You are currently viewing Warna Pastel Adalah

Warna Pastel Adalah

Warna pastel adalah – Warna merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan kita. Dengan pilihan warna yang tepat juga bisa mempengaruhi mode kita juga.

Di sekitar lingkungan kita banyak bisa kita temui benda-benda, tumbuhan, bangunan dengan banyak kombinasi warna pastel yang membuat kita merasa tenang ketika melihatnya. Seperti pemandangan alam,bunga-bunga di sekitar lingkungan juga.

Dalam dunia desain pada bidang apapun pemilihan warna juga akan sangat berpengaruh pada hasil karya yang akan ita hasilkan nantinya.

Seiring berjalannya waktu warna juga makin banyak berkembang mulai dari warna-warna yang berani, cerah, hingga warna pastel.

Namun akhir-akhir ini warna pastel banyak di minati karena kesan-nya yang soft dan elegan. Untuk penjelasan lengkap tentang warna pastel mari simak penjelasannya di bawah ini.

Warna Pastel Adalah

warna pastel adalah
unsplash.com

Warna pastel adalah warna yang mengarah ke warna muda dari jenis warna atau warna cerah. warna biru ketika bercampur dengan warna putih akan menjadi biru muda. begitu pula warna lainnya. Umumnya warna pastel, terlihat lebih cerah namun tidak begitu kuat warnanya (aga-agak soft gitu).

Asal Usul Warna Pastel

warna pastel adalah
unsplash.com

“Pastel” berasal dari crayon yang biasa kita gunakan untuk menggambar ketika kita masih kecil berbentuk batangan. Hayo masih inget nggak.

Komposisi pastel adalah zat bubuk pewarna, di campur dengan air dan kapur, yang lainnya ada juga yang terbuat dari campuran minyak dan kapur dan di bentuk menjadi batangan dan di rekatkan dengan gom arab.

Gom arab apaan sih?, gom arab adalah salah satu produk getah atau resin yang di peroleh dari sadapan dari pohon legume.

Warna pastel juga sudah di gunakan pada zaman renaisans yang cukup popular pada abad ke-18, ketika para seniman pada masa itu menggunakan “pastel”.

Karya seni yang di hasilkan menggunakan pastel ini di sebut dengan lukisan pastel atau gambar pastel.

Warna Pastel Dalam Dunia Fashion

Pada tahun 1950-an warna pastel menjadi warna paling favorit di Negara Amerika Serikat. Orang-orang tidak hanya memakai warna pastel pada pakaiannya, melainkan cat rumah sampai ke atap, peralatan dapur , perabotan rumah dan lain sebagainya.

Setelah itu, pada tahun 1980-an pastel hadir kembali dan didorong oleh munculnya Gaya Preppy ” Preppy Style” yang diterbitkan di tahun 1980.

Dorongan lain datang dari acara TV Miami Vice (1984-1990), ditimana karakter utamanya “James Crocket”, mengenakan sesuatu yang berwarna pastel hampir disetiap adegan. ini sangat membuat mata pemirsa untuk mempopulerkan kembali warna pastel.

Pada masa ini 2010-an sampai sekarang, di era digital kita sudah terlalu terbiasa dengan warna pastel. mulai dari kombinasi dari warna website, baju, dan lain sebagainya. Semua itu, karena warna pastel memang sangat enak untuk di pandang mata.

Itu karena kecerahannya yang bisa diartikan sebagai kegembiraan, kepolosan, optimisme, feminisme, kemeriahan serta kebahagiaan.

Warna Pastel Apa Saja

Kalo di tanya apa aja warna pastel?, Sebenarnya semua warna bisa menjadi warna pastel ya guys, karena jika warna primer ataupun sekunder jika di buat lebih terang maka dia bisa jadi warna pastel.

Intinya semua warna bisa menjadi warna pastel. Selebihnya biasanya desainer sendirilah yang memberi nama warna pastel dengan nama-nama tertentu.

Mulai dari warna Primer, Sekunder dan Tersier bisa menjadi warna pastel. Selebihnya, ada beberapa desainer yang menamakan warna pastel dengan nama tertentu.

Contoh Warna Pastel

contoh warna pastel
creativemarket.com
warna pastel
creativemarket.com
warna pastel
offeo.com

Istilah Dalam Dunia Warna

istilah dalam dunia warna
unsplash.com

Hue

Hue adalah macam warna tapi masih dalam satu jenis warna. Misalnya, merah, merah darah, merah mawar, merah terang, merah muda, merah jingga, merah maroon, dan lain sebagainya.

Value (Gelap Terang)

Value adalah tingkatan gelap terang dari warna. Di mulai warna yang paling gelap adalah hitam dan yang paling terang adalah putih. Makin terang maka makin tinggi value-nya dan begitu pula sebaliknya.

Intensity (Intensitas warna)

Intensity atau intentitas warna adalah tingkat cerah dan redup sebuah warna. sehingga warna di kelompokan menjadi dua antara warna yang cerah dan warna yang redup.

Contrast (Kontras)

Contrast atau kontras adalah perbedaan yang dimiliki dua jenis warna atau lebih, yang masing-masing warna berbeda hue-nya.

Complement (Komplementer)

Complement atau komplementer adalah dua jenis warna yang posisinya saling berhadapan dalam lingkaran warna. Contohnya seperti warna merah dan warna hijau, warna biru dan warna jingga, warna kuning dan warna ungu.

Monochrome (Monokrom)

Monokrom merupakan warna yang memiliki hue yang sama atau warna sejenis. Contoh warna yang memiliki kesamaan hue adalah warna merah yang terdiri dari warna merah hitam, merah coklat, merah muda, merah jambu, dan lain sebagainya.

Monotone (Monoton)

Monotone adalah warna yang memiliki karakter yang sama (senada). MIsalnya seperti warna hijau tua, warna coklat, dan biru tua yang dikatakan sebagai warna senada karena sama-sama berwarna gelap.

Analog (Bertetangga atau berdekatan)

Analog merupakan warna yang tidak kontras dan tidak komplementer. Seperti warna biru yang berdekatan dengan warna merah atau ungu.

Contoh Penerapan Warna Pastel

Pengaplikasian warna pastel biasanya banyak di aplikasikan pada desain packaging atau kemasan dari produk kosmetik. Jika kita kaitkan dengan pisikologi warna dan filosofinya maka warna pastel ini ternyata bisa menimbulkan rasa rileks dan tenang.

Misalnya seperti warna hijau pastel bisa memberikan kesan sejuk serta nyaman. Warna kuning pastel yang bisa memberikan suasana ceria dan bahagia. Warna biru yang menenangkan, meningkatkan konsentrasi dan lain sebagainya.

Nah di bawah ini adalah contoh pengaplikasian warna pastel yang bisa kita temui dikehidupan sehari-hari. Selengkapnya langsung scroll ke bawah aja guys.

baca juga : filosofi warna(Filosofi / Teori / Contoh / Terlengkap)

Kota

warna pastel
unsplash.com
warna pastel
unsplash.com

Gambar di atas merupakan contoh penerapan warna pastel di bangunan perkotaan di tambah dengan suasan kota yang bersih membuat kota terlihat semakin indah.

Bangunan

warna pastel
unsplash.com
warna pastel
unsplash.com
warna pastel
unsplash.com
desain rumah
unsplash.com
desain rumah
unsplash.com

Gimana nih setelah melihat bangunan menggunakan warna pastel, tentunya membuat kita ketika melihatnya merasa lebih tenang.

Jadi kebayang bisa tinggal di kost-an dengan warna seperti di atas. Tapi apa daya saya hanya tinggal di kost-sederhana yang cukup nyaman untuk di tinggali saja untuk catnya ala kadarnya saja. hehe. Tapi nggak papa dari pada nggak punya tempat tinggal.

Kamar Mandi

desain kamar mandi
avantela.com

Gambar di atas  merupakan salah satu contoh desain kamar mandi yang menarik menggunakan warna pastel. Jika punya uang berlebih kalian bisa meng-upgrade kamar mandi lama kalian dengan model baru seperti contoh di atas.

Dengan sentuhan warna pastel hijau-nya yang menyejukkan dan juga bersih membuat kita betah berlama-lama di kamar mandi.

Makanan

warna pastel adalah
unsplash.com
warna pastel adalah
unsplash.com

Untuk jenis makanan ternyata kebanyakan juga berwarna pastel ya guys. Sangat nyaman di pandang mata dan tentunya juga menggoda selera. Ah jadi lapar.

Panorama Alam

macam-macam warna biru
unsplash.com

Untuk pemandangan alam jangan di tanyakan lagi. Maha karya dari Seniman Maha Agung, Tuhan yang Maha Kuasa yang dengan segala ciptaan-Nya semua sangat menarik untuk di lihat dan sangat memanjakan mata.

Prabotan

perabotan rumah
unsplash.com

Pakaian

warna pastel coklat
unsplash.com

Hewan

burung flamingo
unsplash.com

Warna pastel pada hewan adalah warna yang juga membuat si hewan menjadi terlihat lebih cantik bukan.

Tumbuhan

tanaman hias
unsplash.com
bunga lavender
unsplash.com

Penutup

Nah, sekian dulu pembahasan dari warna pastel dan contohnya. Semoga bisa menjadi inspirasi dan bisa menambah informasi kepada teman-teman sekalian.

Jika kalian punya informasi lebih lengkap coment di bawah ya, biar kita bisa saling berbagi informasi. Sekian terimakasih dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.