Kerajinan Tangan Dari Sabun

4 min read

kerajinan tangan dari sabun

Halo teman-teman semuanya pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kerajinan tangan dari sabun.

Jenis kerajinan yang satu ini terdengar lumayan asing bagi saya awalnya. Hehe. Saya nulis ini teringat adik saya yang masih duduk di sekolah dasar dan dapat tugas prakarya membuat kerajinan tangan dari sabun.

Pertama kali dengar sih responku agak,

“Eh kerajinan tangan dari sabun?”

“Emang bisa ya?”

“Gimana cara buatnya yak?”

“Sabun yang di pakai sabun life*uoi, n*vo?”

Pokonya kalo di ingat-ingat bisa 5w + 1h pertanyaan yang aku simpan di dalam fikiran.

Dulu emang nggak terfikir sih tapi pas adikku mulai membuat karya kerajinannya aku baru percaya ternyata bisa juga membuat benda kerajinan menggunakan sabun batangan.

Meskipun hasilnya enggak bagus-bagus amat sih, hasilnya. Waktu itu adikku membuat mobil wal hasil nggak mirip sama sekali.

kerajinan dari sabun
theresjustonemommy.com

Gambarnya kira-kira seperti gambar referensi di atas, hehe maklum namanya juga tugas prakarya anak SD.

Okedeh, supaya nggak bertele-tele mari kita langsung ke pembahasannya saja. Mari simak penjelasanya berikut ini.

Pengertian Kerajinan Tangan Dari Sabun

Kerajinan tangan dari sabun merupakan salah satu macam kerajinan dari sekian banyak jenis kerajinan yang menggunakan sabun batangan sebagai bahan baku pembuatannya.

Membuat sabun sebagai bahan kerajinan merupakan alah satu kegiatan yang menyenangkan yang bisa coba kalian lakukan untuk mengisi waktu kosong di rumah.

Alat dan Bahan Untuk Membuat Kerajinan Dari Sabun Batangan

kerajinan tangan dari sabun

Berikut ini merupakan beberapa alat dan bahan yang di perlukan jika kalian ingin merubah sabun batangan menjadi benda kerajinan unik dan keren.

Alat & Bahan

  • Sabun (bisa merek apa aja yang batangan yak!)
  • Cutter
  • Korek api
  • Tisu
  • Kain lap
  • Sendok

Teknik Pembuatan

teknik pouring and melting
arts.japonmina.com / practicalselfreliance.com
  • Teknik Cetak dan Leleh (pour and melt)

Cara pembuatannya dengan mencairkan sabun batang yang sudah di potong menjadi beberapa bagian kecil,

lalu setelah sabun batang menjadi cair kalian bisa menuangnya ke dalam cetakan yang sudah di siapkan.

Jika teman-teman suka menggunakan teknik yang satu ini juga sangat di rekomendasikan bagi teman-teman kurang piawai atau nggak sabar menggunakan teknik ukir.

  • Teknik Ukir

Seperti namanya, “Teknik Ukir” adalah teknik yang cara pembuatannya dengan cara langsung mengukir sabun batangan dengan pola yang sudah kita siapkan dengan sendok, cutter maupun peralatan lainnya.

Bagi pemula menggunakan teknik ini terasa sedikit sukar ya teman-teman. Sebenarnya untuk menggunakan teknik ukir hanya memerlukan kesabaran serta telaten.

Dari segi hasil dari kedua teknik ini sangat jauh berbeda, teknik cetak dan leleh hasilnya akan lebih rapi di bandingkan teknik ukir.

Namun itu semua kembali lagi kepada teman-teman telaten dan enggaknya dalam membuat karya.

Supaya teman-teman lebih memahami mari saksikan video di atas ya!

Megapa Kerajinan Tangan Dari Sabun Batang?

kerajinan tangan dari sabun

Ada beberapa alasan mengapa membuat kerajinan tangan dari sabun menjadi salah satu pilihan atau alternatif di bandingkan dengan media lainnya diantaranya adalah,

  • Sifat bahannya yang meskipun keras namun lentur atau elastis.
  • Bahanya yang mudah di peroleh (sabun batangan murah btw).
  • Teknik pembuatannya yang cukup mudah.
  • Sisanya bisa kalian tambahkan di comment yak. Hehe!

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Sabun Batang

sabun batang

Namun ada juga sih, beberapa kekurangan dan kelebihan menggunakan sabun batang sebagai bahan baku pembuatan kerajinan. Yuk simak apa aja!

Kelebihan

  • Mudah di bentuk.
  • Bahan yang bisa di peroleh di mana-mana.
  • Harga bahan yang sangat terjangkau.
  • Baunya yang harum

Kekurangan

  • Tidak tahan air
  • Ketahanan yang kurang baik

Fungsi Kerajinan Dari Sabun Batang

  • Sebagai hiasan
  • Sebagai Pengasah Keterampilan dan Kreativitas (anak)

Contoh Kerajinan Tangan Dari Sabun

Kerajinan Tangan Dari Sabun – Bentuk Benda

  • Asbak
  • Mobil
kerajinan dari sabun
etsy.com

Untuk membuat mobil dari sabun batang kalian bebas ingin menggunakan cara apapun, baik teknik melt and pour  maupun teknik ukir.

  • Boneka
kerajinan sabun batang
granvelada.com
  • Patung

Kerajinan Tangan Dari Sabun – Bentuk Hewan

  • Tikus
  • Kura-kura
kerajinan tangan dari sabun
boredart.com

Kura-kura atau penyu (maap kalau salah yak!). Sebenarnya tau sih perbedaanya, nah bisa juga kalian buat dari sabun.

Jika belum expert kalian bisa membuatnya seperti contoh gambar di atas dengan tingkat detail yang masih lumayan sederhana.

  • Ikan
kerajinan sabunbatang
reddit.com

Seperti referensi di atas kalian bisa juga membuat beberapa objek benda yang akan di buat dengan bentuk-bentuk yang cukup sederhana.

  • Gajah
saboariaartesanallucrativa.com.br

Bentuk hewan berikutnya yang bisa kalian buat adalah gajah. Mungkin gambar ilustrasi di atas terlalu perfect, namun bisa juga kok jika teman-teman mau sedikit telaten dan sabar.

kerajinan tangan dari sabun
etsy.com

Solusi lainnya jika teman-teman kesulitan dengan referensi-referensi benda kerajinan dari sabun di atas mungkin ilustrasi di atas bisa menjadi referensi bentuk yang bisa di tiru.

Yup, bentuk-bentuk simpel dari beberapa objek seperti ikan, beruang, kue, bunga mawar, kelinci, kerang dan lain sebagainya di versi simpelnya.

Kerajinan Tangan Dari Sabun – Bentuk Makanan

  • Kue
kerajinan sabun batang
brambleberry.com

Melihat gambar ilustrasi di atas jangan sampai tertipu teman-teman. Memang  jika di lihat sekilas tampak menggiurkan sekali bukan?

Yup, itu adalah sabun batangan yang di bentuk sedemikian rupa menjadi cake. jangan di makan ya teman-teman.

  • Honeycomb
kerajinan dari sabun
yourbeautyblog.com

Honeycomb yang di buat dari sabun. Bagaimana?, apakah sudah terlihat seperti sarang madu?

Hmm, namun gambar ilustrasi di atas belum cukup menggoyahkan iman kalian untuk memunculkan rasa pengen memakannya kan. Hehe.

Kerajinan Tangan Dari Sabun – Tumbuhan

  • Bunga
kerajinan tangan dari sabun
etsy.com

Gimana teman-teman bagus banget kan kerajinan tangan yang satu ini. Terlihat sangat realis atau mirip dengan bunga sekulen jika di pandang sekilas.

Untuk membuatnya pasti cukup rumit dan juga membutuhkan kesabaran. Jelas aja kalo nggak nggak bakalan bisa jadi sekeren itu teman-teman. Hehe.

Kerajinan tangan dari sabun bisa juga menjadi alternatif gift atau hadiah yang bisa kalian berikan untuk orang-orang tersayang di hari spesial seperti hari ulang tahun ataupun moment-moment lainnya.

  • Bunga Mawar
kerajinan tangan dari sabun
amazon.com

Bunga mawar yang terbuat dari sabun ini juga nggak kalah keren teman-teman. Di lihat dari sisi manapun tetap keren, dari sisi bentu maupun detailnya.

Tapi ya itu, pasti bakalan membutuhkan waktu yang cukup lama harus sabar banget pokonya.

Jika ingin terlihat lebih bagus lagi teman-teman bisa juga menyesuaikan pemilihan warna sabunnya dengan objek benda yang akan di buat. Misalnya, sabun berwarna merah di buat bunga mawar, (seperti contoh di atas).

Kerajinan Tangan Dari Sabun – Bentuk Lainnya

  • Gelembung / Bubble

kerajinan tangan dari sabun

Aku nggak tau juga sih apakah gelembung sabun juga termasuk dalam kategori benda kerajinan atau nggak, yang jelas teman-teman bisa membuat mainan dengan biaya sangat murah.

Yup, dengan hanya memanfaatkan sabun saja kalian bisa bermain gelembung seharian, gimana teman-temanasik sekali bukan?

Baiklah teman-teman semua sebelum pembahasan ini berakhir saya akan mengingatkan teman-teman semua terutama di musim pandemi covid-19 ini jangan lupa selalu jaga kesehatan, jaga kebersihan, jaga jarak dan selalu cuci tangan menggunakan sabun.

Baca juga :

Penutup

Nah, itu dia teman-teman beberapa hal seputar kerajinan tangan dari sabun mulai dari alat dan bahan yang di perlukan serta beberapa contohnya.

Semoga informasi yang fatasama sajikan kali ini bisa menambah wawasan kepada kalian semuanya seputar kerajinan tangan.

Supaya bisa membuat kalian lebih tertantang kalian bisa mencoba membuat kerajinan tangan dari sabun di rumah untuk mengisi waktu luang kalian di rumah.

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca. Sampai jumpa pada pembahasan artikel berikutnya semoga bermanfaat. Babai.

Kerajinan Kulit Kerang

akmal daud
7 min read

Kerajinan Kulit Jagung

akmal daud
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.