Macam-Macam Poster

5 min read

macam-macam poster

Macam-macam poster – Fungsi utama sebuah poster adalah untuk menyampaikan pesan kepada audiens yang biasanya jika di jalanan mereka hanya memiliki sedikit waktu saja  untuk melihat poster kita.

Oleh karena itu pada saat mendesain sebuah poster, kita harus merencanakan konsep desainnya dengan cermat.

Kalian akan memiliki waktu singkat untuk menarik dan menarik perhatian audiens. Pikirkan satu aspek dari informasi yang harus menyampaikan pesan dan rencanakan desain kalian untuk itu.

Setelah kalian menentukan informasi yang paling penting, pikirkan tentang citra yang paling baik menyampaikan pesan yang akan kalian sampaikan secara visual.

Nah, pada kesempatan kali ini fatasama akan membahas tentang apa saja macam-macam poster berikut penjelasannya.

Pengertian Poster

DESAIN POSTER

Sebelum memasuki pembasan seputar macam-macam poster teman-teman harus ketahui terlebih tentang pengertian poster.

Poster adalah selembar kertas monokrom atau beraneka warna, biasanya di desain dengan komposisi teks dan gambar.

Poster juga bisa di artikan sebagai seni menyampaikan pesan dengan mengkombinasikan layout dan desain untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat luas.

Poster pada umumnya ditempatkan di area yang sesuai di ruang publik yang berfungsi untuk menyampaikan pesan kepada khalayak ramai.

Pada desainnya kalian bisa memasukan gambar baik yang besar maupun kecil sambil megkombinasikan warna dan layout yang bagus.

Penting juga untuk mengetahui jenis format apa yang akan digunakan. Berapa ukuran poster itu? Seberapa besar atau kecil? Itu akan membantu mempermudah kalian dalam hal penempatan gambar dan teks.

Pertimbangkan juga di mana poster akan ditampilkan dan apa ukuran dan bentuknya. Jelajahi alternatif dengan thumbnail untuk menemukan citra visual yang paling efektif dan dinamis. Hilangkan detail yang berlebihan.

Tentukan ukuran dan penempatan yang tepat untuk semua yang ada di poster, karena kalian biasanya bekerja dalam skala besar, perhatikan keseimbangan dan proporsi.

Sejarah Singkat Poster

Awalnya poster-poster itu berbentuk iklan atau surat edaran yang ditulis di papan kayu atau dinding. Ini terjadi di Yunani dan Italia.

Waktu yang tepat tidak cukup jelas. Poster-poster yang dikembangkan hari ini tentunya tidak dapat dipisahkan dari poster-poster lama yang ditemukan oleh Aloys Senefelder, di Munich pada tahun 1798.

Pada akhir 1800-an, para pelukis Henri de Toulouse-Lautrec dan Alphonse Mucha merilis poster dan memperbanyaknya dengan batu batu. Poster pertama Toulouse Lautrec dibuat pada tahun 1891. Salinan karya-karyanya sekarang sangat dihargai oleh kolektor dan museum seni.

Poster adalah salah satu bentuk iklan paling awal dan mulai berkembang sebagai media komunikasi visual di awal abad ke-19.

Poster mempengaruhi perkembangan tipografi karena mereka di rancang atau di desain untuk dibaca dari kejauhan dan membutuhkan jenis yang lebih besar untuk diproduksi, biasanya dari kayu atau logam (krangkanya).

Poster dengan cepat menyebar ke seluruh dunia dan menjadi pokok perdagangan desain grafis. Banyak seniman juga, seperti Henry Toulouse-Latrec dan Henry van de Velde, membuat poster.

Poster digunakan untuk mempromosikan berbagai partai politik, rekrutmen, mengiklankan produk, dan menyebarkan ide kepada masyarakat umum.

Banyak orang percaya bahwa poster adalah alat paling efektif untuk komunikasi dan kontribusi mereka pada bidang desain muncul dari upaya menyempurnakan poster.

Karena zaman yang sudah semakin maju poster kini tidak hanya di buat di media cetak saja, namun banyak juga yang tidak di cetak seperti poster di dunia maya atau intrnet yang tentu saja di buat dengan berbagai macam tujuan.

Fungsi & Tujuan Poster

Tujuan utama dari pembuatan sebuah poster adalah untuk menginformasikan informasi, himbauan, ajakan pada masyarakat luas.

Sedangkan fungsinya adalah dengan melihat poster yang kita buat mereka mejadi mengikuti apa yang kita himbau atau informasikan melalui poster yang kita buat.

lalu, poster yangbagus bagaimana?

Poster Yang Bagus Bagaimana?

jenis-jenis poster

Poster-poster di ruang publik (pilar, bangunan, jalan, tempat parkir, dll.) banyak juga di pengaruhi oleh banyak faktor seperti,

  1. Jenis lingkungan
  2. Kondisi pencahayaan
  3. Kondisi cuaca
  4. Persaingan atau kompetitor

Jumlah faktor yang mempengaruhi ini, dan kondisi kerangka kerja yang tidak selalu optimal, memiliki dampak besar pada visibilitas dan keterbacaan poster.

Semua faktor dapat menghasilkan karakteristik desain poster yang berbeda-beda tentunya juga terpengaruh oleh berbagai faktor yang sudah di sebutkan di atas.

Namun hal yang paling penting untuk dipertimbangkan untuk membuat desain poster yang baik antara lain:

  1. Format / Ukuran : umumnya, format besar lebih terlihat, tetapi poster yang lebih kecil, sangat cerah dan intensif warna lebih terlihat daripada poster besar, berwarna gelap.
  2. Warna Kertas / Latar belakang : gunakan warna terang, tidak terlalu berawan. Untuk warna yang lebih gelap, kontras harus dipertimbangkan
  3. Kontras : kontras kuat (mis. Kontras terang-gelap atau komplementer) sangat mencolok; Namun, kontras yang berlebihan harus dihindari
  4. Size dan motif yang mencolok : pilihan motif menarik dalam ukuran yang sesuai untuk format. Orisinalitas dan pengakuan harus menjadi pendorong
  5. Slogan : slogan yang paling efektif dan menarik, misalnya penjelasan, pertanyaan atau antitesis
  6. Jenis dan ukuran font : pilih font yang mudah dibaca dan sesuai dengan “karakter” poster
  7. Keterbacaan jarak jauh : semua poin yang disebutkan memiliki dampak besar pada persepsi poster. Konteks penggunaan (apakah iklan kota format besar atau poster kecil untuk bacaan sastra, biasanya tergantung di gedung) harus dipertimbangkan
  8. Isi / informasi : informasi tentang produk, tanggal, lokasi, dll. Dapat dibaca dan dimasukkan dalam area “terbuka” pada poster.

Terapkan Rumus AIDA

macam-macam poster

Persepsi poster iklan atau produk oleh penerima berlangsung secara bertahap bertahap, yang dirangkum dalam formula AIDA:

  • A ttention: Sebuah poster menarik perhatian
  • I nterest, minat penerima untuk mempelajari poster
  • D esire: Pesan memprovokasi keinginan untuk memperoleh produk atau layanan “yang diiklankan”
  • A ction: Penonton mengambil tindakan, yang seharusnya berupa pembelian produk atau layanan.

Cara Membuat Poster

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus teman-teman perhatikan ketika akan membuat sebuah poster.

1.Menentukan Tema dari Poster

Pertama-tama tentukan terlebih dahulu tema dari poster yang akan teman-teman buat. Apakah poster promosi sebuah produk, informasi event, himbauan ataupun hal lainnya.

2. Membuat kalimat yang singkat, padat dan jelas

pada umumnya orang-orang merasa malas ketika melihat atau membaca sebuah poster terlalu lama.

Untuk menyiasati hal ini kita harus pintar memilih kata yang singkat, padat, jelas untuk poster yang akan kita buat.

Tujuannya adalah supaya pesan yang akan di sampaikan bisa langsung sampai kepada audiens kita hanya dalam hitungan detik.

3. Menggunakan foto atau gambar yang menarik

Peranan foto atau gambar yang menarik sangatlah penting dalam pembuatan sebuah poster.

Dengan menggunakan foto atau gambar yang menarik bisa membantu memperkuat pesan tulisan pada poster kita.

Sehingga orang bisa semakin tertarik dengan poster yang kita buat dan mulai melihatnya.

Selain itu penggunaan gambar atau foto yang relevan dengan poster yang di buat bisa menjadi penarik perhatian.

4. Mulai mendesain poster

Jika konsep dan bahan pembuatan desain poster sudah tersedia kini saatnya untuk teman-teman mulai mendesain poster.

5. Memilih tempat pemasangan poster 

Jika poster sudah di desain dan sudah di cetak kini saatnya bagi kalian untuk menyebar poster kalian di tempat-tempat yang menurut kalian strategis.

Pilihlah tempat-tempat umum yang sering di lalui oleh banyak orang untuk menempelkan poster.

Macam-Macam Poster di Tinjau dari Isinya

  • Poster Niaga, Merupakan jenis poster yang di buat dengan tujuan untuk mengkomunikasikan urusan perniagaan yang berbentuk penawaran barang maupun jasa.
  • Poster Kegiatan, Merupakan jenis poster yang berfungsi untuk menginformasikan suatu kegiatan seperti jalan santai, kerja bakti, dan lain sebagainya.
  • Poster Pendidikan, Poster yang biasanya berisi tentang motivasi di dunia pendidikan tentunya.
  • Poster Layanan Masyarakat, Poster yang berfungsi untuk menginformasikan kegiatan yang ada di masyarakat yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat seperti, imunisasi bayi, sosialisasi kesehatan danlain sebagainya.
  • Poster Propaganda, Poster yang berisikan propaganda atau ajakan yang bertujuan untuk mengingatkan atau mengembalikan semangat atas perjuangan seseorang dalam melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupan.
  • Poster Kampanye, Jenis poster yang satu ini berfungsi untuk mencari simpati warga untuk memilih calon pemimpin pada saat agenda pemilihan umum.
  • Poster Wanted, Poster wanted biasanya berisi tentang pengumuman orang hilang, maupun lowongan pekerjaan.
  • Poster Musik, Poster yang berisi informasi tentang informasi konser musik.
  • Poster Film, Poster yang bertujuan untuk mempopulerkan film yang akan di produksi.
  • Poster Komik, Poster yang bertujuan untuk mempopulerkan komik-komik.
Baca juga : macam-macam teks

Contoh Macam-Macam Poster

Berikut ini merupakan contoh macam-macam desain poster yang bisa fatasama sajikan untuk teman-teman.

Contoh Poster Film

Nah ini dia salah satu contoh poster film yang sangat keren.

macam-macam poster, contoh poster film

Poster Komersial

Poster yang berikutnya ada poster dari brand kenamaan produk Nike.

contoh desain poster
nike.com

Contoh Poster Pendidikan

Nah, kalo yang satu ini adalah poster tentang pendidikan. Artinya kurang lebih, “Ilmu tanpa amalan seperti pohon tanpa buah”.

macam-macam poster

Contoh Poster Kampanye

Kalo yang satu ini adalah poster tentang kampanye pemilihan pemimpin ibu kota.

anis baswedan, sandiaga uno
sandiagaunodki.wordpress.com

Contoh Poster Musik

Jenis poster yang satu ini merupakan salah satu contoh poster event music jazz yang tiap tahundi selenggarakan di jogjakarta.

contoh desain poster, macam-macam poster
wartajazz.com

Contoh Poster Komik

Contoh poster berikutnya adalah poster komik. Yang mana fungsinya adalah untuk membantu mempopulerkan komik yang akan di produksi.

poster komik, macam-macam poster
pinterest

Contoh Poster Selamatkan Hewan

Poster konservasi binatang yang satu ini sangatlah unik karena berbentuk infografis yang berisi tentang profildari Ikan Paus.

macam-macam poster
pinterest

Contoh Poster Layanan Masyarakat

Contoh desain poster yang satu ini juga berfungsi untuk menginformasi layanan masyarakat tentang pentingnya mendapatkan layanan tertentu.

Khususnya biasanya layanan yang di sediakan oleh pemerintah seperti sosialisai kesehatan, imunisasi dan lain sebagainya.

contoh desain poster
indonesiabaik.id

Contoh Poster Event

Di bawah ini merupakan contoh poster event jalan santai yang di selenggarakan di Banjarmasin, Kalimantan selatan.

macam-macam poster
suaraborneo.com

Contoh Poster Di cari atau Wanted

Poster wanted atau “Di cari”. Jenis poster yang satu ini sebenarnya tidak hanya berisi buronan saja seperti contoh di bawah ya guys.

Namun banyak juga contoh poster lainnya seperti poster orang hilang, kucing hilang, dan poster lowongan pekerjaan.

macam-macam poster
designspiration.net

Contoh Poster Propaganda

Kalo poster yang satu ini di buat pada saat era perang dunia yang ternyata sudah sangat banyak sekali beredar seni poster. Yang mana biasanya isinya cenderung banyak memprofokasi karena pada waktu itu adalah masa perang dunia.

contoh desain poster
allposter.com

Penutup

Baiklah teman-teman mungkin cukup sekian dulu pembahasan dari macam-macam poster beserta contoh-contoh poster yang bisa fatasama sajikan kepada teman-teman semua.

Semoga bisa menambah wawasan dari teman-teman mengenai informasi tentang macam-macam poster.

Terimakasih sudah berkenan berkunjung dan membaca. Semoga bermanfaat sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.