You are currently viewing Perbedaan Kucing Persia Dan Anggora

Perbedaan Kucing Persia Dan Anggora

Perbedaan Kucing Persia Dan Anggora – Halo kucingers, buat kalian yang suka banget memelihara jenis kuicng ras pasti terkadang masih bingung kan sama perbedaan dari dua jenis kucing yang sekilas terlihat serupa tapi nggak sama. Kucing anggora dan persia juga merupakan jenis kucing yang juga banyak di temui di Indonesia juga ya guys.

Sudah sejak lama kedua jenis kucing ini sudah sangat banyak sekali terdapat di Indonesia ya guys, namun terkadang kita sulit juga buat kita yang masih awal ingin memelihara dua jenis kucing ini pasti bingung cara menemukam perbedaan kucing persia dan anggora.

Perbedaan Kucing Persia Dan Anggora

Negara Asal

bendera negara turki
pixabay.com

Kedua jenis kucing ini sudah sangat banyak juga bisa kita dapati di Indonesia, yang ternyata asal negaranya bukan Indonesia ya kucingers.

Kucing anggora berasal dari Negara Turki, seperti namanya “angora atau ankara” merupakan nama Ibu Kota Negara Kurki. Nama kucing anggora di namakan sama seperti nama asalnya.

Di Negara Turki kucing anggora yang memiliki mata flipflop, atau memiliki bola mata dengan warna yang berbeda sangat di lindungi karena di anggap ras anggora paling murni.

Sedangkan kucing persia, seperti namanya, Negara yang dulu di kenal dengan nama Persia yang sekarang berubah nama menjadi Negara Iran.

Karakter

sifat kucing anggora dan persia
pixabay.com

Kucing persia cenderung memiliki sifat yang pemalas ini cocok banget buat kalian tipe orang yang suka mager, karena ngajak mainnya nggak perlu jauh-jauh. Bahkan di dalam ruangan aja sudah cukup.

Sedangkan kucing anggora cenderung lebih aktif, berisik dan cenderung lebih energik di banding kucing persia. Kucing anggora senang banget di ajak main ya kucingers.

Kucing anggora juga senang nyari tempat tinggi buat bersantai. Jika di kamarmu ada meja belajar atau lemarinya ketika kamu membawa kucing anggora ke kamarmu biasanya dia suka eksplore seperti naik ke atas meja dan naik-naik di atas lemari.

Warna

Dari segi warnanya ada beberapa warna dari jenis kucing anggora dan persia kurang lebih saja diantaranya adalah,

  • Putih
  • Hitam
  • Kombinasi hitam kecoklatan
  • Kombinasi coklat keabuan
  • Coklat keorenan
  • Kombinasi hitam dan putih
  • Blorok – blorok atau bercak coklat

Bulu

bulu kucing oren
pinterest.com

Kalo dari segi intensitas bulunya, kucing anggora memiliki bulu yang nggak terlalu lebat di bandingkan persia dengan komposisi paling lebat adalah di bagian ekor saja.

Sedangkan kucing persia memiliki intensitas bulu yang sangat lebat pada bagian seluruh tubuhnya. Buat kalian yang memelihara kucing persia perhatikan cara merawat kucingnya ya, supaya pertumbuhan bulunya tetap bagus.

Bentuk Fisik

perbedaan kucing persia dan anggora
pixabay.com

Secara fisik tubuh dari kucing anggora cenderung lebih besar di bandingkan kucing persia. Betuk tubuhnya juga langsing dan juga lebih tinggi.

Sedangkan kucing persia memiliki postur tubuh yang chubby, lebih bulat dan gemuk, tapi jangan salah justru karena bentuk tubuhnya yang bulat dan chubby membuatnya di sukai banyak orang.

Wajah

Perbedaan kucing persia dan anggora
pixabay.com

Dari segi bentuk wajah kucing anggora memiliki bentuk wajah segitiga dengan hidung mancung dan dengan bentuk kuping yang runcing. Pada bagian kuping hanya di tumbuhi sedikit bulu halus. Dengan bentuk wajah ini kucing anggora bisa terlihat lebih maco.

Sedangkan kucing jenis persia memiliki bentuk wajah yang bulat dengan bulu tebal yang tumbuh di sekeliling wajahnya. Kupingnya yang berukuran kecil yang terkadang hanya terlihat separuh karena tertutup oleh kelebatan bulunya. Hidung kucing persia juga terlihat lebih pesek.

Harga

harga kucing anggora dan persia
pixabay.com

Perbedaan kedua jenis kucing ini dari segi harga jenis anggora lebih mahal di bandingkan jenis persia. Kucing jenis persia memiliki harga yang sangat variatif.

Harga kucing juga bisa di pengaruhi oleh ras jenis kucing itu sendiri. Semisal ras anggora murni akan memiliki range harga yang jauh lebih mahal di bandingkan jenis anggora yang sudah di kawin silangkan dengan ras lainnya.

Jenis jenis Kucing Persia

  • Persia Himalaya
  • Persia Eksotis
  • Persia Medium
  • Persia Hidung Pesek
  • Persia Hidung Datar

Jenis jenis Kucing Anggora

  • Anggora Ras Murni (Pure)
  • Kucing Anggora mix domestic (Hasil kawin silang dengan kucing kampung)
  • Kucing anggora mix persia (Hasil kawin silan anggora dan persia)

Cara Membedakan Kucing Jantan Dan Betina

Cara membedakan jenis kelamin kucing jantan dan betina merupakan hal yang sangat remeh. Jangan salah ya guys, ternyata masih banyak loh orang yang masih bingung cara ngebedain kelamin jantan dan betina loh.

Buat kalian yang sudah sering memelihara kucing pasti udah paham banget sama hal yang satu ini ya guys. Buat yang masih pemula, kalian pasti mikir-mikir. Berikut di bawah ini merupakan cara membedakan jenis kelamin kucing. Yuk, simak baik-baik.

Alat kelamin

Hal ini merupakan hal yang paling mendasar. Ciri Kucing jantan pada bagian bawah ekornya tepat di bawah anusnnya memiliki testis yang menggantung. Sedangkan kucing betina tidak ada.

Kepala

Dari bentuk kepala kucing jantan dan betina sepintas terlihat sama namun jika mau di amati lebih teliti lagi ternyata bentuk kepala kucing jantan lebih besar di bandingkan kucing betina.

Bentuk Tubuh

Begitu pula dari segi postur tubuhnya, kucing jantan dewasa akan memiliki postur tubuh yang lebih berotot di bandingkan kucing betina. Sedangkan kucing betina memiliki postur tubuh yang biasa-biasa saja.

Karakter / Sifat

Dari segi karakter tentunya jenis kucing jantan dan betina memiliki perbedaan karakter yang sangat berbeda seperti kucing yang jantan yang cenderung lebih aktif dan agresif dan sebaliknya kucing betina cnderung lebih pasif.

Hamil

Perbedaan yang satu ini pasti langsung bisa membuatmu langsung tau mana kucing betina dan mana kucing jantan. Karena kucing betina pasti hamil dan melahirkan, dan yang ngehamilin ya kocheng jantan dong.

Suka Dengan Anak Kucing (Kitten)

Kucing betina memiliki naluri keibuan. Jadi ketika dia nemuin kitten atau kalian Cuma iseng membuat sumber bunya anak kucing dengan pura-pura (Cari video anak kucing di youtube lalu putarkan). Biasanya kucing betina akan mengeong sambil mencari sumber bunyi.

Sebaliknya kucing jantan bisa menganggap bayi kucing sebagai ancaman dan dia akan bertindak tidak ramah.

Interaksi Dengan Manusia

Jenis kucing jantan senang sekali bermain dari usia anak-anak sampai dewasa. Berbeda dengan kucing betina yang ketia sudah dewasa biasanya di aja bermain cenderung malas dan banyak tidur.

Kesimpulan

Buat yang masih pemula yang ingin memelihara jenis kucing ras maupun domestik pada awalnya akan sedikit kesusahan menemukan perbedaan kucing persia dan anggora terutama.

Pembahasan pada artikel ini juga bisa membantu kalian yang masih bingung menemukan perbedaan kucing persia dan angora dan juga cara membedakan jenis kelamin pada kucing.

Untuk kucing kampung atau domestik kalian pasti udah pada tau karena ciri fisiknya yang biasa aja dan sudah sering banget kita temui di mana-mana.

Tapi terkadang bisa juga mengkawin silangkan jenis-jenis kucing untuk memperoleh hasil keturunan kucing yang baru, seperti mengkombinasi kucing persia dengan anggora, anggora dengan domestik dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.