Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

 

Contents

Pendahuluan

Sel adalah unit terkecil dari kehidupan. Setiap organisme yang hidup terdiri dari sel atau kumpulan sel. Dalam dunia biologi, ada berbagai jenis sel, salah satunya adalah sel hewan dan sel tumbuhan. Sel hewan dan sel tumbuhan memiliki beberapa perbedaan yang membedakan keduanya.

Sel HewanSource: bing.com

Sel Hewan

Sel hewan memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari sel tumbuhan. Salah satu contohnya adalah sel hewan tidak memiliki dinding sel seperti sel tumbuhan. Sel TumbuhanSource: bing.com

Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan memiliki dinding sel yang cukup tebal dan terdiri dari selulosa. Dinding sel ini memberikan kekuatan dan dukungan pada sel tumbuhan. Sel tumbuhan juga memiliki kloroplas yang berfungsi dalam proses fotosintesis untuk menghasilkan makanan. Sel tumbuhan juga memiliki vakuola yang berfungsi untuk menyimpan air dan nutrisi.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Perbedaan utama antara sel hewan dan sel tumbuhan adalah adanya dinding sel pada sel tumbuhan dan tidak pada sel hewan. Selain itu, sel tumbuhan memiliki kloroplas dan vakuola yang tidak dimiliki oleh sel hewan. Sel hewan juga cenderung lebih kecil daripada sel tumbuhan. Perbedaan lainnya mencakup jumlah mitokondria dan ribosom yang lebih banyak pada sel hewan daripada sel tumbuhan.

Kesimpulan

Sel hewan dan sel tumbuhan memiliki perbedaan yang signifikan yang membedakan keduanya. Sel hewan tidak memiliki dinding sel, lebih kecil, dan memiliki jumlah mitokondria serta ribosom yang lebih banyak. Sementara itu, sel tumbuhan memiliki dinding sel, kloroplas, dan vakuola. Namun, keduanya memiliki beberapa kesamaan seperti adanya nukleus sebagai pusat pengendalian sel.

 

Tinggalkan Balasan

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.