Macam-Macam Teks

3 min read

macam-macam teks

Macam-macam teks dalam pelajaran Bahasa Indonesia – Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sudah tidak asing lagi dengan berbagai macam jenis-jenis bacaan atau yang biasa di kenal dengan teks.

Secara umum masing-masing bacaan atau teks memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri.

Nah, pada kesempatan kali ini fatasama akan mengulas sedikit tentang macam-macam bacaan atau teks.

Berikut ini merupakan pembahasan singkat tentang macam-macam teks mari simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Bahasa

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan tentang macam-macam teks dalam Bahasa Indonesia, kita harus tau juga apa itu bahasa?

Pengertian bahasa menurut KBBI :

Sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri atau bisa juga di artikan sebagai percakapan (perkataan) yang baik maupun tingkah laku yang baik.

Pengertian tentang bahasa lainnya adalah media interaksi baik antar individu maupun kelompok untuk menyampaikan pendapat atau gagasan, ide, juga perasaan.

Sedangkan fungsi dari bahasa sendiri adalah sebagai sarana atau media komunikasi juga berfungsi sebagai sarana beradaptasi dan berintegrasi di dalam kehidupan.

Sedikit berbicara tentang komunikasi, seperti yang sudah kita ketahui bersama komunikasi di bagi mejadi dua, komunikasi verbal dan non verbal.

Pengertian Teks

Sedangkan teks merupakan salah satu contoh dari komunikasi non verbal sama juga fungsinya untuk menjawab, mengungkapkan gagasan serta perasaan melaui teks atau tulisan.

Macam-Macam Teks Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia

Berikut ini merupakan macam-macam teks yang ada di pelajaran Bahasa Indonesia.

Anekdot

Secara singkat pengertian anekdot di lansir dari wikipedia adalah sebuah cerita lucu yang menggambarkan kejadian maupun orang yang sebenarnya.

Argumentasi

Pengertian teks argumentasi adalah sebuah jenis teks, yang inti kalimat utamanya sudah di kembangkan oleh penulisnya melalui penjabaran ide pribadi penulis, ulasan, pendapat dari penulisnya.

Tujuan dari teks argumentasi adalah untuk meyakinkan serta membujuk para pembacanya agar memiliki pemikiran yang sama dengan penulisnya setelah membaca teks atau paragraf argumentasi dari si penulis.

Autobiografi

Autobiografi adalah sebuah teks yang berisi tentang perjalanan hidup seseorang dari awal hingga sekarang. Dari nol sampai berhasil, dari buruk hingga baik, yang kisahnya di tulis sendiri oleh orang tersebut.

Biografi

Sedangakan Biografi merupakan teks yang isinya bercerita tentang riwayat perjalan hidup seseorang yang di tuangkan dalam bentuk tulisan.

Biografi biasanya menceritakan tentang sejarah hidup orang-orang sukses maupun tokoh besar yang memiliki pengaruh di dunia.

Teks Berita

Teks berita berisi tentang peristiwa hangat yang baru-baru saja terjadi. Teks beritanya bisa kita temukan pada koran maupun media daring.

Sedangkan berita videonya banyak juga bisa di saksikan di televisi maupun media daring.

Teks Ceramah

Teks ceramahmerpakan sebuah teks yang isinya biasanya berupa nasehat-nasehat keagamaan yang biasanya di sampaikan oleh pemimpin agama kepada umatnya.

Teks Deskripsi

Pengertian teks deskripsi merupakan teks yang isinya menjelaskan atau menggambarkan sesuatu baik objek, peristiwa, tempat sejels-jelasnya sehingga ketika pembaca merasa seolah mengalami, melihat, merasakan, peristiwa maupun objek yang di deskripsikan.

Teks Editorial

Pengertian teks editorial adalah sebuah teks atau tulisan yang berupa opini dari sebuah media terhadap sebuah peristiwa atau isu hangat yang sedang ramai di perbincangkan khalayak ramai.

Isi dari teks edutorial ini secara umum memang opini dari sudut pandang penulis, namun pada pembahasannya juga di sertakan pendapat yang logis serta fakta, dan bukti untuk menguatkan.

Teks Eksposisi

Pengertian teks eksposisi adalah sebuah teks yang berisi sebuah pendapat atau gagasan dari si penulis yang di sertai alasan logis dan fakta.

Komposisi dari teks eksposisi adalah fakta dan opini. Kejadian sebenarnya di sajikan sebagai kalimat fakta di sertai dengan opini.

Fakta merupakan sebuah keterangan berupa pernyataan terhadap hal yang sebenarnya terjadi.

Sedangankan opini merupakan sebuah gagasan berupa ide yang bersifat subjektif , atau gampangnya komentar pribadi.

Dalam kalimat eksposisi opini atau pendapat (yang logis)  berfungsi untuk mengklarifikasi, mengevaluasi, maupun membuktikan kebenaran dari sebuah permasalahan. Sedangkan kalimat fakta berfungsi sebagai penguat dari opini.

Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan jenis teks dalam Bahasa Indonesia yang isinya berupa teks yang menjelaskan sebuah topik apa, mengapa dan bagaimana yang ada dalam kehidupan  kita sehari-hari baik fenomena alam maupun fenomena sosial.

Teks Laporan

Teks laporan merupakan sebuah teks yang isinya adalah pemaparan dari sebuah pengamatan dan penelitian yang sudah di lengkapi dengan data valid.

Teks Iklan

Merupakan teks yang isinya berupa ajakan secara halus yang di kombinasikan antara kata-kata, ilustrasi gambar, video dan suara.

Contoh Iklan bisa kita temui di berbagai media baik media cetak maupun elektronik.

Teks Karya Ilmiah

Karya ilmiah merupakan sebuah rekab laporan tertulis yang di susun dari hasil penelitian yang telah di lakukan sesuai dengan kaidah keilmuan.

Teks Narasi

Pengertian teks narasi  adalah sebuah teks yang isinya menjelaskan atau menceritakan sesuatu peristiwa yang waktunya berurutan secara detail.

Bentuk narasi bisa berupa fiksi maupun kejadian yang sebenarnya. Teks narasi bisa kita temukan pada cerpen dan novel.

Teks Observasi

Teks observasi berisi tentang data dari informasi yang sudah di kumpulkan setelah proses observasi.

Teks Persuasi

Pengertian teks persuasi adalah teks atau tulisan yang isinya berupa bujukan atau ajakan untuk mengajak para pembacanya untuk mengikuti apa yang di inginkan oleh penulis dalam teks persuasi.

Dalam pembuatan teks persuasi ada beberapa hal penting yang harus di perhatikan seperti :

  • Diksi atau pemilihan kata :

Untuk mebuat teks atau kalimat maupun paragraf persuasi pemilikan kata harus di perhatikan sebaik mungkin.

Kalimat harus di buat semenarik mungkin yang tentu saja tujuannya supaya pembaca bisa langsung tertarik setelah membaca teks persuasi yag telah kita buat

  • Menyertakan fakta dan data

Tanpa adanya bukti data serta fakta teks persuasif akan kehilangan kekuatan. Dengan adanya data dan fakta akan semakin memperkuat teks persuasif yang kita buat.

Teks Pidato

Merupakan teks yang di dalamnya berisi tentang ide atau gagasan yang di persiapkan dalam bentuk teks, untuk di sampaikan di depan orang banyak.

Salah satu fungsi yang sudah sangat umum dari pidato adalah sebagai media komunikasi verbal dalam sebuah organisasi dari ketua kepada para anggotanya.

Teks Prosedur

Pengertian teks prosedur adalah teks yang isi di dalamnya adalah cara membuat sesuatu, cara melakukan sesuatu, anjuran, yang runtut untuk menghasilkan atau menyelesaikan sesuatu.

Dari jenisnya teks prosedur bisa di bagi menjadi beberapa bagian seperti, Cara menggunakan suatu benda, Cara melakukan aktivitas.

Sedangkan tujuan dari teks prosedur adalah untuk mempermudah kita atau orang lain dalam memahami atau melakukan, atau menyelesaikan sesuatu dengan benar.

Teks Sejarah

Pengertian dari teks sejarah adalah sebuah bacaan atau teks yang berisi tentang peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lampau.

Teks sejarah biasanya memuat peristiwa-peristiwa penting seperti sejarah berdiriya sebuah negara, penemuan teknologi, asal usul dan lain sebagainya.

Teks seputar sejarah dapat di temukan di buku-buku sejarah di perpustakaan hingga keterangan yang banyak tertera pada mseum.

Penutup

Sampai di sini dulu pembahsan seputar macam-macam atau jenis-jenis teks dalam Bahasa Indonesia.

Semoga pemaparan singkat ini bisa menambah wawasan serta bisa menjadi referensi buat temen-teman. Terimakasih sudah berkunjung.

Sampai bertemu pada pembahasan artikel lainnya oleh fatasama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.