Kerajinan Dari Stik Es Krim

8 min read

es krim enak

Kerajinan dari stik es krim – Kreatifitas sangat banyak ragamya seperti pada-pembahasan sebelumnya kita sudah membahas berbagai macam kerajinan tangan.

Pembuatan kerajinan tangan juga sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan pengurangan atau pemanfaatan limbah seperti botol bekas, stik es krim, kardus, sedotan, dan lain sebagainya.

Dari pada di buang dan nggak menghasilkan apapun lebih baik kita olah menjadi benda kerajinan yang memiliki nilai ekonomi.

Nah, Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar kerajinan yang terbuat dari stik es krim.

Pernah nggak sih kalian makan es krim paddle pop? Iya yang ada stiknya tapi nggak harus Paddle pop juga sih yang lainnya juga boleh.

Nah, kalau sudah habis stik es krimnya jangan di buang teman-teman.

Mengapa Membuat Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim?

stik es krim

Es krim merupakan salah satu jajanan favorit semua kalangan. Dari anak-anak sampai orang dewasa sangat menyukai es krim dari merk yang terkenal sampai yang enggak.

Tanpa di sadari orang setelah makan es krim biasanya akan membuang stik es krim begitu saja.

Padahal jika kita mau berfikir kreatif kita bisa memanfaatkan stik es krim untuk di olah menjadi benda kerajinan.

Di samping itu mudah sekali mendapatkan bahannya atau jika kalian malas beli stik es krim, kalian bisa juga mengumpulkan dari es krim yang sudah kalian beli.

Nanti jika sudah terkumpul di buat menjadi benda kerajinan tanga. Haha, mode pelit on.

Alat & Bahan

  • Stik es krim
  • Lem perekat (lem kayu)
  • Gunting
  • Cutter
  • Cat
  • Kuas

Cara Membuat Kerajinan Dari Stik Es Krim

Nih, biar gampangnya kalian juga lihat video ini yah, hehe.

Contoh Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim

Berikut ini merupakan beberapa contoh kerajinan tangan dari stik es krim yang bisa fatasama sajikan. Simak baik-baik penjelasan berikut!

Hiasan Lampu Dari Stik Es Krim

kerajinan stik es krim
reddit.com

Hiasan lampu keren seperti gambar ilustrasi di atas juga merupakan salah satu benda kerajinan yang bisa di hasilkan dari memanfaatkan limbah stik es krim.

Nah, kalau bentuknya sekeren itu siapa sih yang nggak mau beli? Juga dengan bermodalkan ide kreatif dengan bahan baku yang sangat mudah di jangkau.

Jika teman-teman malas mengumpulakan bekas stik es krim, kalian bisa juga membelinya di toko-toko swalayan harganya juga sangat terjangkau.

Frame / Bingkai Dari Stik Es Krim

kerajinan dari stik es krim
skillflair.com

Benda kreatif berikutnya yang bisa di buat dari memanfaatkan stik es krim adalah membuatnya menjadi bingkai atau frame baik untuk gambar maupun foto.

Cara membuatnya juga gampang banget

  • Pertama, Persiapkan alat dan bahannya
  • Kedua, Bentuk stik es krimnya menjadi bentuk frame yang di inginkan, misalnya kotak seperti gambar di atas.
  • Ketiga, Lalu jika sudah rekatkan dengan lem. (lem yang di gunakan bisa lem kayu maupun lem tembak/bening) kemudian tunggu beberapa saat hingga dingin.
  • Keempat, Jika di rasa sudah kuat langkah berikutnya adalah mengecat stik es krim yang sudah menjadi frame. Cat yang di gunakan, (saya rekomendasiin cat poster aja).
  • Kelima, Jika cat sudah kering tempelkan frame dari stik es krim di sekeliling foto atau gambar yang sudah kalian siapkan.
  • Keenam, Jika ingin terlihat lebih cantik lagi berikan ornamen di sekeliling frame atau bingkai, bisa berupa bunga maupun benda kecil lainnya.
  • Ketujuh, Beri gantungan di belakang frame (jika di perlukan).
  • Kedelapan, Yey, sekarang sudah jadi frame yang terbuat dari stik es krim.
Membuat benda kerajinan tangan dari stik es krim menjadi salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa di lakukan di rumah bersama keluarga.

Pesawat Mainan Dari Stik Es Krim

kerajinan stik es krim
pinterest

Berikutnya adalah mainan pesawat-pesawatan dari stik es krim. Mainan yang satu ini bisa juga loh kalian buat menggunakan stik bekas es krim.

Dari segi bentuk dan detail juga tidak terlalu sulit untuk di buat. Dari segi bahan juga sangat mudah untuk di dapatkan.

Gambar di atas hanya sebagai referensi saja teman-teman. Kalian bisa kok membuatnya lebih keren lagi dari pada itu, hehe.

Helikopter Mainan Dari Stik Es Krim

kerajinan dari stik es krim
mycraft.com

Mainan keren yang satu ini bisa juga kita buat dari stik es krim bekas. Namun untuk membuatnya jika kalian melihat gambar referensi di atas memang terlihat rumit.

Mungkin kalian bisa mengembangkan ide kalian dan membuat helikopter dari stik es krim dengan bentuk yang lebih simple.

Baca juga:

Meja Dan Kursi Dari Stik Es Krim

kerajinan tangan dari stik es krim
blogideiaspersonalizadas.com

Nah, kalau ini adalah miniatur dari kursi dan meja yang terbuat dari stik es krim.

Stik es krim Ini juga sangat cocok banget di gunakan ketika teman-teman ingin mendesain meja kalian sendiri (custom).

Lalu jika sudah tau persis seperti apa meja yang di inginkan kalian bisa membawa model yang sudah kalian buat menggunakan stik es krim, lalu bawa ke tukang mebel deh!

Namun jika kalian iseng-iseng membuatnya hanya sebagai mainan untuk anak-anak bisa juga.

Rumah Burung Dari Stik Es Krim

kerajinan stik es krim
animalpetfans.blogspot.com.br

Berikutnya benda kerajinan yang bisa di buat dari stik es krim adalah rumah burung. Membuat rumah burung menggunakan stik es krim juga sangat hemat biaya loh.

Jika biasanya menggunakan kayu pada umumnya kualitasnya memang jauh berbeda jika menggunakan bahan dari stik es krim. Membuat rumah burung dari stik es krim ini cuma alternatif saja teman-teman.

Namun, jika kalian ingin menggunakannya sebagai rumah burung ketika membuatnya kalian bisa melapisinya dengan beberapa lapisan stik es krim yang banyak.

Kalian juga bisa mem-pernis stik-stik es krim yang sudah di rangkai menjadi rumah burung supaya tahan lebih lama.

Wadah Tisu Dari Stik Es Krim

kerajinan stik es krim
youtube

Limbah bekas stik es krim bisa juga kalian manfaatkan menjadi wadah tisu. Jika pada umumnya wadah tisu terbuat dari plastik maupun kayu-kayu solid.

Nah, kalian bisa juga mencoba membuatnya dari stik es krim. Hasilnya juga tidak kalah menarik dengan yang terbuat dari kayu solid maupun plastik.

Tapi tetap saja karena perbedaan bahan ketahannan tempat tisu dari stik es krim ini sangat ringkih. Jangan di banting ya teman-teman, hehe.

Jika teman-teman masih duduk di bangku sekolah kalian bisa juga menjadikan tempat tisu dari stik es krim ini menjadi salah satu referensi prakarya untuk di buat di sekolah.

Vas Bunga Dari Stik Es Krim

kerajinan tangan dari stik es krim
youtube

Jika pada umumnya vas bunga terbuat dari keramik, plastik dan bahan yang lainnya vas dengan sedikit sentuhan ide kreatif kalian bisa juga membuatnya menggunakan stik es krim.

Gambar di atas hanyalah sebagai ilustrasi saja teman-teman sepintas jika di lihat memang terlihat rumit, namun teman-teman bisa membuatnya dengan versi yang lain.

Bentuk yang di hasilkan juga tidak kalah menarik jika di bandingkan vas bunga ynag terbuat dari keramik maupun plastik. Malahan memiliki nilai estetik tersendiri.

Jam Dari Stik Es Krim

kerajinan stik es krim
unique-craft-ideas.blogspot.com

Benda kerajinan yang bisa di buat dari stik es krim adalah jam dinding hias. Sangat cocok juga menjadi salah satu hiasan di rumah teman-teman.

Kotak Penyimpanan Dari Stik Es Krim

kerajinan stik es krim
elo7.com.br

Kotak penyimpanan kecil ini bisa juga di buat dari limbah bekas stik es krim. Ukurannya yang kecil bisa kita gunakan untuk menyimpan barang-barang yang ukurannya kecil yang mudah tercecer.

Seperti mainan anak-anak misalnya atau benda-benda riskan hilang seperti charger hp, case, dan lain sebagainya. Bentuknya juga terlihat sangat unik.

Pembatas Buku Dari Stik Es Krim

kerajinan tangan dari stik es krim
madewithhappy.com

Apa teman-teman suka membaca buku? Buku apa saja, baik novel, komik, novel grafis, atau buku pelajaran di sekolah?

Terkadang ketika kita sedang asyik membaca sebuah buku (yang tebal) dan kemudian kegiatan kita terhenti kita akan terburu-buru menutup buku kita.

Akibatnya kita lupa sampai mana tadi kita membaca buku tersebut. Nah dengan stik es krim yang terlihat un-faedah ini teman-teman bisa membuatnya menjadi pembatas buku.

Cara Membuat :

  • Siapkan beberapa batang stik es krim.
  • Beri warna stik es krimnya seperlunya (di cat atau pakai sepidol warna juga boleh. Sifatnya opsional juga sih, sesuai selera mau di kasih apa enggak).
  • Berikan sedikit hiasan atau oranamen pada stik es krim.
  • Jika kalian malas kasih aja tulisan simpel “pembatas” gitu aja.
  • Jadi deh.

Sepeda Dari Stik Es Krim

kerajinan stik es krim
pinterest

Benda kretif berikutnya adalah sepeda. Eits, ini bukan sepeda seperti pada umumnya ya teman-teman.

Ini hanyalah sepeda mainan yang terbuat dari beberapa kombinasi bahan limbah seperti kawat, CD, dan juga stik es krim.

Seperti gambar ilustrasi di atas terlihat sederhana tapi tetap keren bukan. Mungkin jika teman-teman memiliki kombinasi bahan lainnya bisa mencobanya di rumah.

Tempat Pensil Dari Stik Es Krim

kerajinan dari stik es krim
kerajinantangankita.com

Tempat wadah pensil bisa juga di buat menggunakan stik es krim. Kotak pensil dari stik es krim ini juga sangat cocok di letakkan di meja belajar.

Bentuknya juga cukup unik tentunya serta pembuatannya yang ramah lingkungan, yup, karena bahan bakunya hanya memanfaatkan stik es krim sebagai bahan dasarnya.

Ini sangat boleh sekali untuk kalian coba buat di rumah. Selamat mencoba!

Puzzle Foto Dari Stik Es Krim

kerajinan stik es krim
littlecrunchymama.blogspot.com

Puzzle foto lucu yang satu ini juga kalian coba buat menggunakan stik bekas es krim. Caranya juga sangat mudah. Simak langkahnya berikut ini :

  • Siapkan beberapa stik es krim.
  • Siapkan foto atau gambar yang akan di jadikan puzzle.
  • Jejerkan stik es krim yang sudah dipersiapkan.
  • Tempelkan foto yang sudah di persiapkan pada stik es krim.
  • Potong gambar/foto yang sudah di tempelkan.
  • jadi deh. Selamat mencoba.

Rumah-rumahan Dari Stik Es Krim

kerajinan dari stik es krim
diyfamily.wordpress.com

Berikutnya adalah miniatur rumah-rumahan dari stik es krim. Gambar di atas adalah ilustrasi ya teman-teman. Gimana detailnya mantap banget kan?

Detailnya keren banget namun jika kalian mencoba membuatnya bakalan perlu kesabaran yang tinggi, namun kalian nggak perlu bagus-bagus jika masih pemula.

Perau Mainan Dari Stik Es Krim

kerajinan dari stik es krim
blogideiaspersonalizadas.com

Kerajinan tangan dari stik es krim berikutnya adalah kapal mainan. Pada level yang lebih ekspert dan keren lagi kalian bisa membuat seperti gambar ilustrasi di atas.

Bunga Hias Dari Stik Es Krim

kerajinan stik es krim
theresourcefulmama.com

Pada umumnya kebanyakan kerajinan bunga biasanya banyak terbuat dari kertas maupun plastik. Teman-teman tau nggak stik es krim juga bisa di gunakan untuk membuat bunga.

Namun dari referensi gambar ilustrasi di atas tampaknya sangat cocok sekali untuk anak-anak. Dari bentuknya yang juga sangat simpelpasti sangat mudah sekali untuk di tiru.

Di samping itu membuat kerajinan bunga dari stik es krim bisa juga menjadi kegiatan untuk mengasah kreatifitas anak sejak dini.

Cara pembuatannya juga sangat mudah simak langkahnya berikut ini :

Cara Membuat :

  • Persiapkan alat dan bahan (stik es krim, lem, cat, kancing).
  • Warnai stik es krim dengan cat yang sudah kalian sediakan.
  • Rekatkan stik es krim membentuk pola bunga dengan kancing sebagai pusatnya (seperti ilustrasi gambar di atas).
  • Diamkan sesaat hingga lem mengering pada setiap sisinya.
  • jadi deh!

Tatakan Hp Dari Stik Es Krim

kerajinan dari stik es krim
youtube

Ini apa ya namanya? tongsis zaman old? hahaha, saya menyebutnya sebagai “Tatakan Hp” 

Jika teman-teman memiliki stok stik es krim yang cukup banyak kalian bisa mencoba membuat tatakan Hp. Sepintas memang terlihat sedikit rumit.

Tapi, dari pada stik es krim kalian terbuang sia-sia juga bakalan sayang banget kan? Meskipun sudah ada tongsis di jual murah di mana-mana

Gelang Dari Stik Es Krim

kerajinan stik es krim
craftsbyamanda.com

Mula-mula saya sedikit penasaran tentang gelang yang terbuat dari stik es krim emangnya ada gitu? Emangnya bisa? Tapi setelah nyari-nyari di youtube ternyata bisa juga membuat gelang menggunakan stik es krim.

Wadah Pakan Burung Dari Stik Es Krim

kerajinan stik es krim
happygoluckyblog.com

Dari bahan bekas berupa stik bekas es krim kalian bisa juga loh membuat wadah pakan burung cantik seperti gambar ilustrasi di atas.

Lumayan bangetkan jika cuma buat iseng-iseng di rumah, mungkin membuat pakan burung dari stik es krim bisa menjadi salah satu referensi kegiatan di rumah.

Karakter Kartun Dari Stik Es Krim

kerajinan dari stik es krim
astoldbymom.com

Terakhir ada beberapa karakter hewan-hewan lucu yang juga terbuat dari stik es krim. Ada sapi, kuda, ayam, harimau, terlihat lucu-lucu sekali bukan?

Dari bentuknya memang mirip seperti pembatas buku, bahkan jika kalian mau kalian bisa juga menjadikannya sebagai pembatas buku.

Cara membuatnya juga cukup mudah, simak langkah-langkahnya berikut ini:

Cara membuat :

  • Siapkan alat dan bahan (stik eskrim, spidol, cat, pernak-pernik, kancing, kain flanel, mata mainan, kuas).
  • Amplas (jika di perlukan).
  • Berikutnya amplas stik es krim dengan amplas halus supaya cat lebih menempel dan permukannya lebih halus.
  • Jika sudah selanjutnya beriwarna stik es krim menggunakan cat (saya rekondasikan cat poster tapi jika ingin menggunakan warna lainnya juga bebas. Sok atuh silahkan).
  • Selanjutnya potong kain flanel yang sudah di siapkan untuk membuat rambut kuda, telinga sapi, harimau dan jengger ayam.
  • Jika sudah tempelkan di ujung stik es krim. Jangan lupa juga menempelkan mata mainan dan juga kancing baju.
  • Selanjutnya warnai dengan spidol untuk corak tubuhnya, spidol hitam untuk sapi dan harimau.
  • Diamkan sejenak supaya spidol dan lemnya mengering.
  • Jadi deh!

Baca juga:

Penutup

Nah, teman-teman demikian tadi merupakan pembahasan tentang beberapa contoh benda-benda kerajinan tangan yang bisa di hasilkan dari limbah stik es krim.

Jadi, jika teman-teman suka makan es krim stiknya jangan langsung di buang. Siapa tau bisa di olah menjadi benda-benda kerajinan yang memiliki nilai jual.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga informasi yang di sajikan bisa memberikan wawasan maupun ide-ide baru. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba! kerajinan dari stik es krim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.