Pengertian Merchandise Dan Contohnya

5 min read

merchandise adalah

Merchandise adalah  pernak pernik yang seringkali kita ditemui dan banyak sekali digunakan oleh orang banyak dalam berbagai kesempatan acara / event.

Namun tidak hanya itu saja, dengan merchandise juga bisa berfungsi sebagai pengingat akan brand kita supaya orang-orang tetap menempatkan merk atau brand kita menjadi pilihan utama.

Merchandise tidak hanya menampilkan sebuah logo dari perusahaan semata, namun merchandise adalah salah satu jenis media periklanan pengingat para audiens.

Yang mana merchandise ini di harapkan juga memiliki manfaat serta bisa digunakan dalam kegiatan sehari hari. Semisal mug bisa di gunakan untuk minum.

Fungsi Merchandise Adalah

Di dalam dunia pemasaran dan promosi merchandise memiliki peranan yang cukup penting dalam usaha memperkenalkan merk serta membangun brand image pribadi maupun perusahaan pada orang banyak.

Hal ini tentu saja memiliki tujuan sebagai bentuk komunikasi dan juga merupakan salah satu strategi pemasaran yang tentu saja penerapannya bisa di terapkan di banyak media.

Karena merchandise di lihat sangat penting dalam dunia periklanan dan pemasaran maka membuat banyak pengusaha yang mulai memperhatikan aspek promosi yang berfungsi untuk menginformasikan mengenai produk yang yang kita jual  maupun jasa yang kita tawarkan.

Adapun fungsi dari merchandise di dalam sebuah perusahaan atau dunia periklanan adalah sebagai berikut,

  • Menarik para pelanggan untuk mau datang ke stand mereka (Dalam event).
  • Menjadi branding perusahaan.
  • Menjadi alat promosi dari satu konsumen ke calon konsumen lain.
  • Menjadi tanda terimakasih.
  • Menjadi pembeda dari perusahaan lain.

Macam-Macam Merchandise

Beberapa macam merchandise yang sering sekali kita temu di berbagai macam event apa aja ya, antara lain :

T – Shirts / Kaos

merchandise adalah

T – Shirts atau kaos adalah jenis pakaian yang cukup populer di kalangan masyarakat luas serta dinikmati berbagai kalangan mulai dari usia anak-anak, remaja maupun dewasa.

Selain menjadi alat penutup tubuh, t- shirts atau kaos berfungsi juga sebagai fashion yang mencerminkan gaya hidup  (lifestyle).

Kaos atau T-shirts bisa juga dimanfaatkan untuk kegiatan promosi perusahaan, caranya adalah dengan menampilkan logo perusahaan ditambah dengan gambar/ teks pendukung yang menarik untuk menjadi souvenir yang kadang dibagi-bagikan dengan gratis maupun secara cuma-cuma di event tertentu.

Jenis kaos promosi beragam, untuk yang terpopuler dan sering digunakan yakni kaos oblong (t-shirt) promosi serta kaos polo.

Melalui kaos oblong inilah perusahaan bisa menampilkan logonya menggunakan teknik sablon atau bordir menggunakan bahan yang nyaman dan enak digunakan.

Tas / Tote Bag / Papper Bag / Goodie Bag

merchandise adalah
unsplash.com

Tote Bag biasanya juga merupakan salah satu jenis merchandise yang juga banyak sekali di gunakan oleh perusahaan

Jenis tas yang satu ini juga akhir-akhir ini juga terlihat sedikit populer di kalangan anak muda terutama.

Selain menjadi alat untuk menyimpan benda/ barang, juga menjadi media promosi yang cukup efektif.

Pada suatu event perusahaan, tas promosi ini sering digunakan untuk berbagai jenis juga bahanya yang sangat bervariasi diantaranya,

  • Spunbound
  • Kain Blacu
  • Flexi
  • Kanvas
  • Furing
  • Dan lain sebagainya

Tentunya bahan bakunya juga memiliki harga yang cukup terjangkau sehingga jika di produksi masal juga memerlukan biaya yang tidak begitu mahal.

Selain goodie bag dan tote bag jenis tas lainnya ada yang namanya papper bag. Papper bag terbuat dari bahan baku seperti art carton, Samson dan craft papper

Jam (Meja / Tangan / Dinding)

merchandise adalah
unsplash.com

Jam tangan juga merupakan salah satu barang yang sering sekali di jadikan salah satu merchandise terutama dari instansi dan organisasi.

Jam memliki fungsi sebagai penunjuk waktu yang menempel di dinding (jam dinding), diguanakan di tangan (Jam tangan) dan diletakkan di meja.

Karena peletakannya yang di pajang seperti jam dinding dan jam meja. Maka jam dirasa sangat bagus jika dijadikan sebagai merchandise, Karen kita bisa meletakan logo perusahaan di dalam ornament jam.

Variasi dari bentuk jam juga banyak sekali tentunya juga menyesuaikan selera budget pemasarannya

Stiker

MERCHANDISE ADALAH
pixabay.com

Benda yang satu ini jika di lihat sekilas cukup remeh sekali karena bentuknya yang sangat sepele.

Padahal dengan bantuan stiker sebuah brand bisa di kenal kuas juga loh, misalnya seperti ketika kalian membeli baju distro, sepatu, dan lain sebagainya.

Diantara kalian pasti banyak sekali yang mengoleksi banyak tempelan stiker di depan lemari mungkin.

Secara nggak langsung kalian akan melihat brand yang ada pada stiker tersebut dan itu sangat cukup untuk membuat kalian teringat akan brand tersebut. Contoh seperti stiker supreme yang keren ini.

Mug Kramik / Stainless

merchandise adalah
unsplash.com

Mug juga sering juga kita dapati juga biasanya di berikan sebagai merchandise ketika kita berada di dalam sebuah event atau acara.

Baik berbentuk mug kramik ataupun stainless still yang biasanya juga berisi tentang logo dari sebuah perusahaan yang menseponsori suatu kegiatan.

Flashdisk/ USB

merchandise adalah
indonetwork.co.id

Benda yang satu ini juga sangat sering di jadikan sebagai salah satu merchandise andalan dari acara-acara seminar.

Flashdisk saat ini hampir menjadi benda yang sangat penting yang biasanya kita bawa kemana-mana yang berfungsi untuk mrnyimpan file.

Karena meskipun benda ini berbentuk kecil tapi kegunaannya itu yang sangat penting. Khususnya di dunia perkantoran dan pendidikan.

Flashdisk/ USB sering digunakan dalam berbagai kesempatan khususnya yang berhubungan dengan kegiatan penyimpanan/ transfer data.

Dengan bentuk yang terbilang kecil ini membuat flasdisk mudah disimpan serta dibawa kemana saja tanpa memakan banyak space.

Mereka yang banyak menggunakan flasdisk ialah orang-orang yang sering memakai laptop/ komputer dalam melakukan pekerjaan hariannya.

 

Jaket & Helm

jenis helm
unsplash.com

Jaket juga termasuk jenis-jenis merchandise yang biasanya di berikan pada sebuah event organisasi, acara pemerintahan, atau biasanya kita bisa mendapatkan merchandise jaket saat kita membeli sepeda motor biasanya lengkap juga dengan helmnya.

Payung

payung tradisional
pixabay.com

Payung juga merupakan merchandise yang bisa kita temukan di berikan di acara event-event yang banyak di adakan oleh bank.

Power Bank

POWERBANK
original-solution.com

Nah kalo benda yang satu ini pasti bakalan membuat orang suka banget karena bisa membantu kita di kala hampir kehabisan batrai.

Jika power bank di jadikan merchandise di jamin para audience kalian akan selalu ingat sama brand kalian.

Namun biasanya yang di jadikan merchandise biasanya powerbanknya yang hanya berkapasitas kecil saja dan tentu saja ukurannya juga mini.

Ballpoint / Pensil

merchandise adalah
pixabay.com

Bulpen dan pensil biasanya juga banyak di gunakan sebagai merchandise wajib terutama pada event-event seminar.

Biasanya juga bullpen sudah sepaket dengan note book, pensil dan juga map yang biasanya terbuat dari plastik maupun kertas.

Gantungan Kunci

merchandise adalah
ceraproduction.com

Gantungan kunci juga merupakan salah satu  jenis merchandise yang biasanya di berikan pada setiap kesempatan acara.

Bahan dari gantungan kunci juga sangat banyak, mulai dari besi, karet, alumunium, akrilik, dan lain sebagainya.

Pemesanan gantungan kunci biasanya langsung banyak (partai), karena akan terkena harga yang murah jika order banyak sekalian.

Pin

pin gantungan kunci
picpanzee.com

Pin juga merupakan salah satu aksesoris berbentuk bulat yang biasanya juga di gunakan sebagai merchandise dalam berbagai macam event.

Pin di letakkan di kaos, di tas yang biasanya juga di gunakan untuk menandai peserta yang mengikuti suatu event atau kegiatan.

Bentuknya juga bermacam-macam. Ada yang belakangnya menggunakan peniti dan ada pula yang hanya di jadikan sebagai gantungan kunci.

Kipas Lipat & Kipas Tangan

merchandise adalah
clisearch.net

Kipas tangan biasanya juga sering juga kita temui di gunakan sebagai merchandise di acara pernikahan.Namun tidak jarang juga di gunakan di acara yang lainnya.

Kipas tangan / kipas lipat juga memiliki ukuran yang kecil sehingga mudah untuk di bawa ke mana-mana.

Kipas lipat menggunakan bahan yang mempunyai banyak bentuk serta model unik, seperti kipas tangan plastik maupun kipas lipat yang bahannya terbuat dari bilah kayu.

Botol Minuman

Botol minuman juga banyak digunakan sebagai merchandise contohnya seperti minuman berenergi yang banyak memproduksi botol minuman yang biasanya mereka gunakan pada event olahraga.

Perbedaan Merchandise dan Gift

Jika kita membahas merchandise, pasti banyak yang tidak bisa membedakannya dengan gift, ngomong-ngomong Apa sih perbedaan merchandise dengan gift?

Secara sekilas, merchandise adalah segala bentuk produk yang ditujukan sebagai hadiah. Merchandise diberikan secara cuma-cuma kepada orang yang telah mengikuti atau melaksanakan kegiatan yang diwajibkan oleh produsen produk tersebut.

Lalu apa itu gift? Gift diproduksi menggunakan anggaran promosi yang sudah ditentukan.

Dengan demikian semakin besar anggaran promosi maka semakin banyak pula jumlah dan tipe gift yang diproduksi.Gift adalah produk yang dibuat untuk dijual.

Gift biasanya berupa produk yang dikhususkan untuk hadiah bagi seorang pemenang ataupun hadiah yang diberikan perusahaan terhadap konsumen yang telah berpartisipasi terhadap produk maupun jasa yang telah mereka gunakan.

Sedangkan Dalam banyak kasus promosi, misalny sebuah film yang digemari masyarakat sedang diputar di teater. Ataupun konser sebuah group band.

Mungkin saja ada beberapa kelompok anak muda misalnya yang juga merupakan fans dari tokoh film atau fans dari group band yang sedang terkenal tersebut seperti konser boyband korea dan juga dramanya.

Jika seorang fans sudah tergila-gila pada tokoh tersebut maka kemungkinan besar dia akan mencoba mencari atribut-atribut mengenai tokoh film tersebut.

Pada keadaan ini fungsi merchandise yang dijual akan membantu memberikan keuntungan bagi produsennya.

Fungsi Merchandise

  • Pengadaan barang (merchandise Purchasing),
  • Kodifikasi dan system informasi (Merchandise codificatiob& information system ),
  • Penjualan barang (Merchandise Hadling process, khususnya toko).

Penutup

Berikut Itulah beberapa jenis merchandise yang bisa kalian jadikan referensi. Jadi, merchandise adalah pernak pernik yang sering kita jumpai dan banyak digunakan oleh orang-orang di berbagai event..

Diantara beberapa jenis merchandise diatas bisa dikombinasikan antara satu dan yang lain untuk memaksimalkan pemasaran dan promosi.

Di atas juga di jelaskan mengenai perbedaan antara merchandise dan juga gift. Semoga bisa menambah wawasan teman-teman sekalian dan semogabermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.