Tumbuhan Langka Di Indonesia

8 min read

tumbuhan langka di indonesia

Tumbuhan langka di Indonesia – Indonesia yang juga di kenal oleh negara di dunia dengan kawasan hutan hujan tropis yang mana di dalamnya juga merupakan rumah untuk banyak jenis hewan maupun tumbuhan. Seiring berjalannya waktu, dari sekian banyak jenis hewan dan tumbuhan yang ada sebagian diantaranya mulai punah.

Indonesia yang juga sangat kaya akan jenis keanekaragaman tumbuhan ternyata juga bisa mengalami kelangkaan karena banyak faktor selain karena tidak adanya penanaman ulang atau reboisasi. Selain itu juga di karenakan jenisnya yang sulit untuk di perbanyak.

Tumbuhan Langka Di Indonesia                                                               

Berikut ini merupakan jenis tumbuhan yang terancam akan punah. Simak baik-baik.

Kantong Semar 

tumbuhan langka di indonesia

Kantong semar merupakan jenis tanaman yang juga terancam punah populasinya. Kantong semar banyak juga di temukan di Pulau Kalimantan dan Sumatera. Kantong semar juga merupakan jenis tumbuhan endemik atau tumbuhan khas yang hanya ada di suatu daerah saja.

Di Kalimantan umunya tumbuhan kantong semar masih sangat banyak sekali karena wilayah hutannya yang juga masih sangat luas tapi sangat di sayangkan ketika akan membuka lahan masyarakat biasanya tumbuhan kantong semar hanya di anggap sebagai tumbuhan liar saja kemudian di berantas begitu saja.

Kantong semar merupakan jenis tumbuhan pemakan serangga. Memiliki bentuk kantung yang khas yang di gunakan sebagai perangkap serangga dengan bau yang khas yang akan menarik serangga untuk masuk ke dalam kantong semar.

Padahal kantong semar juga memilik bentuk yang sangat unik jika kita ingin menjadikannya sebagai jenis tanaman hias

Pohon Ulin

tumbuhan langka di indonesia
travel.mongabay.com

Salah satu jenis pohon yang memiliki jenis kayu yang bisa juga di sebut dengan sebutan kayu besi karena kayu dari pohon ulin ini memiliki sifat yang jika terkena air ataupun panas akan semakin keras.

Pohon ulin banyak di temukan di Kalimantan dan juga di sumatera, namun di jawa lebih populer dengan sebutan kayu Kalimantan. Pohon ulin bisa tumbuh dengan tinggi maksimal lebih dari 30 meter dan dengan diameter sekitar 1 meter kurang sedikit.

Pohon ulin juga termasuk jenis tumbuhan yang juga sudah mulai langka karena pemanfaatannya yang sangat berlebih dan kurangnya penanaman ulang (reboisasi) yang berimbang.

Di daerah kalimantan rata-rata memanfaatkan kayu ulin untuk membuat rumah tinggal dan di gunakan sebagai bahan konstruksi, pembuatan kapal nelayan dan lain sebagainya.

Bunga Rafflesia Arnoldi

fauna yang langka di indonesia
tintapendidikanindonesia.com

Bunga yang memilik bentuk yang sangat unik ini juga memiliki nama Rafflesia arnoldi, namanya yang sangat berbeda dengan tumbuhan lain dikarenakan dulu di era penjejahan, bunga ini pertamakali di temukan oleh Thomas Stamford Raffles yang juga seorang gubernur hindia belanda di bengkulu pada tahun 1818.

Bunga raflesia merupakan jenid tumbuhan parasit yang tumbuh pada tumbuhan yang merambat. Bunga rafflesia tidak punya akar,tangkai dan juga daun.

Bunga raflesia jarang sekali tumbuh. Moment berbunganya bunga reflesia merupakan salah satu moment yang cukup langka juga ya guys. Karena sekali tumbuh biasanya hanya selama seminggu saja lalu kemudian mati.

Bunga Bangkai Raksasa

BUNGA BANGKAI RAKSASA
worldoffloweringplants.com

Bunga bangkai raksasa juga termasuk bunga yang sangat langka yang tumbuh di Indonesia. Di sebut juga bunga bangkai karena bunganya ketika mekar mengeluarkan bau busuk menyerupai bau bankai.

Bau busuknya yang menyengat tentunya mengundang jenis serangga seperi lalat dan yang lainnya, yang mana serangga-serangga itu akan hinggap pada kelopak bunganya dan membantu penyerbukan bunga bangkai raksasa.

Bunga bangkai bisa tumbuh dengan tinggi mencapai 4 meter, saat bunganya mekar mahkota bunga akan berwarna merah tua dan sedikit keunguan juga mengeluarkan cairan berwarna cream.

Bunga bangkai raksasa juga hanya memiliki masa hidup hanya 7 hari. Setelah 7 hari kemudian akan mati. Sangat singkat sekali ya guys.

Anggrek Hitam

jenis jenis bunga anggrek
pinterest

Anggrek hitam juga merupakan jenis tanaman yang sudah masuk katagori langka. Anggrek hitam atau di luar negeri di sebut juga Black orchid ini berasal dari daerah Kalimantan. Selain di Kalimantan anggrek hitam juga bisa di temukan di Papua.

Jenis tanaman ini juga sangat sulit untuk di kembangbiakkan di luar habitat asalnya. Karna langkanya jenis anggrek hitam ini di perkirakan bisa di jual di pasaran dengan harga puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Penyelundupan jenis anggrek ini juga sangat marak di lakukan oleh oknum tak bertanggung jawab yang hanya mengejar keuntungan semata tanpa memikirkan jenisnya yang sudah mulai langka.

Jenis anggrek lain yang mulai langka antar lain,

  • Anggrek larat
  • Anggrek tebu
  • Anggrek hartinah
  • Anggrek pensil

Bunga Edelweiss Jawa

bunga edelweiss jawa
digiyan.com

Buat kalian yang hobi banget hiking atau naik gunung pasti mustahil banget kalo enggak kenal sama bunga yang satu ini.

Bunga yang juga di kenal dengan bunga abadi ini juga termasuk tanaman yang terancam punah keberadaannya.

Ciri yang sangat khas dari bunga edelweis di bandingkan dengan bunga lain adalah bunganya yang sudah di petik lama sekali layunya. Makanya di sebut bunga abadi.

Keunikannya yang itu juga yang membuat tangan-tangan orang yang tak bertanggung jawab banyak memetiknya.

Pakis Ekor Monyet

jenis tanaman paku
dherdian.files.wordpress.com

Lucu dan menggemaskan jika melihat tanaman langka yang satu ini. Karena bentuknya yang sekilas mirip denga ekor seekor monyet yang melenkung. Harga dari pohon pakis ekor ini cukup mahal. Per 1 pohonnya mencapai 1 juta rupiah.

Bersarnya permintaan orang terhadap jenis tanaman pakis ekor monyet ini membuatnya juga di buru orang banyak untuk di jual. Karena hal itu tanaman ini termasuk juga ke dalam jenis tumbuhan langka di Indonesia.

Sarang Semut

jenis tumbuhan sarang semut
dherdian.files.wordpress.com

Tumbuhan yang juga memiliki nama latin (Myrmecodia pendans) termasuk juga kedalam salah satu jenis tumbuhann epifit. Sarang semut biasanya bisa kita temukan di hutan bakau.

Tanaman sarang semut selain pada tumbuhan bakau biasa juga dii temukan hidup pada jenis pohon seperti, Pohon cemara gunung dan kayu putih.

Di namakan sarang semut karena biasanya tumbuhan ini biasa di gunakan untuk tempat tinggal semut. Sarang semut bisa kita temkan di tanah Papua. Sarang semut juga bisa di jadikan obat tradisional.

Namun kini keberadaan dari jenis tanaman yang satu ini sudah menjadi sangat langka.

Pohon Enau / Aren

POHON AREN
cakrawalakita.com

Pehon enau atau yang biasa kita kenal dengan pohon aren yang buahnya berupa makanan kolang-kaling yang biasa di gunakan untuk campuran es buah. Sekilas pohon aren memiliki bentuk fisik yang menyerupai pohon kelapa namun vbuahnya berbeda.

Air sadapan dari pohon enau yang di sebut air nira yang juga merupakan bahan yang  biasa di gunakan pembuatan gula aren.

Air nira yang sangat manis jika di biarkan saja bisa berubah menjadi tuak. Namun sayangnya pohon enau juga masuk ke dalam daftar tanaman yang terancam punah.

Daun Payung

jenis tanaman langka daun payung
wikiwand.com

Daun payung merupakan jenis tanaman palem yang memiliki daun sangat besar dan lebar. Di willayah Serawak pedalaman tanaman ini biasa di jadikan sebagai atap. Di Sumatera Utara tanaman ini memiliki naman daun sang, dan daun salo di Kepulauan Riau. Daun payung juga termasuk jenis tumbuhan langka di Indonesia.

Pohon Gaharu

pohon gaharu
flickr/gaharucandanku.blogspot

Jenis tanaman langka asal Indoonesia yang satu ini sudah sangat populer dan mendunia. Kayu ini banyak di buru lantaran memiliki harga jual yang cukup tinggi. Keunikan yang khas dari kayu gaharu adalah aromanya yang wangi.

Peminat kayu gaharu bukan hanya di dalam negeri saja, tapi sudah sampai taraf internasional karena jumlah permintaannya yang cukup tinggi membuatnya menjadi jenis kayu dengan harga paling mahal yang ada di dunia.

Karena tingkat perburuannya yang tinggi stok penanaman ulang yang belum memadai membuat jenis tanaman ini menjadi kian langka. Gaharu juga bisa kita jumpai di hutan-hutan yang ada di Kalimantan.

Akar Karak

jenis tanaman akar karak
zakyfamily.com

Akar karak. Mendengar namanya yang juga sangat asing. Di ketahui juga jika tanaman ini bisa kita jumpai di Kalimantan dan Sumatera. Tanaman ini biasa tumbuh di daerah aliran sungai, tanah berkapur, lahan dengan banyak tanah liat.

Akar kerak ternyata juga masuk ke dalam jajaran jenis tanaman di Indonesia yang sudah mulai langka.

Korma Rawa

tanaman korma rawa
steemit.com

Tanaman korma rawa juga termasuk tanaman yang hampir punah. Tanaman ini di namakan korma rawa karena bentuk fisiknya mirip dengan pohon kurma, bedanya korma rawa tumbuh berumpun.

Tanamak korma rawa juga menjadi flora yang di tetapkan menjadi flora khas daerah Aceh Tenggara.

Pohon Tengkawang

POHON TENGKAWANG
tentangsukudayak.blogspot.com

Tumbuhan yang satu ini juga merupakan jenis tumbuhan langka yang berasal dari kalimantan. Beberapa dari jenis pohon tengkawang jga tersebar di seluruh Kalimantan. Beberapa juga di antara jenisnya termasuk langka.

Hasil dari pohon tengkawang salah satunya adalah minyaknya yang bisa di gunakan sebagai obat-obatan herbal dan di dunia perindustrian modern bisa juga di jadikan material campuran pembuatan sabun, kosmetik dan lilin.

Pohon Bayur

pohon bayur
bibitbiji.files.wordpress.com

Bayur atau yang juga memiliki nama latin Pterosperium javanicum jungh juga tergolong tumbuhan yang saat ini mulai menurun populasinya. Tumbuhan bayur bisa juga banyak bisa kita temui di daerah Kalimantan, Sabah dan juga Serawak.

Pohon bayur biasa di manfaatkan kayunya untuk bahan embuatan mebel dan bahan bangunan. Pohon bayur bisa tumbuh dengan tinggi maksimal lebih dari 50 meter dengan diameter kurang lebih 50 cm.

Purwaceng / Purwoceng

obat kuat pria alami
bukalapak.com

Tanaman yang satu ini sangat di kenal karena manfaatnya yang sangat di kenal untuk meningkatkan “kejantanan” pria. Tanaman ini banyak di temukan tumbuh di dataran tinggi dieng.

Biasanya purwaceng di gunakan sebagai campuran kopi maupun susu. Purwaceng memiliki rasa yang unik. Perpaduan antara pahit dan pedas seperti daun mint.

Pohon Cendana

pohon cendana
forestryinformation.files.wordpress.com

Pohon cendana seperti yang kita ketahui biasa di manfaatkan kayu dan minyaknya untuk membuat dupa dan bahan campuran parfum. Pohon cendana juga termasuk tanaman yang sudah mulai langka.

Selain pemanfaatannya sebagai campuran parfum, cendana juga bisa di manfaatkan sebagai material pembuatan prabotan rumah yang terbuat dari kayu, tasbih, kerajinan tangan dan lain sebagainya.

Pohon cendana biasa tumbuh dengan ketinggian maksimal kurang lebih 11-15 meter dengan lingkar diameter 30 cm. Pohon cendana di percaya berasal dari wilayah Nusa Tenggara Timur.

Pohon Damar

POHON DAMAR
biodiversitywarriors.org

Pohon damar bisa kita temukan di tanah Papua. Pohon yang bisa tumbuh dengan lketinggian lebih dari 60 meter dengan diameter bisa mencapai 2 meter ini rupanya juga terancam akan punah karena pemanfaatannya yang berlebihan.

Pemanfaatan pohon damar biasanya getahnya di ambil untuk bahan pembuatan vernis, campuran pembuatan parfum, lem. Kayunya juga bisa di manfaatkan sebagai tiang penopang rumah.

Pohon Meranti

jenis kayu meranti
ajieblogshare.blogspot.com

Kayu meranti masuk juga ke dalam jajaran jenis tanaman yang mulai langka keberadaannya. Meranti juga merupakan jenis kayu yang tergolong cukup keras yang sangat berkualitas.

Kayu meranti biasa di manfaatkan menjadi produk bahan mebel, bisaj juga di gunakan untuk membuat kusen, pintu, jendela rumah, papan lantai dan lain sebagainya.

Karena kulaitas jenis kayu meranti sangat bagus yang juga harganya “ekonomis” inilah yang menjadikan kayu meranti mendapatkan status langka karena banyak orang yang memburu tanaman ini.

Kokoleceran

kokoleceran
sayanusantara.blogspot.com

Kokoleceran merupakan jenis tanaman yang menjadi maskot dari provinsi Banten. Tanaman jenis ini juga merupakan jenis tanaman endemik, atau hanya bisa tumbuh di satu tempat saja. Kokoleceran juga termasuk jenis tanaman yang terancam punah.

Karena statusnya yan sudah sangat memprihatinkan tanaman ini saat ini keberadaannya terakhir di ketahui hanya berada di Taman Nasional Ujung Kulon.

Pohon Kecapi

buah kecapi
kaskus.com

Kecapi adalah tanaman khas betawi yang kini menjadi sangat langka. Zaman dahulu di depan pekarangan rumah-rumah orang betawi banyak di tanam.

Namun seiring berjalannya waktu kini kecapi jarang sekali di temui karena jenis tanaman ini kalah populer dengan jenis buah mainstream seperti durian, rambutan, maupun mangga yang sudah sangat menjamur.

Pohon Trembesi

pohon trembesi
flickr.com

Pohon trembesu berasal dari daerah Palembang, Sumatera Selatan. Jenis kayu dari pohon trembesi bisa di manfaatkan sebagai bahan konstruksi bangunan seperti di gunakan untuk membuat kusen, pintu maupun jendela rumah.

Kayu trembesi banyak di tebang untuk keperluan pembangunan namun karena kualitas kayunya yang juga sangat bagus.

Kesadaran masyarakat yang kurang akan semakin langkanya jenis pohon ini membuatnya masuk kedalam jenis tanaman langka.

Pohon Jelutung

pohon jelutung
lesmusikterbaik.blogspot.com

Pernahkah kamu memikirkan bagaimana cara membuat permen karet?. Pasti nggak nyangka jika salah satu material pembuatannya adalah dari getah pohon jelutung. Tanaman ini bisa kita temui tumbuh di rawa di daerah seperti Sumatera dan Kalimantan.

Jelutung juga merupakan jenis pohon yang cukup besar dengan diameter bisa mencapai 2 meter dengan tinggi maksimal kurang lebih 40 meter.

Pemanfaatannya selain di gunakan sebagai bahan pembuatan permen karet jelutung bisa juga di gunakan untuk vernis, vernis, dan ban motor atau mobil.

Pohon jelutung menjadi langka di sebabkan oleh penebangan kayu yang sangat masif dan musibah kebakaran.

Pohon Bantal Sulam

Jenis tumbuhan langka di Indonesia yang satu ini pasti masih sangat asing banget kedengaranya. Bantal sulam tumbuh pada habitat rawa gambut, yang bisa kita jumpai di daerah seperti Kalimantan dan Sumatera.

Tanaman ini banyak juga memiliki naman lain seperti, Nyato, Nyatoh jangkar, Beitis, Margetahan.

Pohon Balam Suntai

Jenis tumbuhan langka Indonesia yang satu ini termasuk ke dalam jenis yang biasa di manfaatkan kayunya karena terkenal akan kualitasnya yang bagus biasanya di gunakan sebagai bahan pembuatan peralatan olah raga, bahan bangunan, dan alat musik tradisional.

Balam suntai juga hanya bisa di temui di daerah seperti,Kalimantan, Papua, dan Maluku.

Kesimpulan

Makin zaman ternyata makin banyak sekali jenis tumbuhan indonesia yang kini menjadi semakin langka. Kebanyakan dari faktor penyebab kelangkaannya adalah karena untuk memenuhi kepentingan manusia saja, tanpa memikirkan cara memperbanyak tanaman setelah menggunakannya.

Sebagai wujud kita yang peduli akan jumlah populasi jenis tumbuhan yang semakin langka ini seharusnya kita mulai ikut membantu menyumbang bibit ataupun menanamnya secara pribadi demi menjaga kelangsungan hidup tumbuhan yang terancam akan punah ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.