Tanaman Hias Buah

4 min read

Rekomendasi Tanaman Hias Buah

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi jenis jenis tanaman hias buah yang bisa kamu coba tanam di rumah. simak baik-baik.

Pohon Zaitun

topiarytree.net

Tanaman Zaitun Seperti yang kita ketahui berasal dari timur tengah yang terkenal dengan cuaca panasnya. Supaya bisa di tanam di Indonesia kebutuhan cahaya matahari harus terpenuhi dengan suhu rata-rata di atas 25 drajat celcius.

Buah zaitun  adalah jenis tanaman buah yang bisa juga dijadikan sebagai hiasan taman atau halaman rumah. Media tanamnya bisa juga menggunakan pot sebagai wadahnya atau bisa juga menggunakan polybag.

Buah zaitun di ketahui memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya seperti, menjaga kelembaban kulit, bisa juga di gunakan sebagai masker wajah supaya kulit wajah menjadi mulus dan kencang.

Buah Naga

tanaman hias buah
pixabay.com

Buah naga seperti yang kita ketahui memiliki keunikan khas yang terletak pada buahnya yang berwarna merah dengan kelopak di sekeliling buahnya yang mirip seperti sisik naga.

Buah naga bisa juga kita tanam di halaman rumah. Buah naga yang biasanya ditanam menggunakan kayu di tengahnya sebagai penopang. Jika di tanam di depan rumah kita bisa memanfaatkan pagar rumah kita sebagai ganti penopang.

Sehingga buah naga bisa merambat ke pagar rumah dan ketika sudah tumbuh rimbun akan terlihat sangat cantik mengikuti bentuk pagar.

Bonsai Apel

tanaman hias buah
pinterest

Mendengar nama bonsai yang pertama kali terlintas adalah pohon besar yang di buat kecil, tapi bagai mana jadinya jika yang di buat kecil adalah jenis tanaman buah seperti tanaman apel. Pasti sangat mengasyikan.

Selain bisa di buat menjadi tanaman yang bisa di konsumsi, karena bentuk estetik dari seni bonsai, tanaman apel yang di bonsai ini bisa juga di jadikan tanaman hias yang bisa mempercantik tampilan rumah kita ya guys.

Bonsai Jambu Biji

tanaman hias buah
pinterest

Pohon jambu biji yang kita ketahui memiliki batang berwarna coklat kokoh. Buah jambu biji berwarna hijau seikit tua ketika belum masak dan menjadi hijau dengan warna kuning yang mendominasi.

Daging buahnya ada yang merah dan yang putih, pada umumnya yang terasa yang lebih manis adalah daging yang berwarna putih.

Pohon jenis tanaman ini bisa juga di jadikan tanaman hias dari jenis tanaman buah yang di buat kecil atau di bonsai. Setelah di bonsai pohon jambu biji akan tetap tumbuh menjadi lebih cantik dan tetap berbuah.

Bonsai Anggur

tanaman hias buah
pinterest

Anggur merupakan jenis tanaman yang merambat, biasanya ketika di tanam di buatkan rambatan di sekitar rumah yang di buat dengan kawat. Ketika daunnya semakin rimbun pohon anggur bisa menjadi dibuat berteduh dari panas matahari.

Ketika buahnya mulai tumbuh dan membesar akan menjuntai kebawah dan bergerombol. Pohon anggur selain di tanam dengan cara yang biasa, bisa juga di buat bonsai.

Akan sangat cocok sekali jika jenis tanaman buah yang satu ini di jadikan sebagai tanaman hias di rumah kita. Meskipun ukurannya menjadi lebih kecil namun akan terlihat sangat elegan. Apalagi ketika berbuah akan membuatnya semakin cantik.

Bonsai Delima

tanaman hias buah
pinterest

Delima atau yang jugamemiliki naman latin Punica granatum merupakan jenis delima yang bisa di jadikan jenis tanaman buah untuk hiasan rumah dengan di jadikan bonsai.

Bentuk buahnya yang bundar dan di tumbuhi seperti mahkota pada bagian bawahnya. Buah delima ketika sudah masak akan terlihat berwarna merah. Jika diamati akan terlihat seperti lampion khas kultur cina.

Setelah di jadikan bonsai pohon delima akan terlihat semakin cantik dan menarik. Dari jenisnya delima terbagi menjadi  3 antara lain,

  • Delima Putih
  • Delima Hitam
  • Delima Merah

Bonsai Persik

tanaman hias buah
pinterest

Persik  juga memiliki julukan ratunya buah karena warnanya yang cantik. Buah persik memiliki warna kuning yang, dengan sedikit warna rona merah yang menyebar tidak rata di selulur permukaan buahnya.

Jenis tanaman buah yang satu ini juga dapat di tanam di pot maupun di polybag dan di jadikan sebagai tanaman hias dengan cara di buat bonsai.

Bonsai Aprikot

tanaman hias buah
pricearchive.org

Aprikot di yakini berasal dari negeri Cina, ciri khas dari buah aprikot adalah buahnya yang kuning dengan rona merah muda di seluruh permukaan kulit buahnya juga memiliki bulu halus di sekeliling buahnya. Selain itu aprikot bisa juga di tanam di pot maupun polybag.

Jeruk Lemon

tanaman hias buah
pixabay.com

Jeruk lemon merupakan jenis tanaman buah yang bisa juga di jadikan tanaman hias. Selain penanamannya yang cukup mudah, karena bisa di tanam dengan menggunakan pot yang berukuran tidak begitu besar sehingga bisa dengan mudah di tempatkan di manapun di sekeliling rumah.

Jeruk lemon dengan warna buahnya yang berwarna kuning terang sangat cocok juga untuk di jadikan tanaman hias di area sekitar rumah. Dengan perawatan yang telaten pohon lemon akan tumbuh dengan cepat.

Jenis tanaman hias buah yang satu ini juga sangat cocok untuk di tanam oleh kita yang memiliki lahan yang tidak begitu luas yang tentunya hanya akan memakan sedikit ruang.

Cabe Pelangi

tanaman hias buah
etsy.com

Jenis tanaman hias buah yang satu ini termasuk unik, cabai yang biasa kita kenal atau yang biasa kita temui di pasar-pasar biasanya berwarna merah, kuning dan hijau.

Selain warna merah dan hijau kekuningan ada juga warna yang lainnya seperti warna ungu. Namun tingkat kepedasan cabainya tidak sepedas tanaman cabai pada umumnya.

Cabai pelangi ini sangat cocok juga untuk di jadikan tanaman hias buat menghias area rumah kita, karena bisa juga di tanam di pot dengan berbagai macam ukuran dan mudah untuk di pindahkan kemana-mana.

Nanas Merah

tanaman hias buah
unspalsh.com

 

Berbeda dengan saudara kembarnya yang memiliki daun yang berwarna hijau. Selain daunya yang berwarna merah buahnya juga berwarna kemerahan.Daging buahnya juga sedikit berwarna merah namun tidak semerah daun dan kulitnya.

Warnanya yang merah kontras membuat sebagian orang menjadikannya sebagai tanaman hias untuk di tanam di sekitar rumah maupun di tanam di dalam pot.

Dalam kultur tionghoa buah nanas merah juga dianggap bisa membawa keberuntungan bagi penanamnya.

Blackberry

tanaman hias buah
pixabay.com

Tanaman blackberry ini juga sangat cocok untuk di jadikan sebagai jenis tanaman buah yang bisa di jadikan hiasan karena ukurannya yang tidak begitu besar membuatnya bisa dengan mudah di tanaman di pot-pot kecil.

Buah blackberry memiliki buah yang kecil-kecil, dan tumbuh bergerombol dalam satu tangkai seperti buah anggur tapi lebih kecil. Buah blackberry ketika masak akan berwarna hitam.

Blackberry juga memiliki kembaran antara lain,

  • Blueberry
  • Raspberry

Kiwi

tanaman hias buah
pixabay.com

Buah kiwi atau yang memiliki nama latin Actinidia deliciosa, warna daging buahnya yang hijau dan warna kulit buahnya yang coklat mirip buah sawo, bentuknya juga mirip telur ayam sekilas.

Pohon kiwi termasuk jenis tanaman buah yang merambat. Pohon kiwi juga bisa di tanam di pot kecil ataupun di polybag untuk di jadikan sebagai tanaman hias, karena bentuk pohon dan buahnya yang unik.

Jenis kiwi yang di kenal masyarakat pada umumnya ada 2,

  • Kiwi Hijau (Green Kiwi)
  • Kiwi Emas (Golden Kiwi)

Juwet/Duwet

tanaman hias buah
jamuin.com

Pohon Juwet atau duwet bisa banyak sekali di temui di banyak daerah di Indonesia dengan nama yang berbeda-beda pula di setiap daerahnya seperti,

  • Jambulan (Flores)
  • Jambula (Ternate)
  • Juwet / duwet (Jawa.)
  • Duwe (Bima)

Duwet memiliki batang kokoh. Biasanya ditemukan banyak tumbuh secara liar di hutan-hutan. Buahnya yang belum masak berwarna hijau dan berubah menjadi ungu setelah masak.

Duwet yang kita ketahui biasanya memiliki batang pohon yang cukup besar. Di sini yang akan kita bahas adalah pohon duwet yang di kecilkan atau di buat bonsai.

Meskipun di buat bonsai pohon ini tetep bisa berbuah dan tentunya menjadi lebih cantik dan estetik yang juga bisa menjadi hiasan di dalam rumah kita.

Itulah beberapa jenis rekomendasi tanaman hias buah yang bisa kamu coba tanam di rumah ya guys.

Buat kamu yang juga tidak memiliki lahan pekarangan yang cukup luas jenis tanaman di atas sangat di rekomendasikan, karena penanamannya yang mudah dan tidak memakan banyak tempat.

Walaupun jenis tanaman buah namun sangat cocok juga untuk di jadikan sebagai tanaman hias karena bentuk pohon yang unik jika di buat menjadi bonsai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.