memang tidak tersedia, alih-alih daripada membeli lebih baik membuatnya sendiri dari tanah liat.

Tentu saja untuk bentuknya pasti akan di buat sesuai dengan imajinasi kreatif kalian oleh karena itu, membuat kerajinan dari tanah liat selain menghemat juga bisa menumbuhkan nilai-nilai kreatifitas dari pembuatan asbak dari tanah liat.

Celengan

celengan dari tanah liat
antarafoto.com

Apakah kalian familiar dengan istilah “celengan” untuk sebagian orang pasti sudah tahu apa kegunaan dari celengan ini.

Buat kalian yang belum tahu celengan adalah tempat untuk “menabung” orang-orang pada zaman dahulu terutma di kampung. Hehe, itupun kalau kalian pernah mengalaminya. (kalau belum ya ini fatasama kasitau hehe).

Untuk bentuk celengan juga bermacam-macam mulai dari bentuk kendi sampai yang berbentuk binatang seperti ayam, kambing,sapi dan lain sebagainya.

Meskipun zaman sudah semakin maju perbank-an juga sudah menjamur namun pembuatan celengan dari tanah liat ini ternyata masih bertahan hingga kini.

Untuk menarik pembeli khususnya anak-anak, celengan di buat menyerupai karakter kartun yang sedang populer, seperti Doraemon misalnya.

Lampu Hias

lampu dari tanah liat

Kerajinan dari tanah liat bisa juga di gunakan untuk membuat hiasan dekorasi halaman di rumah kalian, apalagi jika rumah yang kalian tinggali memiliki desain rumah yang klasik.

Menggunakan tanah liat untuk membuat lampu hias untuk dekorsi taman bisa menambah kesan klasik di lingkungan rumah.

Tidak hanya itu, hiasan lampu bisa juga untuk di dalam rumah seperti lampu tidur, lampu belajar maupun lampu lainnya.

Selain bahannya yang langsung alam, juga warna tanah liat yang yang sudah kering khas berwarna merah atau orange menambah kesan klasik yang khas.

Mainan

kerajinan tanah liat

Untuk memunculkan nilai kreatifitas, bisa juga mengajak anak-anak kecil untuk membuat mainan dari tanah liat, selain kreatif membuat maianan dari tanah liat jika di tekuni bisa menjadi lahan bisnis tersendiri seperti membuat produksi mainan sekala besar untuk di pasarkan.

Kendi

kendi dari tanah liat
lazada

Kendi  atau sebagian orang menyebutnya “kendil” atau ceret merupakan salah satu tempat untuk menyimpan air atau kalau sekarang lebih akrab dengan nama teko.

Keberadaannya kini jarang sekali di jumpai karena sudah tergantikan dengan teko yang terbuat dari plastik maupun stainless steel yang lebih praktis penggunaannya.

Kendi mulai di tinggalkan karena di pandang kuno, jika pecah tidak bisa di gunakan kembali, namun jika kalian ingin merasakan sensasi klasik bisa juga mencoba minum menggunakan kendi.

Gentong

Gentong adalah tempat menyimpan air yang juga terbuat dari tanah liat namun fungsinya berbeda dari kendi, gentong bisa menampung air lebih banyak di bandingkan dengan kendi.

Keberadaan dari gentong kini sudah di gantikan oleh adanya ember maupun gentong maupun gentong dengan bahan plastik.

Tungku Api / Anglo

anglo, tungku arang, tanah liat
bukalapak

Anglo atau tungku juga merupakan salah satu benda yang bisa di hasilkan dari tanah liat, benda yang satu ini juga bisa berfungsi seperti mana kompor, yang membedakannya adalah cara pembakarannya yang manual.

Namun sekarang anglo lumayan susah untuk di temukan, mungkin jika kalian bermain ke pasar tradisional di kampung masih bisa mendapati benda ini.

Jika di tinjau dari sisi historis anglo sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit di mana pada masa itu Majapahit terkenal memiliki peradaban yang yang maju akan pembuatan benda-benda dari tanah liat atau tarakota.

Genteng

kerajinan dari tanah liat

Jika kalian adalah orang-orang yang tinggal di luar Pulau Jawa jika berkesempatan berkunjung ke Jawa, terutama di perkampungannya masih bnayak sekali terdapat rumah di sana yang menggunakan genteng yang terbuat dari tanah liat.

Meskipun sekarang sudah jarang di gunakan di perkotaan, kalian bisa menemukannya di perkampungan di Jawa rumah-rumah dengan atap genteng dari tanah liat.

Bagi sebagian orang mungkin terasa ribet dan mengeluarkan ongkos yang lebih jika menggunakan genteng dari tanah liat, namun untuk urusan kualitas genteng tanah liat jauh lebih tahan lama di bandingkan asbes maupun seng.

Batu Bata

batu bata dari tanah liat

Batu bata jug merupakan salah satu bahan baku untuk membuat sebuah bangunan. Bukan tanpa alasan mengapa batu-bata.

Selain dari segi biaya yang lebih ekonomis, menggunakan bata sebagai salah satu bahan baku bangunan karena batu bata dari tanah liat memiliki karakteristik kokoh, mampu menyerap panas dengan baik, dan juga tahan lama tentunya.

Selain beberapa contoh di atas, masih ada sih beberapa contoh kerajinan tangan tanah liat lainnya. Hanya saja, saya rasa contoh-contoh di atas sudah sangat mewakili contoh lainnya.

Hiasan Dinding

Tanah liat merupakan salah satu bahan yang kerap terlihat ‘kotor’ bagi sebagian orang.

Namun siapa yang sangka, jika akhirnya benda kotor tersebut bisa tampil dengan anggun menghiasi dinding rumah kamu. Ia kan?

Ya, tentu, agar tanah liat ini bisa tampil anggun di sudut-sudut rumah kamu, perlu yang namanya tangan terampil.

Karena hanya tangan-tangan tersebutlah yang dapat menyulap tanah liat menjadi indah dan bernilai. Bahkan harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Proses Pembuatan Kerajinan dari Tanah Liat

cara membuat kerajinan tanah liat

Nah, dalam proses pembuatannya, secara garis besar ada beberapa langkah atau tahapan yang bisa di lakukan.

Seperti pengambilan tanah liatnya, kemudian mempersiapkan tanah liat yang akan kamu gunakan.

Lalu masuk ke tahap pembentukan, penjemuran, pembakaran, dan yang terakhir adalah penyempurnaan.

Hal ini agar hasilnya maksimal dan mempunyai nilai estetika yang sangat tinggi. Demikian proses singkat seputar proses pembuatan kerajinan tanah liat yang harus kamu tahu.

Daerah Pengrajin Tanah Liat di Indonesia

Jika teman-teman pernah berwisata ke Kota Jogjakarta rasanya nggak afdol nih kalau belum mengunjungi desa wisata kasongan, berlokasi tepatnya di Kabupaten Bantul.

Kawasan ini di kenal dengan sentra atau pusatnya pengrajin tanah liat. Mengapa demikian? karena sebagian besar masyarakatnya berprofesi menjadi pengrajin tanah liat.

Jika main ke desa wisata kasongan mata kalian akan di manjakan oleh pemandangan showroom kerajinan tanah liat di sepanjang jalan di desa wisata kasongan mulai dari yang besar sampai yang kecil.

Jenis produk yang di jual juga sangat beragam mulai dari benda yang bersifat fungsional maupun produk-produk yang sifatnya sebagai hiasan atau dekorasi rumah.

Desa wisata kasongan ini di kenal selain karena produk kerajinan tanah liatnya, produknya juga sudah Go-Internasional.

Tidak heran jika orang di tanya tentang “Kabupaten Bantul” pasti banyak yang familiar dengan desa wisata kasongan kalo nggak ya di jawab “yang banyak pengrajin gerabahnya itu kan?”

Penutup

Baiklah, itu tadi merupakan beberapa informasi seputar kerajinan tanah liat yang bisa fatasama sajikan buat kalian semoga tulisan sederhana ini bisa memperkaya informas yang kita miliki.

Jika kamu tertatik dengan kerajinan-kerjinan di atas, maka kamu bisa loh menjadikannya sebagai ide bisnis. Semoga bermanfaat.

Terimakasih sudah berkenan mambaca, sampai jumpa pada pembahasan artikel lainnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.