Software Desain Grafis

6 min read

manipulasi foto

Software desain grafis – Pada zaman yang sudah sangat maju seperti sekarang ini desain grafis merupakan kebutuhan yang mau tidak mau sangat kita butuhkan di kehidupan sehari-hari.

Mulai dari perusahaan khususnya yang bergerak di bidang grafis baik besar ataupun kecil juga sangat bergantung pada software desain grafis untuk menunjang pekerjaan mereka.

Namun tidak jarang juga yang hanya menyalurkan hobinya berkutat di dunia desain grafis, karena menggeluti dunia desain grafis juga bisa kita manfaatkan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Di bawah ini merupakan jenis-jenis software yang sering di gunakan oleh desainer grafis. Simak baik-baik.

Jenis-jenis Software Desain Grafis

CorelDraw

software desain grafis
youtube

Software desain grafis yang satu ini pasti sudah nggak asing di telinga kalian terutama para desainer grafis yang menjadi pengguna setia CorelDraw.

Corel merupakan perangkat lunak yang di rancang untuk keperluan mengedit gambar berbasis vector.

Seiring perkembangan waktu Corel hanya merilis produknya untuk system oprasi windows saja, di karenakan penjualannya yang tidak begitu laku di untuk MAC OS.

Fungsi dari aplikasi yang satu ini pasti kalian sudah sangat paham, khususnya buat kalian yang bergelut di jurusan desain grafis. Diantara beberapa fungsi dari CorelDraw adalah,

  • Mendesain Logo
  • Membuat seni Vektor, WPAP
  • Membuat desain Poster
  • Membuat desain Brosur
  • Membuat desain undanngan pernikahan

Dan masih banyak lagi yang bisa kamu desain dengan hanya berbekal aplikai CorelDraw ini dengan syarat kalian tekun dan sering-sering menggunakan aplikasi ini.

Untuk harga aplikasi CorelDraw sendiri sebenarnya terbilang cukup mahal apalagi untuk kalangan pelajar.

Harga Aplikasi CorelDraw di bandrol dengan harga $635 USD  atau sekitar 9 juta rupiah, untuk yang full versi.

Tapi kebanyakan para usernya pada ngakalin pake software ini pake crack atau patch. Untuk cara yang satu ini jangan di tiru ya guys.

Adobe Photoshop

software desain grafis
dokumen pribadi

Photoshop adalah aplikasi pengedit foto canggih keluaran Adobe. Namun tidak jarang juga aplikasi ini di gunakan untuk mendesain banner, logo, stiker dan lain sebagainya.

Atau jika kalian senang dengan seni memanipulasi foto kalian bisa mencobanya dengan menggunakan software canggih yang satu ini.

Paket baru aplikasi tunggal Adobe Creative Cloud untuk tim tersedia dengan banderol harga US$ 29,99 per pengguna per bulan.

Sedangkan tersedia harga promosi bagi pengguna CS3 ke atas dengan harga US$ 19,99 per pengguna per bulan.

Adobe Illustrator

software desain grafis

Kalo aplikasi rancangan Adobe yang satu ini juga sudah tidak di ragukan lagi kualitasnya. Illustrator masih satu naungan juga dengan aplikasi pengolah foto Photoshop.

Illustrator memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan CorelDraw. Dari aplikasi ini kalian juga bisa mendesain logo, Seni vector, desain kaos, poster, undangan dan lain sebagainya.

Dari segi kualitas aplikasinya juga bersaing dengan aplikasi lainnya. Karena banyak juga para desainer pro yang menggunakan aplikasi desain yang satu ini.

Adobe Premiere Pro

software desain grafis

Karena teknologi yang sudah berkembang sangat pesat dan kini lingkup pekerjaan desain grafis juga tidak hanya terpaku pada gambar saja, Namun kini mulai merambah juga ke dalam dunia editing video.

Adobe premiere pro merupakan software besutan program editing video yang di kembangkan oleh Adobe System.

Sedangkan adobe System sendiri merupakan sebuah perusahaan yang berfokus pada pengembangan aplikasi berbasis grafis, video dna animasi dan juga pengembangan website.

Pada software desain grafis yang satu ini juga memungkinkan editor video untuk bisa mengontrol pengerjaan video editing, tentunya karena di bantu oleh fitur-fitur andalan yang ada di dalam adobe primiere pro.

Adobe After Effect

software desain grafis

Pernah nggak sih kalian melihat efek yang sangat fantastis di film yang di produksi negara-negara barat. Yup pasti pernah.

Efek-efek yang sangat terlihat nyata sekali kan. Nah itu semua bisa kita buat di aplikasi after effect.

Efek-efek fantastis yang bisa kita buat di after effect seperti efek tertabrak mobil, bangunan runtuh, kiamat, seperti di film 2012 dan masih banyak lagi efek yang lainnya.

Namun di samping itu untuk pekerjaan lain yang nggak se-Pro itu after effect juga bisa di gunakan, seperti,

  • Membuat animasi motion graphic
  • Membuat animasi undangan wedding
  • Membuat animasi logo
  • Dan lain sebagainya.

Adobe Indesign

software desain grafis
helpx.adobe.com

 

Aplikasi yang satu ini di rancang khusus oleh Adobe untuk me-layout majalah, Buku.

Kalo kalian pernah kerja di tempat publisher atau penerbit maka kamu wajib banget menguasai software yang satu ini.

Di samping itu toolsnya juga mudah untuk di pahami., namun jika kalian masih kurang faham tutorial juga banyak tersedia di youtube.

Adobe Dimension

software desain grafis
create.adobe.com

Adobe dimension adalah aplikasi desain grafis yang bisa menunjang pekerjaan desainer terutama dalam membuat desain branding produk, desain kemasan, valuasi merek. Dan lain sebagainya.

Dengan aplikasi ini kita bisa membuat bentuk (mock up) realistic dari produk yang fotorealistik dari produk apa yang akan kita desain.

Adobe Dreamweaver

adobe dreamweaver
helpx.adobe.com

Deramweaver adalah prangkat lunak yang juga di gunakan sebagai penyunting halaman website pendahulu dari Adobe Muse.

Pada aplikasi ini juga memudahkan kita dalam mengevaluasi situs terutama untuk mengecek broken link, kompatibilitas browser dan lain sebagainya.

Jika kalian suka banget sama dunia Bahasa pemrograman  HTML Adobe Dreamweaver baik manual maupun menggunakan tool-tool yang sudah di sediakan di Dreamweaver.

Adobe Muse

software desain grafis

Adobe Muse pertamakali di rilis di tahun 2012 yang di buat untuk membuat situs web untuk 3 jenis prangkat.(Mobile, Talet, dan dekstop).

Adobe Muse adalah software atau prangkat lunak yang memungkinkan kita sebagai desainer grafis untuk mendesain website tanpa harus menguasai Bahasa pemrograman web seperti CSS dan HTML

Adobe Muse merupakan regenerasi dari produk adobe generasi sebelumnya (Adobe Dreamweaver) yang juga di gunakan untuk mendesain web.

Tapi pada Adobe Muse lebih mudah dan simple di bandingkan Adobe Dreamweaver.

3D MAX

software desain grafis
youtube.com

3D MAX adalah prangkat lunak grafis vector tiga dimensi dan animasi ini biasanya juga di gunakan untuk mengerjakan projek modeling 3D.

Aplikasi  desain grafis yang satu ini juga biasanya di gunakan untuk mendesain iklan, desain interior maupun exterior maupun untuk keperluan perfileman dalam bentuk objek  tiga dimensi.

Inkscape

aplikasi desaijn grafis

Software desain yang satu ini memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi CorelDraw maupun adobe Illustrator.

Inkscape juga tergolong ringan untuk di pakai di laptop yang memiliki spek rendah sekalipun karena tidak begitu membutuhkan system requirement yang tinggi.

Buat kalian yang ingin menggunakan software desain gratis, Inkscape bisa menjadi pilihan alternative.

Xara Designer

aplikasi desain grafis
nsaneforums.com

Xara Designer juga  merupakan salah satu software desain grafis yang di rancang untuk editing grafis berbasi vector selain CorelDraw dan Adobe Illustrator.

Namun di Indonesia sendiri Xara Designer jarang sekali di gunakan. Padahal di luar negeri Xara banyak juga di gunakan sebagai prangkat pengedit gambar andalan.

Diantara fitur-fiturnya adalah sebagai berikut,

  • Desain ilustrasi
  • Desain website
  • Editing gambar
  • Mengedit teks
  • Desain 3D animasi
  • Presentasi
  • Danlain sebagainya.

Manga Studio

software desain grafis
furaffinity.net

Bagi kalian para pecinta manga dan anime, atau yang suka banget nggambar manga software yang satu ini adalah jawaban yang tepat.

Manga Studio adalah perangkat lunak yang bisa kalian gunakan untuk menggambar manga karena fitur-fiturnya yang cukup lengkap.

Jika di lihat dari fungsinya sebenarnya mirip dengan Photoshop, tapi aplikasi besutan negara pembuat anime terbesaer di dunia itu emang khusus di rancang untuk nggambar manga dan komik.

Pen Tool Sai

aplikasi desain grafis
sai.detstwo.com

Jenis aplikasi menggambar yang satu ini juga merupakan aplikasi raster pengedit gambar  yang cukup ringan untuk di jalankan pada Microsoft windows.

Seperti aplikasi manga studio aplikasi ini bisa juga kita gunakan untuk menggambar maupun mewarnai manga.

Bagi kalian yang memiliki laptop dengan spek kentang mungkin aplikasi menggambar yang satu ini bisa menjadi solusi.

Autodesk SketchBook

aplikasi desain grafis
youtube.com

Merupakan aplikasi yang sangat di gemari terutama oleh desianer grafis dan seniman khususnya.

Selain mereka bisa mengekspresikan karyanya di dunia nyata namun mereka bisa juga mengerjakannya di dunia digital dengan bantuan aplikasi ini.

Muncul dengan tampilan interface dan fitur yang cukup lengkap yang bertujuan unmtuk memberikan pengalaman menggambar secara alami dengan rasa digital.

Google Sketch Up 

aplikasi desain grafis
help.sketchup.com

Adalah perangkat lunak yang biasa di gunakan untuk membuat model tiga dimensi (3D), seperti proyek pemodelan arsitektur, desain interior, pembuatan videogame dan lain sebagainya.

LibreCAD

LibreCAD adalah software  yang di ciptakan untuk mempermudah kita dalam mendesain blue print dua dimensi (2D).

Aplikasi ini biasanya banyak di gunakan oleh insinyur, arsitek, untuk mempermudah mereka dalam mendesain blueprint.

selain itu software ini juga bebas untuk di gunakan alias gratis.

Kalo aplikasi yang satu ini buat kalian yang awam banget sama software desai grafis. Namanya adalah AAA LOGO.

Ini biasanya di gunakan untuk orang yang masih sangat awam sekali tentang desain grafis terutama. Aplikasi desain grafis yang satu ini juga gratis ya guys.

Karena dengan menggunakan aplikasi ini kalian bisa membuat logo dengan instan sekali jadi. Menurut saya ini kurang mendidik sih meskipun efektif.

Karena emang sejatinya desain itu butuh proses. Kalo instan nanti kaya mie instan dong. Padahal mie instan juga nggak instan.

PosteRazor

kalo tadi di aplikasi illustrator dan corel kita bisa mendesain berbagaimacam tapi di PosteRazor khusus di rancang untuk membuat poster.

Cara kerja dari software ini adalah dengan cara memotong gambar raster menjadi potongan gambar yang kemudian bisa kita cetak dalam bnetuk poster.

Untuk hasil eksport filenya juga mensupport beragam format file diantaranya,

PNG, JPEG, BMP, WBMP, XPM, PCX

Macromedia Freehand

Selain Corel dan illustrator ternyata aplikasi pengolah grafis selain itu ada lagi loh. Namanya Macromedia Freehand.

software yang satu ini juga sangat jarang di gunakan di Indonesia. Kalian pasti sebagian pada masih belum tau kalo ternyata Macromedia Freehand ternyata keluaran dari adobe iuga loh.

Namun kini pengembangan dari aplikasi ini tidak di lanjutpkan lagi oleh Adobe. Tapi tenang saja masih ada versi yang lama.

3DVIA Shape

Perangkat lunak yang satu ini memiliki fungsi untuk medesain modeling 3D dengan sangat mudah tanpa kalian harus memiliki tingkat skill 3D yang tinggi.

Shape juga memungkinkan kalian untuk menyalurkan ide-ide kreatif kalian terutama dalam bentuk 3 Dimensi.

Enaknya lagi semua pekerjaan kita bisa di bagikan secara online dan semua fitur dari aplikasi ini gratis.

Shape sangat cocok bagi kalian yang pemula sekalipun namun juga cukup powerfull untuk kelas professional juga.

Sculptris

Sculptris adalah aplikasi yang juga sama di gunakan untuk pembuatan model 3D. Software yang satu ini berbeda dari yang lainnya.

Karena pada tampilan awalnya terdapat gumpalan 3 Dimensi yang mana bisa kita bentuk menjadi karya sesuka hati kalian.

LibreOffice Draw

Aplikasi LibreOffice Draw juga berfungsi untuk membuat grafis sederhana seperti membuat diagram dan grafik dan juga presentasi.

Open Clip Art Library

Jika kalian lagi males untuk membuat clipart sendiri karena akan memakanbanyak waktu tentunya.

Namun dengan adanya aplikasi yang satu ini pasti akan sangat membantu kalian untuk mencari clipart yang tentunya juga gratis.

Penutup

Berikut tadi merupakan jenis aplikasi yang sering sekali di gunakan dalam dunia desain grafis terutama sekarang di zaman yang juga semakin canggih.

Banyak juga aplikasi baru bermunculan demi memenuhi kebutuhan dunia desain dan kreativ yang kian waktu kian berkembang.

Terutama buat kalian yang berkecimpung di dunia desain grafis software di atas pasti bakalan menjadi kebutuhan sehari-hari terutama dalam project-project desain dan animasi.

Namun poin pentingnya sebenarnya bukan dari seberapa banyak software yang kita kuasai. Namun cukup satu software saja tapi bisa beneran jadi pro dan beneran bisa menghasilkan pundi-pundi dari situ.

Semoga artikel ini bisa membantu kalian yang sedang mencari referensi tentang software desain grafis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.