Pengertian Branding

7 min read

pengertian branding

Pengertian Branding – menurut definisi, adalah praktik pemasaran di mana perusahaan menciptakan nama, simbol, atau desain yang mudah diidentifikasi sebagai milik suatu perusahaan.

Hal ini juga membuat suatu produk berbeda (memiliki ciri khas) dari produk lainnya, atau bahasa mudah-nya memiliki nilai keunikan sendiri dari produk lainnya.

Branding penting karena tidak hanya itu yang membuat kesan berkesan pada konsumen tetapi memungkinkan pelanggan dan klien Anda untuk mengetahui apa yang diharapkan dari perusahaan Anda.

Ini adalah cara membedakan diri Anda dari pesaing dan mengklarifikasi apa yang Anda tawarkan yang membuat Anda menjadi pilihan yang lebih baik.

Merek Anda dibangun untuk menjadi representasi sejati dari siapa Anda sebagai bisnis, dan bagaimana Anda ingin dirasakan.

Ada banyak area yang digunakan untuk mengembangkan merek termasuk iklan, layanan pelanggan, barang dagangan promosi, reputasi dan logo.

Semua elemen ini berkolaborasi membuat suatu citra profesional yang juga memiliki nilai keunikan dan (semoga) menarik perhatian.

Pengertian Branding Menurut Para Ahli

Kotler & Keller 

Menurut Kotler & Keller, pengertian branding adalah pemberian nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi dari kesemuanya, yang dibuat dengan tujuan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk membedakan dari barang atau jasa dari kompetitor.

Robin Landa 

Menurut Robin Landa, di dalam buku karangannya yang berjudul Designing Brand Experiences,   pengertian branding adalah bukanlah sekedar merek atau nama dagang dari sebuah produk, jasa, atau perusahaan.

Namun semuanya yang berkaitan dengan hal-hal yang bisa di lihat oleh mata dari sebuah merek mulai dari logo, nama dagang, ciri visual, citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi, atau anggapan yang ada di benak konsumen pada sebuah perusahaan.

Neumeier (2003)

Branding artinya suatu pernyataan tentang siapa (identitas) apa yang dijalankan (produk/jasa yang ditawarkan), dan tentang kenapa sebuah merek layak dipoilih (keistimewaan).

Wikipedia

Sedangkan di lansir dari Wikipedia pengertian dari branding adalah, Proses penciptaan atau peninggalan tanda jejak tertentu di benak dan hati konsumen melalui berbagai macam cara dan strategi komunikasi sehingga tercipta makna dan perasaan khusus yang memberikan dampak bagi kehidupan konsumen (Wijaya, 2011; 2012; 2013). 

Brand merupakan reputasi dari sebuah merek. Merek yang mempunyai reputasi baik merupakan merk yang menjanjikan, sehingga masyarakat umum yang lebih mempercayai dan memilih merek tersebut.

Mengapa Branding Penting?

Branding sangat penting untuk bisnis karena keseluruhan dampaknya terhadap perusahaan Anda.

Branding dapat mengubah cara orang memandang merek Anda, itu dapat mendorong bisnis baru dan meningkatkan kesadaran merek.

Pengenalan Merek

Logo adalah elemen terpenting dari branding, terutama yang terkait dengan faktor ini, karena pada dasarnya logo merupaka wajah dari sebuah perusahaan.

Alasan terpenting mengapa branding penting bagi bisnis adalah karena itu adalah bagaimana perusahaan mendapatkan pengakuan dan dikenal oleh konsumen secara luas.

Inilah kenapa desain logo harus professional, kuat dan juga mudah diingat dan juga membuat kesan pada seseorang pada kali pertama melihatnya.

Menciptakan Kepercayaan di Dalam Pasar

Image atau kesan profesional dan branding yang di desain dengan baik akan membantu membangun rasa trust atau rasa percaya konsumen terhadap kita. Orang lebih cenderung melakukan kesepakatan bisnis dengan perusahaan yang memiliki image yang profesional.

Menjadi merek yang tepat memberikan kesan sebagai pakar industri dan membuat publik merasa seolah-olah mereka dapat mempercayai perusahaan Anda, produk dan layanan yang ditawarkannya serta cara perusahaan itu menangani bisnisnya.

Branding Meningkatkan Nilai Bisnis

Branding penting ketika mencoba menghasilkan bisnis di masa depan, dan merek yang kuat dapat meningkatkan nilai bisnis dengan memberi perusahaan lebih banyak pengaruh dalam industri.

Ini membuatnya menjadi peluang investasi yang lebih menarik karena tempatnya yang mapan di pasar.

Branding Menghasilkan Pelanggan Baru

Merek yang baik tidak akan kesulitan memulai bisnis rujukan. Branding yang kuat umumnya berarti ada kesan positif perusahaan di antara konsumen, dan mereka cenderung melakukan bisnis dengan Anda karena keakraban dan asumsi ketergantungan menggunakan nama yang dapat mereka percayai.

Setelah sebuah merek telah mapan, dari mulut ke mulut akan menjadi teknik periklanan terbaik dan paling efektif perusahaan.

Meningkatkan Kebanggaan Dan Kepuasan Karyawan

Ketika seorang karyawan bekerja untuk perusahaan bermerek kuat dan benar-benar berdiri di belakang merek tersebut, mereka akan lebih puas dengan pekerjaan mereka dan memiliki tingkat kebanggaan yang lebih tinggi dalam pekerjaan yang mereka lakukan.

Bekerja untuk sebuah merek yang memiliki reputasi dan bantuan yang tinggi di kalangan masyarakat membuat bekerja untuk perusahaan itu lebih menyenangkan dan memuaskan.

Memiliki kantor bermerek, yang seringkali dapat membantu karyawan merasa lebih puas dan memiliki rasa memiliki terhadap perusahaan, dapat dicapai dengan menggunakan barang dagangan promosi untuk desktop Anda.

Branding Mendukung Iklan

Periklanan adalah komponen lain untuk branding, dan strategi periklanan akan secara langsung mencerminkan merek dan penggambaran yang diinginkan.

Teknik periklanan seperti penggunaan produk promosi dari perusahaan tepercaya seperti Outstanding Branding memudahkan untuk membuat strategi periklanan yang kohesif dan menarik yang berperan baik dalam tujuan branding Anda.

Unsur-Unsur Branding

  • Nama merek
  • Emblem, meliputi tipe emblem, monogram, bendera, dan seterusnya.
  • Tampilan visible, seperti desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan lain-lain.
  • Juru bicara, seperti co-founder, maskot, tokoh perusahaan
  • Suara, seperti ikon bunyi, nada, lagu
  • Kata-kata, meliputi slogan, tagline, jingle, dan lain-lain.

Baca juga : jenis-jenis logo

Jenis-Jenis Branding

Apa saja jenis-jenis branding selengkapnya simak penjelasan di bawah ini.

Product Branding

Adalah jenis branding yang paling umum yang sangat banyak sekali bisa kita temui di kehidupan sehari-hari.

Branding produk yang berhasil adalah branding yang berhasil mendorong konsumen untuk memilih produk atau jasa yang kita tawarkan di bandingkan kompetitor.

Personality Branding

Merupakan alat pemasaran yang paling populer di kalangan public determine seperti artis, musisi, politisi, dan lainnya sehingga mereka memiliki pandangan tersendiri di mata masyarakat.

Company Branding

Semua aspek perusahaan mulai dari produk atau jasa yang ditawarkan sampai kontribusi karyawan dimata masyarakat. Company branding sangat penting untuk menngembangkan reputasi perusahaan di pasar.

Geographic Branding

Adalah jenis branding yang bertujuan untuk mengenalkan produk atau jasa ketika suatu nama lokasi disebutkan seseorang.

Jadi saat seseorang menyebut nama kota misalnya yogyakarta maka orang dapat langsung mengingat gudeg atau bakpia.

Contoh lainnya lagi seperti jika kita mendengar nama Kota Ponorogo maka kita akan teringat dengan kesenian reog-nya yang sudah sangat mendunia.

Cultural Branding

Mengembangkan reputasi tentang lingkungan dan orang-orang dari lokasi atau kebangsaan tertentu.

Fungsi dan Tujuan Branding

  • Sebagai pembeda, di mana perusahaan yang memiliki brand yang kuat akan mudah dibedakan dengan kompetitor.
  • Promosi dan daya tarik, jika kita memiliki brand yang kuat maka promosi akan sangat mudah untuk dilakukan. Pelanggan cenderung memilih brand yang kuat dan loyal terhadap model yang sama.
  • Membangun citra, keyakinan, jaminan kualitas dan prestise , beberapa hal ini akan membuat bisnis yang kita miliki menjadi mudah di ingat.
  • Pengendali pasar brand yang kuat dapat mengendalikan pasar karena masyarakat telah mengenalnya atau sudah memiliki nama.

Contoh Branding

Apple

pengertian branding
unsplash.com

Kita dapat dengan mudah mengatakan bahwa Apple adalah salah satu merek paling sukses di generasi kita.

Ke mana pun kalian pergi, semua orang telah mendengar merek mereka dan mereka mengaitkannya dengan produk-produk kelas atas, desain unik, toko yang cerah, dan karyawan yang hebat.

Layanan pelanggan mereka jelas layak disebut karena meskipun mereka telah memilih strategi satu ukuran untuk semua, protokol dari masing-masing toko di seluruh dunia dirancang untuk selera lokal.

Mereka mempertahankan tampilan yang sama di semua lokasi tetapi konten mereka di situs Apple diterjemahkan dengan cermat dan dilokalisasi untuk pemirsa internasional.

Coca-Cola

pengertian branding
unsplash.com

Tidak mungkin kita dapat berbicara tentang branding global tanpa menyebut Coca-Cola. Mereka adalah veteran dalam bisnis ini.

Mereka telah menunjukkan kepada kita bagaimana kualitas yang konsisten dan strategi pemasaran yang luar biasa dapat mempertahankan satu dan produk yang sama di atas takhta selama beberapa dekade.

Pada 1980-an dan 1990-an, ketika perusahaan itu adalah pemula di panggung global, produk dan pengiriman pesan terstandarisasi menghasilkan reaksi keras terhadap imperialisme Amerika .

Karena alasan itu, pada tahun 2000, Coca-Cola memperkenalkan strategi pemasaran ” think local, act local ” untuk meningkatkan sensitivitas lokal.

Itu hanya membuat merek ini lebih kuat dan membantu mereka menjadi salah satu merek paling terkenal di dunia.

Mereka mempromosikan nilai-nilai universal dan abadi yang sama seperti kebahagiaan, keluarga, dan berbagi dan mereka menggabungkannya dengan produk dan lokalisasi pengiriman pesan.

Starbucks

pengertian branding
unsplash.com

Keberhasilan mereka dikaitkan dengan pengalaman pelanggan nyata di sekitar konsumsi kopi. Penekanannya adalah pada desain berkelas, suasana nyaman, kopi yang dibuat khusus, staf yang ramah, dan layanan cepat.

Retas sederhana seperti menambahkan tabel bundar sehingga pelanggan yang datang sendiri tidak merasa kesepian menunjukkan betapa mereka peduli dan memperhatikan detail kecil.

Mereka adalah salah satu bagian tanda tangan dari kehidupan sehari-hari kaum Millenial dan media sosial telah berhasil mempromosikan merek mereka lebih jauh lagi.

Dengan menawarkan layanan berkualitas tinggi yang sama di seluruh dunia, mereka berbagi pemikiran bahwa kita semua terhubung dalam beberapa cara.

Mereka meningkatkan citra merek perusahaan dengan menambahkan sistem hadiah yang dipersonalisasi melalui aplikasi mobile.

ZARA

pengertian branding
shiftindonesia.com

Perusahaan Eropa ini telah berhasil mengambil alih dunia meskipun pasarnya kompetitif. Rahasia mereka adalah menyalin tren fashion terkini yang canggih dan menjadikannya terjangkau untuk pasar mid-price yang lebih besar tidak peduli negara mana yang dipertanyakan.

Zara berkomitmen untuk menyesuaikan diri dengan spektrum konsumen yang luas, tersebar di berbagai budaya dan kelompok umur.

Mereka menekankan pada nilai-nilai inti ini: keindahan, kejelasan, fungsionalitas, dan keberlanjutan.

Zara mengakui pelanggan sebagai aset merek yang paling berharga dan itulah sebabnya mereka memberikan layanan pelanggan yang luar biasa di setiap toko di dunia.

Airbnb

pengertian branding
meramuda.com

Siapa yang akan mengatakan bahwa kami akan terbuka untuk tinggal di rumah orang asing dan meskipun demikian, dengan penuh kepercayaan membayar akomodasi untuk orang asing di seluruh dunia? Nah, branding global Airbnb yang dipuji telah berhasil meyakinkan kami bahwa inilah yang harus kami lakukan.

Departemen lokalisasi khusus mereka telah membuat layanan mereka dapat diakses di seluruh dunia dan dongeng mereka yang menawan telah terbukti sangat penting untuk mengembangkan kepercayaan dan rasa kebersamaan antara tuan rumah dan wisatawan.

Chief Marketing Officer mengembangkan strategi global AirBnB yang memungkinkan perusahaan untuk memperluas mereknya ke lebih dari 190 negara.

Ikea

pengertian branding
asia.nikkei.com

Perusahaan ini tahu persis apa yang dibutuhkan orang di dunia yang serba cepat ini dan itu adalah harga rendah, keberlanjutan, bentuk, fungsi, dan kualitas semuanya.

Sebagai salah satu merek yang paling dikenal di dunia, mereka menemukan cara untuk mewujudkannya dan menunjukkan kemampuan untuk memahami kebutuhan pelanggan internasional mereka.

Ikea cenderung mempertahankan elemen yang sama tetapi set kamar bervariasi dari toko ke toko agar sesuai dengan tradisi lokal. Misalnya, di Jepang, mereka akan menampilkan tikar tatami yang merupakan penutup lantai tradisional Jepang. Mereka telah membayangkan kembali cara kami berbelanja dengan menciptakan konsep ramah keluarga yang sama sekali baru.

Uber

pengetian branding
unsplash.com

Merek global ini telah muncul tiba-tiba dan menyapu pasar dengan memahami kebutuhan transportasi masyarakat dan mengisi kesenjangan antara taksi dan sopir pribadi.

Uber mengurangi masalah dengan cepat menemukan transportasi dengan membuat aplikasi online yang dengan mudah menghubungkan kita dengan pengemudi di mana pun di dunia.

Dengan menjadikan layanan mereka universal di seluruh dunia, mereka secara otomatis menciptakan strategi pemasaran yang hebat mengingat bahwa ketika kita bepergian ke negara asing kita pasti akan menggunakan layanan transportasi yang kita kenal daripada berjuang untuk menemukan taksi atau angkutan umum.

McDonald’s

pengerian branding

unsplash.comSalah satu elemen kunci kesuksesan global McDonald’s adalah keseragamannya. Tidak peduli negara mana yang Anda kunjungi, McDonald’s akan memberikan kualitas, pengalaman, dan makanan yang sama.

Konsumen mengandalkan konsistensi dan nilai yang sama terlepas dari lokasi dan itulah yang disediakan McDonald’s.

Penutup

Nah, itu tadi merupakan penjelasan singkat mengenai pengertian branding, unsur-unsur, tujuan, serta jenis-jenis branding beserta contohnya.

Hal terpenting yang perlu di garis bawahi ketika kita membangun sebuah brand adalah melakukan marketing atau pemasaran dari produk yang kita punya dengan cara-cara yang kreatif dan juga unik. Tentu saja tujuan utama-nya untuk membuat pelanggan tertarik.

Di samping itu setelah kita membangun brand yang kuat kita juga harus menjaga kualitas dari produk maupun jasa yang kita tawarkan untuk menjaga rasa percaya brand kita di mata pelanggan.

Sekian dulu pada pembahasan tentang pengertian branding kali ini semoga dapat memberikan wawasan tambahan dan semoga bermanfaat.

Rumus Pencampuran Warna

akmal daud
9 min read

Macam-Macam Warna Hitam

akmal daud
3 min read

Macam-Macam Warna Putih

akmal daud
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.