Kerajinan Tangan Dari Koran

4 min read

kerajinan tangan dari koran

Kerajinan tangan dari koran – Halo semuanya ketemu lagi dengan fatasama. Pada kesempatan kali ini fatasama bakalan ngebahas seputar kerajinan tangan yang bisa di hasilkan dari koran bekas.

Koran merupakan salah satu media penyampaian barbagai macam informasi terupdate mulai dari informasi seputar politik, olahraga, cuaca, info lowongan pekerjaan, kriminalitas dan berbagai macam info lainnya.

Seperti yang kita ketahui bahwasanya zaman semakin maju untuk mengetahui informasi orang sudah banyak yang mulai meninggalkan koran.

Orang-orang beralih kepada media-media online yang menyediakan informasi terupdate yang bisa dengan mudah kita akses lewat smartphone kita.

Mengapa Koran di Tinggalkan?

limbah koran

Ada beberapa jawaban mengenai mengapa koran mulai di tinggalkan, di antaranya adalah :

Pembaca atau peminatnya yang mulai berkurang, karena kebanyakan pembaca koran biasanya laki-laki berusia 30-60 th.

Di sini aku sebut aja usia bapak-bapak sampai kakek-kakek. Menurut pengalaman sehari-hariku sih.

Di samping itu mereka adalah  generasi yang pada zamannya mereka belum ada teknologi secanggih seperti zaman sekarang.

Yup, tentu saja untuk memperoleh informasi terupdate mereka masih mengandalkan koran.

Alasan lainnya adalah mulai menjamurnya media-media online yang kini sudah banyak sekali menyediakan berita-berita terupdate, jadi sekarang koran jadi di tinggalkan tapi nggak semua ya teman-teman.

Manfaat Limbah Koran Bekas

kerajinan tangan dari koran

Jika kalian di rumah memiliki sampah koran bekas yang cukup banyak menumpuk apalagi, jangan segera di buang gitu aja ya teman-teman.

Mengapa? Karena dengan sedikit sentuhan ide kreatif limbah sampah dari koran bisa di manfaatkan menjadi benda kerajinan tangan.

Tentu saja hal ini juga akan sangat bermanfaat selain dari segi nilai fungsi maupun ekonomi.

Misal di buat tempat tisu dari koran bekas, pigura, tempat pensil atau benda-benda yang bisa bermanfaat untuk keseharian kita lainnya.

Kerajinan Tangan Yang Bisa di Hasilkan Dari Koran Bekas

Baiklah mari kita simak benda kerajinan tangan apa saja sih, yang bisa di hasikan dari memanfaatkan atau mengolah koran bekas.

Apa saja benda kerajinan tangan dari koran bekas? mari simak penjelasannya berikut ini!

Perahu Mainan Dari Koran Bekas

kerajinan tangan dari koran
pinterest.co.uk

Nah, ini dia karya kerajinan tangan pertama yang bisa di hasilkan dari koran bekas.

Siapa yang dulu waktu sekolah pernah membuat kerajinan tangan dari koran bekas? Eh penulis juga pernah sih waktu kelas 5 sekolah dasar.

Setiap siswa di suruh cari koran bekas banyak yang ternyata usut punya usut para siswa di suruh membuat mainan apa saja tapi dari bahan koran bekas ynag sudah nggak terpakai.

(prakarya lah kalau klean nggak tau).

Nah, kebetulan waktu itu mainan yang akan aku buat adalah kapal-kapalan.

Lukisan Siluet Dari Koran

kerajinan tangan dari koran
Sumber: koleksi pribadi/gambar punya rini apriani teman sekelas asal tasikmalaya.

Kora-koran bekas kalian bias juga di manfaatkan jadi lukisan siluet yang sangat cocok sekali buat di jadikan sebagai hiasan di rumah teman-teman. Di ruang tamu misalnya.

Seperti gambar di atas misalnya. Itu gambar btw sudah terlihat agak usang maklum emang sudah lama banget hehe dari awal kuliah sampai lulus.

Jam Dinding Dari Koran Bekas

kerajinan tangan dari koran
pinterest

Membuat  kerajinan tangan dari koran bekas berikutnya salah satunya bisa di buat jam dinding hiasan dari si koran bekas ini.

Frame Dari Koran Bekas

kerajinan tangan dari koran
instructables.com

Bisa juga di buat frame lucu dari koran-koran bekas. Selain menghemat biaya untuk membeli frame hal ini bisa juga membuat konsep frame foto menjadi terasa lebih unik dan kreatif.

Baca juga :

Alas Cangkir Dari Koran Bekas

kerajinan tangan dari koran
omahkreatif.com

Berikutnya ada alas cangkir yang terbuat dari koran bekas. Jika biasanya alas dari cangkir terbuat dari tatakan kayu dan kain.

Nah, jika kalian bosan dengan alas cangkir yang gitu-gitu doang kalian bisa juga nih coba-coba.

Pembungkus Kado Dari Koran

kerajinan tangan dari koran
bobvila.com

Adapun salah satu pemanfaatan koran bekas lainnya adalah dengan menjadikannya sebagai pembungkus kado.

Hasilnya juga nggak kalah cantik jika di bungkus menggunakan kertas koran ya teman-teman.

Bucket Bunga Dari Koran

kerajinan tangan dari koran
stylesatlife.com

Punya pacar? pengen anti mainstream pas kasih bunga ke mereka? mungkin bucket bunga dari kertas yang satu ini bisa menjadi inspirasi gift antimainstream buat pacar kalian ya!

Peckaging Makan

kerajinan tangan dari koran
jateng.tribunnews.com

Nah, yang satu ini cukup sering banget kita temui di negeri Indonesia tercinta ya teman-teman.

Yah, sebut saja untuk membungkus nasi bungkus maupun gorengan masih sering banget kita temui menggunakan koran bekas.

Atau nggak kalau kalian sebagai mahasiswa dan sering pergi di angkirngan (kalau kalian kuliah di Jogjakarta) pasti kalian akan sering menemui bungkusan nasi pakai koran, yup nasi kocheng.

Eits, namun nggak langsung koran gitulah, tetap di lapisi sama kertas minyak dong. Kalau nggak gitu nanti nggak sehat dong.

Namun sekarang banyak juga yang sudah beralih menggunakan pembungkus lain seperti plastik.

Tatakan Handphone

kerajinan tangan dari koran bekas
blog.igi.or.id

Tatakan handphone bisa juga loh di buat dari koran bekas, lumayankan nggak perlu beli. Cukup memanfaatkan ide kreatif kaliana aja. Hehe.

Globe Dari Koran Bekas

Kalian tahu kan miniatur bola dunia “Globe” benda yang satu ini bisa juga di buat dengan menggunakan kertas koran bekas loh.

Bunga Dari Koran Bekas

kerajinan tangan dari koran
pinterest

Membuat bunga hiasan ternyata bisa juga kita buat dengan menggunakan koran bekas.

Kalung Bunga Dari Koran Bekas

Untuk mengakali jika kalian malas membuat kalung bunga dengan bunga kalian bisa mengakali dengan membuatnya dengan koran bekas.

Hiasan Dinding Dari Koran Bekas

Hiasan dinding keren bisa juga kita buat dari bahan koran bekas loh ternyata

Tempat Pensil Dari Koran Bekas

Tempat pensil baik yang berbentuk kotak (kotak pensil) yang sering kita bawa ke sekolah maupun yang berbentuk tabung untuk menaruh pensil di atas meja belajar kita.

Kotak Tisu Dari Koran

kerajinan tangan dari koran bekas
esty.com

Kotak tisu yang kita ketahui di gunakan sebagai wadah tisu ini biasanya banyak kita temui di rumah orang-orang banyak di buat dari kayu, plastik maupun bahan solid lainnya.

Namun siapa sangka jika kotak tisu bisa juga kita buat dengan memanfaatkan limbah koran bekas sebagai bahan pembuatannya.

Hasilnya juga tidak kalah keren dengan bahan lainnya lho.

Wallpaper Dari Koran Bekas

wallpaper dari koran
amazon.com

Wallpaper dinding bisa juga loh di buat jadi dinding terkesan jadi kaya studio foto gitu. Keren bangetlah pokona mah. Bukan wallpaper hp yah, wkwkwk.

Tas Belanja Dari Koran Bekas

kerajinan tangan dari koran bekas
reatemedia.blog67.fc2.com

Nah, ini itung-itung buat membantu mengkampanyekan kebersihan lingkungan dari sampah plastik ya teman-teman.

Bisa juga dong membuat tas belanja dari koran bekas selain membantu mengurangi sampah plastik tas yang di hasilkan dari kerajinan tangan dari koran bekas ini bisa berkali-kali kita pakai.

Dari segi tampilan juga keren dan unik loh pastinya kreatif juga.

Pot Bunga Dari Koran Bekas

kerajinan tangan dari koran bekas
sawshub.com

Pot bunga  secara umum banyak di buat (bahan pembuatannya) dari plastic, maupun tana liat. Namun siapa sangka jika pot bung bisa juga di buat dari bahan koran bekas.

Gimana, lucu banget nggak sih?.

Rumah-rumahan Dari Koran Bekas

benda kerajinan lainnya yang bisa kalian buat dari koran bekas adalah mainan rumah-rumahan.

Membuat mainan dari koran bekas di percaya bisa juga mengasah kreatifitas yang kita punya loh.

Apalagi anak-anak zaman sekarang yang sudah malas-malasan yang hanya terpaku sama gadget saja. Padahal kalau bisa memanfaatkan koran bekas menjadi benda kerajinan kan bisa juga menghasilkan nilai ekonomi.

Penutup

Nah, teman-teman itu dia sedikit pembahasan mengenai benda atau barang kerajinan tangan yang bisa di hasilkan dari koran-koran bekas.

Dari pada nganggur tidak terpakai atau malah di buang sia-sia tanpa menghasilkan apapun lebih baik di buat menjadi sebuah benda kerajinan yang memiliki nilai fungsi maupun nilai jual.

Semoga informasi yang fatasama sampaikan bisa menambah wawasan kita semua. Jika ingin lebih teratantang lagi kalian bisa coba eksperimen buat kerajinan tangan dari koran di rumah ya teman-teman!

Sekian semoga bermanfaat terimakasih sudah berkenan berkunjung dan membaca. Sampai ketemu pada pembahasan berkutnya. Babai.

Kerajinan Kulit Kerang

akmal daud
7 min read

Kerajinan Kulit Jagung

akmal daud
6 min read

Arti Kata Wibu

akmal daud
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.